cover
Contact Name
Faisal Ashar
Contact Email
sipil@ft.unp.ac.id
Phone
+6282284597658
Journal Mail Official
sipil@ft.unp.ac.id
Editorial Address
Jln Hamka. Jurusan Teknik Sipil, Universitas Negeri Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Applied Science in Civil Engineering
ISSN : -     EISSN : 27221032     DOI : -
Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. Struktur baja, beton dan kayu 4. Manajemen Konstruksi 5. Transportasi 6. Mitigasi Bencana 7. Manajemen sumber daya air 8. Rekayasa Lingkungan 9. Hal lain yang berhubungan dengan Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Applied Science in Civil Engineering" : 21 Documents clear
PEMETAAN DAN ANALISIS DAERAH RAWAN BANJIR DI KOTA PADANG Viyola Saffitri; Faisal Ashar
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v4i1.33283

Abstract

Banjir yang terjadi di Kota Padang umumnya disebabkan oleh curah hujan yang tinggi, kondisi drainase yang kurang baik, dan kondisi sungai yang dangkal sehingga saat terjadi hujan lebat sungai-sungai maupun drainase tidak mampu menampung volume air dan menimbulkan banjir. Kondisi tersebut mengakibatkan cukup banyak sebagian wilayah Kota Padang yang rawan terhadap banjir/genangan.Selain itu, peningkatan pembangunan di Kota Padang sendiri berbanding terbalik dengan berkurangnya daerah resapan air yang dapat membuat air hujan tergenang di permukaan dan terjadi banjir.Mengingat begitu besarnya dampak banjir yang dapat ditimbulkan, maka diperlukan survei dan pemetaan untuk menentukan zona rawan banjir di Kota Padang.Tugas akhir ini akan membahas pemetaan dan analisis wilayah yang rawan terhadap banjir di wilayah Kota Padang. Data primer yang didapat dari penelitian iniyaitu berupa data hasil survei dan observasi lapangan untuk mendapatkan koordinat titik lokasi banjir.Sedangkan untuk data sekunder seperti, data kependudukan, data spatial wilayah terdampak banjir, data OSM (OpenStreetMap),data curah hujan, topografi, kelerengan, jenis tanah, dan penggunaan lahan Kota Padang. Hasil dari penelitian ini yaitu: Penelitian ini menganalisis tingkat kerawanan bencana banjir di Kota Padang, menggunakan bantuan software ArcGIS 10.4 dengan metode Overlay. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa sebagian wilayah di Kota Padang rawan terhadap banjir.
PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA MATA KULIAH IRIGASI DAN DRAINASE MENGGUNAKAN APLIKASI STROM WATER MANAGEMENT MODEL (SWMM) 5.1 Yoga Abel Wiranda; Totoh Andayono
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v4i1.50783

Abstract

Permasalahan yang ada pada mata kuliah Irigasi dan Drainase adalah belum memadainya media pembelajaran saat proses belajar mengajar dan kurangnya pemanfaatan teknologi khususnya pada materi simulasi drainase menggunakan aplikasi Strom Water Management Model 5.1. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata kuliah Irigasi dan Drainase. Penelitian ini menggunakan tahapan-tahapan Research and Development yang mengadaptasi model 4D. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian media pembelajaran untuk ahli media, ahli materi, dan mahasiswa. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi 1 memperoleh skor rata-rata 95% dikatakan “sangat valid”. Penilaian produk oleh ahli materi 2 memperoleh skor rata-rata 96% dikatakan “sangat valid”. Validasi oleh ahli media 1 mendapat skor rata-rata 89% dikatakan “sangat valid”, ahli media 2 mendapat skor rata-rata 90% dikatakan “sangat valid”. Berdasarkan penilaian praktikalitas oleh mahasiswa kelompok kecil memperoleh nilai rata-rata sebesar 92.75% dengan kategori “sangat praktis”, sedangkan kelompok besar memperoleh nilai rata-rata sebesar 90,89% dengan kategori “sangat praktis”. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, media yang dihasilkan dinyatakan valid dan sangat praktis digunakan.
PERFORMA INFILTRASI DENGAN ALAT INFILTRASI BUATAN DI DAERAH PENGEMBANGAN PERMUKIMAN KOTA PADANG Sintia Moli Sartika Sari; Totoh Andayono
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v4i1.52183

