cover
Contact Name
Dina Indriyani
Contact Email
dinaindriyani08@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalpphk@unsur.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan, Universitas Suryakancana, Cianjur. Dr. Muwardi, By Pass Cianjur
Location
Kab. cianjur,
Jawa barat
INDONESIA
JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan)
ISSN : 20875185     EISSN : 26228718     DOI : -
This jurnal explores the researchers in citizenship studies i.e civic education (curriculum, teaching, instructional media, and evaluation), political education, law education, moral education, and multicultural education, and Law Enformcement. We are also interested in scholarship that crosses disciplinary lines and speaks to readers from a range of theoretical and methodological perspectives. this journal seeks for any manuscript related to civics and civics education
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan" : 7 Documents clear
peranan pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan politik dalam membentuk karakter peserta didik Lukitadewi, Lukita
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 12, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jpphk.v12i2.2187

Abstract

peranan pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan politik dalam membentuk karakter peserta didik
PARTISIPASI POLITIK PEMILIH PEMULA DALAM MEWUJUDKAN NEGARA DEMOKRATIS Mukti, Funny W
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 12, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jpphk.v12i2.2294

Abstract

ABSTRAKArtikel ini membahas mengenai kesadaran masyarakat dalam partisipasi politik serta dikhususkan bagi pemilih pemula yang merupakan bagian dari rakyat Indonesia yang memiliki peran penting dalam menentukan dan menyelenggarakan setiap kegiatan kenegaraan, serta harus diingat bahwa Indonesia itu merupakan negara demokrasi yaitu pemerintahannya berdasarkan kedaulatan rakyat. Yaitu sesuai dengan konsep yang di kemukakan oleh Licoln "dari rakyat, oleh rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat". Jadi semakin banyak masyarakat terutama para kaum muda yang terlibat dalam partisipasi politik, maka proses demokrasi yang ada di negara akan berjalan dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa warga negara mengikuti dan memahami masalah politik yang ada di negaranya. Meskipun pada dasarnya mempengaruhi dan menumbuhkan kesadaran seseorang mengenai partisipasi politik itu tidaklah mudah, tetapi hal ini tetap harus menjadi sebuah penyemangat untuk menuju sebuah harapan yaitu demokrasi yang baik, karena keikutsertaan masyarakat dalam mempengaruhi sebuah kebijakan pemerintah akan berdampak bagi kehidupan masyarakat itu sendiri.
PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET PADA PEMBELAJARAN PPKN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMAN 1 CIRANJANG Humam, Aulia Faris
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 12, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jpphk.v12i2.2456

Abstract

Internet merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan yang sangat luas dan besar mendunia, yakni bisa menghubungkan perangkat komputer ke seluruh dunia. Sedangkan motivasi belajar motivasi merupakan usaha yang timbul dari dorongan-dorongan positif untuk belajar dalam proses merubah tingkah laku. Adapun yang melatarbelakangi didasarkan pada pengamatan yang dilakukan di SMAN 1 Ciranjang, sekolah ini merupakan sekolah yang didukung oleh fasilitas yang cukup, seperti adanya pemasangan wifi disetiap kelas atau ruangan, sehingga para siswa bisa mengakses internet dengan mudah dan pembelajaran berlangsung saat berada di lingkungan sekolah. Hal ini juga terjadi dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan yang dilaksanakan pada seluruh jenjang kelas X, XI, dan XII. Dimana pada pembelajaran PPKn ini menggunakan internet sebagai media pembelajaran untuk mengakses informasi sebagai sumber belajar siswa. Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan internet terhadap motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif karena metode ini menitikberatkan pada proses penyusunan dan pengumpulan data, analisis, dan interpretasi data, serta memusatkan diri pada pemecahan masalah yang sedang berlangsung saat ini. Adapun dalam penentuan sampel penulis menggunakan Proportionate Random Sampling yaitu pengambilan sampel secara acak dari total populasi kelas XI SMAN 1 Ciranjang. Maka 15% dari jumlah 458 populasi dapat diambil sebanyak 68 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka penggunaan internet berpengaruh pada motivasi belajar siswa yang meningkat pada siswa di SMAN 1 Ciranjang. Peneliti berharap sekolah dapat lebih meningkatkan pembelajaran dengan internet dengan meningkatkan fasilitas-fasilitasnya dan terus berinovasi dalam penggunaan internet pada pembelajaran PPKn.
PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PENINGKATAN MORAL PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK PASUNDAN 1 CIANJUR Widianingsih, Widi
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 12, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jpphk.v12i2.2459

