cover
Contact Name
M. Fikri
Contact Email
fikri.maulana@unpas.ac.id
Phone
+6287722000445
Journal Mail Official
businesspreneur@unpas.ac.id
Editorial Address
Jl. Lengkong Besar No. 68 Kota Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Business Preneur : Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis
Published by Universitas Pasundan
ISSN : 26565099     EISSN : 26569361     DOI : http://dx.doi.org/10.23969/bp
Core Subject : Humanities, Social,
Pemasaran Keuangan Operasi Bisnis Sumber Daya Manusia Kewirausahaan Kreatifitas dan Inovasi Bisnis Pemodelan Bisnis Bisnis Syariah Etika dan Negosiasi Bisnis.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2020): Vol. 2 No. 2 September 2020" : 5 Documents clear
TINJAUAN LITERATUR KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) Sopyan Saori; Resa Nurmala; Kokom Komariah
Business Preneur: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 2 No 2 (2020): Vol. 2 No. 2 September 2020
Publisher : Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis FISIP UNPAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/bp.v2i2.3510

Abstract

Keunggulan kompetitif adalah hasil dari strategi yang direncanakan suatu usaha, baik pada sektor mikro, kecil dan menengah. Arah strategis diwujudkan melalui kemampuan menghasilkan keuntungan lebih besar dari pada pesaing. Banyak faktor yang sama pentingnya dalam menghasilkan daya saing. Beberapa di antaranya adalah faktor strategi, pengembangan sumber daya manusia, knowledge management dan peran Information & Communication Technology (ICT). Dari faktor tersebut akan menciptakan dan mempertahankan posisi yang unggul dari pesaing, yang disebut keunggulan kompetitif. Akan tetapi, pemahaman menyeluruh tentang state-of-art dari keunggulan kompetitif masih dibutuhkan. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk mengklasifikasikan, mengidentifikasi publikasi-publikasi ilmiah dan melakukan analisis tematik terhadap literatur terkini guna menciptakan pemahaman yang ekstensif dan terperinci dibidang keunggulan kompetitif. Metode penelitian dilakukan dengan cara systematic mapping study (SMS) untuk menelaah publikasi ilmiah dibidang keunggulan kompetitif yang dihasilkan berdasarkan fokus dan tipe riset dari waktu ke waktu. Hasil penelitian ini menghasilkan kategorisasi dan kuantifikasi studi keunggulan kompetitif dalam berbagai dimensi serta ikhtisar topik dan tren penelitian saat ini.
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KREDIT USAHA RAKYAT PADA UMKM DI KABUPATEN BANDUNG Yayan M Mulyana; Abdul Rosid; Nurhayati Nurhayati
Business Preneur: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 2 No 2 (2020): Vol. 2 No. 2 September 2020
Publisher : Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis FISIP UNPAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/bp.v2i2.3504

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan kredit usaha rakyat untuk meningkatkan kinerja umkm di Desa Warnasari Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Berdasarkan hasil penelitian terdapat permasalahan kinerja UMKM yang rendah ,terlihat dari Kemampuan (knowledge + skill). pengetahuan dan pemahaman para pemilik usaha dalam mendapatkan informasi program KUR. , karena minimnya komunikasi sosialisasi pihak pemerintah melalui perbankan. Selanjutnya rendahnya motivasi pelaku UMKM/karyawan dikaitkan dengan program KUR Mikro dapat membebani pengeluaran usaha. Permasalahan tersebut disebabkan oleh implementasi kebijakan KUR belum optimal, dalam hal komunikasi serta struktur birokrasi dalam pengurusan/adminstrasi yang sulit dan berat. Metode penelitian menggunakan kualitatif-deskriftif. Berdasarkan analisis kualitatif mendapatkan hasil bahwa program Kredit Usaha Rakyat (KUR) mikro sudah cukup siap untuk diimplementasikan, walaupun masih terdapat aspek-aspek yang belum layak yakni masih rendahnya komunikasi dan struktur birokrasi, untuk itu diperlukan peningkatan komunikasi yang efektif dan struktur birokrasi yang sederhana, sehingga cukup untuk menangani penyebab masalah yang terjadi dalam implementasi kebijakan KUR sehingga kinerja UMKM meningkat. Luaran yang ditargetkan bahwa empat aspek mulai komunikasi, sumberdaya, disposisi/sikap pelaksana, serta struktur birokrasi (mekanismen kerja) program KUR dapat tercapai, sehingga berdampak terhadap peningkatan kinerja UMKM.
PENGGUNAAN DESIGN THINKING DALAM INOVASI KEMASAN PRODUK SEBAGAI STRATEGI MEMBANGUN SEBUAH MEREK PADA MEREK BANGFLO Farhan Maulana; Iwan Sukoco
Business Preneur: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 2 No 2 (2020): Vol. 2 No. 2 September 2020
Publisher : Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis FISIP UNPAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/bp.v2i2.2134

