cover
Contact Name
Yoga Pristyanto
Contact Email
infos@amikom.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
infos@amikom.ac.id
Editorial Address
Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Amikom Yogyakarta Jl. Ring Road Utara, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta Telp. (0274) 884 201 ext. 613
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Information System Journal (INFOS)
ISSN : 2655190X     EISSN : 2655142X     DOI : -
Core Subject : Science,
Sistem Informasi Decision Support System Financial Technology Multimedia AR/VR Application IT Governance UI/UX e-commerce
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 01 (2024): Information System Journal (INFOS)" : 6 Documents clear
PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN METAMORFOSIS KUPU-KUPU MENGGUNAKAN TEKNIK MOTION GRAPHIC: (STUDI KASUS: SD NEGERI MANCASAN) Kusumandari, Della; Dina, Dina Maulina; Nuraminudin, M.
Information System Journal Vol. 7 No. 01 (2024): Information System Journal (INFOS)
Publisher : Universitas Amikom Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24076/infosjournal.2024v7i01.1375

Abstract

Sekolah Dasar (SD) saat ini masih menggunakan buku sebagai media pembelajaran, terutama di SD Negeri Mancasan. Guru menjelaskan materi berpatokan dengan buku paket yang dijelaskan secara lisan menggunakan metode ceramah. Terutama dalam materi mengenal alam yang seharusnya siswa dapat mengenal alam secara langsung akan tetapi jika lingkungan tidak mendukung maka akan kesulitan untuk diterapkan. Seperti dalam materi metamorfosis kupu-kupu yang sulit ditemukan setiap tahapan perubahan dalam satu waktu. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran yang berbeda menggunakan video animasi dengan teknik motion graphic untuk mempermudah guru dan siswa dalam pembelajaran dalam kelas. Video pembelajaran dirancang menggunakan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) video diaplikasikan ke kelas 3 SD Negeri Mancasan. Dengan pengimplementasian video pembelajaran metamorfosis kupu-kupu menggunakan teknik motion graphic dalam kelas 3 terbukti bahwa siswa dapat memahami materi pembelajaran dengan nilai uji tes rata-rata 9,3 dan dengan nilai prosentase kuesioner siswa 96% termasuk dalam kategori “Sangat Baik”.
PEMBUATAN APLIKASI LAPORAN KINERJA ONLINE (LAKON) BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE WATERFALL Majid, Ammar Waly; Istiqomah, Dewi Anisa; Wiratama , Bill Bilal; Guji S. U. , Fitra Jibjaya; Wahyuni, Sri Ngudi; Windarni , Vikky Aprelia
Information System Journal Vol. 7 No. 01 (2024): Information System Journal (INFOS)
Publisher : Universitas Amikom Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24076/infosjournal.2024v7i01.1528

Abstract

Kementerian Agama Kabupaten Klaten dituntut untuk memperbaiki sistem kerja khususnya dalam hal pelaporan kinerja. Sistem pengisian Laporan Capaian Kinerja Harian (LCKH) dan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) saat ini masih dilakukan secara manual menggunakan Microsoft Excel. Untuk memperbaiki proses ini, perlu membangun aplikasi Laporan Kinerja Online (LAKON) berbasis Android. Penggunaan aplikasi LAKON dapat menambah fleksibilitas kinerja pegawai. Pegawai dapat mengisi laporan kinerja dari mana saja dan kapan saja. Pembuatan aplikasi LAKON menggunakan metode Waterfall. Alasan pemilihan metode Waterfall dalam pembuatan aplikasi LAKON yaitu tahapan dalam metode Waterfall dilakukan secara bertahap, sehingga kualitas sistem yang dihasilkan akan baik. Kontribusi dari  penelitian ini yaitu menguatkan hasil penelitian sebelumnya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penulis berhasil membangun aplikasi LAKON berbasis Android dengan melalui tahapan identifikasi masalah, analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, dan pengujian. Aplikasi LAKON dapat melakukan pengisian dan pencarian laporan kinerja secara online serta terintegrasi dengan website monitoring kinerja pegawai.
KETEPATAN PENERAPAN PRINSIP ANIMASI STAGING DAN TIMING PADA VIDEO ANIMASI 2D MOTION GRAPHIC Rahayu, Dwi; Kusumastuti, Rajnaparamitha; Mangkuto, Ifraweri Raja; Dwi Nugraheni, Arizka Indah; Ari Wibowo, Ayub Pangestu
Information System Journal Vol. 7 No. 01 (2024): Information System Journal (INFOS)
Publisher : Universitas Amikom Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24076/infosjournal.2024v7i01.1578

