cover
Contact Name
Hamidi
Contact Email
hamidi@unram.ac.id
Phone
+6281936732708
Journal Mail Official
dekriati@gmail.com
Editorial Address
Jl. Mananga Aba, Desa Karuni, Kec. Loura, Kab. Sumba Barat Daya 87254 – NTT, Indonesia
Location
Kab. sumba barat daya,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Sumba Journal of Research and Mathematics Education
ISSN : 27148939     EISSN : 27148947     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba (JPPMS) |p-ISSN : 2714-8939 , e-ISSN : 2714-8947| merupakan wahana bagi para peneliti khususnya dibidang pendidikan matematika dalam mengembangkan teknologi pendidikan dan teori-teori pendidikannya khususnya dibidang matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Weetebula. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba (JPPMS) merupakan jurnal ilmiah yang mulai diterbitkan pada tahun 2019 dan menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian di bidang pendidikan matematika secara umum yang mencakup Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pengembangan model dan teknologi pembelajaran, kajian pembelajaran matematika, dan analisis pembelajaran matematika. Jurnal ini diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun yaitu bulan Mei dan bulan November. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba (JPPMS) merupakan jurnal OPEN ACCESS sehingga bisa diakses untuk dijadikan sebagai rujukan untuk karya ilmiah lainnya. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika (JPPM) disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2019)" : 9 Documents clear
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIA MELALUI PENDEKATAN METAKOGNITIF-DISKURSIF MENGGUNAKAN KONSEP DEBET DAN KREDIT PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT SMPK ST. PAULUS KARUNI MARLINCE SRIDORCE BULU; Ahmad Muzaki; Geterudis Kerans
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba Vol. 1 No. 2 (2019)
Publisher : STKIP Weetebula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53395/jppms.v1i2.78

Abstract

Kurangnya pemahaman konsep matematika dan proses pembelajaran yang kurang teratur berdampak pada hasil belajar siswa menjadi rendah. Hasil belajar yang rendah disebabkan oleh proses pembelajaran yang tidak melibatkan siswa secarah aktif di dalam kelas, sehingga dalam penyelesaian masalah ini digunakan strategi pembelajaran pendekatan Metakognitif-Diskursif menggunakan konsep Debet dan Kredit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Jenis penelitian yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMPK St. Paulus Karuni yang berjumlah 10 orang.  Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa tes yang dilakukan setelah akhir siklus dan non tes untuk mengobservasi aktivitas siswa dan guru saat proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian yang diperoleh dari siklus I sampai siklus II berdasarkan hasil observasi dan refleksi peneliti dan observer dijelaskan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari 80% menjadi 100% berdasarkan persentase ketuntasan dan nilai rata-rata meningkat dari 72,9 menjadi 98,1. Hasil ini menunjukkan bahwa melalui penerapan pendekatan Metakognitif-Diskursif menggunakan konsep Debet dan Kredit pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil belajar, Metakognitif-Diskursif, Debet dan Kredit,
Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Peluang Kelas XI IPA SMAN 1 Kota Tambolaka Emilianus Buga; Samuel Rex Mulyadi Making
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba Vol. 1 No. 2 (2019)
Publisher : STKIP Weetebula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53395/jppms.v1i2.73

Abstract

Proses belajar dilaksanakan dalam rangka memberi kesempatan kepada siswa untuk memperoleh pengalaman belajar. Guru sebagai pendidik tidak sebatas mentransfer pengetahuan semata, tetapi guru harus mampu menciptakan situasi kelas yang kondusif. Salah satu faktor yang membuat situasi kelas kondusif yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang menarik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectual, and Repetition (AIR) terhadap hasil belajar  siswa Kelas XI SMAN 1 Kota Tambolaka. Jenis penelitian quasi eksperimen, tipe one group pre test – post-test design. hasil analisis data diketahui bahwa kemampuan awal atau hasil belajar siswa  masih tergolong rendah. Namun, setelah diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran model pembelajaran Auditori, intellectuali and repetition hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang ditandai adanya perbedaan gain skor antara pre test  dan post-test. Rata-rata pre test sebesar 45,68 sedangkan rata-rata post-test sebesar 77 dengan mean gain skor sebesar 31,31. Kata kunci: Model Pembelajaran Auditory, Intelectually and Repetition, Hasil Belajar
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS XI IPA SMA SEMINARI SINAR BUANA TAHUN AJARAN 2019/2020 Natalia Inosensia Bora; Ahmad Muzaki
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba Vol. 1 No. 2 (2019)
Publisher : STKIP Weetebula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53395/jppms.v1i2.65