Abstract

Permasalahan bisnis menuntut pemecahan masalah yang solutif dan mampu terterapkan dengan baik dalam mengatasi kendala dan tantangan yang dihadapi. Design thinking diterapkan untuk mengurangi jumlah penggunaan plastik dan mengurangi sampah plastik dengan solusi membuat inovasi kemasan yang terbuat dari rumput laut. Hasil yang didapatkan juga penggunaan design thinking bisa menjadi metode untuk strategi membangun sebuah bisnis atau merek mereka
STRATEGI MARKETING PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS SANGGABUANA BANDUNG DITENGAH PANDEMI COVID 19 Y. Ony Djogo
Business Preneur: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 2 No 2 (2020): Vol. 2 No. 2 September 2020
Publisher : Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis FISIP UNPAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/bp.v2i2.3519

Abstract

Indeed, currently we are experiencing a difficult situation, but the process of admitting new students must also continue for the sustainability of the campus and also learning in Indonesia, especially on USB. With campus technology, it can facilitate the admission of new students, provide sophisticated services, such as PMB, payments, academics, learning etc. After simplifying the process of receiving and payment, what to do next is Promotion. Because in the current situation conventional promotion is not possible, one solution is to take advantage of digital technology that is easily accessible to many people. Here's what can be done with promotion with digital marketing: Use the website to be recognized more quickly, Make video ads on YouTube, Content marketing and SEO optimization, Take advantage of the campus search platform.
PENGARUH POTONGAN HARGA, DISTRIBUSI FISIK DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PENJUALAN Resa Nurmala
Business Preneur: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 2 No 2 (2020): Vol. 2 No. 2 September 2020
Publisher : Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis FISIP UNPAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/bp.v2i2.3179

Abstract

ABSTRACT Selamat Lestari Mandiri is a company engaged in the sale of motor vehicles and automobiles. Car with brand Toyota and motorcycle brand Honda. The problems faced were experiencing a decline in sales from September to November 2011. The problem is allegedly caused by the price cut in the form of a cash rebate given by PT. Selamat Lestari Mandiri is considered to be too low, physical distribution channel of the purchase or follows i.e. the number of products sent the main dealer does not correspond to the number of purchase requests submitted by PT Selamat Lestari Mandiri. Another cause of sales promotion of the promotion of salespeople in the monotonous sale contest, there is no change in its promotion.The purpose of this research is to know the implementation of discounted prices, the implementation of physical distribution, the implementation of sales promotions, sales execution and to know the magnitude of the influence of price cuts, physical distribution and sales promotion On the sale of Honda's motor products PT Selamat Lestari Mandiri Sukabumi. The research methods used are descriptive research methods and associative research methods. The technical collection of data is done by observation, interviews, questionnaire dissemination, literature study, and documents given by the company.Based on data obtained from the analysis results indicates that the correlation analysis of product-moment is generated By 0.665 means that all three influences are strong in influencing the sale, the coefficient of determination 42.2% and 57.8% are caused by other variables not examined in this study. The result of calculating the F hypothesis test count is greater than the F table (10.847 > 2.833.) so that H0 is rejected and H1 is received. That is, there is a significant influence between rebate, physical distribution, and sales promotion to sales.

Page 1 of 1 | Total Record : 5