cover
Contact Name
miftakhur Rohmah
Contact Email
Rohmah@stkipnurulhuda.ac.id
Phone
+6282377206638
Journal Mail Official
Utility@stkipnurulhuda.ac.id
Editorial Address
Jl. Kota Baru Sukaraja, Buay Madang, OKU Timur, Sumatera Selatan 32161 » Tel / fax : (0735) 482342
Location
Kab. ogan komering ulu timur,
Sumatera selatan
INDONESIA
JOURNAL UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi
Published by STKIP Nurul Huda
ISSN : 25491377     EISSN : 25491385     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Fokus artikel yang dapat diterbitkan terkait dengan pendidikan dan ekonomi. Berikut adalah menjabarannya: 1. Pendidikan Ekonomi meliputi; model, strategi, pendekatan, pengembangan bahan ajar dan media dalam pembelajaran Ekonomi. 2. Penelitian ilmiah: kajian ilmiah terkait bidang Ekonomi atau penelitian pengembangan bidang Ekonomi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2019): February Edition" : 5 Documents clear
PENGARUH IKLAN DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA PROGAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS BATANGHARI Nur Melianty S; Suratno Suratno; Ali Idrus
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Vol 3 No 1 (2019): February Edition
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/utility.v3i1.404

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan dan kelompok referensi terhadap perilaku konsumsi mahasiswa Progam Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Batanghari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ekplanatori. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, yang dibagikan pada 49 responden yaitu mahasiswa Progam Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Batanghari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tedapat pengaruh simultan iklan dan kelompok referensi terhadap perilaku konsumsi. Secara parsial iklan berpengaruh terhadap perilaku konsumsi mahasiswa sebesar 0.696 yang berarti terdapat pengaruh kuat dan signfikan iklan terhadap perilaku konsumsi, dan kelompok referensi berpengaruh terhadap perilaku konsumsi mahasiswa sebesar 0.681yang berarti terdapat pengaruh kuat dan signifikan kelompok referensi terhadap perilaku konsumsi mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Batanghari.
PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STKIP PGRI TULUNGAGUNG Riski Puryasari
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Vol 3 No 1 (2019): February Edition
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/utility.v3i1.520

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan (1) Pengaruh Literasi Ekonomi terhadap Perilaku konsumtif, (2) Pengaruh Gaya Hidup terhadap Perilaku konsumtif (3) Pengaruh literasi ekonomi dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswi pendidikan ekonomi STKIP STKIP PGRI Tulungagung. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif.Penelitian ini dianalisa dengan menggunakan analisa regresi berganda.Populasi penelitian berjumlah 132 orang.Pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dengan sampel sebanyak 87 mahasiswi.Pengumpulan data menggunakan angket dengan kuesioner terbuka dan tertutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Nilai t hitung (0,486) < t tabel (1,994) dan nilai signifikansi 0,248 > 0,05 maka Hoditerima dan H1 ditolak, berarti tidak terdapat pengaruh literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif mahasiswi 2. Nilai t hitung t hitung (5.612) > t tabel (1.988) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka H2 diterima dan Ho2 ditolak, berarti terdapat pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswi; 3.Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dapat diperoleh suatu persamaan linier yaitu Y = -4.227+ 0,192X1 + 0,765X2yang artinya perilaku konsumtif mahasiswi dipengaruhi oleh gaya hidup, sedangkan untuk literasi ekonomi tidak mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswi Program Pendidikan Ekonomi di STKIP PGRI Tulungagung.
PENGARUH SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIK DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS XI DI MA NURUL HUDA SUKARAJA Wiwit Puji Lestari; Dwi Susanti; Miftakhur Rohmah
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Vol 3 No 1 (2019): February Edition
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/utility.v3i1.530

