cover
Contact Name
Nizirwan Anwar
Contact Email
nizirwan.anwar@esaunggul.ac.id
Phone
+6281314410170
Journal Mail Official
jurnal.alu@ubm.ac.id
Editorial Address
Jl. Ancol Barat IV, RT.12/RW.2, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Algoritma, Logika dan Komputasi
ISSN : 2620620X     EISSN : 26219840     DOI : http://dx.doi.org/10.30813/j-alu.v1i1.1107
Jurnal Algoritma, Logika dan Komputasi (Jurnal ALU) adalah jurnal Program Studi Teknik Informatika, yang berisikan kumpulan hasil penelitian dosen, penelitian dosen dan mahasiswa, penelitian mahasiswa yang disusun dalam bentuk artikel penelitian. Jurnal Algoritma, Logika dan Komputasi(Jurnal ALU) adalah jurnal Program Studi Teknik Informatika, yang berisikan kumpulan hasil penelitian dosen, penelitian dosen dan mahasiswa, penelitian mahasiswa yang disusun dalam bentuk artikel penelitian.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 02 (2022): Jurnal ALU, September 2022" : 6 Documents clear
PERANCANGAN TOOLS KRIPTOGRAFI BERBASIS WEB MENGGUNAKAN ALGORITMA CAESAR, VIGENERE DAN STEGANOGRAFI EOF Jaeson Octavianus; Lukman Hakim
Jurnal Algoritma, Logika dan Komputasi Vol 5, No 02 (2022): Jurnal ALU, September 2022
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/j-alu.v5i02.3526

Abstract

Cryptography is a science or art that is useful for maintaining the confidentiality of letters by converting messages into forms that are no longer understood (Simargolang, 2017). Many students feel that the dissemination of cryptographic information that is disseminated is still ineffective, because there are still many students who do not really understand cryptography so they have to surf the internet, read books, etc. to find additional information. The purpose of this research is to create applications that are effective and can be a medium for disseminating information for students about cryptography to develop their level of knowledge of cryptography and to disseminate additional information about cryptography through cryptography educational applications. The data collection technique used in this research is by conducting a literature study and collecting primary data. The data used is obtained from conducting a survey using google form and is used to determine decisions in making the "EduKripto" application. With the high level of student desire to learn cryptography, 41.2% enthusiasts and 11.8% tentative, it can be concluded that this application can help students learn cryptography coupled with the application accuracy level in running algorithms and getting the right output is 100% during trials on the "EduKripto" application, as well as the data obtained indicate that after using "EduKripto" the level of understanding of students with less understanding changed from 77.7% to 38.9% and the level of understanding of students with more than average understanding increased from 22.3% to 61.2%, so it can be concluded that the use of the "EduKripto" application can help in developing the level of understanding of cryptography.Kriptografi merupakan ilmu atau seni yang berguna untuk menjaga kerahasiaan surat dengan cara mengubah pesan menjadi bentuk yang tidak dipahami lagi (Simargolang, 2017). Banyak pelajar merasakan bahwa penyebaran informasi kriptografi yang disebarkan  masih kurang efektif, dikarenakan masih banyaknya siswa yang tidak terlalu memahami kriptografi sehingga harus menjelajah internet, membaca buku, dll untuk mencari informasi tambahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi yang bersifat efektif dan dapat menjadi media penyebaran informasi bagi mahasiswa mengenai kriptografi untuk mengembangkan tingkat pengetahuan kriptografi serta menyebarkan informasi tambahan mengenai kriptografi melalui aplikasi edukasi kriptografi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan studi literatur dan pengumpulan data primer, Data yang digunakan didapat dari melakukan survey dengan menggunakan google form dan digunakan untuk menentukan keputusan dalam membuat aplikasi “EduKripto”. Dengan tingginya tingkat keinginan siswa untuk mempelajari kriptografi, sebesar 41.2% peminat dan 11.8% tentatif , dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat membantu siswa dalam mempelajari kriptografi ditambah dengan tingkat akurasi aplikasi dalam menjalankan algoritma dan mendapatkan output yang tepat adalah 100% selama dilakukan uji coba pada aplikasi “EduKripto”, serta data yang didapat mengindikasikan bahwa setelah menggunakan “EduKripto” tingkat pemahaman mahasiswa dengan pemahaman kurang berubah dari 77,7% menjadi 38,9% dan tingkat pemahaman mahasiswa dengan pemahaman lebih dari rata-rata meningkat dari  22,3% menjadi 61,2%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi “EduKripto” dapat membantu dalam pengembangan tingkat pemahaman kriptografi.
DESAIN SISTEM PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK MENGGUNAKAN AHP PADA LEMBAGA PENYIARAN TVRI Yudi Wiharto
Jurnal Algoritma, Logika dan Komputasi Vol 5, No 02 (2022): Jurnal ALU, September 2022
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/j-alu.v5i02.2620