Abstract

Pertumbuhan jumlah penduduk di Kota Padang yang terus bertambah mengakibatkan kebutuhan lahan untuk permukiman meningkat sehingga terjadinya alih fungsi lahan dari daerah resapan air hujan menjadi daerah permukiman. Berkurangnya lahan resapan air dikawasan permukiman dapat dilihat dari ra-patnya susunan perumahan, kecenderungan penutupan tanah menggunakan material semen dan beton, dan kondisi tanah yang dipadatkan. Hal ini mengakibatkan terhambatnya proses infiltrasi kedalam tanah sehingga pada saat terjadi hujan sebagian besar air akan menjadi genangan (aliran permukaan) dan kandungan cadangan air didalam tanah berkurang. Oleh karena itu perlu dilakukan suatu usaha untuk memperbesar nilai infiltrasi. Salah satu teknik yang dapat diterapkan adalah dengan alat infiltrasi buatan (artificial infiltration). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa infiltrasi dengan alat infiltrasi buatan di daerah pengembangan permukiman Kota Padang. Pengujian performa infiltrasi dilakukan dengan tiga analisis yaitu laju infiltrasi, kapasitas infiltrasi, dan infiltrasi kumulatif. Hasil perhitungan performa infiltrasi dengan alat infiltrasi buatan ini akan dibandingkan dengan doble ring infiltrometer. Hasil performa infiltrasi dengan alat infitrasi buatan didapatkan laju infiltrasi dan kapasitas infiltrasi rata-rata sebesar 37,05 cm/jam, dan infiltrasi kumulatif rata-rata sebesar 292,18 cm. Sedangkan performa infiltrasi dengan double ring infiltrometer didapatkan laju infiltrasi dan kapasitas infiltrasi rata-rata sebesar 1,40 cm/jam dan infiltrasi kumulatif sebesar 22,59 cm. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa alat infiltrasi buatan dapat meningkatkan laju infiltrasi, kapasitas infiltrasi, dan infiltrasi kumulatif dengan performa 26 kali dan 13 kali lebih besar dari double ring infiltrometer.
MIKROZONASI SEISMIK UNTUK KABUPATEN PASAMAN BARAT Ferdi Ferdi; Rusnardi Rahmat
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v4i1.58483

Abstract

Pulau Sumatera adalah wilayah Indonesia yang termasuk dalam batas lempeng besar Indo-Australia, lempeng Eurasia dan lempeng Filipina. Batas pertemuan ketiga lempeng tersebut merupakan sumber dari lokasi gempa tektonik yang berasal dari zona subduksi dan menyebabkan terjadinya patahan yang disebut SFS (Sumatera Fault System). Patahan atau sesar ini melewati beberapa Kabupaten di Sumatera Barat, yakni Kabupaten Solok Selatan, Solok, Tanah Datar, Pasaman, Kota Padang Panjang dan Bukittinggi. Tentunya ancaman bencana gempa bumi seperti ini tidak bisa diabaikan begitu saja, apalagi di salah satu Kabupaten yang dilewati oleh sesar ini adalah Kabupaten Pasaman Barat yang memiliki potensi di bidang pertambangan, kehutanan, perkebunan, tanaman pangan, peternakan, perikanan, pariwisata serta potensi lainnya. Penelitian ini berfokus untuk mencari amplifikasi, frekuensi serta periode gelombang tanah berdasarkan data hasil mikrotremor yang dapat dipergunakan untuk membuat mikrozonasi seismik di Kabupaten Pasaman Barat. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah HVSR (Horizontal to Vertical Spectral Ratio) yaitu metode yang digunakan untuk menghitung rasio sprektrum komponen horizontal terhadap komponen vertikal dari gelombang mikrotremor. Hasil yang didapatkan adalah peta mikrozonasi seismik untuk Kabupaten Pasaman Barat dan bukti bahwasanya nilai periode gelombang tanah sangat bergantung pada jenis lapisan tanah/batuan. Untuk rata-rata nilai periode tanah pada Kabupaten Pasaman Barat sesuai titik yang disurvey adalah 2,849 s dengan tanah jenis IV yang mana jenis tanah tersebut terdiri dari sedimentasi delta, top soil, lumpur, tanah lunak, humus, endapan delta atau endapan lumpur, dan tanah yang tergolong pada jenis tanah lembek dengan kedalaman 30 meter.
PEMBUATAN MODUL DIGITAL PADA MATA KULIAH APLIKASI KONSTRUKSI BATU DI DEPARTEMEN TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS NEGERI PADANG Restia Rahmadhani IB; Laras Oktavia Andreas
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v4i1.59083

