cover
Contact Name
Dr. Titi Darmi
Contact Email
jurnalmpkp123@gmail.com
Phone
+6285234332266
Journal Mail Official
titidarmi@umb.ac.id
Editorial Address
Kampus 4 UMB. Jl. H. Adam Malik Km 9, Bengkulu City, Bengkulu, Indonesia
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP)
ISSN : 26857499     EISSN : 27458660     DOI : 10.36085/jmpkp
Core Subject : Social,
Jurnal Manajemen Publik & Kebijakan Publik, diterbitkan oleh program studi Administrasi Publik , sebagai wadah forum antara para akademisi, peneliti /praktisi, bidang kebijakan publik, manajemen tata kelola pemerintahan (sector publik). Untuk, menyampaikan gagasan dan menumbuhkan keunggulan dan berbagi pengalaman dan membuat strategi dalam mengatasi permasalahan penelitian dalam bidang administrasi , kebijakan publik, manajemen dan tata kelola pemerintahan
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP)" : 6 Documents clear
Peran Stakeholders dalam Pengembangan Objek Wisata Air Terjun Curug 9 di Kabupaten Bengkulu Utara : Peran Stakeholders Dalam Pengembangan Objek Wisata Air Terjun Curug 9 Darmi, Titi
Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP) Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP)
Publisher : Program Studi Administrasi Publik Universitas Muhamamdiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/jmpkp.v6i1.5112

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran stakeholders dalam pengembangan objek wisata air terjun curug 9. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dan tipe penelitian yang digunakan adalah fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran stakeholder dalam hal ini pemerintah dan masyarakat dalam pengembangan objek wisata air terjun curug 9 belum memuaskan, diperlukan sarana dan prasarana yang cukup modern untuk meningkatkan pengembangan objek wisata tersebut. Selain itu keterbatasan dana dari pemerintah sehingga menjadi masalah utama yang menghambat pembangunan sarana dan prasarana menjadi problem tersendiri yang harus dihadapi dalam pengembangan objek wisata air terjun curug 9.
Evaluasi Program Dana Bergulir Samisake Di Kota Bengkulu (Studi di Kelurahan Sawah Lebar) Mandala Putra, Bobby; Rama Krisyanto; Harmiati
Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP) Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP)
Publisher : Program Studi Administrasi Publik Universitas Muhamamdiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/jmpkp.v6i1.5436

Abstract

The aim of this research is to evaluate the effect of the Samisakerolling program on increasing income, welfare and employment opportunities inSawah Lebar Village, Bengkulu City. The research was conducted in SawahLebar Village, Bengkulu, from April 10 to May 10 2023. The approach usedwas a qualitative method with a narrative strategy. This research refers to theobjectives of the Samisake revolving fund program as regulated in BengkuluCity Regional Regulation No. 12 of 2013 concerning Management of SamisakeRevolving Funds, which includes increasing community income and welfare,expanding employment and business opportunities through the creation of newjobs, as well as implementing acceleration efforts. strengthening the people'seconomy through the involvement of the City Government, business world,local communities and community groups in participatory processes. However,due to limited time, resources and budget, the research focus is only on twoobjectives, namely increasing people's income, improving people's welfare andexpanding employment opportunities. The research results show that theSamisake Revolving Fund Program has succeeded in increasing recipients'income and welfare as well as opening up new job opportunities. This programsucceeded in increasing the gross and net income of the recipients. As manyas 73.33% of informants who were recipients of the Samisake program felt apositive impact after receiving the program. This positive impact includeschanges in conditions in terms of education, health and housing for Samisakeprogram recipients. As many as 33.33% of recipients of this programsucceeded in increasing their workforce to increase their business productivity
Efektivitas Program Bebas Kuota Internet di Kota Bontang Darmawan , Ade; Irawan, Bambang; Daryono, Daryono
Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP) Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP)
Publisher : Program Studi Administrasi Publik Universitas Muhamamdiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/jmpkp.v6i1.5539

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis progran bebas kuota di Kota Bontang serta untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor penghambatnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Kota Bontang. Fokus Penelitian mengacu pada ketepatan sasaran program, sosialisasi program, tujuan program, pemantauan program serta faktor penghambatnya. Data diperoleh menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, dianalisis menggunakan model analisis interaktif pada tahap reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian membuktikannya bahwa secara keseluruhan efektivitas program bebas kuota di Kota Bontang kurang efektif walaupun dalam ketepatan sasaran program pelaksanaannya sudah tepat sasaran dan efektif dalam menyediakan akses internet gratis bagi masyarakat, namun dalam hal pemasangan lokasi hotspot belum sepenuhnya tepat sasaran dan efektif dikarenakan masih terdapat hotspot yang harus direlokasi. Kemudian dalam sosialisasi program belum efektif dengan menggunakan berbagai media. Selanjutnya pada tujuan program sudah efektif karena mampu mencapai tujuan yang diharapkan yaitu memberikan akses internet gratis bagi masyarakat di ruang publik. Kemudian dalam pemantauan program belum efektif baik secara fisik ke lapangan ketika ada gangguan maupun non fisik melalui Dashboard ISP. Adapun faktor penghambat program bebas kuota di Kota Bontang yaitu pemasangan dan pengelolaan hotspot belum optimal serta SDM masih terbatas.
Penerapan Kebijakan penggunaan Angkutan Feeder LRT Musi di Kota Palembang Tahun 2022 Ismi Pratama, Muhammad Dani; Kencana, Novia; Isabella, Isabella
Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP) Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP)
Publisher : Program Studi Administrasi Publik Universitas Muhamamdiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/jmpkp.v6i1.5812

