cover
Contact Name
Rizky Nurulfa
Contact Email
jpja@unj.ac.id
Phone
+6285716480707
Journal Mail Official
jpja@unj.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Jasmani Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta Jl. Pemuda 10 Rawamangun Jakarta Timur, 13220, Telp. 0214893534
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA)
ISSN : -     EISSN : 27471454     DOI : 10.21009
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November, memuat artikel berisi hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Jasmani dan Pendidikan Inklusi. Jurnal Pendidikan Jasmani dan adaptif memuat artikel yang meliputi ide-ide konseptual, teori pembelajaran dan aplikasinya, penelitian model pembelajaran dan hasil pembelajaran di bidang Pendidikan Jasmani dan Pendidikan Inklusi.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 02 (2020): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 03, No. 02, November 2020" : 10 Documents clear
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (Team Games Tournament) DENGAN TIPE STAD (Student Teams Achievement Division) TERHADAP HASIL BELAJAR PASING BAWAH BOLA VOLI rindy anggara
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 3 No 02 (2020): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 03, No. 02, November 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v3i02.15619

Abstract

The purpose of this study is to determine the comparison of cooperative learning models with learning outcomes under volleyball. This study compares the TGT type cooperative learning model in the experimental class with the STAD type cooperative learning model in the control class, in this study the researcher used the experimental research method. Samples were taken by purposive sampling because it was determined by class and number of students. The results showed the average value of the TGT type pretest learning model amounted to 64.88 while the average value of the STAD learning model amounted to 63.32. The results of the posttest of the TGT type learning model with an average value of 79.08 while the average value of the STAD type learning model amounted to 70.56. From the results of the study, the pretest and posttest scores of the two learning models used showed a significant increase in learning outcomes and there were differences in learning outcomes
MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR LARI BERBASIS PERMAINAN TEMATIK PADA SISWA TUNAGRHITA RINGAN windi maelani; Mustara
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 3 No 02 (2020): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 03, No. 02, November 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v3i02.15759

Abstract

MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR LARI BERBASIS PERMAINAN TEMATIK PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN Windi Maelani¹, Mustara², Slamet Sukriadi³ ¹ Fakultas Ilmu Olahraga, Universitas Negeri Jakarta, Windi Maelani windimaelani1@gmail.com, mustra_musa77@yahoo.com, slamet sukriadi@unj.ac.id ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk model pembelajaran gerak dasar lari berbasis permainan tematik pada siswa tunagrahita ringan yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani di Sekolah Dasar Luar Biasa. Model pembelajaran tersebut diharapkan dapat membantu guru pada saat proses pembelajaran pendidikan jasmani, khususnya pada materi gerak dasar lari. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE, dalam penelitian ADDIE 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan model, pelaksanaan, evaluasi, namun pada kondisi COVID-19 ini peneliti hanya menggunakan 3 tahapan yaitu analisis, desain, dan pengembangan model. Hasil penelitian menghasilkan produk yang berupa model gerak dasar lari berbasis permainan tematik pada siswa tunagrahita ringan yang telah divalidasi dan direvisi oleh ahli atletik, ahli disabilitas, ahli pembelajaran dan ahli permainan sebanyak 19 model. Data dikumpulkan melalui kegiatan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis data dilakukan secar deskriptif. Hasil penelitian berupa buku model pembelajaran gerak dasar lari berbasis permainan tematik pada siswa tunagrahita ringan. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa model pembelajaran gerak dasar lari berbasis permainan tematik pada siswa tunagrahita ringan telah dinyatakan valid dan dapat diterapkan untuk anak tunagrahita ringan oleh ahli atletik, ahli disabilitas, ahli pembelajaran. Kata Kunci: model pembelajaran, gerak dasar lari, permainan tematik
SURVEI MOTIVASI DAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM OLAHRAGA TAEKWONDO PADA SISWA PEREMPUAN SEKOLAH MENENGAH ATAS Dinda Meirisa
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 3 No 02 (2020): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 03, No. 02, November 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v3i02.16026

