cover
Contact Name
Haudi
Contact Email
haudi@stabdharmawidya.ac.id
Phone
+62811857888
Journal Mail Official
haudi@stabdharmawidya.ac.id
Editorial Address
JI. Rawa Kucing No.90, Tangerang
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha (JIAPAB)
ISSN : 26861194     EISSN : 27465179     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha (JIAPAB) merupakan jurnal yang memuat kajian ilmiah agama Buddha dan Pendidikan Agama
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2020): JIAPAB Vol. 2 No. 1 Maret 2020" : 5 Documents clear
Implementasi Metta Sutta terhadap Metode Pembelajaran di Kelas Virya Sekolah Minggu Sariputta Buddhies Fransisca, Anna; Wijoyo, Hadion
Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha Vol. 2 No. 1 (2020): JIAPAB Vol. 2 No. 1 Maret 2020
Publisher : SEKOLAH TINGGI AGAMA BUDDHA DHARMA WIDYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sekolah Minggu Buddha (SMB) merupakan pelengkap atau bagian dari pendidikan agama pada satuan pendidikan formal. Pendidikan non formal diselenggarakan dengan berbagai maksud dan tujuan diantaranya memberikan tambahan pelajaran di sekolah formal; melengkapi pelajaran di sekolah formal; mengganti pelajaran karena tidak mendapat pendidikan sekolah formal. Sampel adalah sebagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Dalam penelitian ini,untuk sampelnya yang diambil adalah 4 orang pendidik yang mengajar di kelas Virya. Teknik pengumpulan data merupakan cara-cara yang akan dilakukan untuk memperoleh data dan keterangan-keterangan yang diperlukan dalam penelitian. Pendidik (Guru) Sekolah Minggu Buddha memiliki peran untuk mendidik, membimbing, serta mengarahkan peserta didik menjadi lebih memahami ajaran-ajaran Buddha yang terdapat dalam Tipitaka dan kitab-kitab komentarnya.
Analisis Peran Orang Tua terhadap Minat Belajar di Sekolah Minggu Buddha Mandala Maitreya Pekanbaru Iskandar, Robin; Handoko, Agus Leo
Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha Vol. 2 No. 1 (2020): JIAPAB Vol. 2 No. 1 Maret 2020
Publisher : SEKOLAH TINGGI AGAMA BUDDHA DHARMA WIDYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana orang tua berperan terhadap minat belajar anak di Sekolah Minggu Buddha Mandala Maitreya. Penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui gambaran secara umum peran apa saja yang dilakukan orang tua siswa dalam meningkatkan minat belajar anak di SMB Mandala Maitreya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu berupa data-data tertulis maupun lisan dari orang dan perilaku yang diamati. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua, siswa, guru agama dan kepala sekolah SMB Mandala Maitreya. Langkah-langkah penulis dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian dalam pembahasan dapat disimpulkan ada hubungan positif antara peran orang tua dengan minat belajar siswa SD SMB Mandala Maitreya. Semakin tinggi perhatian orang tua terhadap minat belajar anak semakin tinggi pula minat belajar anak.
Peran Kesadaran / Sati terhadap Minat Baca Belajar Peserta Didik di SMB Trisaranagamana Soepandi; Yonata, Hendrian
Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha Vol. 2 No. 1 (2020): JIAPAB Vol. 2 No. 1 Maret 2020
Publisher : SEKOLAH TINGGI AGAMA BUDDHA DHARMA WIDYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Konsep pendidikan Buddhis terminology “Sikkha” (education) dalam pengertian Buddhis manusia adalah makluk belajar. Seluruh kehidupan sebagai proses belajar. Buddhisme merupakan suatu “Sistem Pendidikan” dengan gagasan bahwa manusia memiliki potensi untuk benar-benar membebaskan diri dari semua penderitaan melalui pemahaman benar (sammaditthi). Penekanan pendidikan Buddha mengajar anak-anak cara belajar, cara menikmati belajar, untuk mencintai kebijaksanaan demi kepentingannya sendiri. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Penelitian kualitatif merupakan suatu stategi inquiry yang menekankan pencarian makna, pengertian, konsep, karakteristik, gejala, symbol, maupun deskripsi tentang suatu fenomena, fokus dan multimetode, bersifat alami dan holistik; mengutamakan kualitas, menggunakan beberapa cara, serta disajikan secara narratif. para peserta didik muda mudi yang datang ke Cetya Trisaranagamana adalah mereka yang sebagian datang belajar atas dasar ajakan orang lain (orang tua), dan sebagian kecil adalah hasil inisiatif diri sendiri (angket no.1 sebesar 43%)
Pengaruh Saraniyadhamma terhadap Tumbuhnya Sikap Toleransi Intra Anak-Anak SMB Vihara Dhammaguna Buddhis Centre Pekanbaru Pendi, Irwansyah; Haudi
Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha Vol. 2 No. 1 (2020): JIAPAB Vol. 2 No. 1 Maret 2020
Publisher : SEKOLAH TINGGI AGAMA BUDDHA DHARMA WIDYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan agama, termasuk pendidikan agama Buddha di sekolah ataupun di sekolah minggu buddhis (SMB) sesungguhnya memiliki landasan filosofis, ideologis dan konstitusional yang sangat kuat. Dasar hukum yang menjamin kebebasan beragama di Indonesia terdapat pada konstitusi kita, yaitu Pasal 29 ayat (2) undang-undang dasar tahun 1945. Metode penelitian merupakan langkah yang dilakukan peneliti dalam rangka mengumpulkan data dan informasi berikut investigasi terhadap data yang diperoleh. dalam penelitian ini menggunakan data kualitatif, yang merupakan konstruktivisme yang berasumsi bahwa kenyataan itu berdimensi jamak , interaktif, dan suatu pertukaran pengalaman sosial yang di intepretasikan oleh setiap individu. Peneliti kualitatif percaya bahwa kebenaran ialah dinamis dan dapat ditemukan hanya melalui penelaahan terhadap orang-orang melalui interkasinya dengan situasi sosial mereka. anak-anak kurang memahami secara secara dalam mengenai Saraniyadhamma. Namun secara praktek, anak- anak telah mengimplementasikannya dalam kehidupan sosial baik di lingkungan sekolah atau pun vihara.
Hubungan Praktik Pindapatta dengan Kedermawanan Umat di Cetiya Trisaranagamana Pekanbaru Brian, Eddy; Santamoko, Ruby
Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha Vol. 2 No. 1 (2020): JIAPAB Vol. 2 No. 1 Maret 2020
Publisher : SEKOLAH TINGGI AGAMA BUDDHA DHARMA WIDYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Praktik pindapatta misalnya pada awalnya sangat jarang terlihat ada umat Buddha yang berdana. Seiring dengan berjalannya waktu dan tumbuhnya jumlah umat-umat yang mengenal dan merasa cocok dengan praktik pindapatta tradisi ini hal mana didukung oleh konsistensi para bhikku, informasi kedatangan para bhikku dan pindapatta pagi seolah merupakan informasi yang ditunggu-tungu oleh umat. penelitian ini berjenis penelitian kualitatif bersifat deskriftif. Penelitian deskriftif yaitu penelitian yang berusaha menjelaskan permasalahan yang ada sekarang dapat berbentuk kata-kata atau gambar dengan data-data yang telah diperoleh. Praktik Pindata Cetiya Trisaranagamana berhasil melaksanakan perannya dalam menumbuh kembangkan Kedermawanan dilingkungannya.

Page 1 of 1 | Total Record : 5