cover
Contact Name
Zul Anwar
Contact Email
zulanwar17@gmail.com
Phone
+62817259116
Journal Mail Official
mandalikaindo@gmail.com
Editorial Address
Jalan Candi Pawon No. 7, Getap Barata, Kel. Cakranegara Selatan Baru, Kec. Cakranegara, Kota Mataram, NTB. 83238 Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Cahaya Mandalika
ISSN : -     EISSN : 27214796     DOI : https://doi.org/10.36312/jcm
This journal is a means of scientific publication to develop knowledge and information. This journal specifically contains the results of research carried out in all scientific fields. Apart from publishing research results, this journal also accepts manuscripts from literature reviews and other reports for publication
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 3 (2020)" : 7 Documents clear
Penerapan Metode Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMPN 7 Mataram Tahun Ajaran 2017/2018 B. Airmah
Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (online) Vol. 1 No. 3 (2020)
Publisher : Institut Penelitian Dan Pengambangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/jcm.v1i3.188

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan di Sekolah Menegah Pertama (SMP) Negeri 07 Mataram, Kelas VIII Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah menganalisis penerapan metode discovery learning terhadap meningkatnya kemampuan siswa menulis teks berita. Tujuan Penelitian yang ingin dicapai dalam pelaksanaan penelitan tindakan kelas ini adalah:1.Meningkatkan kompetensi guru Bahasa Indonesia dalam merancang dan mengaplikasikan pembelajaran dengan penggunaan metode discovery leaning. 2.Meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMPN 7 Mataram yang antusias, mau bekerjasama,aktif selama proses pembelajaran, bisa menggunakan waktu secara efektif. 3.Meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VIII sehingga nilai rata-rata kelas diharapkan mencapai 75 sebagaimana yang telah ditetapkan dalam KKM. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Mataram, Jl. Bung Karno Pagutan Kota Mataram dengan subjek penelitian siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Mataram. Prosedur penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap-tiap siklus 2 kali pertemuan. Penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Alokasi waktu tahap tindakan yang berupa proses pembelajaran adalah 2 x 40 menit. Pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes berupa observasi atau pengamatan yang dilakukan oleh siswa. Analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik deskriptif prosentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran dengan Metode metode discovery learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMPN 7 Mataram.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Bidan Terhadap Kepuasan Pasien KIA di Puskesmas Pangenan Kabupaten Cirebon Roni Iryadi
Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (online) Vol. 1 No. 3 (2020)
Publisher : Institut Penelitian Dan Pengambangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/jcm.v1i3.189

Abstract

Tujuan pembangunan kesehatan adalah meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi-tingginya sebagai bagian dari tujuan pembangunan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan bidan terhadap kepuasan pasien KIA di Puskesmas Pangenan Kabupaten Cirebon. Jenis penelitian ini menggunakan desain metode analitik, dengan pendekatan cross sectional dimana variabel independen dan variabel dependen diukur dalam waktu bersamaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil pada periode Juli sebanyak 43 Ibu Hamil. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 43 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu jumlah populasi yang digunakan juga sebagai sampel, dengan jumlah sampel penelitian yaitu sebanyak 43 responden. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa sebagian besar responden memberikan penilaian baik terhadap kualitas pelayanan bidan yaitu sebanyak 28 responden (65,1%). Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa lebih dari setengah responden memiliki tingkat kepuasan puas yaitu sebanyak 29 responden (67,4%). Terdapat pengaruh kualitas pelayanan bidan terhadap kepuasan pasien KIA di Puskesmas Pangenan Kabupaten Cirebon dengan nilai p-value sebesar 0,0001 dimana lebih kecil dari nilai α (0,05).
Pengaruh Strategi Pembelajaran Point Counter Point Terhadap Hasil Belajar Hadi Gunawan Sakti dan Endah Resnandari Puji Astuti
Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (online) Vol. 1 No. 3 (2020)
Publisher : Institut Penelitian Dan Pengambangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/jcm.v1i3.190

