cover
Contact Name
livana ph
Contact Email
livana.ph@gmail.com
Phone
+6281325067043
Journal Mail Official
p3m@poltradabali.ac.id
Editorial Address
Jl. Batuyang 109x Gianyar - Bali | Jl. Cempaka Putih, Kerambitan - Tabanan - Bali - Indonesia Phone +62-361-298734
Location
Kab. gianyar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Teknologi Transportasi dan Logistik
ISSN : 27162990     EISSN : 27458954     DOI : -
Jurnal Transportasi dan Logistik merupakan terbitan berkala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Transportasi Darat Bali (POLTRADA Bali). Artikel jurnal ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research), studi literatur, dan penelitian kebijakan publik. Tujuan penerbitan untuk mendesiminasikan hasil penelitian ilmiah dalam bidang transportasi, otomotif dan logisitik, dalam peningkatan kualitas pembangunan sektor transportasi publik.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2020): Desember 2020" : 8 Documents clear
Analisis Hubungan Jumlah Penumpang dan Waktu Pelayanan BRT Trans Semarang di Halte Simpang Lima dan Halte Kampung Pelangi Rilo Haekal Akhmad Yulizar; Alfa Narendra
Jurnal Teknologi Transportasi dan Logistik Vol. 1 No. 2 (2020): Desember 2020
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Poltrada Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52920/jttl.v1i2.9

Abstract

Semarang merupakan kota yang dapat dikategorikan sebagai metropolitan. Dengan keterbatasan lahan untuk dijadikan jalan serta jumlah kendaraan pribadi yang terus bertambah mengakibatkan tingkat kemacetan yang akan bertambah, dengan ruas-ruas jalan utama di Kota Semarang pada jam tertentu. Transportasi umum menjadi pilihan untuk mengurangi kemacetan yang selalu meningkat di tiap tahunnya. Salah satu transportasi umum yang ada di Kota Semarang adalah Bus Rapid Transit Trans Semarang.Studi ini menganalisis waktu tunggu Bus Rapid Transit Trans Semarang di Halte Simpang Limadan Halte Kampung Pelangi Kota Semarang. Tujuan dari studi ini adalah untuk menganalisa hubungan jumlah penumpang dengan waktu pelayanan Bus Rapid Transit Trans Semarang. Proses pengumpulan data dilakukan dengan metode perekaman selama 5 jam di Halte BRT Trans Semarang Simpang Lima dan Halte Kampung Pelangi pada hari Selasa. Materi hasil perekaman kemudian di transkrip dan dianalisis. Dari analisis tersebut kemudian didapat jumlah pengguna Bus Rapid Transit Trans Semarang di Halte Simpang Lima Kota Semarang selama 5 jam sebanyak 190 kejadian, kemudian di Halte Bus Rapid Transit Kampung Pelangi didapatkan sejumlah 63 kejadian dengan waktu pelayanan yang beragam. Hasil analisis tersebut berguna sebagai bahan pengkajian bagi pengelola untuk meningkatkan kualitas waktu pelayanan Bus Rapid Transit Trans Semarang.
Problematika Fasilitas Pejalan Kaki dan Jalur Pemberhentian Penumpang pada Ruas Jalan Raya Kuta Sekitar Oleh-Oleh Jogger Badung, Bali Kadek Indira Anindya Gunawan; Rukman Tea; Naomi Srie Kusumatutie
Jurnal Teknologi Transportasi dan Logistik Vol. 1 No. 2 (2020): Desember 2020
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Poltrada Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52920/jttl.v1i2.10

Abstract

Sistem yang berkeselamatan pada keselamatan jalan adalah memahami pentingnya transportasi bagi masyarakat, dan mendukung pandangan bahwa perjalanan harus berkeselamatan bagi semua pengguna jalan. Jogger merupakan toko oleh-oleh khas Bali yang mengambil sektor pariwisata cukup besar di Bali. Banyaknya pengunjung yang datang tentunya berdampak pada keadaan lalu lintas di jalan sekitas Jogger. Kondisi fasilitas pejalan kaki yang belum memadai dan tidak adanya tempat penyebrangan di ruas Jalan Raya Kuta juga menjadi pelengkap permasalahan yang ada di ruas Jalan Raya Kuta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi eksisting pada ruas Jalan Raya Kuta, menentukan desain fasilitas pejalan kaki yang susai standar kebutuhan, membuat desain jalur pemberhentian atau penurunan penumpang Jogger. Metode penelitian secara kuantitatif digunakan pada penelitian ini sehingga memperoleh data kualitatif yang disajikan dalam bentuk angka seperti angka hasil survei volume lalu lintas, angka hasil survei kecepatan kendaraan, angka hasil survei volume pejalan kaki, angka hasil perhitungan arus pejalan kaki, angka hasil perhitungan ruang pejalan kaki, angka hasil perhitungan kerapatan pejalan kaki.Dari hasil survei dan perhitungan yang dilakukan menyatakan bahwa kondisi ruas jalan dan penilaian fasilitas pejalan kaki di ruas jalan Raya Kuta masih sangat kurang. Maka dari itu dibuatlah beberapa rekomendasi yaitu pembuatan jalur pemberhentian penumpang Jogger dan perbaikan fasilitas pejalan kaki yaitu re-design trotoar dan penambahan jembetan penyebrangan orang.
Tingkat Ketertarikan Masyarakat terhadap Transportasi Online, Angkutan Pribadi dan Angkutan Umum Berdasarkan Persepsi Sugianto Sugianto; Muhammad Arief Kurniawan
Jurnal Teknologi Transportasi dan Logistik Vol. 1 No. 2 (2020): Desember 2020
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Poltrada Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52920/jttl.v1i2.11

