cover
Contact Name
Rizky Nurulfa
Contact Email
jpja@unj.ac.id
Phone
+6285716480707
Journal Mail Official
jpja@unj.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Jasmani Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta Jl. Pemuda 10 Rawamangun Jakarta Timur, 13220, Telp. 0214893534
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA)
ISSN : -     EISSN : 27471454     DOI : 10.21009
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November, memuat artikel berisi hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Jasmani dan Pendidikan Inklusi. Jurnal Pendidikan Jasmani dan adaptif memuat artikel yang meliputi ide-ide konseptual, teori pembelajaran dan aplikasinya, penelitian model pembelajaran dan hasil pembelajaran di bidang Pendidikan Jasmani dan Pendidikan Inklusi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 01 (2020): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 03, No. 01, Mei 2020" : 5 Documents clear
MEDIA PEMBELAJARAN SERVIS TENIS MEJA BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KOBA Boma Sandy; Kurnia Tahki; Nur Ali
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 3 No 01 (2020): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 03, No. 01, Mei 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v3i01.15568

Abstract

Pada waktu melaksanakan pembelajaran di sekolah tidak dapat dipungkiri bahwa guru olahraga mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi, sehingga siswa kurang memahami materi dan kurang terampil dalam melakukan gerakan-gerakan dasar bermain tenis meja. Guru senantiasa bisa melakukan suatu pembelajaran dengan sebuah media pembelajaran dalam proses pembelajarannya, serta bisa memodifikasi alatnya agar pembelajaran lebih efektif dan efesien dan membuat siswa lebih mudah memahami materi yang disapaikan. Penilitian ini dilakukan Pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Koba. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research & Development) model 4D. Tahap define yaitu peneliti menentukan kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan dalam pengembangan produk, Tahap selanjutnya design yaitu peneliti merancang produk yang berupa langkah-langkah dalam melakukan servis tenis meja, pembuatan shooting script, melakukan shooting, dan terakhir adalah editing. Tahap development yaitu tahap dimana produk awal akan divalidasi oleh beberapa para ahli dan dilakukan ujicoba padasiswa. Terakhir adalah tahap disseminate yaitu penyebarluasan produk akhir yang sudah dilakukan validasi, revisi, dan ujicoba. Dari hasil penelitian ternyata siswa kelas VII SMP Negeri 1 Koba tertarik kepada pembelajaran yang diberikan oleh peneliti, untuk menyikapi hal tersebut maka diperlukanya video tutorial dalam kegiatan belajar servis tenis meja sebagai alternatif media pembelajaran.
MODEL LATIHAN TEKNIK TENDANGAN MOMTONG YEOP CHAGI PADA ATLET TAEKWONDO UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA Faris Pahlevi; Fahmy Fachrezzy; Mustafa
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 3 No 01 (2020): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 03, No. 01, Mei 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v3i01.15569

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model latihan teknik tendangan momtong yeop chagi pada atlet taekwondo Universitas Negeri Jakarta. Pendekatan penelitian pengembangan model latihan teknik tendangan momtong yeop chagi ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (Research and Development) dari Borg and Gall. Subyek pada penelitian ini adalah 8 atlet pada uji coba kelompok kecil dan 20 atlet pada uji coba kelompok besar. Pada penelitian ini peneliti bekerjasama dengan tiga ahli dalam bidang olahraga taekwondo sebagai expert judgment. Uji validitas yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan uji justifikasi ahli, dimana model latihan yang telah dibuat dan diuji cobakan kemudian di konsultasikan dan dinilai oleh para ahli dalam bidang olahraga taekwondo. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan variasi model latihan teknik tendangan momtong yeop chagi agar atlet tidak bosan melewati latihan khususnya pada materi latihan teknik tendangan momtong yeop chagi dan agar tercapai latihan yang maksimal. Model latihan ini juga bertujuan untuk dapat dijadikan bahan refrensi bagi para pelatih dalam membuat model latihan teknik tendangan momtong yeop chagi sesuai dengan norma-norma. Melalui uji validitas yang dilakukan dengan menggunakan uji justifikasi ahli, menghasilkan produk berupa model latihan teknik tendangan momtong yeop chagi sebanyak 20 model latihan yang sesuai dengan teori teknik tendangan momtong yeop chagi pada cabang olahraga taekwondo.
MODEL PEMBELAJARAN GERAK LOCOMOTOR BERBASIS PERMAINAN UNTUK ANAK TUNAGRAHITA Ikna Saepudin; Slamet Sukriadi; Setyo Purwanto
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 3 No 01 (2020): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 03, No. 01, Mei 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v3i01.15570

