cover
Contact Name
-
Contact Email
fakultas.ik@gmail.com
Phone
+6285795639166
Journal Mail Official
fakultas.ik@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan
ISSN : 27745473     EISSN : 27464873     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA KUNINGAN [p-ISSN 2774-5473 | E-ISSN 2746-4873] adalah jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Islam Al-Ihya Kuningan. Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA KUNINGAN akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu keislaman. Artikel yang diterbitkan adalah artikel dari penelitian, studi atau studi ilmiah kritis dan komprehensif tentang isu-isu penting dan terkini atau ulasan buku-buku ilmiah.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan" : 7 Documents clear
Pengaruh Emotional Marketing terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Di PT Bank BJB Syariah: Indonesia Dicky Fauzi Firdaus; Dewi Fitria Nurazizah
Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan
Publisher : Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan yang dikaji dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui emotional marketing di Bank BJB Syariah Kantor Cabang Kuningan, untuk mengetahui loyalitas nasabah di Bank BJB Syariah Kantor Cabang Kuningan dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh emotional marketing terhadap loyalitas nasabah di Bank BJB Syariah Kantor Cabang Kuningan. Responden dalam penelitian ini adalah 92 responden dengan menggunakan tekhnik sample yang disebut dengan metode slovin. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa emotional marketing menurut persepsi nasabah Bank BJB Syari’ah Kantor Cabang Kuningan mencapai 87,16% yang termasuk pada kriterium sangat kuat, artinya emotional marketing Bank BJB Syariah Kantor Cabang Kuningan sudah baik. Loyalitas nasabah di Bank BJB Syariah Kantor Cabang Kuningan juga sudah baik. Hal itu dibuktikan dengan hasil gambaran loyalitas nasabah Bank BJB Syari’ah Kantor Cabang Kuningan telah mencapai 85,72% yang termasuk pada kriterium sangat kuat. Penelitian ini menggunakan analisis uji regresi linear sederhana, koefisien determinasi, dan uji t. Berdasarkan hasil data di atas diperoleh hasil koefisien determinasi menunjukkan 28,3% besarnya pengaruh emotional marketing terhadap loyalitas nasabah. Sisanya sebesar 71,7% dipengaruhi oleh faktor variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dan diperoleh t hitung (5,955) > t tabel (1,987) artinya terdapat pengaruh emotional marketing terhadap loyalitas nasabah di Bank BJB Syariah Kantor Cabang Kuningan.
Analisis Karakter Generasi Milenial dari Sudut Pandang Buya Hamka Ade Yulianti; Cici Marlianti
Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan
Publisher : Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena terjadinya krisis karakter moral dan akhlak. sehingga Buya Hamka memiliki pandangan tentang para generasi milenial harus bisa mempersiapkan diri dari terjangan arus globalisasi. Modernisasi memberi kontribusi perubahan bagi kehidupan generasi milenial perubahan tersebut cenderung mengarah kepada krisis karakter moral dan akhlak. Rumusan masalah yang akan di kaji dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai karakter dalam perspektif Buya Hamka, bagaimana fenomena karakter generasi milenial, dan bagaimana penyelesaian permasalahan karakter yang terjadi pada generasi milenial. Adapun tujuannya: Untuk mengetahui nilai-nilai karakter dalam perspektif Buya Hamka, untuk mengetahui fenomena karakter dalam generasi milenial, dan untuk mendeskripsikan penyelesaian permasalahan karakter yang terjadi pada generasi milenial.untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian keperpustakaan (Library Reseach), sehingga hasil penelitian dari studi pustaka dalam karakter perspektif Buya Hamka sebuah pemikiran merupakan suatu kumpulan sifat yang timbul pada diri manusia untuk melakukan perbuatan tanpa memerlukan pertimbangan sehingga dengan mudah untuk melakukan sesuatu tanpa ada dorongan dari luar. Sehingga hal ini dapat tertuju pada kesamaan aspek pemikiran dan kemajuan pemikiran milenial yang ditinjau dari nilai-nilai karakter dan permasalahan pada milenial dapat diperbaiki dengan cara latihan batin.