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada pentingnya aspek mental dalam olahraga Taekwondo, terutama untuk siswa perempuan. Aspek yang mendukung kesuksesan tidak hanya aspek fisik dan teknik saja, namun aspek mental merupakan salah satu aspek penting. Keunggulan fisik dan teknik menjadi sia-sia jika motivasi dan kepercayaan diri hilang, akan membuat kinerja atau penampilan menjadi buruk. Seringkali siswa perempuan memiliki motivasi rendah dan kurang percaya diri dalam kegiatan olahraga, sehingga kemampuan yang mereka miliki tidak tersalurkan dengan maksimal. Hasil akhir dari penelitian tentang motivasi dan kepercayaan dalam olahraga Taekwondo pada siswa perempuan adalah : respon pada aspek motivasi memiliki hasil rata-rata 83,85% dengan kategori "sangat tinggi" dan respon pada aspek kepercayaan diri memiliki hasil rata-rata 74,43% dengan kategori "tinggi". Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru dan pelatih agar strategi yang digunakan dalam pembentukan mental tepat sasaran, sehingga dapat tercapai tujuan pembelajaran dan prestasi yang tinggi.
Model Latihan Beban Berbasis Dumbbell untuk Mahasiswa Satria Nugraha Fikriansyah
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 3 No 02 (2020): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 03, No. 02, November 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v3i02.16046

Abstract

Latihan beban sering digambarkan sebagai aktivitas yang dapat dilakukan hanya dengan berkunjungke tempat tertentu seperti pusat kebugaran, klab kesehatan dan sebagainya. Padahal, denganmemanfaatkan berbagai alat dan media yang ada, mahasiswa tetap bisa melakukan aktivitas latihanbeban dimana dan kapan saja, termasuk di rumah masing-masing. Dalam hal ini, latihan beban dirumah dilaksanakan dengan menggunakan alat dumbbell dan memanfaatkan media yang tersedia.Metode tersebut dapat membantu mahasiswa dalam mempelajari gerakan angkat beban danmemaksimalkan tujuan yang telah direncanakan. Selain itu, kendala penyebab seseorang tidakmampu untuk pergi ke tempat pusat kebugaran, seperti: kondisi keuangan yang tidak memadai,lingkungan yang tidak strategis, dan kondisi darurat lainnya tidak akan menjadi penghambat yangterlalu berarti.
MODEL PEMBELAJARAN SEPAK TAKRAW DENGAN TEKNIK SEPAK SILA MENGGUNAKAN BOLA SERABUT KELAPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR Mulia sari Mulia Sari
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 3 No 02 (2020): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 03, No. 02, November 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v3i02.16052

Abstract

Abstrak penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran sepak takraw dengan teknik sepak sila menggunakan bola serabut kelapa, model pembelajaran ini nantinya dapat dijadikan sebagai bahan referensi bagi para guru dalam membuat model pembelajaran sepak takraw dengan teknik sepak sila menggunakan bola serabut kelapa.Metode yang digunakan peneliti ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Ada pun tujuan dari dari penelitian ini ialah untuk menciptakan suatu metode model pembelajaran sepak takraw dengan teknik sepak sila menggunakan bola serabut kelapa yang dapat digunakan oleh guru untuk mempermudah dalam proses pembelajaran sepak takraw dengan teknik sepak sila. Uji coba yang dilakukan dengan memberikan 8 model pembelajaran yang telah dibuat peneliti untuk dianalisa dengan pengisian angket expert judgment. Didapatkanlah 8 model pembelajaran yang dianggap layak dan kemudian dilakukan uji media bola serabut kelapa pada pembelaran sepak takraw yang peneliti buat menarik dan mudah dilakukan serta layak digunakan untuk proses pembelajar sepak takraw.
media belajar mobile learning futsal berbasis android rhein nadillah lenty lenty
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 3 No 02 (2020): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 03, No. 02, November 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v3i02.16097

Abstract

Media belajar mobile learning berbasis aplikasi android pada ekstrakulikuler olahraga futsal merupakan hal yang baru digunakan. oleh sebab itu peneliti membuat suatu media belajar berupa aplikasi android untuk membantu siswa dalam belajar teknik dasar olahraga futsal dan membantu dalam menambah pengetahuan tentang olahraga futsal. Didalam aplikasi android tersebut terdapat materi belajar teknik dasar olahraga futsal diantaranya : passing, shooting, dribbling, dan control, bukan hanya itu aplikasi tersebut juga menyajikan video animasi gerak agar memudahkan siswa dalam memahami materi yang telah di terapkan pada aplikasi tersebut sehingga tercapainya suatu media baru dalam belajar teknik dasar olahraga futsal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (research and development) dengan pedoman pengembangan model ADDIE. Dalam penelitian ini terdapat variasi model belajar didalam sebuah aplikasi tersebut dimana variasi model belajar tersebut berjumlah 20 model belajar yang telah di uji oleh ahli.
MODEL PEMBELAJARAN SENAM IRAMA BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA SMP Kemal Abdullah Kemal
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 3 No 02 (2020): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 03, No. 02, November 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v3i02.16271

