cover
Contact Name
Suwanto Raharjo
Contact Email
wa2nlinux@yahoo.com
Phone
+62274866124
Journal Mail Official
jnanaloka@yahoo.com
Editorial Address
Jl. Mulungan Baru, Mulungan Wetan, RT 07, RW 17, No. 130, Mlati, Sleman, Yogyakarta, 55285 Telp. 0274-866124
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
JNANALOKA
Published by Lentera Dua Indonesia
JNANALOKA merupakan jurnal ilmiah berbasis blind peer review dan open access terbit mulai tahun 2020 dipublikasikan oleh Lentera Dua Indonesia. Jurnal terbit sebanyak 2 (dua) kali dalam setahun yakni bulan Maret dan September. Redaksi Jurnal JNANALOKA menerima artikel ilmiah orisinil lintas bidang ilmu yang memiliki fokus namun tidak terbatas pada bidang sains dan teknologi baik tingkat dasar, menengah, dan tinggi lintas dan multi disiplin ilmu. JNANALOKA juga menerima artikel yang didasarkan pada penelitian ilmiah secara umum.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 01 No. 02 September Tahun 2020" : 6 Documents clear
ANALISIS PENERAPAN METODE CONVEX HULL DAN CONVEXITY DEFECTS UNTUK PENGENALAN ISYARAT TANGAN Saputra, Artha Gilang
JNANALOKA Vol. 01 No. 02 September Tahun 2020
Publisher : Lentera Dua Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dalam bidang Human Computer Interaction (HCI) dan Computer Vision (CV) semakin berfokus pada antarmuka canggih untuk berinteraksi dengan manusia dan menciptakan model sistem yang digunakan manusia yang masuk akal untuk berbagai tujuan. Terutama untuk permasalahan perangkat masukan (input device) yang digunakan manusia untuk berinteraksi dengan komputer. Manusia sudah terbiasa berkomunikasi dengan sesama manusia menggunakan media komunikasi suara disertai bentuk posisi tubuh (body pose) dan isyarat tangan (hand gesture). Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan metode Convex Hull dan Convexity Defects untuk Pengenalan Isyarat Tangan. Pada penelitian ini, sistem Pengenalan Isyarat Tangan dirancang dengan OpenCV library kemudian menerima input isyarat tangan pengguna menggunakan webcam terintegrasi pada komputer dan menghasilkan output berupa bahasa dari hasil isyarat tangan yang dikenali sistem. Metode Convex Hull dan Convexity Defects berperan penting dalam mengklasifikasikan bentuk tangan dan jari dari pengguna untuk dikenali dan diterjemahkan. Pengujian pada penelitian ini melibatkan beberapa variabel yang mempengaruhi keberhasilan dalam mengenali isyarat tangan pengguna, seperti jarak tangan dengan webcam, sudut jari, kondisi cahaya dan kondisi latar belakang. Hasilnya, isyarat tangan pengguna dapat dikenali dengan stabil dan akurat apabila  berada pada jarak 50cm-70cm, sudut jari 25 –70 derajat , kondisi cahaya 150lux-460lux dan kondisi latar belakang polos tidak sewarna dengan tangan pengguna.  
Analisis sentimen pada Twitter dengan menggunakan metode Naïve Bayes Classifier Sigit Suryono; Emha Taufiq Luthfi
JNANALOKA Vol. 01 No. 02 September Tahun 2020
Publisher : Lentera Dua Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36802/jnanaloka.2020.v1-no2-81-86

Abstract

Analisis Sentimen merupakan salah satu cabang dari bidang ilmu text mining. Analisis sentimen merupakan sumber penting dalam melakukan evaluasi dan pengambilan keputusan terhadap sebuah topik permasalahan. Tujuan utama dari analisis sentimen adalah untuk mengetahui polaritas dari kumpulan sentimen yakni apakah bernilai positif, negatif ataupun netral. Data sentimen paling umum bisa didapatkan dari media sosial, salah satunya adalah Twitter. Dalam penelitian ini, tweet-tweet yang berhubungan dengan suatu kata kunci tertentu, dicari dan di- kumpulkan dari Twitter dengan menggunakan application programming interface menjadi data mentah. Data mentah tersebut diolah dengan Natural Language Toolkit menggunakan bahasa pemrograman Python untuk diproses lebih lanjut. Klasifikasi menggunakan metode Naïve Bayes Classifier untuk mengetahui tingkat akurasi dari proses klasifikasi dilakukan dalam penelitian ini. Program RapidMiner digunakan untuk melakukan proses klasifikasi. Dari hasil uji coba sebanyak empat kali, didapatkan hasil tingkat akurasi pada percobaan pertama sebesar 62.98%, percobaan kedua sebesar 64.95%, percobaan ketiga sebesar 66.36%, dan percobaan keempat sebesar 66.79%. Dari hasil klasifikasi didapat tingkat persentase sentimen positif sebesar 28%, sentimen negatif sebesar 20% dan sentimen netral sebesar 52%.
Analisis dan perancangan penggunaan bluetooth pada kontrol lampu di smarthome sistem Asih Candrakasih; Prita Haryani
JNANALOKA Vol. 01 No. 02 September Tahun 2020
Publisher : Lentera Dua Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36802/jnanaloka.2020.v1-no2-50-55