Abstract

Abstrak: Masalah yang ada pada mata kuliah aplikasi konstruksi batu adalah belum adanya modul digital yang digunakan pada mata kuliah aplikasi konstruksi batu sebagai penunjang pembelajaran hanya berupa modul cetak dan materi pada modul cetak masih berdasarkan SNI lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul digital pada mata kuliah aplikasi konstruksi batu yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development yang mengadaptasi model ADDIE. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian media pembelajaran untuk ahli media, ahli materi, dan mahasiswa serta tes tertulis untuk mahasiswa. Berdasarkan penilaian produk terhadap modul digital pada mata kuliah aplikasi konstruksi batu oleh ahli media dari semua aspek memperoleh penilaian sebesar 95% dengan kriteria valid, sedangkan penilaian oleh ahli materi dari semua aspek memperoleh penilaian sebesar 93 % dengan kriteria valid. Penilaian pada tahapan uji coba ke lapangan untuk melihat tingkat kepraktisan dengan 16 mahasiswa sebagai responden memperoleh nilai rata-rata 87,17% dikategorikan sangat praktis. Berdasarkan hasil penilaian, maka media yang dihasilkan dinyatakan layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah aplikasi konstruksi batu. Kata Kunci: Media pembelajaran, validitas, praktikalitas, aplikasi konstruksi batu Abstract : The problem that exists in the stone construction application course is that there is no digital module used in the stone construction application course as a learning support only in the form of print modules and the material in the print module is still based on the old SNI. This research aims to develop digital modules in stone construction application courses that are valid, practical and effective. This research uses the Reseach and Development method which adapts the ADDIE model. The instruments used are in the form of learning media assessment questionnaires for media experts, material experts, and students as well as written tests for students. Based on the product assessment of digital modules in the stone construction application course by media experts from all aspects obtained an assessment of 95% with valid criteria, while the assessment by material experts from all aspects obtained an assessment of 93% with valid criteria . The assessment at the trial stage to the field to see the level of practicality with 16 students as respondents obtained an average score of 87.17% categorized as very practical Based on the results of the assessment, the resulting media is declared feasible and practical to be used as a learning medium in the stone construction application course.
ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL MENGGUNAKAN SOFTWARE VISSIM DAN PKJI 2014 (STUDI KASUS : SIMPANG KANDIS) Rifqi Firlian Pratama; Faisal Ashar
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v4i1.59283

Abstract

Permasalahan kemacetan merupakan permasalahan transportasi yang kerap kita temui setiap hari di Indonesia. Salah satu persimpangan di Kota Padang yang mengalami permasalahan kemacetan yaitu Simpang Kandis. Hal ini dikarenakan Simpang Kandis (atau yang lebih dikenal dengan Simpang Tinju) berada di wilayah dengan volume kendaraan dan volume lalu lintas yang lumayan padat karena berada pada wilayah sekolah tingkat dasar hingga perguruan tinggi, perumahan, pusat perkantoran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Simpang Kandis menggunakan Software Vissim dan PKJI 2014. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode survei dengan melakukan peninjauan langsung kondisi lokasi penelitian. Penelitian ini dilakukan selama sepekan pada hari Senin, Kamis, dan Sabtu tanggal 24,27, dan 29 Oktober 2022. Analisa data berupa perhitungan nilai kapasitas, derajat kejenuhan, panjang antrian, dan tundaan. Berdasarkan hasil survey arus lalu lintas, didapatkan arus puncak yaitu pada hari Senin tanggal 24 Oktober 2022 pukul 06:30 s/d 07:30 dengan total kendaraan 4062 kend/jam. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai derajat kejenuhan tertinggi terdapat pada pendekat utara sebesar 0,78, kapasitas tertinggi terdapat pada pendekat barat sebesar 2479.54 skr/jam, panjang antrian terpanjang yaitu terdapat pada pendekat utara dengan panjang 149,95 meter dengan metode PKJI 2014 dan 139,51 meter dengan simulasi software VISSIM, dan tundaan terbesar yaitu terdapat pada pendekat utara sebesar 207,25 detik/skr dengan simulasi software VISSIM dan pada pendekat barat sebesar 3208 detik/skr dengan metode PKJI 2014.
DESAIN PERKUATAN LENTUR BALOK BETON BERTULANG DENGAN PELAT BAJA DENGAN VARIASI JARAK PELAT BAJA Hanif Hadi Wirsi; Eka Juliafad
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v4i1.59383