Abstract

The concept of a decision support system for selecting the best employees in the Republic of Indonesia Television Public Broadcasting Institution is made based on the problems that exist in that institution that are still doing subjectively and manually and there is no system in it. Where in this selection concept is done by determining the weight value for each attribute, then the ranking process is carried out which will determine the optimal employee performance. Analytic Hierarchy Process (AHP) method was chosen because it can select the best alternative from a number of alternatives. Where by using this method the employee data which is assessed will be compared with other employees with several criteria provisions which will produce the best prospective employees. The results of the study are in the form of a Decision Support System Concept (SPK) concept, which is expected to be able to resolve the selection problem in the best employee assessment and is no longer subjective and the assessment is no longer seen from one aspect based on one perspective.
APLIKASI FORECASTING MENGGUNAKAN METODE LEAST SQUARE DAN WEIGHTED MOVING AVERAGE UNTUK PENJUALAN MINYAK GORENG David Andrean; Lukman Hakim
Jurnal Algoritma, Logika dan Komputasi Vol 5, No 02 (2022): Jurnal ALU, September 2022
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/j-alu.v5i02.3555

Abstract

UD DAVID E99 merupakan UD yang bergerak di bidang pendistribusian minyak goreng. Proses bisnis UD DAVID E99 umumnya masih menggunakan metode konvensional untuk menyimpan bukti transaksi yang menyebabkan pengaturan stok berantakan, tidak terkontrol, dan menimbulkan kesalahan penulisan atau perhitungan jika bukti transaksi hilang atau terlewat. Oleh karena itu dibutuhkan aplikasi peramalan untuk meminimalisir permasalahan pengaturan stok, kesalahan penulisan atau perhitungan yang terjadi dan menekan stok jual. Metode peramalan yang digunakan adalah metode Least Square dan Weighted Moving Average. Dimana metode Least Square menggunakan bobot yang fleksibel karena dapat disesuaikan sesuai jumlah data, dan metode Weighted Moving Average menggunakan bobot sesuai dengan data terbaru dan terlama. Dalam penelitian ini digunakan data dari bulan Desember 2021 sampai dengan bulan Februari 2022 yang didapat dari UD DAVID E99. Dengan menggunakan Mean Absolute Percentage Error (MAPE), didapatkan hasil bahwa metode Weighted Moving Average cocok digunakan dalam peramalan dibandingkan metode Least Square. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Least Square dan Weighted Moving Average dapat digunakan sebagai metode peramalan, namun berdasarkan tingkat akurasi, metode Weighted Moving Average dapat melakukan peramalan lebih baik dari metode Least Square dikarenakan metode Weighted Moving Average dapat meramalkan nilai yang lebih dekat dengan nilai aktual pada periode berikutnya.
PENERAPAN METODE MULTILAYER PERCEPTRON UNTUK MEMPREDIKSI TANDA TANGAN MAHASISWA Riko Sanjaya; Abdullah Abdullah; Usman Usman
Jurnal Algoritma, Logika dan Komputasi Vol 5, No 02 (2022): Jurnal ALU, September 2022
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/j-alu.v5i02.2760

