cover
Contact Name
Rizky Nurulfa
Contact Email
jpja@unj.ac.id
Phone
+6285716480707
Journal Mail Official
jpja@unj.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Jasmani Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta Jl. Pemuda 10 Rawamangun Jakarta Timur, 13220, Telp. 0214893534
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA)
ISSN : -     EISSN : 27471454     DOI : 10.21009
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November, memuat artikel berisi hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Jasmani dan Pendidikan Inklusi. Jurnal Pendidikan Jasmani dan adaptif memuat artikel yang meliputi ide-ide konseptual, teori pembelajaran dan aplikasinya, penelitian model pembelajaran dan hasil pembelajaran di bidang Pendidikan Jasmani dan Pendidikan Inklusi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 02 (2018): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 01, No. 02, November 2018" : 5 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERAN DADA PERMAINAN BOLA BASKET DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Ulfanny Seftiara; Hermanto Hermanto; Iwan setiawan
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 1 No 02 (2018): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 01, No. 02, November 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v1i02.11013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengubah atau meningkatkan kondisi nyata yang ada sekarang ke arah yang lebih baik dan yang diharapkan. Hal ini mengandung pengertian bahwa penelitian tindakan kelas adalah salah satu bentuk penelitian refleksi diri yang dilakukan oleh partisipan untuk meningkatkan kemampuan berfikir dalam proses maupun praktek pendidikan yang dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindak kelasyang akan menghasilkan peningkatan hasil belajar siswa dengan harapan seluruh peserta didik sesuai dengan proses pembelajaran pendidikan jasmani. Pada penelitian ini peneliti bekerja sama dengan kolaborator yaitu guru pendidikan jasmani dan dosen ahli dalam bidang bola basket agar meyakinkan sebagai expert judgment. Dalam penulisannya memakai siklus pelaksanaan penelitian tindak kelas dengan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dan uji coba yang digunakan pada penelitian ini adalah tes awal, siklus I dan siklus II menggunakan media, dimana upaya meningkatkan hasil belajar operan dada permainan bola basket dengan menggunakan media dibuat kemudian berkonsultansi dan setelah itu dinilai oleh para ahli. Upaya meningkatkan hasil belajar operan dada permainan bola basket dengan menggunakan media dapat dijadikan bahan referensi bagi guru dan dapat dikembangkan dalam pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas V SD. Hasil penelitian ini dapat di disimpulkan bahwa setelah melalui uji validasi dengan justifikasi ahli, menghasilkan peningkatan dalam hasil belajar pada siswa kelas V SD Islam Al Fikri Bekasi, Kranggan dengan dua siklus.
MODEL PEMBELAJARAN PERNAPASAN RENANG MELALUI PERMAINAN DI AIR UNTUK SISWA PRASEKOLAH DAN TAMAN KANAK-KANAK Yusrifar Mujibuddin; Oman Unju Subandi; Andri Irawan
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 1 No 02 (2018): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 01, No. 02, November 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v1i02.11014