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi konsep bahwa keberhasilan belajar dipengaruhi olehfaktor internal seperti sikap dan minat sehingga hal tersebut menarik untuk dilakukanpenelitian lebih lanjut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap belajarpeserta didik dan minat belajar vpeserta didik terhadap prestasi belajar ekonomi kelas xi di manurul huda sukaraja.Penelitian dilaksanakan menggunakan jenis kuantitatif. Variabel bebaspada penelitian ini adalah sikap (X1) dan minat (X1), sedangkan variabel terikat penelitian iniadalah prestasi belajar ekonomi. Teknik pengumpulan data yang digunkan adalah angket dandokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan rumus product moment korelasi danregresi ganda.Hasil penelitian: Pertama: Sikap belajar peserta didik kelas XI MA Nurul HudaSukaraja adalah sedang yaitu dari 26 peserta didik terdapat 15 peserta didik atau 57,69%menjawab sikap belajar masuk kategori sedang dengan nilai rata-rata hasil angket 65,8077dan standar deviasi 10. Kedua: Minat belajar peserta didik kelas XI MA Nurul Huda Sukarajaadalah sedang yaitu dari 26 peserta didik terdapat 17 peserta didik atau 65,38% menjawabminat belajar masuk kategori sedang dengan nilai rata-rata hasil angket 66,2692 dan standardeviasi 11. Ketiga: Prestasi belajar peserta didik kelas XI MA Nurul Huda Sukaraja adalahsedang yaitu dari 26 peserta didik terdapat 18 peserta didik atau 69,23% menjawab prestasibelajar masuk kategori sedang dengan nilai rata-rata hasil angket 79,9615 dan standar deviasi11. Keempat: terdapat pengaruh yang kuat atau tinggi antara sikap belajar peserta dan minatbelajar peserta didik terhadap prestasi belajar ekonomi kelas XI dengan indeks korelasisebesar 0,96 yang berada diantara 0,81 – 1,00. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilaiFo = 540,73, Fo < Fo(26)(26) yaitu 540,73 > 1,99 sehingga hipotesis nihil H0 ditolaksedangkan Ha diterima.
PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI KELAS XII SMA MUHAMMADIYAH 2 KARANG TENGAH Arianah Arianah; Dwi Susanti; Effendi Effendi
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Vol 3 No 1 (2019): February Edition
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/utility.v3i1.556

Abstract

Kondisi sosial ekonomi orang tua merupakan salah satu faktor eksternal timbulnya motivasi siswa untuk melanjutkan pendidikan. yang menjadi salah satu alasan siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah untuk tidak meneruskan ke Perguruan Tinggi adalah dikarenakan tekanan ekonomi. Selain itu, pekerjaan orang tua siswa 90% buruh dan petani. Pendidikan orang tua 65% lulusan SD dan SMP. Hal ini menjadi kendala bagi kelanjutan pendidikan untuk meneruskan ke Perguruan Tinggi. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi siswa dalam melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XII IPS SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah yang berjumlah 90 peserta didik. Sampel penelitian ini adalah kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah yang berjumlah 39 peserta didik. Teknik pengumpulan data digunakan koesioner, sedangkan analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil akhir penelitian ini adalah Tidak terdapat pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi siswa dalam melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah dengan harga thitung = –0,912 < -t0,05; 37 = –1,687 sehingga Ho diterima, sehingga Ha ditolak.
PENGARUH PROFESIONALITAS DOSEN DALAM PERKULIAHAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA ATAS LAYANAN AKADEMIK PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI STKIP NURUL HUDA SUKARAJA Pipin Listiani1; Dwi Susanti; Vovi Sinta
UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Vol 3 No 1 (2019): February Edition
Publisher : Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda OKU Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30599/utility.v3i1.559

Abstract

Tuntutan dan harapan profesionalisme bagi dosen menjadi kebutuhan mendesak untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dosen yang profesional mempunyai peran ganda, yaitu senantiasa memelihara dan mengembangkan profesionalisme dalam bidang keilmuan dan keahliannya, sekaligus mampu memahami dan meningkatkan kepuasan layanan akademiknya bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat profesionalitas dosen dalam perkuliahan; menganalisis tingkat kepuasan mahasiswa dalam layanan akademik; dan menganalisis pengaruh tingkat profesionalitas dosen dalam perkuliahan terhadap kepuasan mahasiswa atas layanan akademik pada program studi pendidikan ekonomi STKIP Nurul Huda Oku Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian survey, memberikan kuesioner kepada responden. Populasi 270 dan sampel 135 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan startifield proportional random sampling. Data dianalisa dengan analisis regresi linear sederhana, dengan menggunakan bantuan microsoft excel windows 10. Tingkat profesionalitas dosen adalah sedang dalam memberikan perkuliahan dengan diperoleh persentase hasil instrumen 67,41%, dan kepuasan mahasiswa atas layanan akademik yang diberikan dosen adalah sedang dengan diperoleh persentase hasil instrumen 60,00%. Berdasarkan hasil analisis data secara parsial diperoleh thitung sebesar 11,249 dan ttabel sebesar1,656 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat pengaruh yang cukup signifikan antara profesionalitas dosen dalam perkuliahan terhadap kepuasan mahasiswa atas layanan akademik.

Page 1 of 1 | Total Record : 5