Abstract

Dewasa ini, perkembangan teknologi tidak hanya pada penemuan alat-alat baru yang lebih canggih, akan tetapi berpengaruh juga pada perkembangan peralatan elektronik dalam rumah yang biasa disebut dengan smart home. Banyak sensor atau perantara yang digunakan pada smart home system dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Akan tetapi pengontrolan menggunakan bluetooth terbilang lebih mudah, tidak memerlukan biaya yang besar dan tidak memerlukan sample yang terkadang tak terbaca. Perancangan yang dibuat menggunakan arduino uno, modul bluetooth HC-05 dan aplikasi android untuk mengontrol lampu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Systems Development Life Cycle (SDLC). Hasil dari penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa dengan satu arduino dan satu modul bluetooth HC-05 dapat dipakai untuk meyalakan lebih dari satu lampu atau LED. Pengontrolan lampu pada aplikasi dapat dilakukan dengan satu tombol untuk satu lampu atau satu tombol untuk semua lampu. Pada hasil analisis diketahui bahwa kinerja kedua versi bluetooth yang digunakan dalam penelitian ini yaitu v3 dan v4 dapat terpengaruh oleh WiFi jika dinyalakan secara bersamaan. Kedua versi bluetooth yaitu v3 dan v4 dapat tersambung sampai jarak 20 meter di luar ruangan dan 10 meter di dalam ruangan.
Peningkatan minat dan prestasi belajar siswa melalui penerapan metode kooperatif question and answer simulation berbasis teknologi informasi (studi kasus: mata pelajaran Otomatisasi dan Tata Kelola Humas dan Keprotokolan di SMK Negeri 2 Magelang) Priyani
JNANALOKA Vol. 01 No. 02 September Tahun 2020
Publisher : Lentera Dua Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36802/jnanaloka.2020.v1-no2-57-65

Abstract

-
Peningkatan kreativitas dan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui Penggunaan mind map interaktif dengan media MS PowerPoint di SMK Negeri 2 Magelang Natalia Mimik Hari Mulyani
JNANALOKA Vol. 01 No. 02 September Tahun 2020
Publisher : Lentera Dua Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36802/jnanaloka.2020.v1-no2-73-80

Abstract

Guru yang kreatif, profesional, dan menyenangkan harus memiliki konsep dan cara untuk mendongkrak kualitas pembelajaran. Oleh karena itu guru dituntut untuk memiliki kemampuan mengembangkan pendekatan dan memilih metode pembelajaran yang efektif. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan pada siswa Kelas XII Otomatisasi dan Tata Kelola Humas dan Keprotokolan 2 (OTKP-2) pada semester genap tahun 2019/2020 pada mata pelajaran PPKn. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui tes formatif (tertulis) dan tes penugasan (mind map interaktif menggunakan media MS PowerPoint yang dibuat oleh siswa. Hasil dari PTK ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan teknik mind map menggunakan MS PowerPoint terhadap peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa dan persepsi positif siswa. Persepsi siswa mengenai teknik mind map adalah positif yang diungkapkan dengan pernyataan siswa bahwa teknik tersebut menghemat waktu, meningkatkan kemandirian, menumbuhkan kreativitas. Tampak pula bahwa siswa ingin sering menggunakan mind map dengan MS PowerPoint di setiap pelajaran. Penggunan mind map dapat memecahkan masalah, menumbuhkan ide-ide baru yang pada umumnya bersifat orisinal dan unik, dan menimbulkan perasaan senang pada siswa.
Pengujian kinerja kompresi pohon Hufman satu dan dua pohon pada objek teks Ridwan Wulida Siam; Muhammad Didik Rohmad Wahyudi
JNANALOKA Vol. 01 No. 02 September Tahun 2020
Publisher : Lentera Dua Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36802/jnanaloka.2020.v1-no2-67-72

Abstract

Perkembangan teknologi semakin hari semakin cepat dan banyak, mengakibatkan banyaknya data digital yang tersimpan dalam sebuah media penyimpanan. Terlebih jika data tersebut trus disimpan dalam waktu yang tidak ditentukan. Sehingga besarnya media penyimpanan yang dibutuhkan untuk menampung data tersebut. Salah satu cara untuk menyelesaikannya adalah dengan memampatkan data tersebut hingga ukurannya menjadi lebih kecil. Algoritma huffman adalah salah satu algoritma kompresi data teks terbaik. Terdapat beberapa kelemahan didalam algoritma huffman ini, antara lain dalam pembentukan pohon. Penelitian ini menawarkan konsep algoritma huffman dengan dua buah pohon untuk memangkas setengah dari pembentukan satu pohon huffman. Dengan menggunakan dua buah pohon huffman dalam pembentukan pohon terutama kode prefik akan menjadi lebih pendek. Namun demikian, dalam implementasi kompresi data huffman ini akan memakan memori dan waktu yang lebih besar karena adanya proses tambahan sebelum data tersebut disimpan ataupun ditampilkan

Page 1 of 1 | Total Record : 6