cover
Contact Name
Agus Purnama
Contact Email
purnama.aguz@gmail.com
Phone
+6281316184140
Journal Mail Official
jikom@sssstikom-ima.ac.id
Editorial Address
Jl. Harapan no 50 Gd. HZ Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju (STIKOM-IMA) Lenteng Agung, Jakarta Selatan
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Ilmiah komunikasi
ISSN : 19798210     EISSN : 23548193     DOI : http://dx.doi.org/10.38041/jikom1
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Komunikasi Indonesia Maju menerima semua artikel ilmiah atau manuskrip yang berhubungan dengan ilmu komunikasi, broadcasting, periklanan, dan semua ranah keilmuan yang erat kaitannya dengan ilmu komunikasi
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 14 No 01 (2022): Jurnal Ilmiah Komunikasi Vol. 14 No. 01 Maret 2022" : 5 Documents clear
Pelaksanaan Fungsi Manajemen Program Di Sahabat Radio Anna R Widianty; Veronika Setyadji; Sri Rahardian M Sakti
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 14 No 01 (2022): Jurnal Ilmiah Komunikasi Vol. 14 No. 01 Maret 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v14i01.226

Abstract

Sahabat Radio merupakan radio komunitas di daerah Tangerang Selatan yang menjadi alternatif bagi masyarakat di lingkungannya sebagai penyampaian informasi, dan memberikan hiburan. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui tentang manajemen perencanaan pada Sahabat Radio yang meliputi proses perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling). Peneliti menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus karena subjek yang diteliti kasus penutupan radio yang dapat berpengaruh kepada program dan pendengarnya melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai bahan acuan. Penelitian ini menunjukkan bahwa perlu adanya persiapan selama Sahabat Radio melakukan penutupan sementara karena adanya pembaharuan frekuensi dari FM ke AM dan diperlukan proses Planning: merencanakan program baru dengan muatan informasi; Organizing: mempersiapkan penayangan acara berdasarkan jadwal yang telah disiapkan; Actuating: saat penyiaran mempersiapkan yang telah disusun, seperti jam siar, jadwal program siar serta jadwal penyiar; Controlling: pada pelaksanaan melakukan evaluasi program siar, seperti teknis siar untuk pengembangan supaya program siar bisa lebih baik lagi. Di dalam pelaksanaan fungsi manajemen perlu menerapkan metode manajemen P.O.A.C guna menyiapkan program baru sehingga dapat memberikan edukasi yang mengangkat isu terkini saat akan mengudara kembali. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam mempersiapkan sebuah program baru diperlukan pendekatan manajemen dengan tujuan untuk memenuhi harapan pendengarnya. Saran yang dapat diberikan adalah penambahan bagian materi, yaitu program mingguan agar memiliki inovasi dan pemantapan dalam program-program yang akan disiarkan.
Strategi Produksi Program Jemput Rezeki Episode Pertama Sharfina Putri Utami; Fatimah Fatimah; Veronika Setyadji
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 14 No 01 (2022): Jurnal Ilmiah Komunikasi Vol. 14 No. 01 Maret 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v14i01.228

Abstract

Program Jemput Rezki merupakan program Reality Show yang dikemas sebagai program inspirasi ekonomi rakyat dalam membangun usaha diberbagi bidang usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tahapan produksi serta strategi produksi dalam membuat program Jemput Rezeki episode pertama yaitu “Tekad dan Kerja Keras Menjadi Peluang Berwirausaha”. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif serta sifat penelitian yaitu metode studi kasus. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer dan sekunder serta pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara, observasi, dan juga dokumen. Dalam hasil penelitian berdasarkan teori, program Jemput Rezeki mempunyai strategi yang kuat dalam hal produksi program yaitu teknik pra produksi planning meeting, research, rehearsal. Dan juga teknik produksi yaitu Editing, Narasi, Mixing, Mastering yang diperkuat dalam program. Selain itu program Jemput Rezeki tetap harus memperhatikan promosi program dalam bentuk cuplikan, agar penonton tau seperti apa pembahasan pada episode selanjutnya.
Komunikasi Interpersonal pada Pecandu Game Online Dota 2 dalam Komunitas Moba Ibnu Syina Al Farisy; Ramdhania El Hida; Berliana Lukitawati
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 14 No 01 (2022): Jurnal Ilmiah Komunikasi Vol. 14 No. 01 Maret 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v14i01.231