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Penerapan Kebijakan dalam Penggunaan Angkutan Feeder LRT Di Kota Palembang Tahun 2022. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dimana metode ini adalah metode penelitian kualitatif ini dapat menyajikan data yang tidak monoton dan membosankan dan tidak terpaku pada satu titik, dari indikator-indikator teori yang akan dipakai inilah dapat peneliti kembangkan sehingga mendapatkan hasil yang ingin di capai nantinya. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa program ini dinilai cukup baik dengan melakukan wawancara mendalam, dan melakukan observasi ke kegiatan tersebut dengan berpedoman dengan indikator Yaitu (1) Isi Kebijakan (Content of Policy) dan (2) Lingkungan Implementasi (Context of Implementation). Melalui serangkaian penelitian, analisis dan pembahasan yang di lakukan, peneliti mengambil kesimpulan jika, dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan Angkutan Feeder LRT ini sudah Cukup baik, jika dilihat dari 2 Indikator  tersebut, Karana Angkutan ini masih memiliki beberapa kekurangan seperti masih sepi pengunjung dan tidak ada jadwal keberangkatan di setiap halte.
Analisis Peran dan Fungsi Pengurus Aparna Graha Utama A. Yani di Kota Surabaya Rosyidah, Laely; Widiyarta, Agus
Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP) Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP)
Publisher : Program Studi Administrasi Publik Universitas Muhamamdiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/jmpkp.v6i1.5926

Abstract

Housing needs are one of the basic human requirements. The construction of simple rental apartment buildings, owned by the East Java Provincial Government and referred to as simple apartments, is expected to help meet the housing needs of the population residing in Surabaya and its surrounding areas. This should requires effective management for proper operation. PT. Jatim Grha Utama, through the Badan Pelaksana Aparna Graha Utama A. Yani, is authorized to carry out operational activities for managing the provincial government's apartment buildings. This research employs a qualitative method with primary data sources obtained from interviews with management officials and secondary data derived from articles, journals, books, and internal documents. The study's findings on the functions of the POAC management indicate that the management conducted by Bapel Aparna Graha Utama A. Yani is generally in line with expectations, although occasional challenges are encountered in the implementation phase, such as resident complaints, which are effectively addressed.
Implementation of Birth Certificate Preparation for a Mother's Child through Klampid New Generation (KNG) in Rungkut Menanggal Village Zakiyah, Nuruz; Diana Hertati
Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP) Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP)
Publisher : Program Studi Administrasi Publik Universitas Muhamamdiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/jmpkp.v6i1.6004

Abstract

Public services can be defined as all forms of services carried out by service providers with the aim of meeting community needs. Kelurahan as one of the public service providers closest to the community has various forms of services, one of which is the embassy of birth certificates. One type of birth certificate is the birth certificate of a mother's child which is specially made because the parents of the child only have a siri marriage or are pregnant outside of marriage. In Rungkut Menanggal village, the processing of a mother's child birth certificate document is also the same as the processing of a child birth certificate in general, which uses the Klampid New Generation (KNG) innovation. The existence of KNG makes service easy because it is very effective and efficient compared to the past. This research uses descriptive qualitative methods. The theory used is Surabaya Mayor Regulation Number 10 of 2022 concerning procedures for implementing population administration. The results of this study indicate that the service of making a mother's child birth certificate at the Rungkut Menanggal Village Office can be said to be good, because 5 aspects of public service have been fulfilled, namely time efficiency, simplicity, security, attitudes and responsibilities of officers, and facilities and infrastructure.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 7 No. 2 (2025): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP)-IN PROSES Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP) Vol. 6 No. 2 (2024): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP) Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP) Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP) Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP) Vol. 4 No. 2 (2022): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP) Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP) Vol 4, No 1 (2022): Jurnal Manajemen Publik dan kebijakan Publik (JMPKP) Vol 3, No 2 (2021): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP) Vol. 3 No. 2 (2021): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP) Vol. 3 No. 2 (2021): Jurnal Manajemen Publik & Kebijakan Publik (JMPKP) Vol 3, No 1 (2021): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP) Vol. 3 No. 1 (2021): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP) Vol 2, No 2 (2020): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP) Vol. 2 No. 2 (2020): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP) Vol 2, No 1 (2020): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP) Vol. 2 No. 1 (2020): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP) Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP) Vol 1, No 1 (2019): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP) More Issue