Abstract

Penelitian ini didasari oleh pentingnya perkembangan dalam kemampuan gerak. kemampuan gerak ini harus ditunjang dengan pembelajaran di sekolah Dilihat dari kemampuan motorik siswa tuna grahita di SDLB Bina Karya Insani Duren Sawit terdapat masalah, terlihat gerakan siswa sangat terbatas ketika melakukan gerak locomotor terutama berjalan, berlari, dan melompat. Seringkali siswa tidak fokus dan bosan ketika melakukan pembelajaran gerak locomotor, sehingga tujuan pembelajaran pun tidak tercapai dengan baik. Peneliti membuat model pembelajaran gerak locomotor berbasis permainan yang bertujuan untuk membuat siswa lebih tertarik dan menciptakan suasana yang menyenangkan bagi siswa tuna grahita dalam melakukan pembelajaran gerak locomotor. Penelitian ini dilakukan dengan mencari informasi, melakukan observasi dan juga wawancara kepada guru terlebih dahulu untuk mengetahui masalah yang ada pada pembelajaran gerak locomotor. maka peneliti membuat 14 model pembelajaran yang layak kemudian divalidasi oleh 2 ahli, masing-masing ahli gerak locomotor dan permainan. Selanjutnya, model pembelajaran ini diujicobakan kepada anak tuna grahita kelas 3 sampai kelas 6 di SDLB Bina Karya Insani Duren Sawit dan teknik analisa data menggunakan validitas ahli. Hasil akhirnya adalah bahwa model pembelajaran gerak lacomotor berbasis permainan layak dan efektif digunakan untuk anak tuna grahita SDLB Bina Karva Insani Duren Sawit.
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN LONCAT TINGGI GAYA STRADDLE MENGGUNAKAN ALAT MODIFIKASI UNTUK SISWA EKSTRAKURIKULER Nadia Anggraini; Mustara Musa; Yusmawati
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 3 No 01 (2020): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 03, No. 01, Mei 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v3i01.15571

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil lompat tinggi gaya straddle menggunakan alat modifikasi untuk siswa ekstrakulikuler SMAN 3 Jakarta Selatan. Pengumpulan data dilakukan dilapangan atletik rawamangun dan sekolah SMAN 3 Jakata Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan desain Kemmis dan Mc Taggart. Jumlah subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa SMAN 3 Jakarta Selatan. Penelitian ini terdiri dari II (dua) siklus dan setiap siklus terdiri dari sembilan kali pertemuan, setiap akhir pertemuan di lakukan tes, tes yang di gunakan adalah tes penliaian gerak lompat tinggi gaya Straddle. Hasil penelitian dari 20 orang siswa ini di peroleh hasil tes lompat tinggi gaya straddle yaitu hasil tes pra siklus yang tuntas adalah 6 orang siswa kemudian mengalami peningkatan pada sisklus I sebanyak 14 orang siswa dan terus meningkat pada silus II sebanyak 18 orang siswa. Oleh karena itu pada siklus II kriteria keberhasilan telah tercapai maka peneliti tidak perlu melakukan tindakan pada siklus selanjutnya. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa latihan dengan menggunakan alat modifikasi dapat meningkatkan hasil lompat tinggi gaya straddle pada siswa ekstrakurikuler SMAN 3 Jakarta Selatan.
PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN PANAHAN BERBASIS MEDIA PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SDI AMANAH BANGSA BEKASI Veren Andhika Sari; Ferry Yohannes Wattimena; Iwan Setiawan
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 3 No 01 (2020): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 03, No. 01, Mei 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v3i01.15572

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat pengembangan model latihan panahan berbasis media yang berhubungan dengan panahan pada siswa ekstrakurikuler SDI Amanah Bangsa bekasi. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah SDI Amanah Bangsa. Dilihat dari latihan siswa ekstrakurikuler panahan SDI Amanah Bangsa Bekasi dimana siswa melakukan latihan masih menggunakan metode ceramah dan demonstrasi untuk memberikan tehnik latihan gerakan memanah yang benar, tampak terlihat sebagian besar anak-anak kurang senang, anak merasa jenuh dan monoton, anak justru bercanda dengan teman lainnya. pelatih belum pernah menggunakan media untuk menjelaskannya termasuk penggunaan variasi media gambar dalam bentuk face target. Tujuannya agar siswa tidak merasa bosan dan merasa nyaman saat berlatih dan membuat siswa lebih tertarik dan menciptakan suasana yang menyenangkan bagi siswa ekstrakurikuler panahan dalam melakukan latihan memanah. penelitian dilakukan dengan mencari informasi, melakukan observasi dan juga wawancara kepada pelatih terlebih dahulu untuk mengetahui masalah yang ada pada latihan memanah. maka peneliti membuat 12 model latihan berbasis media yang layak kemudian divalidasi oleh 3 orang ahli panahan. Kemudian pengembangan model latihan berbasis media di uji cobakan pada siswa ekstrakurikuler panahan di SDI Amanah Bangsa Bekasi dan teknik analisa data menggunakan validitas ahli. Hasil akhir adalah bahwa pengembangan model latihan panahan berbasis media layak dan efektif digunakan untuk siswa ekstrakurikuler panahan SDI Amanah Bangsa Bekasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5