Efektifitas Manajemen Masjid yang Kondusif terhadap Peningkatan Kemakmuran Masjid Firda Halawati
Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan
Publisher : Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian yaitu (1) untuk mengetahui manajemen masjid yang kondusif di Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan. (2) Peningkatan kemakmuran masjid di Kecamataan Jalaksana Kabupaten Kuningan. (3) Seberapa besar pengaruh manajemen masjid yang kondusif terhadap peningkatan kemakmuran masjid di Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Subjek penelitian ini adalah seluruh ketua DKM masjid, para takmir (pengurus) masjid dan jemaah yang rutin melaksanakan salat fardu secara berjemaah di masjid dengan jumlah sampel secara keseluruhan 100 jemaah. Instrument yang digunakan yaitu kuesioner manajemen masjid sebanyak 25 butir dan kuesioner kemakmuran masjid sebanyak 25 butir sehingga responden menerima kuesioner sebanyak 50 butir. Data penelitian yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan korelasi dan regresi sederhana. Hasil penelitian mengenai pengaruh manajemen masjid yang kondusif terhadap peningkatan kemakmuran masjid di Kecamatan Jalaksana sebagai berikut (1) Manajemen masjid yang kondusif kategori sangat baik 72% dengan jumlah responden 72 orang, kategori baik 27% dengan jumlah responden 27 orang, untuk kategori sedang 1% dengan jumlah responden 1 orang. (2) Peningkatan Kemakmuran Masjid kategori sangat baik 62% dengan jumlah responden 62 orang, kategori baik 37% dengan jumlah responden 37 orang, untuk kategori sedang 1% dengan jumlah reponden 1 orang. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara manajemen masjid yang kondusif terhadap peningkatan kemakmuran masjid dengan persamaan regresi Y = a + bX atau Y = 63,715 + 0,371X sehingga nilai koefisiensi regresi variabel bebas 0,371 untuk nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat korelasi positif dengan nilai koefisiensi determinasi 0,447 (44,7%) yang termasuk hubungan sedang. Karena nilai signifikansi 0,000 ˂ 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh antara manajemen masjid yang kondusif terhadap peningkatan kemakmuran masjid.
Pengaruh Brand Equity terhadap Kepuasan Nasababah (Penelitian Di Bank BJB Syariah Kantor Cabang Pembantu Kuningan) Hanif Shobaruddin; Rio Habibudin
Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan
Publisher : Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand equity produk yang dikeluarkan oleh bank BJB Syariah Kantor Cabang Pembantu Kuningan. Tabungan dan pembiayaan merupakan output yang ditawarkan oleh bank BJB Syariah guna mencapai kepuasan nasabahnya. Salah satu cara untuk mengetahui tingkat kepuasan nasabah terhadap produk tersebut dilakukan metode penyebaran angket. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif dengan teknik sampelnya yaitu accidental sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner dengan teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas data, uji koefisien determinasi, uji regresi linier sederhana dan menggunakan uji hipotesis yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai distribusi data 0,128 dan 0,051 lebih besar dari nilai probabilitas yaitu 0,05. Koefisien arah regresi 0,784 hubungan positif memberikan pengaruh sebesar 61,1% dan nilai t hitung 2.878 lebih besar dari t tabel yaitu 1.660 dengan nilai signifikan kurang dari 0,05. Dari penelitian ini diperoleh nilai 61,1% brand equity mempengaruhi kepuasan nasabah.