Abstract

Surat keputusan pimpinan yang didalamnya memiliki banyak informasi dan bersifat prosedural, harus dapat sampai kepada sasaran target atau masyarakat luas. Efektivitas penyebaran informasi dipengaruhi oleh pengemasan informasi dan media penyebaran yang digunakan. Tanpa menghilangkan surat putusan edaran resmi, pengemasan dalam bentuk audio video visual menjadi pendukung media untuk memudahkan pemahaman terhadap informasi yang disampaikan. Pada penelitian ini akan dilakukan uji ketepatan penerapan prinsip animasi staging dan timing yang berkaitan dengan komposisi gambar maupun teks dalam satu tampilan dan kecukupan waktu audien untuk membaca atau memahami informasi yang ditampilkan dari satu tampilan ke tampilan selanjutnya. Video animasi dibuat menggunakan teknik motion graphic. Pada proses pembuatannya mengadopsi model penelitian MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang dikelompokkan kedalam tahapan pembuatan animasi, yakni tahap pra produksi, produksi dan pasca produksi. Pada penelitian ini berfokus pada pengujian ketepatan penerapan prinsip animasi staging dan timing dengan menggunakan metode kuesioner dan perhitungan menggunakan metode skala likert.
REFACTORING APLIKASI XYZ MENGGUNAKAN PENDEKATAN CLEAN ARCHITECTURE Nugroho, Bowo; Azhar, Nur Fajri; Subekti, Putra Cendikia
Information System Journal Vol. 7 No. 01 (2024): Information System Journal (INFOS)
Publisher : Universitas Amikom Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24076/infosjournal.2024v7i01.1579

Abstract

Implementasi Clean Architecture dalam pengembangan aplikasi Android menggunakan bahasa pemrograman Kotlin, dengan fokus pada penerapan prinsip desain SOLID. Evaluasi dilakukan pada dampak Clean Architecture terhadap kompleksitas kode yang menunjukkan penurunan rata-rata nilai kompleksitas dari 1,5 menjadi 1,4. Penelitian juga menganalisis perubahan kinerja aplikasi sebelum dan setelah menerapkan Clean Architecture, dengan penekanan pada penggunaan CPU, memori dan waktu eksekusi, Metodologi penelitian mengikuti pendekatan waterfall untuk refactoring aplikasi XYZ. Hasil penelitian memberikan pemahaman mendalam tentang perubahan kode dalam implementasi Clean Architecture dalam pengembangan aplikasi XYZ. Kesimpulannya, penerapan Clean Architecture dapat mengurangi kompleksitas kode dan berpotensi meningkatkan kinerja aplikasi, memberikan landasan yang kuat untuk pengembangan perangkat lunak yang lebih efisien dan dapat dipelajari oleh peneliti di bidang ini.
PENERAPAN METODE WATERFALL PADA SISTEM INFORMASI E-RAPOR Al Azfar, Naufal Anshor; Anggita, Sharazita Dyah
Information System Journal Vol. 7 No. 01 (2024): Information System Journal (INFOS)
Publisher : Universitas Amikom Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24076/infosjournal.2024v7i01.1582

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan metode Waterfall pada Sistem Informasi E-Rapor Berbasis Website di Raudhatul Athfal Sahabat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem informasi e-rapor yang efisien dan handal dengan menggunakan pendekatan metode Waterfall. Metode ini digunakan untuk mengorganisir dan mengelola pengembangan sistem secara bertahap, mulai dari perencanaan, analisis, desain, implementasi, hingga pengujian dan pemeliharaan. Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa sistem e-rapor berjalan dengan baik dan sesuai dengan rancangan. Pengujian White Box Testing menghasilkan kesimpulan bahwa logika internal dan algoritma sistem beroperasi tanpa hambatan. Sementara itu, pengujian Black Box Testing menunjukkan bahwa fungsionalitas eksternal dan antarmuka pengguna beroperasi sesuai dengan spesifikasi tanpa adanya bug atau masalah yang signifikan. Secara keseluruhan, penerapan Metode Waterfall pada Sistem Informasi E-Rapor Berbasis Website di Raudhatul Athfal Sahabat merupakan solusi yang efektif untuk meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan data akademik.
PENERAPAN METODE SCRUM PADA PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENCATATAN MAGANG Nurmasani, Atik; Kurniawan, Febri Dwi; Hartanto, Anggit Dwi; Fajri, Ika Nur
Information System Journal Vol. 7 No. 01 (2024): Information System Journal (INFOS)
Publisher : Universitas Amikom Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24076/infosjournal.2024v7i01.1616

Abstract

Pencatatan kegiatan magang masih menggunakan google form dan pengecekan dokumen menggunakan Microsoft Excel. Kendala pada pencatatan kegiatan magang yaitu perlu mengubah secara berkala dan data banyak sulit dikelola arsipnya. Solusi untuk mengatasi kendala dengan mengembangkan sistem informasi pencatatan dengan metode scrum. Implementasi dilakukan dengan tahapan product backlog, sprint planning, daily scrum, sprint review, dan sprint retrospective. Kebutuhan fitur beserta detail fitur sudah ditentukan oleh stakeholder. Implementasi fitur dilakukan bertahap sesuai sprint planning yang sudah ditetapkan. Evaluasi dilakukan melalui sprint review dan sprint retrospective. Hasil sprint review menunjukkan setiap hasil pengerjaan sudah sesuai dengan estimasi pengerjaan dengan penambahan dan perbaikan pada fitur pendaftaran kegiatan dan log book. Hasil sprint retrospective menunjukkan keseluruhan hasil pengerjaan sesuai product backlog dengan detail penamaan file otomatis yang perlu ditambahkan pada fitur pendaftaran kegiatan, konfirmasi kegiatan, dan download atau export. Pengembangan sistem informasi dengan metode scrum bisa menghasilkan output fitur secara cepat.

Page 1 of 1 | Total Record : 6