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk membuat model pembelajaran pernapasan renang menggunakan alat dan tanpa alat melalui permainan di air pada siswa TK B Madania Preschool and Kindergarten Kota Bogor. Penelitian ini dilaksanakan di Madania Preschool and Kindergarten Kota Bogor Provinsi Jawa Barat. Waktu yang digunakan selama penelitian mulai dari rencana penelitian hingga penyusunan dilakukan pada 8 - 29 januari 2019. penelitian dan pengembangan dilakukan untuk menerapkan model pembelajaran pernafasan renang menggunakan alat dan tanpa alat melalui permainan di air pada siswa TK B Madania Preschool and Kindergarten Kota Bogor. Penelian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Sugiyono (Research and Development) dengan metode yang digunakan adalah pengembangan model. Pengumpulan data ini dengan cara validasi ahli renang, ahli permainan, guru pembelajaran pendidikan jasmani dan hasil ujicoba. Setelah diadakan validasi oleh para ahli dan ujicoba akhirnya tercipta 10 model pembelajaran pernapasan menggunakan alat dan tanpa alat melalui permainan di air pada siswa TK B Madania Preschool and Kindergarten. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran pernafasan menggunakan alat dan tanpa alat melalui permainan di air dapat digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar, sehingga dapat memberikan kontribusi untuk menigkatkan teknik dan ketrampilan bernafas pada siswa TK B Madania Preschool and Kindergarten Kota Bogor.
MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR LONCAT BERBASIS RAINBOW & MUSIC UNTUK SISWA KELAS TK B Moerni Galuh Pratiwi; Eka fitri Novitasari; Mustara Musa
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 1 No 02 (2018): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 01, No. 02, November 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v1i02.11015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membuat dan menghasilkan produk model pembelajaran gerak dasar loncat berbasis Rainbow & Music yang dapat diterapkan untuk siswa di Taman Kanak-Kanak pada kelas TK B, sehingga dapat membantu guru pada saat proses pembelajaran motorik kasar, khususnya pada materi gerak dasar loncat yang di kombinasikan dengan pembelajaran tematik. Sesuai dengan tujuan yang digunakan oleh peneliti yaitu sampai enam langkah penelitian atau sampai tahap uji coba produk dengan uji coba kelompok kecil (Small Group Try-out), yang dimana penelitian ini menggunakan metode penelitian Research&Development (R&D) dari Sugiyono. Setelah peneliti membuat beberapa produk model pembelajaran, selanjutkan akan melalu tahap proses validasi yang dilakukan oleh dua orang para ahli atau telaah pakar (Expert Judgment), kemudian diterapkannya untuk uji coba kelompok kecil (SmallGroup Try-out) pada siswa kelas TK B. Uji coba kelompok kecil (Small Group Try-out)dilakukan pada dua sekolah Taman Kanak-Kanak. Pada masing-masing model pembelajaran yang diterapkan, peneliti menceritakan atau membuat narasi tentang kondisi yang terjadi pada saat penerapan model berlangsung. Kesimpulan pada model pembelajaran gerak dasar loncat berbasis Rainbow&Music ini, dapat digunakan untuk guru di Taman Kanak-Kanak dalam memberikan pembelajaran gerak dasar loncat yang dapat diterapkan untuk siswa di kelas TK B.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS PANJANG (FOREHAND) PERMAINAN BULUTANGKIS DENGAN MEDIA RAKET KAYU Bayu Tri Kurniawan; Khaeroni Khaeroni; Slamet Sukriadi
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 1 No 02 (2018): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 01, No. 02, November 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v1i02.11016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar servis panjang (forehand) dengan media raket kayu. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDIT Nurul Hikmah yang terdiri dari 26 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode action research, yaitu dengan memberikan tindakan kepada subjek untuk meningkatkan hasil belajar servis panjang (forehand) dalam permainan bulutangkis dengan media raket kayu. Tahap servis panjang (forehand) ini yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap follow through. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa : dengan media raket kayu dapat meningkatkan hasil belajar servis panjang (forehand) permainan bulutangkis pada siswa. Dalam penelitian ini disusun dari mulai penetapan kondisi awal, kemudian dirancang perencanaan program berupa tindakan kelas, observasi dan refleksi agar dapat menghasilkan peningkatan pembelajaran servis panjang (foehand) permainan bulutangkis sesuai yang diharapkan, adapun hasil kelulusan dari tiap tes sebagai berikut : Hasil tes awal 7 peserta didik yang dinyatakan lulus karena telah memenuhi batas nilai minimum yaitu 75 dan presentase kelulusan dari tes awal yaitu sebesar 26,92 %. Pada siklus I terdapat 15 peserta didik yang lulus dan presentase kelulusan sebesar 57,69 %. Pada siklus II semua peserta didik, presentase kelulusan sebesar 100%.
MODEL LATIHAN TEKNIK DASAR SERANGAN TUNGKAI PENCAK SILAT BERBASIS MEDIA BELAJAR Hadi Hausal; Johansyah Lubis; Wahyuningtyas Puspitorini
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 1 No 02 (2018): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 01, No. 02, November 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v1i02.11017

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa Pencak Silat merupakan budaya asli bangsa Indonesia yang harus dilestarikan dan terus dikembangkan, namun saat ini pencak silat sangat menjadi daya tarik siswa-siswi di era modern untuk berprestasi sehingga diperlukan beberapa cara yang dapat menarik perhatian mereka sekaligus meningkatkan keterampilan mereka dalam bidang Pencak Silat. Oleh sebab itu peneliti menciptakan model latihan teknik dasar serangan tungkai Pencak Silat. yang bertujuan mengetahui apakah model latihan teknik dasar serangan tungkai berbasis media belajar dapat meningkatkan hasil belajar beladiri Pencak Silat pada siswa/I. Model yang diciptakan berupa lima teknik dasar tendangan yang sering digunakan dalam pertandingan pencak silat dengan menggunakan media belajar yaitu bangku, Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 110 Jakarta, penelitian dilakukan dengan mencari informasi dari beberapa sumber, serta observasi lapangan. Lalu peneliti membuat desaint produk, setelah itu di adakan validasi oleh 3 ahli. Selanjutnya model itu di uji coba pada siswa/I pada bulan Januari dengan jumlah 20 orang dan teknik analisis data menggunakan statistik uji – t dan validitas ahli. Hasil akhir bahwa model latihan teknik dasar serangan tungkai berbasis media belajar efektif dalam meningkatkan hasil belajar teknik dasar serangan tungkai pencak silat pada siswa/I ektrakulikuler.

Page 1 of 1 | Total Record : 5