Abstract

Balok merupakan salah satu komponen struktur yang sering menggunakan beton bertulang sebagai material penyusunnya, terkadang dalam membuat desainnya masih sering kali terjadi kesalahan, sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada balok, dan pada akhirnya menjadi kerusakan struktur secara keseluruhan. Untuk menghindari keadaan tersebut perlu dilakukan alternatif peningkatan kekuatan dengan perkuatan konstruksi. Salah satu usaha yang dilakukan yaitu penambahan perkuatan menggunakan pelat baja. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimental. Pengujian lentur mengunakan balok berukuran 53 cm x 15 cm x 15 cm. Untuk banyak nya benda uji yang direncanakan yaitu terdiri dari 4 variasi yaitu untuk balok kontrol (BK), balok uji 1 (BU1) memiliki ketebalan 2 mm, lebar 2,5 cm dan jarak antar pelat 10,05 cm, balok uji 2 (BU2) memilik ketebalan 2 mm, lebar 2,5 cm dan jarak antar pelat 6,28 cm, balok uji 3 (BU3) memilik ketebalan 2 mm, lebar 2,5 cm dan jarak antar pelat 3,775 cm sebanyak 4 buah untuk masing masing balok. Berdasarkan hasil pengujian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa bahwa terjadi kenaikan nilai kuat lentur pada balok ketika diberi tambahan perkuatan megunakan pelat baja. Perubahan nilai tersebut adalah pada balok beton bertulang tanpa penambahan perkuatan diperoleh nilai kuat lenturnya sebesar 86,630 kNm, kemudian untuk balok beton bertulang dengan penambahan perkuatan pelat baja balok uji 1 diperoleh nilai kuat lentur sebesar 112,910 kNm, penambahan perkuatan pelat baja dengan balok uji 2 diperoleh nilai kuat lentur sebesar 180,692 kNm, penambahan perkuatan pelat baja dengan balok uji 3 diperoleh nilai kuat lentur sebesar 300,594 kNm.
ANALISA PENGARUH VARIASI PANJANG PERKUATAN LENTUR PELAT BAJA TERHADAP BALOK BETON BERTULANG Reyhan Aulia; Eka Juliafad
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v4i1.59483

Abstract

Kekuatan struktur harus diperhatikan dalam pembanngunan sebuah bangunan. Pada hakikatnya, kekuatan struktur semakin lama akan semakin menurun yang diakibatkan oleh beberapa faktor, yaitu umur sebuah bangunan, beban yang berlebih tidak sesuai dengan rencana awal, faktor keadaan cuaca dan lingkungan, dan sebagainya. Adanya kemajuan pada teknologi bahan konstruksi, telah ditemukannya metode dalam perkuatan struktur dengan menambahkan perkuatan pada bagian luar yaitu menggunakan plat baja. Pengaplikasian plat baja pada balok beton bertulang menggunakan lem perekat Sikadur-31 CF Normal. Penggunaan pelat baja sebagai perkuatan mendapatkan peningkatan nilai lentur. pada balok normal mendapatkan nilai kuat lentur sebesar 86,63 kNm, pada balok uji 1 (BU 1) menggunakan perkuatan pelat baja dengan ukuran 12,6cm x 11cm mendapatkan nilai sebesar 421,31 kNm, pada balok uji 2 (BU 2) menggunakan perkuatan pelat baja dengan ukuran 17,6cm x 11cm mendapatkan nilai sebesar 480,82 kNm, pada balok uji 3 (BU 3) menggunakan perkuatan pelat baja dengan ukuran 22,6cm x 11cm mendapatkan nilai sebesar 559,91 kNm.
ANALISIS PENGARUH ON STREET PARKING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN PADA OBJEK WISATA (Studi Kasus: Jalan Panorama, Taman Panorama Dan Lubang Jepang, Kota Bukittinggi) Oktaviani Oktaviani; Latifah Hanum
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v4i1.59583