Abstract

Transportasi mulai berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi. Saat ini masyarakat Indonesia sedang berkembangnya transportasi online yang menjadi alternatif pilihan masyarakat. Adanya transportasi online menjadi polemik dan fariasi pemilihan transportasi oleh masyarakat. Dengan adanya perkembangan ini perlu diadakan penelitian analisis tingkat ketertarikan masyarakat terhadap transportasi online, angkutan pribadi, dan angkutan umum dengan metode kuesioner untuk mencari tingkat dominan pilihan persepsi masyarakat dengan pilihan moda. Analisis menggunakan kuesioner tertutup dengan menggunakan formulir online yang ada pada google formulir selama tiga hari. Hasil yang didapat dari data kuesioner berupa transportasi online menjadi alternatif pilihan masyarakat setelah menggunakan kendaraan pribadi dan angkutan umum menjadi alternatif paling terakhir masyarakat dikarenakan membingungkan dan kurang berkeselamatan.
Rancangan Prosedur Inspeksi Harian Fasilitas Perlengkapan Jalan Tol Unit Traffic Control PT Jasa Marga Cabang Surabaya – Gempol Sunaryo Sunaryo; Wahyuning Wulan Agustina
Jurnal Teknologi Transportasi dan Logistik Vol. 1 No. 2 (2020): Desember 2020
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Poltrada Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52920/jttl.v1i2.12

Abstract

Jalan tol berfungsi sebagai jalan bebas hambatan untuk mempersingkat jarak dan waktu perjalanan. PT. Jasa Marga Cabang Surabaya – Gempol mengelola tol sepanjang 43 kilometer akan tetapi sejak bencana lumpur panas ruas jalan Tol Surabaya – Gempol terpotong sepanjang 6 kilometer. Khusus bagian jalan PT. Jasa Marga Cabang Surabaya – Gempol memiliki Departement Traffic Management yang membawahi tiga unit yaitu Traffic Service, Traffic Control dan Traffic Security. Faktor keselamatan merupakan tanggung jawab dari ketiga unit, akan tetapi menitik  beratkan kepada traffic control dengan mewujudkan perancangan jalan tol yang mengikuti standar-standar teknis yang sudah ditetapkan. Baik dari pemilihan standar material jalan, standar geometrik jalan, perambuan, hingga standar marka jalan. Sedangkan faktor kenyamanan berkendara diwujudkan dengan kondisi jalan yang masih baik dengan tidak adanya kerusakan jalan yang parah, serta adanya tempat istirahat (rest area) bagi pengguna jalan yang hendak beristirahat maupun melakukan pengisian bahan bakar. Untuk mewujudkan faktor keselamatan, salah satunya adalah memperhatikan fasilitas perlengkapan jalan maka diperlukan adanya standart pemeliharaan yang baik sesuai dengan prosedur yang ada, akan tetapi pada PT Jasa Marga Surabaya – Gempol belum mempunyai prosedur inspeksi sesuai kebutuhan. Dengan ketepatan sasaran program pemeliharaan perlu dilaksanakan penelitian tentang perancangan sebuah prosedur harian pemeliharaan fasilitas perlengkapan jalan.
Analisis Pemahaman Pelajar pada Rambu Lalu Lintas Ahmad Soimun; Arinda Leliana; Eriza Islakhul Ulmi; Dio Hananda Ziantono; Hera Widyastuti
Jurnal Teknologi Transportasi dan Logistik Vol. 1 No. 2 (2020): Desember 2020
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Poltrada Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52920/jttl.v1i2.13

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh pemahaman dan sikap pelajar SMP di Surabaya terhadap rambu lalu lintas. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik angke/kuisioner dan observasi. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 178 siswa dengan teknik random sampling. Teknik analisis data ini dilakukan untuk mendapatkan seberapa besar pemahaman pelajar terhadap rambu lalu lintas, adapun teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rumus metode analisis regresi linear dengan bantuan software SPSS. Setelah dilakukan sosialisasi tentang keselamatan berkendara dan rambu rambu lalu lintas dengan baik pengetahuan siswa SMP dapat meningkat. Dibuktikan dengan nilai hasil postest yang meningkat. Diharapkan pengetahuan yang diterima dapat diaplikasikan untuk keselamatan berkendara di waktu siswa sudah mendapatkan surat izin mengemudi. Hasil dari uji paired t test penelitian ini menunjukan bahwa responden mampu memahami materi yang telah diberikan dan sosialisasi berhasil.
Penanganan Kejadian Kecelakaan di Jalan Tol Ruas Banyumanik – Bawen Terkait Jarak Penempatan Rambu Rambu Sementara Bambang Istiyanto; Wiratama Tito Paksi
Jurnal Teknologi Transportasi dan Logistik Vol. 1 No. 2 (2020): Desember 2020
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Poltrada Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52920/jttl.v1i2.14

