cover
Contact Name
Yusri
Contact Email
yusri@unm.ac.id
Phone
+6285255602827
Journal Mail Official
yusri@unm.ac.id
Editorial Address
Research and Community Service Institute, Universitas Negeri Makassar inisi Tower, A.P. Pettarani Street, Makassar, Indonesia
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Dedikasi
ISSN : 02150891     EISSN : 27751678     DOI : 10.26858/dedikasi
The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: 1. Education for Sustainable Development. 2. Community Services, People, Local Food Security, Nutrition and Public Health; 3. Training, Marketing, Appropriate Technology, Design; 4. Community Empowerment, Social Access; 5. Student Community Services; 6. Border Region, Less Developed Region
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 25, No 1 (2023): Jurnal Dedikasi (Article in Press)" : 3 Documents clear
Peningkatan Pemahaman dan Kesadaran Guru Sekolah Dasar terkait Jenis-Jenis Kekerasan terhadap Anak di Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa Yusri Yusri; Mantasiah R.; Andi Muhammad Rivai; Hasmawati Hasmawati
DEDIKASI Vol 25, No 1 (2023): Jurnal Dedikasi (Article in Press)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/dedikasi.v25i1.45591

Abstract

Abstrak. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini ialah untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran guru mengenai perilaku kekerasan terhadap anak.  Mitra dalam kegiatan pengabdian ini ialah kelompok kerja guru sekolah dasar di Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Tahap pelaksanaan kegiatan pengabdian ini terdiri atas 4 tahap yakni persiapan, pelaksanaan, evaluasi, serta rencana tindak lanjut. Untuk mengukur keberhasilan pelaksanaan program, maka digunakan beberapa instrumen seperti instrumen pemahaman mengenai mengenai perilaku kekerasan terhadap anak, instrumen untuk mengukur kesadaran dan respon guru mengenai perilaku kekerasan terhadap anak, serta evaluasi terkait pelaksanaan kegiatan secara keseluruhan yang meliputi evaluasi kebermanfaatan pelatihan yang diberikan kepada guru. Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan pelatihan yang diberikan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman dan kesadaran guru mengenai perilaku kekerasan terhadap anak. Guru cenderung telah memahami batasan kekerasan dan hukuman yang dapat diberikan kepada peserta didik. Selain itu, guru juga telah memahami berbagai potensi dampak yang ditimbulkan dari perilaku kekerasan dan guru juga telah memahami bentuk-bentuk pencegahan dan penanganan yang dapat dilakukan untuk mengatasi perilaku kekerasan di sekolah.  Guru juga telah mendesain dan menyepakati berbagai rencana tindak lanjut yang dapat dilakukan di sekolah untuk mengkampanyekan perilaku anti kekerasan terhadap anak. Kata Kunci: Guru Sekolah Dasar, Kekerasan terhadap Anak, Kekerasan Verbal
Pelatihan Penggunaan Data Akuisisi Berbasis NI DAQ 9074 Kepada Teknisi Industri Pemula Djuanda Djuanda; Muhsin Muhsin; Samnur Samnur; Nurlaela Latief; Rusli Ismail; Asia M.
DEDIKASI Vol 25, No 1 (2023): Jurnal Dedikasi (Article in Press)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/dedikasi.v25i1.47381

Abstract

Abstrak. Perkembangan teknologi yang terjadi di dunia industri menuntut dunia pendidikan untuk mengikutinya agar lulusannya dapat diterima di dunia industri. Salah satu bidang industri yang juga berkembang jauh yaitu teknologi instrumentasi. Kemajuan teknologi membuat bidang instrumentasi juga berkembang pesat, dimulai dari pengumpulan data, pengolahan data, penyimpanan data dan pendistribusian data juga sudah dilakukan secara digital dan terotomasi. Bahkan pengumpulan data saat ini sudah dapat dilakukan melalui jarak jauh atau melalui internet. Permasalahan kurangnya sinergitas dunia pendidikan dan dunia industri menjadi fokus program pemerintah sejak beberapa tahun terakhir. Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Makassar menawarkan pemanfaatan teknologi data akuisisi untuk membantu dalam pengumpulan dan pengolahan data.  Perangkat data akuisisi yang digunakan adalah NI Daq 9074 yang memiliki 4 modul. Setiap modul dapat digunakan untuk mengumpulkan data hasil pengukuran seperti temperature, tekanan, intensitas, laju aliran massa dll. Hasil pengukuran kemudian langsung dapat diolah maupun disimpan di komputer. Agar data akuisisi dapat digunakan diperlukan media pemograman yang terstruktur. Bahasa pemograman yang digunakan adalah LabVIEW. Kelebihan Labview adalah sangat mudah digunakan, selain itu program ini juga banyak digunakan didunia industri, sehingga sangat sesuai untuk para teknisi pemula. Metode pendekatan yang ditawarkan untuk mendukung realisasi program pelatihan ini adalah metode ceramah, diskusi dan demontrasi. Kompetensi yang dimiliki peserta pelatihan adalah pengenalan dan penggunaan data akuisisi berbasis Daq9074 sebagai peralatan pengumpul dan pengolah data.Kata kunci: pelatihan, data akuisisi, NI Daq 9074, LabVIEW, teknisi
Program Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Visual Digital pada Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Bacukiki Barat Ibandong Ibandong; Reski Febyanti Rauf; Mantasiah R.; Andi Alamsyah Rivai; Andi Muhammad Rivai
DEDIKASI Vol 25, No 1 (2023): Jurnal Dedikasi (Article in Press)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/dedikasi.v25i1.46742

Abstract

Keterbatasan guru dari segi kemampuan dan keterampilan dalam menyediakan media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas belajar siswa menjadi permasalahan yang dihadapi di sekolah dasar Kecamatan Bacukiki Barat, sehingga diperlukan program pengembangan media pembelajaran. Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pelatihan dan pendampingan pengembangan media pembelajaran berbasis visual digital sehingga dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru. Pelaksanaan program ini menitikberatkan pada pendekatan partisipasi kelompok mitra dalam bentuk pelatihan, konsultasi, dan pendampingan. Program ini dirancang dan dipersiapkan sesuai dengan kebutuhan mitra yang meliputi beberapa tahapan pelaksanaan yaitu persiapan pelatihan, pemberian instrument pre-test dan post-test, presentasi materi, sosialisasi, konsultasi, diskusi, tanya jawab, tutorial, pendampingan, dan evaluasi. Hasilnya menunjukkan bahwa pelaksanaan program pengembangan media pembelajaran berbasis visual digital pada guru di sekolah dasar Kecamatan Bacukiki Barat dinilai efektif dan berdampak nyata terhadap peningkatan kemampuan dan keterampilan peserta.Kata kunci: Efektivitas, Guru, Kualitas Belajar, Media, Visual Digital

Page 1 of 1 | Total Record : 3