cover
Contact Name
Delfiyan Widiyanto
Contact Email
jurnalkalacakra@untidar.ac.id
Phone
+6287838875519
Journal Mail Official
jurnalkalacakra@untidar.ac.id
Editorial Address
Jl. Kapten Suparman No.39, Tuguran, Potrobangsan, Kec. Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116
Location
Kota magelang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Kalacakra
Published by Universitas Tidar
Core Subject : Education, Social,
We publish origin article research, review article, and case study Sosial Sciences and education. The scope of Journal Kalacakra are : Social Sciences; Culture; Citizenship; Character; Pancasila; Defending the Country; Education; (learning strategies, assessment, and evaluation of learning)
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2024): JANUARI" : 6 Documents clear
PENGUATAN SIKAP TOLERANSI DALAM KEBHINEKAAN MELALUI VIRTUAL REALITY BERBASIS VIDEO 360 Murdiono, Mukhamad; Istiqomah, M.Pd, Annisa; Nurhayati, Iffah; Puspitasari, Chandra Dewi
Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 5, No 1 (2024): JANUARI
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/kalacakra.v5i1.8648

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa di beberapa universitas di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, dan Universitas PGRI Yogyakarta. Terdapat dua jenis data yang diperlukan dalam penelitian pengembangan ini, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif meliputi data hasil rancangan model pembelajaran, instrumen penilaian model pembelajaran, validasi instrumen penilaian model pembelajaran dan analisis data validasi model pembelajaran. Data kuantitatif diperoleh dari data angket penilaian model pembelajaran berbasis Virtual Reality (VR) oleh ahli media, ahli materi dan tes hasil belajar dan lembar penilaian peserta didik. Sementara untuk mengumpulkan data, ada beberapa metode yang digunakan yaitu observasi, angket dan tes. Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu: 1) mengembangkan model pembelajaran pendidikan multikultural berbasis VR; 2) mengukur implementasi model pembelajaran pendidikan multikultural berbasis VR untuk penguatan sikap toleransi dalam bingkai kebhinekaan.
EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PKH DALAM KOMPONEN KESEJAHTERAAN SOSIAL (KELOMPOK LANJUT USIA DAN DISABILITAS BERAT) Kumala, Sheila Andriani
Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 5, No 1 (2024): JANUARI
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/kalacakra.v5i1.7717

Abstract

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program di bawah tanggung jawab kementerian sosial guna mempercepat penanggulangan kemiskinan yang ada di Indonesia. Sebelumnya terdapat dua komponen dalam program ini yaitu untuk pendidikan dan kesehatan. Namun, untuk lebih menyasar berbagai lapisan masyarakat pada tahun 2016, cakupan komponen ini diperluas dengan adanya tambahan komponen kesejahteraan sosial yaitu diperuntukkan bagi para lansia dan penyandang disabilitas berat. Tentu saja dalam pelaksanaannya masih mengalami kendala baik itu dari data yang belum terintegrasi dengan baik, masih terdapat KPM yang belum tepat sasaran, keterlambatan penyaluran bantuan, perbedaan pemhaman serta belum tercapainya tujuan yang ingin direncanakan. Terlebih lagi masih minim literatur yang membahas secara mendalam mengenai komponen baru yang ada di PKH ini. Dalam tulisan ini penulis menggunakan teori efektivitas program untuk mengukur sejauh mana program ini efektif dalam mengentaskan kemiskinan bagi para komponen kesejahteraan sosial. Adapun hasil yang didapatkan adalah dimana sebelumnya komponen ini mempunyai program sendiri bernama ASPDB dan ASLUT dan ketika melebur kedalam PKH membuat sasaran dan cakupan KPM PKH semakin meningkat serta masih terdapat beberapa kendala yang muncul dalam pelaksanaannya sehingga membuat pelaksanaannya kurang efektif.
SEJARAH KONTROVERSIAL PASCA KEMERDEKAAN DALAM PERSPEKTIF MAHASISWA CALON GURU SEJARAH UNNES fitrianto, robby fajar
Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 5, No 1 (2024): JANUARI
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/kalacakra.v5i1.6713