Abstract

Keselamatan merupakan factor penting yang harus diperhatikan dalam bekerja maupun berlalu lintas. Seperti saat penanganan kecelakaan di ruas jalan tol. Ketika melakukan penanganan harus sesuai prosedur agar tidak mengakibatkan bertambahnya korban. Pada kenyataannya, petugas layanan jalan tol belum menerapkan aturan yang telah dibuat oleh PT. Jasa Marga. Seperti pada perusahaan pengelola Jalan Tol PT. Trans Marga Jateng, Semarang, ruas Banyumanik - Bawen perlu adanya perbaikan dalam pemasangan rambu rambu sementara ketika penanganan kecelakaan. Jika dilakukan observasi di lokasi kejadian kecelakaan, pemasangan rambu rambu sementara yang dilakukan petugas layanan jalan tol belum sesuai dengan aturan SK DIREKSI No. : 137/KPTS/2015 tentang pedoman standar sarana perlengkapan jalan tol. Pada perbandingan kondisi existing dan aturan yang dikeluarkan PT. Jasa Marga menggunakan metode deskriptif, terdapat perbedaan yang signifikan. Sehingga untuk menangani hal tersebut perlu adanya penambahan personil yang mulanya dua orang menjadi tiga orang dan penambahan alat ukur yaitu walking measuring wheel.
Sistem Penilaian Esai Otomatis Menggunakan Algoritma Stemming Nazief dan Adriani Rahmat Ahmad; Riz Rifai Oktavianus Sasue
Jurnal Teknologi Transportasi dan Logistik Vol. 1 No. 2 (2020): Desember 2020
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Poltrada Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52920/jttl.v1i2.15

Abstract

Tuntutan zaman terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mendorong dunia pendidikan untuk lebih baik lagi. Pembelajaran elektronik (E-learning) merupakan salah satu jenis teknologi informasi yang digunakan dalam bidang pendidikan. E-learning dapat diakses oleh pengguna kapanpun dan dimanapun dia berada. Dalam hal mengevaluasi proses pembelajaran pebelajar sebagai indikator keberhasilan terhadap pembelajaran yang diberikan. Hasil pembelajaran pebelajar atau siswa ini sangat penting untuk diketahui agar pengajar nantinya dapat merencanakan strategi pembelajaran yang memberikan hasil yang maksimal & efisien kepada siswa. Oleh karena itu dibutuhkan E-Learning dengan fitur system penilaian otomatis menggunakan stemming Nazief & Adriani. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah proses information retrieval (IR) untuk menghitung bobot menggunakan frequency accuracy yang lebih rendah (tf) dengan akurasi tinggi 90,66% jika dibandingkan dengan menggunakan perhitungan inverse document frequency (idf) dan tf-idf.
Strategi Pengendalian Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Berdasarkan Model Regresi di Kota Denpasar Hendrialdi; Bayu Kusumo Nugroho; Aris Budi Sulistyo
Jurnal Teknologi Transportasi dan Logistik Vol. 1 No. 2 (2020): Desember 2020
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Poltrada Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52920/jttl.v1i2.16

Abstract

Pencemaran udara memberi dampak negatif bagi kesehatan manusia akibat polutan yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor. Dari beberapa jenis polutan yang dihasilkan antara lain adalah CO dan HC untuk kendaraan berbahan bakar bensin dan opacity untuk kendaraan berbahan bakar solar. Permasalahan emisi gas buang yang bersumber dari kendaraan bermotor merupakan masalah pencemaran udara yang menjadi isu lingkungan hidup. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara tahun produksi (umur), tingkat perawatan kendaraan dan teknologi suplai bahan bakar terhadap tingkat emisi gas buang kendaraan bermotor yang dihasilkan menggunakan analisis regresi linier berganda. Dari pengujian yang dilakukan terhadap model dengan uji F (siji simultan/serentak) dengan nilai signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa paling tidak ada satu variable yang berpengaruh terhadap emisi yang dihasilkan. Hasil uji t (parsial) ketiga variabel yang dimasukkan berpengaruh terhadap emisi yang dihasilkan. Pengaruh ketiga variabel yang dianalisis berpengaruh sebesar 80,1 % terhadap gas CO yang dihasilkan, 69,2 % terhadap gas HC yang dihasilkan, dan 69,4 % terhadap opacity.

Page 1 of 1 | Total Record : 8