cover
Contact Name
Hamidi
Contact Email
hamidi@unram.ac.id
Phone
+6281936732708
Journal Mail Official
dekriati@gmail.com
Editorial Address
Jl. Mananga Aba, Desa Karuni, Kec. Loura, Kab. Sumba Barat Daya 87254 – NTT, Indonesia
Location
Kab. sumba barat daya,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Sumba Journal of Research and Mathematics Education
ISSN : 27148939     EISSN : 27148947     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba (JPPMS) |p-ISSN : 2714-8939 , e-ISSN : 2714-8947| merupakan wahana bagi para peneliti khususnya dibidang pendidikan matematika dalam mengembangkan teknologi pendidikan dan teori-teori pendidikannya khususnya dibidang matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Weetebula. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba (JPPMS) merupakan jurnal ilmiah yang mulai diterbitkan pada tahun 2019 dan menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian di bidang pendidikan matematika secara umum yang mencakup Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pengembangan model dan teknologi pembelajaran, kajian pembelajaran matematika, dan analisis pembelajaran matematika. Jurnal ini diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun yaitu bulan Mei dan bulan November. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba (JPPMS) merupakan jurnal OPEN ACCESS sehingga bisa diakses untuk dijadikan sebagai rujukan untuk karya ilmiah lainnya. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika (JPPM) disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2019)" : 10 Documents clear
Analisis Kemampuan Berpikir Lateral Siswa Kelas XI TKJ SMKN 1 Tambolaka dalam Menyelesaikan Soal Matriks Elisabeth Dada Kii; Ahmad Muzaki; Edi Wahyudi
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba Vol. 1 No. 1 (2019)
Publisher : STKIP Weetebula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53395/jppms.v1i1.63

Abstract

Penerapan Pendekatan Metakognitif-Diskursif pada Materi Perkalian Bilangan Bulat untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VII A SMPK St. Paulus Karuni Tahun Ajaran 2018/2019 Florida Florida Moza; Dekriati Ate
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba Vol. 1 No. 1 (2019)
Publisher : STKIP Weetebula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53395/jppms.v1i1.32

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KE MAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA KELAS VIII SMPK. ST. PAULUS KARUNI Erminia Dos Santos Xavier; Samuel Rex Mulyadi Making
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba Vol. 1 No. 1 (2019)
Publisher : STKIP Weetebula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53395/jppms.v1i1.68

Abstract

Persoalan mendasar yang seringkali terjadi di sekolah, adalah siswa malas untuk berpikir, mereka menghafal konsep atau rumusan yang diberikan guru tanpa berusaha untuk memahami dengan baik makna yang terkandung dalam konsep, hal ini berakibat rendahnya hasil belajar siswa, oleh karena itu penelitian ini tujuannya adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning dengan Metode Pre- Experimen Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas VIII B SMPK St. Paulus Karuni Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre- Experimen dengan desain The One Group Pretes posttest Design. Data penelitian yang terkumpul dan telah dianalisa mengindikasikan bahwa model quantum learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir logis siswa. Kata kunci: Berpikir Logis,Quantum Learning
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Materi Pokok Pangkat Tak Sebenarnya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX B SMPK St. Paulus Karuni Kornelia Nasriani Dendo; Dekriati Ate
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba Vol. 1 No. 1 (2019)
Publisher : STKIP Weetebula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53395/jppms.v1i1.34

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa IX B SMPK St. Paulus Karuni pada Materi Pangkat Tak Sebenarnya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dua kali pertemuan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran.Pelaksanaan penelitian dilakukan pada proses pembelajaran semester genap yaitu bulan Januari 2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX B SMPK St. Paulus Karuni tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 27 orang yang terdiri atas 18 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang dianalisis meliputi ketuntasan belajar individu dan ketuntasan belajar secara klasikal.Hasil penelitian ini menunjukkan hasil test siklus I, 8 siswa yang tuntas mencapai 30% dan 19 siswa tidak tuntas mencapai 70%. Sedangkan pada tes siklus II, 23 siswa yang tuntas mencapai 85% dan 4 siswa tidak tuntas mencapai 15%. Dari hasil siklus I dan II hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI B SMPK St. Paulus Karuni.Kata Kunci: Model Pembelajaran Make A Match, Hasil Belajar, Pangkat Tak Sebenarnya.
EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAVI DARI HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPS MARAPATI MATERI PRISMA DAN LIMAS Lukas Dhesu; Edi Wahyudi; Wilhelmus Yape Kii
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba Vol. 1 No. 1 (2019)
Publisher : STKIP Weetebula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53395/jppms.v1i1.66