Abstract

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IX SMPK St. Paulus Karuni pada Materi Fungsi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik Timotius Woda Napu
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba Vol. 1 No. 2 (2019)
Publisher : STKIP Weetebula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53395/jppms.v1i2.60

Abstract

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING AND EXTENDING) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI PERTIDAKSAMAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MIA SMAK ST. DOMINIKUS TAMBOLAKA Apridayati Bulu; Samuel Rex Making; Geterudis Kerans
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba Vol. 1 No. 2 (2019)
Publisher : STKIP Weetebula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53395/jppms.v1i2.64

Abstract

Banyak peserta didik cepat bosan saat mengikuti pembelajaran  matematika, tidak tertib, dan kurang aktif sehingga menyebabkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika rendah. Hal yang menyebabkan masalah tersebut adalah proses pembelajaran yang ditetapkan konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Penerapan Model Pembelajaran Connecting Organizing reflecting extending (CORE)  dengan pendekatan kontekstual pada materi pertidaksaman linear dua variabel untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMAK St. Dominikus Tambolaka”. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen dengan metode pre-eksperimental design. dan menggunakan desain one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknis tes yang dianalisis menggunakan program SPSS 20.00. Hasil penelitian  diketahui  thitung sebesar 30,323 dan ttabel sebesar 2,16 hal ini menunjukan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (30,323  lebih besar dari 2,16) pada taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan  13. Karena  thitung lebih besar dari ttabel  sehingga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari model pembelajaran CORE dengan Pendekatan Kontekstual terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMAK St. Dominikus Tambolaka 2019/2020
PENGARUH PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI MENENTUKAN NILAI OPTIMUM DENGAN MENGGUNAKAN METODE UJI TITIK POJOK KELAS XI IPA SMA SEMINARI SINAR BUANA Sriyani Rambu Retang; Samuel Rex Making; Geterudis Kerans
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba Vol. 1 No. 2 (2019)
Publisher : STKIP Weetebula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53395/jppms.v1i2.61

Abstract

Hasil belajar matematika siswa pada kenyataannya masih mengalami masalah, rendahnya hasil belajar siswa menjadi tantangan tersendiri bagi guru untuk terus melakukan perubahan dalam pembelajaran. Sehingga peneliti melakukan penelitian untuk melihat pengaruh pendekatan resource based learning terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi menentukan nilai optimum dengan metode uji titik pojok. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan metode pre-experimental dan menggunakan desain one group pretest-posttest desaign dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPA SMA Seminari Sinar Buana. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yang dianalisis menggunakan program SPSS 16.00. Berdasarkan hasil analisis deskiptif diperoleh rata-rata hasil belajar pre-test siswa = 45,29 dan rata-rata hasil belajar post-test = 84,29 dengan rata-rata selisih (gain) pre-test dan post-test = 38. Selanjutnya data hasil belajar (pre-test dan post-test) dilakuan uji normalitas sebagai uji prasyarat dan dari analisis data menunjukan bahwa data-data tesebut berdistribusi normal. Berdasarkan analisis data uji-t pada taraf signifikan 0,05, diperoleh (9,446) lebih besar dari (1,943) maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan resource based learning terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi menentukan nilai optimum dengan metode uji titik pojok kelas XI IPA SMA Seminari Sinar Buana.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR METAFORIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS BAHRUL ULUM NW TELAGA BAGIK TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Nurul Apriyani; Ahmad Muzaki
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba Vol. 1 No. 2 (2019)
Publisher : STKIP Weetebula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53395/jppms.v1i2.72