Arah Pendidikan Islam Di Era New Normal O Rahmat Hidayat
Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan
Publisher : Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu yang sangat terdampak selama masa COVID-19 adalah bidang pendidikan dan pembelajaran. Sekolah-sekolah dari semua tingkatan diliburkan dalam batas waktu yang belum ditentukan. Sistem pengajaran berubah secara drastis. Dari model konvensional yang tatap muka langsung berhadapan dengan siswa secara fisik. Ketika COVID-19 berlangsung kemudian menjadi bermedia dengan tatap muka online. Baik siswa ataupun guru mengalami shock culture dalam menghadapi situasi ini. Mereka dipaksa untuk memanfaatkan secara optimal media teknologi informasi. Aplikasi Google Class, Google Meet, dan Zoom Meeting telah menjadi ruang-ruang sekolah baru yang telah menggantikan kelas-kelas konvensional sebagaimana yang selama ini dikenal aplikasi-aplikasi tersebut, telah melintas batas wilayah. Sehingga setiap orang bisa bertemu Belajar di mana saja dan kapan saja tentang materi apa saja. Tanpa merasa dibatasi oleh dinding dinding kelas konvensional itu. Peserta dalam kelas-kelas virtual ini merasa seakan memiliki derajat posisi yang sama. Baik antara sesama peserta atau antara guru dan murid. Seakan tidak bisa dibedakan mana guru dan mana murid. Arah pendidikan islam pada masa era new normal menitik beratkan kepada tiga hal yaitu guru, sekolah, dan keluarga dimana ke tiga aspek tersebut sangat mempengaruhi pada pembentukan pendidikan Islam agar tercapai tujuan dari pendidikan islam itu sendiri membetuk manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Pemikiran Muhammad Abduh tentang Pembaruan Pendidikan Saepudin Saepudin; Nurul Iman Hima Amrullah; Yanti Hasbian Setiawati; Junaedi; Yuliana
Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan
Publisher : Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji pemikiran Muhammad Abduh tentang pembaharuan pendidikan melalaui implementasi metode pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis yaitu mendeskripsikan latar belakang pemikiran, inti pemikiran dan pengaruh pemikiran Muhammad Abduh terhadap perkembangan pemikiran pendidikan Islam. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah karya-karya Muhammad Abduh dan karya-karya pemikir Islam yang mengkaji dan menganalisis pemikiran Muhammad Abaduh. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, sajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil analisis mengindikasikan bahwa Muhammad Abduh adalah tokoh muslim yang popular yang dikenal sebagai pemikir dalam bidang pendidikan Islam mewakili kelompok modernis-rasionalis yang responsif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. Muhammad Abduh melakukan pembaharuan dalam pendidikan Islam dengan memgintegrasikan antara ilmu umum dengan ilmu agama. Pendidikan baginya bukan hanya bertujuan mengembangkan aspek kognitif (akal), tetapi juga perlu menyelaraskan dengan aspek afektif (moral) dan psikomotorik (keterampilan). Sehingga Umat Islam terhindar dari kejumudan, keterbelakangan dalam berfikir dan taklid yang berlebihan. Pemikiran Muhammad Abduh tentang pembaharuan pendidikan melalui implementasi metode pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dunia industry dan relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan.
Disharmoni Wanita Karir terhadap Gugat Cerai Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif Di Indonesia (Studi Kasus Di Pengadilan Agama Cirebon Tahun 2018-2019) Syaefullah Syaefullah
Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman UNISA Kuningan
Publisher : Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan uraian hasil analisis dan observasi penulis dari beberapa keputusan. Pada permasalahan problematik gugatan cerai bagi wanita karir di Pengadilan Agama Cirebon tahun 2018-2019, terdapat dua faktor yang menyebabkan ketidakharmonisan pada wanita karir yaitu faktor internal yaitu faktor yang bersumber baik dari pihak suami maupun wanita karir dari keluarga. suami, termasuk tidak ada. Tanggung jawab mata pencaharian ekonomi, kata krisis moral kasar, teriak-teriak, banting pintu, pukul istri, fitnah prasangka dan kecemburuan, sedangkan faktor internal wanita karir adalah sakit hati, tersiksa lahir batin, sehingga mereka memutuskan untuk mengajukan gugatan cerai di Religi Cirebon Pengadilan. Faktor eksternal adalah faktor dari luar, baik dari suami maupun dari wanita karir, dalam hal ini faktor eksternal dari suami antara lain adalah suami yang mempunyai wanita idaman lain yang sudah menikah lagi, dan sering terlalu cemburu, sedangkan faktor eksternal dari wanita karir adalah pria idaman lainnya. Wanita karir sebenarnya bukanlah penyebab ketidakharmonisan dalam rumah tangga selama wanita karir memahami hak dan kewajibannya serta dapat menyeimbangkan karir dan rumah tangganya. Prinsip dasar menurut analisis penulis antara suami istri harus mampu memahami tujuan pernikahan, saling mencintai, saling memperhatikan, saling percaya, saling menutupi, saling menghormati sebagai istri harus patuh dan taat. kepada suami selama perintah suami tidak melanggar syaríat Islam dan seorang suami juga harus menjadi panutan yang baik dan menjadi teladan yang baik dalam menjalankan hak dan kewajibannya dengan baik

Page 1 of 1 | Total Record : 7