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut Apakah pendekatan SAVI efektif digunakan dalam pembelajaran matematika materi prisma dan limas apabila ditinjau dari hasil belajar siswa? Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar pada materi prisma dan limas siswa kelas VIIIA di SMP Swasta Marapati. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimental (penelitian eksperimental semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Marapati, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VIIIA SMP sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil uji prasyarat dalam penelitian ini adalah uji normalitas kelas eksperimen dan kelas kontrol sama-sama berdistribusi normal, dimana untuk kelas eksperimen 0.100 lebih besar dari 0.05 dan untuk kelas kontrol 0.108 lebih besar dari 0.05. Pada uji homogenitas kelas eksperimen dan kelas kontrol, kedua kelompok data mempunyai varian sama atau homogen yaitu 0,478 lebih besar dari 0,05. Hasil penelitian berdasarkan uji t diperoleh nilai sig 0.006 lebih jecil dari 0.05. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikan  = 0.05, diperoleh nilai thitung sebesar2,865, sedangkan dari hasil perhitungan didapat nilai ttabel sebesar 1,999. Dari hasil perhitungan hasil test diperoleh nilai rata-rata siswa dengan menggunakan model pembelajaran SAVI lebih tinggi dari pada nilai rata-rata siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas dengan menggunakan model pembelajaran SAVI
Pengaruh Model Pembelajaran SFAE Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Relasi dan Fungsi SMKN1 Tambolaka Naomi Bulu; Dekriati Ate
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba Vol. 1 No. 1 (2019)
Publisher : STKIP Weetebula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53395/jppms.v1i1.35

Abstract

Pokok permasalahan dalam penulisan ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) ada pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa di kelas x pertanian SMK Negeri 1 Kota Tamboaka. Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti melakukan penelitian eksperimen, dimana penelitian eksperimen adalah penelitian yang membandingkan antara dua kelas. Dengan tujuan membandingkan model pembelajaran Studen Facilitator And Explaining dengan model pembelajaran konvensional pada materi relasi dan fungsi di kelas x pertanian SMK Negeri 1 Kota Tambolaka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik Instrumen Tes dan teknik instrumen non tes. Teknik Analisis Data yang digunakan adalah analisis parametrik, dalam analisis parametrik ada uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, ketika data berdistribusi normal dan homogen maka akan dilanjutkan teknik uji t. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran SFAE ada pengaruh yang positif terhadap hasil belajar dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil belajar pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran SFAE di peroleh nilai rata-rata 77,64 dan pada kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di peroleh nilai rata-rata 63,52. Berdasar data tersebut dari nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SFAE berhasil atau ada pengaruh terhadap hasil belajar.Kata kunci: SFAE, Hasil Belajar, Relasi dan Fungsi
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LOURA MATERI OPERASI ALJABAR PADA FUNGSI Agustinus Bulu; Edi Wahyudi; Samuel Rex Mulyadi Making
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba Vol. 1 No. 1 (2019)
Publisher : STKIP Weetebula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53395/jppms.v1i1.71

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Loura materi operasi aljabar pada fungsi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Loura Tahun Ajaran 2018/2019 dengan sampel kelas X IPS B sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning dan kelas X IPS A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil analisis hipotesis dengan menggunakan uji t (independent sample t test) diperoleh nilai sig.(2 tailed) lebih kecil dari 0,05 (0,008 lebih kecil dari  0,05), nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,769 lebih besar dari 2,060), dan rerata hasil belajar (posttest) siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih besar dari rerata hasil belajar (posttest) yang menggunakan model pembelajaran konvensional (85,52 lebih besar dari 81,60). Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Loura materi operasi aljabar pada fungsi Tahun Ajaran 2018/2019 Kata kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SPLDV SMPK SANMADELO RADA LOKO TAHUN AJARAN 2018/2019 Paulus Poka Dendo; Dekriati Ate
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba Vol. 1 No. 1 (2019)
Publisher : STKIP Weetebula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53395/jppms.v1i1.36

Abstract

Perbedaan Model Pembelajaran Pair Check dan Model Pembelajaran Konvensional Terhadap Model Hasil Belajar Siswa Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bentuk Aljabar di Kelas VII SMPN I Loura Tahun Ajaran 2018/2019 Yulita Malo; Samuel Rex Mulyadi Making
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba Vol. 1 No. 1 (2019)
Publisher : STKIP Weetebula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53395/jppms.v1i1.69

Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil  belajar matematika  siswa  materi  Penjumlahan  dan  Pengurangan Bentuk aljabar dengan menggunakan model pembelajaran pair check dengan siswa yang diajarkan dengan  model pembelajaran konvensional. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A dan kelas VII B SMPN I Loura Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 72 orang.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik Instrumen Tes. Teknik Analisis Data yang digunakan adalah analisis parametrik, dalam analisis parametrik ada uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, ketika data berdistribusi normal dan homogen maka akan dilanjutkan teknik uji t. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran pair check terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas VIIA dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VII B. Hasil belajar pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran pair check  di peroleh nilai rata-rata 80,91 dan pada kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di peroleh nilai rata-rata 75,62. Berdasarkan data tersebut dari nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pair check berhasil atau ada perbedaan terhadap hasil belajar. Kata kunci : Model Pair Check, Hasil Belajar  
PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN DAYA SERAP SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Edi Wahyudi; Dekriati Ate; Samuel Rex. M. Making
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba Vol. 1 No. 1 (2019)
Publisher : STKIP Weetebula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53395/jppms.v1i1.33

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 10