Abstract

ABSTRAKSejarah kontroversial menjadi isu hangat dalam pembelajaran sejarah di tingkat satuan sekolah menengah maupun perguruan tinggi. Narasi akan sejarah kontroversial juga merupakan isu hangat yang masih dikaji oleh para sejarawan dan peneliti hingga saat ini. Sebagai seorang mahasiswa calon guru sejarah, sudah sepatutunya untuk bisa memahami akan sejarah kontroversial. Perspektif mahasiswa akan narasi sejarah sendiri tentu menjadi fokus yang menarik untuk dikaji, hal ini diperlukan guna melihat bagaimana narasi sejarah yang ada dibangun dalam pemikiran mahasiswa calon guru sejarah. Dalam menilai perspektif mahasiswa calon guru sejarah sendiri dilakukan penelitian dengan desain kulaitatif dengan metode pengumpulan data wawancara dan studi pustaka Berdasarkan hasil penelitian sendiri nampak bahwasanya sejarah kontroversial sendiri mendapat perhatian khusus dikalangan mahasiswa calon pendidikan sejarah. Hal ini ditujukan dengan pemahaman mereka akan konsep sejarah kontroversial itu sendiri serta urgensi yang ada dalam pembelajaran sejarah kontroversial. Urgensi akan pembelajaran sejarah kontroversial yang ada tentunya harus diimbangi dengan upaya untuk menghadirkan pembelajaran sejarah kontroversial di kelas. Pada akhirnya peran guru begitu sangat besar dalam mengemas pembelajaran sejarah kontroversial yang ada, agar para siswa mampu memahami akan aspek-aspek dan konsep kontroversial dalam narasi-narasi kesejarahan yang ada di Indonesia.Kata Kunci: Sejarah Kontroversial, Perspektif Mahasiswa, Pembelajaran sejarah.
PERAN PEMERINTAH DALAM PENATAAN PEDAGANG KAKI LIMA DI PANTAI LAI LAI BISSI KOPAN KOTA KUPANG Pullu, Dita Anita
Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 5, No 1 (2024): JANUARI
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/kalacakra.v5i1.8650

Abstract

Penelitian ini merupakan salah satu kasus yang diambil di Pantai Lai Lai Bissi Kopan Kota Kupang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran pemerintah dalam penataan pedagang kaki lima di Pantai Lai Lai Bissi Kopan Kota Kupang. Jenis penelitian yan digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu periode pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) Peran pemerintah sebagai perencana penataan telah dilakukan dengan baik namun hingga saat ini belum ada kebijakan untuk melakukan penatan terhadap pedagang; (2) peran pemerintah sebagai pelaksana penataan belum dilaksanakan dengan baik dikarenakan hingga saat ini belum ada instruksi atau perintah dari pihak pemerintah kepada dinas-dinas mana yang ditetapkan untuk bertanggung jawab dalam pelaksanaan penataan terhadap para pedagang kaki lima di kawasan pantai Lai Lai Bissi Kopan;(3)peran pemerintah sebagai pengawas penataan belum dapat dikatakan baik hal ini dikarenakan belum ada dinas yang ditugaskan sebagai penanggung jawab yang jelas sehingga pengawasan terhadap pedagang hanya dilakukan oleh pihak kelurahan setempat yang mengawasi kebersihan kawasan pantai Lai Lai Bissi Kopan.kata kunci: peran pemerintah, penataan pedagang kaki lima
NILAI MORAL PANCASILA UNTUK MEMBANGUN BANGSA DI ERA GLOBALISASI Salsabila, Khoirun Nisa; Habibah, Siti Maizul
Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 5, No 1 (2024): JANUARI
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/kalacakra.v5i1.7278

Abstract

Pancasila merupakan filsafat bangsa dan negara republik Indonesia yang  mengandung arti sebuah kehidupan bangsa, negara, dan masyarakat pada dasarnya  memiliki nilai-nilai di dalamnya terkandung tujuan. Pada era globalisasi ini, bagaiaman  anak-anak sampai orang dewasa bisa menumbuhkan nilai moral pancasila di kehidupan  era globalisasi ini dan sudahkah tujuannya bermedai sosial untuk hal yang positif bagi diri  sendiri maupun berbangsa. Pada zaman ini pastinya negara lebih maju dari zaman  sebelumnya yang salah satunya teknologi yang berkembang pesat di era globalisasi  termasuk medai sosial saat ini, karena sulit dipisahkan dari kehidupan masyarakat,  dengan adanya media sosial sekarang apakah kita sudah dengan bijak menggunakannya?  Contohnya tidak menyebar luaskan berita hoax, bullying, menyebar ucapan kebencian,  mengunggah foto maupun video yang tidak bermanfaat. Karena saat ini banyak sekali  pengguna media sosial yang tidak bertanggung jawab pada saat melakukan hal yang tidak  senonoh atau hal yang tidak bermanfaat, yang tujuannya pun tidak jelas atau hanya ingin  menyebar kebencian dan hujatan kepada orang lain.
PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA DI INDONESIA: DATA PISA Rokhim, Hanif Nur; Dhewantoro, Happri Novriza Setya; Suranto, Suranto
Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol 5, No 1 (2024): JANUARI
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/kalacakra.v5i1.8399

Abstract

The study of family environment and school environment in relation to academic achievement is a topic that is often discussed. The quantitative research method in this study is secondary data analysis using data from the 2018 Program for International Student Assessment (PISA). This research was conducted in Indonesia with 8,268 respondents who filled out the questionnaire.  The results of this study indicate that: (1) Family environment has a positive influence on student academic achievement. (2) Family environment has a positive influence on student academic achievement (3) Family environment and school environment together have a positive influence on student academic achievement. These findings explain that the family environment and school environment are important factors in shaping student academic achievement in Indonesia.

Page 1 of 1 | Total Record : 6