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi jaringan komputer meningkat dengan cepat hal ini terlihat pada zaman sekarang ini memasuki era millenial, salah satunya adalah game online. Game online kini telah menjadi suatu candu yang bisa membuat para pemainnya mengurangi kegiatan lain. Salah satu game online yang saat ini tengah digandrungi sebagai masyarakat khususnya para remaja hingga dewasa awal yaitu Dota 2. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa motivasi bermain pecandu game online Dota 2, bagaimana interaksi pecandu game online Dota 2 di luar dunia virtual. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumen yang berhubungan dengan kasus kecanduan game online serta data hasil dari pecandu game online Dota 2. Penulis menganalisis bahwa motivasi bermain pecandu game online Dota 2 didasarkan pada kebutuhan untuk mencapai penghargaan dengan cara menaikan Ranking Level dan mendapatkan keuntungan finansial, meningkatkan hubungan dengan pemain game online, dan untuk menjadi pemain yang profesional. Kesimpulannya adalah muncul perbedaan komunikasi interpersonal di dalam dunia virtual maupun di luar dunia virtual yang dimana pemain game online Dota 2 lebih cenderung berkomunikasi di dalam dunia virtual, sebab intensitas lebih tinggi jika dibandingkan dengan berkomunikasi di luar dunia virtual. Saran penelitian untuk ke depan diharapkan menggunakan metode secara lebih rinci lagi guna untuk menutupi kekurangan yang ada di dalam penelitian terutama hubungan antara teknologi dengan ilmu komunikasi.
Pengemasan Program Campursari untuk Mempertahankan Pendengar Sahabat Radio Novi Nurhidayati; Veronika Setyadji; Febriansyah Nataly
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 14 No 01 (2022): Jurnal Ilmiah Komunikasi Vol. 14 No. 01 Maret 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v14i01.227

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan program Campursari dalam meningkatkan dan mempertahankan pendengar. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus karena subjek yang diteliti tentang penutupan Sahabat Radio yang dapat memberikan pengaruh pada program dan pendengarnya melalui metode wawancara mendalam (purposive sampling), observasi (lokasi studio dan proses siaran), dan dokumentasi sebagai bahan acuan. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi karena memilih data penelitian yang relevan dengan yang diteliti. Hasil dari penelitiannya adalah pembaharuan program Campursari, yaitu meningkatkan kemampuan penyiar dan menambahkan kegiatan interaksi antara penyiar dan pendengar, serta penambahan program off air seperti paguyuban, jumpa penggemar, pengajian, perayaan hari besar. Kesimpulannya adalah program Campursari telah mengalami perubahan dalam konsep seperti program interaktif dan kegiatan off air. Saran yang dapat diberikan adalah penambahan koleksi lagu Campursari yang lebih modern dan lebih sering diperbaharui mengikuti perkembangan musik yang popular, meningkatkan kemampuan penyiar menjadi lebih baik dalam pengolahan kata dan performa saat bersiaran serta mempertahankan program off air yang sudah dilaksanakan.
Fitur Video on Demand sebagai Program Kampanye Public Relations Aplikasi RCTI+ Chairul Hadi; Dedy Zebua; Tri Yulistyarani
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 14 No 01 (2022): Jurnal Ilmiah Komunikasi Vol. 14 No. 01 Maret 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v14i01.230

Abstract

Rcti+ merupakan anak perusahaan yang bergerak dibidang streaming digital yang berada dibawah naungan MNC Group yang berkantor pusat di Mnc Studios Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Sebagai bentuk kampanye public relations dan upaya mensosialisasikan Aplikasi Streaming Digital Rcti+ menawarkan Fitur Video On Demand sebagai sarana pemilihan tayangan sesuai peminatan. Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu bagaimana Strategi Kampanye Public Relations Aplikasi Rcti+ Dalam Mensosialisasikan Aplikasi Streaming Digital melalui Fitur Video On Demand. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori Corporate Campaign Theory, dan Teori AIDDA sebagai dasar pemasaran kampanye. Dengan menggunakan metode wawancara langsung dengan 3 (tiga) orang narasumber yang mana diantaranya adalah General Manajer Rcti+ , Section Head Division Planning , dan Tim Corsec Media Relation. Adapun hasil dari penelitian ini adalah tim Rcti+ menjadikan Fitur Video On Demand sebagai program unggulan dan sarana kampanye untuk mensosialisasikan Aplikasi Rcti+ Streaming Digital kepada masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan Media Relations dalam mensosialisasikan di Video On Demand Rcti+ di Media Grup maupun diluar Media grup.

Page 1 of 1 | Total Record : 5