Abstract

Abstrak: Parkir di badan jalan (on street parking) merupakan salah satu fenomena yang mempengaruhi pergerakan kendaraan ketika kendaraan berada dalam keadaan intensitas tinggi dan menyebabkan kemacetan lalu lintas. Salah satu tempat yang dapat ditemui aktivitas on street parking Kota Bukittinggi adalah Taman Panorama dan Lubang Jepang yang terletak di Jalan Panorama. Aktivitas on street parking terjadi karena kawasan TPLJ tidak memiliki lahan untuk parkir yang mengakibatkan pengguna jalan lain yang tidak menggunakan fasilitas parkir juga merasakan efek negatif seperti waktu tempuh yang semakin lama. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh on street parking terhadap kinerja ruas jalan di Jalan Panorama dengan menggunakan PKJI 2014. Hasil penelitian di Jalan Panorama menunjukkan bahwa kapasitas jalan tersebut adalah 1286,21 skr/jam dengan derajat kejenuhan terburuk pada hari Sabtu dengan nilai 0,80 dan berada pada level D. Usulan untuk memperbaiki kinerja ruas jalan di Jalan Panorama, maka dibutuhkan beberapa alternatif diantaranya meniadakan on street parking, menjadikan Jalan Panorama satu arah menuju arah Simpang DPRD, dan melakukan pelebaran Jalan Panorama dari 7 m menjadi 9 m. Usulan atas alternatif tersebut dapat meningkatkan kapasitas jalan menjadi 2531,7 skr/jam dengan nilai derajat kejenuhannya 0,36 dan berada pada level B. Kata Kunci : Kinerja Ruas Jalan, Parkir di Badan Jalan, Tingkat Pelayanan Jalan
ANALISIS KINERJA PERSIMPANGAN TAK BERSINYAL (STUDI KASUS: PERSIMPANGAN PUJASERA PADA JAKAN HAYAM WURUK – JALAN MUARA DAN JALAN SAMUDERA – JALAN NIPAH) Oktaviani Oktaviani; Anggi Yusuf Batista
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 4 No 1 (2023): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/asce.v4i1.59783

Abstract

Persimpangan adalah bagian dari simpul dalam suatu jaringan transportasi, yang merupakan pertemuan dua atau lebih ruas jalan dan arus lalu lintas yang akan mengalami konflik. Oleh sebab itu perlu dilakukan pengaturan pada persimpangan. Salah satu simpang yang sering mengalami konflik adalah Simpang Pujasera, dimana konfik yang terjadi berupa kemacetan pada jam sibuk dan lokasinya yang terletak di daerah wisata. Perlu dilakukan analisis kinerja pada simpang tersebut yang merupakan simpang tak bersinyal untuk menemukan solusi dalam mengatasi konflik yang terjadi. Dari data geometrik jalan, volume lalu lintas, dan waktu tempuh kendaraan dengan menggunakan metode MKJI 1997 dianalisis kinerja persimpangan tersebut. Berdasarkan pengolahan data oleh volume lalu lintas tertinggi 5043 kend/jam, kapasitas (C) 5220,50 smp/jam, derajat Kejenuhan (DS) 0,70, dengan tingkat pelayanan (LOS) adalah B. Dinilai kinerja Simpang Pujasera dengan pengaturan simpang tak bersinyal masih dalam kondisi arus stabil karena DS = 0,70 < 0,75, namun karena tidak disiplin pengguna lalu lintas maka terjadi konflik kemacetan. Agar mengurangi konflik kemacetan diberikan alternatif pengaturan simpang dengan menggunakan lampu lalu lintas.

Page 1 of 3 | Total Record : 21


Filter by Year

2023 2023