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas VIII MTs. Bahrul Ulum NW Telaga Bagik Tahun Pelajaran 2018/2019, ditemukan permasalahan bahwa kreativitas berpikir metaforis dan kemandirian belajar siswa masih rendah, sumber belajar yang sering digunakan masih kurang mengintegrasikan materi dengan fenomena dalam kehidupan sehari-hari, konsep dan pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga kreativitas berpikir metaforis dan kemandirian belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sinektik terhadap kreativitas berpikir metaforis dan kemandirian belajar siswa kelas VIII MTs Bahrul Ulum NW Telaga Bagik. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu dengan desain posttest only control group desaign. Penelitian yang dilaksanakan di MTs Bahrul Ulum NW Telaga Bagik menggunakan sampel yang ditentukan dengan teknik sampling jenuh dari keseluruhan populasi siswa kelas VIII. Kelas eksperimen yang ditentukan yaitu kelas VIII A (24 siswa) yang dibelajarkan dengan model sinektik, sedangkan kelas VIII B (24 siswa) sebagai kelas kontrol dibelajarkan dengan sumber belajar konvensional pada materi teorema pythagoras. Teknik pengumpulan data kreativitas berpikir metaforis menggunakan tes essay dan kemandirian belajar menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa rerata keterampilan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen pada pertemuan ke-1 sebesar 65,5388 dan pertemuan ke-2 sebesar 72,65625, dan rerata keterampilan berpikir kreatif kelas kontrol pada pertemuan ke-1 sebesar 60,15625, pertemuan ke-2 sebesar 67,70833, dan rerata kemandirian belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis kreativitas berpikir metaforis menggunakan uji t (paired sample t-test) dengan bantuan SPSS 16 diketahui bahwa thitung (0,000) lebih besar dari α (0,05) sehingga hipotesis alternative (Ha) diterima. Artinya, terdapat pengaruh pembelajaran sinektik terhadap kreativitas berpikir metaforis dan kemandirian belajar siswa. Kata kunci : Sinektik, Kreativitas Berpikir Metaforis dan Kemandian.
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IX DI SMP SWASTA RANGGA RAME PADA MATERI STATISTIKA TAHUN AJARAN 2019/2020 Herlina Ikrar Kodu; Ahmad Muzaki
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba Vol. 1 No. 2 (2019)
Publisher : STKIP Weetebula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53395/jppms.v1i2.67

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal statistika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IXA SMP Swasta Rangga Rame dengan jumlah 24 siswa, dan subjek yang mendapat tindakan/treatment lebih lanjut yaitu 6 subjek, keenam subjek ini dipilih berdasarkan Kemampuan Awal Matematika kategori tinggi, kategori sedang dan kategori rendah. Masing-masing kategori dipilih 2 subjek yang akan mewakili 24 siswa tersebut. Jenis data yang dikumpulkan berupa data kualitatif yaitu hasil tes kemampuan berpikir kritis dan hasil wawancara. Data dianalisis berdasarkan indikator berpikir kritis yang telah ditetapkan oleh peneliti yang meliputi klarifikasi, assesmen penarikan kesimpulan, strategi dan taktik. Analisa data yang dilakukan melalui tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil analisis data diperoleh 8,69% siswa termasuk dalam kategori tinggi dengan kemampuan merinci pokok-pokok permasalahan, menggunakan rumus dengan benar dan tepat dalam menyelesaikan soal dan membuat kesimpulan dari jawabannya. 13,04% siswa termasuk dalam kategori sedang dengan kemampuan merinci pokok-pokok permasalahan, mampu menggunakan rumus dengan tepat dan benar. Sedangkan 78,26% termasuk dalam kategori rendah karena hanya mampu merinci pokok-pokok permasalahan. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis siwa masih tergolong rendah. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Statistika
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL Maria Thresia Wunda Deke; Samuel Rex Making; Dekriati Ate
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba Vol. 1 No. 2 (2019)
Publisher : STKIP Weetebula

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53395/jppms.v1i2.62

Abstract

Berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat menyelesaikan berbagai macam permasalahan, baik permasalahan matematis maupun permasalahan yang terkait dalam kehidupan. Berpikir kritis merupakan hal yang harus dikembangkan dalam pembelajaran khususnya pembelajaran matematika. Namun berdasarkan hasil pengamatan peneliti kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran konvensional. Salah satu model pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah model pembelajaran reciprocal teaching. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas XMIA SMA St. Alfonsus Weetebula pada materi sistem persamaan linear tiga variabel tahun ajaran 2019/2020. Rancangan penelitian bersifat quasi eksperimen dengan desain Non-Equivalent control group. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purpose sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA St. Alfonsus Weetebula sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XMIA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XMIA2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknis non tes dan teknik tes, hasil dari teknik tes ini akan dianalisis menggunakan aplikasi SPSS 16.0. Hasil penelitian uji hipotesis menunjukan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,003 lebih kecil dari nilai 0,05 (0,003 lebih kecil dari 0,05), kemudian pada nilai t diketahui  (3,068 lebih besar dari 1,999) sehingga dapat disimpulkan bahwa model reciprocal teaching berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.Kata kunci: kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Reciprocal Teaching

Page 1 of 1 | Total Record : 9