Abstract

Tanda tangan (inggris: signature berasal dari latin: signare yang berarti “tanda”) atau paraf adalah tulisan tangan, terkadang diberi gaya tulisan tertentu dari nama seseorang atau tanda identifikasi lainnya tang ditulis pada dokumen sebagai sebuah bukti dari identitas dan kemauan. Tanda tangan berlaku sebagai segel. Salah satu teknik pengenalan pola tanda tangan adalah dengan jaringan syaraf tiruan, dimana metode ini menggunakan prinsip dari otak manusia yang terdiri dari neuron sebagai pemrosesan input untuk menghasilkan output berdasarkan bobot yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan jaringan syaraf tiruan pada pengenalan pola tanda tangan dan membuat program yang mensimulasikan metode ini menggunakan software Matlab dengan sistem operasi yang mendukung. Adapun manfaat dari penelitian memprediksi tanda tangan ini adalah dapat mengenali tanda tangan mahasiswa yang memiliki pola tanda tangan yang sama. Arsitektur jaringan syaraf tiruan yang digunakan adalah algoritma pembelajaran multilayer perceptron. Data yang digunakan berupa gambar tanda tangan berukuran 30 x 20 pixel yang telah dirubah menjadi angka dengan proses pengolahan citra. Dari proses tersebut akan menjadi input jaringan syaraf tiruan pengenalan pola tanda tangan. Setelah proses input akan diproses untuk pelatihan dan pengujian. Pelatihan jaringan menggunakan data sebanyak 120 sampel pola tanda tangan dengan hasil validasi untuk 78 gambar dapat dikenali dengan keakuratan sebesar 89,7% terhadap pola-pola tanda tangan tersebut.
NATURAL DISASTER EVENT MAPPING IN WEST JAVA USING K-MEANS ALGORITM sagaino Sagaino; Teady Matius Surya Mulyana; I Gusti Ngurah Suryantara; Jusia Amanda Ginting; Fransiskus Adikara
Jurnal Algoritma, Logika dan Komputasi Vol 5, No 02 (2022): Jurnal ALU, September 2022
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/j-alu.v5i1.3359

Abstract

 Natural disaster is an event that cannot be avoided, therefore a mapping of occurrence of the natural disaster is needed. In additional to mapping, clustering of natural disaster events is also needed to determine which areas have low to high intensity events. In performing the clustering, a method or algorithm can be used, namely the k-means algorithm.In the research conducter, the scope of natural disasters is West Java Province with the attributes used are floods, landslides and tornadoes. And also from this research, it was conducted to find out how many optimal number of clusters that can be clustered.The method that used  in this study is the K-Means algorithm which is used to perform clustering. The Elbow method is used to determine the optimal K value from the dataset by calculate the SSE (Sum Square Error) of each predetermined cluster.From the result of its application, the K-Means algorithm can cluster datasets of Natural Disaster in West Java with predetermined attributes. Based on the calculation results from the elbow method, the value of K from the dataset is 4. And from the research conducter, the accuracy rate of each cluster is 0,04% to 0,56%.Keywords:  K-Means, Natural Disaster, Elbow Method, Cluster, Machine Learning
APLIKASI PEMBELAJARAN STRUKTUR RANGKA TULANG MANUSIA BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MULTIMARKER Derry Leo Nardi; I Gusti Ngurah Suryantara
Jurnal Algoritma, Logika dan Komputasi Vol 5, No 02 (2022): Jurnal ALU, September 2022
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/j-alu.v5i02.3364

Abstract

Saat pembelajaran dilakukan secara konvensional sebuah alat peraga menjadi alat bantu atau pelengkap untuk memahami sebuah ilmu. Dalam pembelajaran online, murid tidak bisa berinteraksi secara langsung dengan alat peraga berbentuk fisik yang ditunjukkan oleh gurunya. Alasan penelitian ini dilakukan adalah harga alat peraga yang mahal, tidak mudah menunjukkan alat peraga tersebut ketika pembelajaran online, dan murid tidak bisa berinteraksi secara langsung dengan alat peraga. Selain daripada itu kegunaan dari penelitian ini untuk mencoba merepresentasikan model struktur tulang manusia secara 3D dan mencoba membuat pembelajaran tentang hal tersebut menjadi lebih menarik. Metode yang digunakan dalam pengembangan penelitian aplikasi AR ini adalah Multimedia Development Life Cycle dan metode yang digunakan dalam Aplikasi AR adalah multimarker. Hasil penelitian ini adalah aplikasi AR dengan metode multimarker dapat digunakan untuk memvisualisasikan model 3D dari struktur rangka tulang dengan keterbatasan berupa dibutuhkannya bidang planar untuk menghasilkan zona deteksi yang optimal. Seperti pada marker dengan posisi berdiri tidak bisa menampilkan 3D objek yang tersimpan dalam database vuforia.

Page 1 of 1 | Total Record : 6