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model pembelajaran senam irama berbasis media pembelajaran pada siswa SMP yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran penjas di SMP. Model pembelajaran ini diharapkan dapat membantu guru pada saat proses pembelajaran pendidikan jasmani, khususnya pada materi senam irama. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE, dalam penelitian ADDIE ada 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan model, pelaksanaan, evaluasi, akan tetapi dalam kondisi pandemi COVID-19 ini peneliti hanya menggunakan 3 tahapan yaitu analisis, desain, dan pengembangan model. Hasil penelitian menghasilkan model pembelajaran senam irama berbasis media pembelajaran yang telah divalidasi dan direvisi oleh ahli pembelajaran dan ahli senam irama sebanyak 15 model. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa model pembelajaran senam irama berbasis media pembelajaran pada siswa SMP telah dinyatakan valid dan dapat diterapkan pada siswa SMP oleh ahli pembelajaran dan ahli senam irama.
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS ATAS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SDI TELADAN SUCI JAKARTA TIMUR Beny Akhyar Nugroho Beny
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 3 No 02 (2020): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 03, No. 02, November 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v3i02.16368

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Jasmani di SDI Teladan Suci. Jakarta Timur saat kegiatan proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik pengumpulan data mengunakan kuesioner sebagai instrument penelitian. Kuesioner disebar melalui google form pada tanggal 24-27 juli 2020, diproses dan dianalisis menggunakan Ms. Excel dan SPSS version 24. Teknik pengumpulan sample menggunakan teknik Purposive Sampling berjumlah 154 siswa. Berdasarkan hasil sampel yang sudah diambil dari 154 responden didapatkan nilai tiga dimensi minat yaitu perhatian, perasaan dan motivasi 76% yang dinyatakan baik. Kata Kunci: Pengaruh Media Pembelajaran, Minat Belajar Siswa, Pendidikan Jasmani
MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR LARI BERBASIS PERMAINAN KECIL PADA ANAK USIA 7-9 TAHUN della agrinnitami Sapri
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 3 No 02 (2020): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 03, No. 02, November 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v3i02.16746

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk model pembelajaran gerak dasar lari berbasis permainan kecil pada anak usia 7-9 tahun yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani di Sekolah Dasar. Model pembelajaran tersebut diharapkan dapat membantu guru pada saat proses pembelajaran, khususnya pada materi gerak dasar lari. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development Borg and Gall yang dikemukakan sepuluh tahapan, akan tetapi berdasarkan penilaian dari pakar , maka penelitian ini hanya menggunakan lima langkah,adapun langkah-langkah tersebut adalah (1) Potensi dan masalah, (2) Mengumpulkan Informasi, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Perbaikan Desain, pertama petunjuk pelaksanaan model, kedua tujuan model, ketiga pengoptimalan alat dari segi keamanan, keempat jumlah permainan menjadi 19 permainan yang dapat dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Data dikumpulkan melalui kegiatan dokumentasi, wawancara, dan observasi.
Model Pembelajaran Servis Atas Bola Voli Berbasis Penugasan (Resistasi) Pada Siswa Sekolah Dasar Irene Kurdouw
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol 3 No 02 (2020): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 03, No. 02, November 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v3i02.16772

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat model pembelajaran servis atas berbasis penugasan yang dapat diterapkan pada siswa sekolah dasar kelas atas. Penlitian ini menggunakan metode ADDIE, dimana penelitian menggunakan 5 tahapan ya itu Analisis, desain, pengembangan model, pelaksanaan, evaluasi. Hasil penelitian ini menghasilkan produk yang berupa model pembelajaran servis atas bola voli berbasis penugasan pada siswa sekolah dasar.Yang telah direvisi oleh Ahli penugasan resistasi dan pembelajaran sebanyak 20 model yang dapat diterapkan pada anak kesolah dasar sekolah dasar sehingga dapat membuat guru pada saat proses pembelajaran, khussunya pada materi servis atas bola voli. Setelah peneliti membuat beberapa model pembelajaran, tahap selanjutnya setelah validasi maka akan direvisi model penugasan resistasi yang sudah divalidasi untuk diterapkan pad a anak-anak sekolah dasar. Pada penelitian ini hanya sampai pada tahap dikarenakan keadaan sekaran ini yang masih dalam masa pandemi COVID-19 yang belum tahu kapan akan berakhir.

Page 1 of 1 | Total Record : 10