Abstract

Permasalahan pada Hasil belajar siswa kelas XI MA Bayyinul Ulum Khususnya kelas XI.B pada mata pelajaran PKn masih terbilang rendah, itu terbukti dengan masih banyaknya peserta didik yang belum mencapai standar KKM, nilai tersebut merupakan hasil tes yang diberikan oleh guru kepada peserta didik. Hal tersebut terjadi dikarenakan masih banyaknya guru yang menggunakan metode konvensional dan kurang tepatnya dalam menggunakan strategi pembelajaran sehingga mengakibatkan menurunnya hasil belajar peserta didik. Oleh sebab itu, penelitian ini menggunakan strategi pembelajaran Point Counter Point, yaitu dimana dalam proses pembelajaran siswa dituntut dapat mengungkapkan ide/pendapatnya didepan siswa lainnya dan lebih aktif dan kritis dalam memecahkan permasalahan,sehingga dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Point Counter Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN di MA Bayyinul Ulum Santong Kabupaten Lombok Utara Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, teknik pengambilan sampel yang digunakan secara acak sehingga pengambilan sampel ini di sebut random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus t-tes. Hasil analisis diperoleh nilai thitung sebesar 4,057 dan nilai ttabel pada taraf Signifikansi 5% dengan d.b (N-1) = 26-1 = 25 lebih besar dari pada nilai t pada tabel (4,057>1,708), berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi: adanya Pengaruh Strategi Pembelajaran Point Counter Point terhadap Hasil belajar siswa Kelas XI pada mata pelajaran PKn di MA–Bayyinul Ulum Santong Kabupaten Lombok Utara Tahun Ajaran 2019/2020, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini “signifikan”.
Peran Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Agra Pratama Satya, Nurul Iman, dan Zul Anwar
Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (online) Vol. 1 No. 3 (2020)
Publisher : Institut Penelitian Dan Pengambangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/jcm.v1i3.191

Abstract

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana. Penemuan prasejarah tentang kemampuan mengendalikan api telah menaikkan ketersediaan sumber-sumber pangan, sedangkan penciptaan roda telah membantu manusia dalam bepergian dan mengendalikan lingkungan mereka. Perkembangan teknologi terbaru, termasuk di antaranya mesin cetak, telepon, dan Internet, telah memperkecil hambatan fisik terhadap komunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas dalam skala global. Tetapi, tidak semua teknologi digunakan untuk tujuan damai. Pengembangan senjata penghancur yang semakin hebat telah berlangsung sepanjang sejarah dari pentungan sampai senjata nuklir.
Penerapan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Penerapan Media Permainan Ular Tangga Fransiska Blandina Karhe
Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (online) Vol. 1 No. 3 (2020)
Publisher : Institut Penelitian Dan Pengambangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/jcm.v1i3.192

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menerapkan media permaian ular tangga pada peserta didik kelas IV SDI Watujara tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 19 orang. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDI Watujara. Hal ini dapat dilihat dari persentase hasil belajar yang mengalami peningkatan dari persentase ketuntasan klasikal yaitu 54% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Ko-Ruf-Si (Kotak Huruf Edukasi) Berbasis Word Square Pada Mata Pelajaran PKN di SMPN 2 Adiankoting Haoloan Gultom
Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (online) Vol. 1 No. 3 (2020)
Publisher : Institut Penelitian Dan Pengambangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/jcm.v1i3.193

Abstract

Tujuan utama dilakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran Ko-Ruf-Si (Kotak Huruf Edukasi) berbasis word square pada materi Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan di Indonesia Mata Pelajaran PKn Kelas VIIIC SMPN 2 Adiankoting Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui penggunaan media pembelajaran Ko-Ruf-Si (Kotak Huruf Edukasi) berbasis word square. Hal tersebut terlihat dari skor rata-rata aktivitas siswa yang relevan dengan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus pertama sampai siklus kedua. Pada siklus pertama skor rata-rata aktivitas siswa meningkat dari 63,60% menjadi 74,50% mengalami peningkatan sebesar 10,90%. Demikian juga tentang ketuntasan belajar pada siklus pertama 65% dan pada siklus kedua menjadi 85% mengalami peningkatan sebesar 20%. Sementara untuk respon siswa terhadap pembelajaran adalah dominan siswa setuju bahwa pembelajaran PKn dengan media pembelajaran Ko-Ruf-Si (Kotak Huruf Edukasi) berbasis word square dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan persentase 95,6%.
Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition Dengan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Legiana Sinaga
Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (online) Vol. 1 No. 3 (2020)
Publisher : Institut Penelitian Dan Pengambangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/jcm.v1i3.194

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dengan media audio-visual untuk: (1) meningkatkan keaktifan siswa dalam menulis teks berita pada siswa kelas VIII B SMPN 2 Garoga dan (2) untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa pada siswa kelas VIII B SMP N 2 Garoga. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SMP Negeri 2 Garoga dengan subjek siswa kelas VIII B yang berjumlah 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa terjadi peningkatan kualitas pembelajaran yaitu peningkatan keaktifan siswa maupun kemampuan menulis teks berita siswa. Peningkatan keaktifan proses pembelajaran yang ditandai dengan meningkatkanya keaktifan siswa pada siklus I dengan nilai rerata sebesar 16,25 dan nilai rerata pada siklus II sebesar 18,93 dengan nilai rerata maksimal sebesar 25. Peningkatan kemampuan menulis teks berita ditandai dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa, yaitu nilai rerata pada siklus I sebesar 77, 31 dan nilai rerata pada siklus II sebesar 81,37. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dengan media audio visual efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks berita.

Page 1 of 1 | Total Record : 7