Abstract

 ABSTRAKMoral merupakan suatu tingkah laku manusia yang timbul dari pikiran dan perasaan berdasarkan aturan yang berlaku dalam masyarakat, sehingga moralmenjadi suatu aturan yang harus dilaksanakan serta ditaati oleh setiap orangdalam bersikap untuk kehidupan sehari hari. Namun saat ini kualitas moral padapeserta didik usia remaja mengalami penurunan sehingga menjadi masalah bagidunia pendidikan. Suatu masalah yang menjadi perhatian sekolah yaitu mengenaipelanggaran pada tata tertib di sekolah yang bertolak belakang dengan moral.Dengan demikian masalah moral ini menjadikan pentingnya pembelajaranPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk ditingkatkan di jenjangpendidikan sekolah. Dalam penelitian ini penulis merumuskan masalah yaitu bagaimanapengaruh pembelajaran PPKn terhadap peningkatan moral peserta didik kelas XIdi SMK Pasundan 1 Cianjur. Adapun tujuannya adalah ingin mengetahuipengaruh pembelajaran PPKn terhadap peningkatan moral peserta didik kelas XIdi SMK Pasundan 1 Cianjur. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikanpemahaman bahwa pembelajaran PPKn merupakan pembelajaran yang sangatpenting untuk mengatasi penurunan moral yang terjadi pada generasi mudaIndonesia ini. Hipotesis yang penulis ajukan pada penelitian ini adalah terdapatpengaruh positif dari pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraanterhadap peningkatan moral peserta didik. Metode penelitian yang dilakukandalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknikpengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan observasi. Populasipenelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMK Pasundan 1 Cianjur yangberjumlah 500 peserta didik yang terdiri dari tiga belas kelas. Sampel pesertadidik diambil secara acak dari total populasi sebanyak 15% yaitu 75 orang pesertadidik. Berdasarkan hasil penelitian dari pengumpulan data dan pengolahan datadiantaranya yakni Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berpengaruh positif terhadap peningkatan moral peserta didik, pengaruh positiftersebut dapat dilihat dari meningkatnya pengetahuan moral, perasaan moral dantindakan moral peserta didik. 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO SECARA DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS XI DI SMA PASUNDAN 1 CIANJUR Setiani, Tera Awalia
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 12, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jpphk.v12i2.2458

Abstract

ABSTRAKSuatu kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model portofolio sebagai salah satu bentuk program pendidikan. Mendorong siswa untuk memilikipengalaman belajar secara langsung dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Di masa pandemi Covid-19, kegiatan belajar menjadi online.Adapun tingkat keberhasilan siswa diperlukan sebuah tes yaitu tes awal yangdisebut dengan tes formatif maupun tes akhir yang disebut dengan tes sumatif.Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan representasi dari konstruksi bangsa untuk menciptakan warga negara yangcerdas dan bermartabat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahuipengaruh model pembelajaran portofolio secara daring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI di SMA Pasundan 1 Cianjur. Penelitianini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasipenelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI yang berjumlah 86 orang. Adapunsampel penelitian dilakukan secara keseluruhan dengan jumlah 86 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis memperoleh hasil penelitian sebagaiberikut: model pembelajaran portofolio secara daring sebagai pembelajaran siswaaktif dapat memberi pengaruh positif terhadap nilai ulangan harian dan nilaiulangan semester siswa. Dan pembelajaran portofolio sebagai pembelajaranpartisipatorik memberikan pengaruh positif terhadap nilai ulangan harian dan nilai ulangan semester siswa.
peranan pendidikan kewarganegaraan dalam meningkatkan partisipasi politik siswa Mulyani, Silva Dewi
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 12, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jpphk.v12i2.2185

Abstract

Artikel ini membahas tentang peranan pendidikan kewarganegaraan dalam meningkatkan partispasi politik siswa. Pendidikan kewarganegaraan merupakan pendidikan yang memberikan banyak pengetahuan, sikap dan keterampilan kepada siswa agar mereka mampu hidup sebagai warga negara yang memiliki kesadaran politik, serta mampu berpartisipasi dalam politik. Pendidikan Kewarganegaraan  sebagai bagian dari mata pelajaran yang bertujuan untuk membentuk warga negara yang baik, demokratis, berkarakter dan mewujudkan cita-cita demokrasi dalam membangun bangsa Indonesia sesungguhnya merupakan sarana yang tepat digunakan untuk mengenalkan partisipasi politik pada siswa. Partisipasi politik adalah kegiatan seseorang atau kelompok yang turut serta secara aktif dalam kehidupan politik, antara lain dengan jalan memilih pimpinan negara dan secara langsung atau tidak langsung memengaruhi kebijakan pemerintah. Kegiatan ini mencakup tindakan seperti memberikan suara dalam pemilihan umum, menghadiri rapat umum, mengadakan hubungan dengan pejabat pemerintah atau anggota parlemen, menjadi anggota partai politik.  Metode yang digunakan dalam penyusunan artikel ini yaitu metode kualitatif dan teknik yang digunakan adalah dengan studi pustaka/literatur.
Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Mata Pelajaran PPKn Fauzi, Muhamad Fahmi; Sumarna, Sumarna; Indriyani, Dina
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 12, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jpphk.v12i2.2335

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk : 1) Menghasilkan produk media pembelajaran infografis, 2) mengetahui kelayakan media pembelajran infografis, 3) megetahui keefektivan media pembelajaran infografis terhadap peningkatan pemahaman belajar mata pelajaran PPKn. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE, Dengan tahapan meliputi : Analyze, Design, Development, Iplementation, Evaluation. Dalam uji validasi produk yang dilakukan Ahli Materi, Ahli media dan desain, Uji coba One-to-one, Uji Coba kelompok kecil dan Uji Lapangan didapatkan hasil “layak digunakan”. Penelitian dilakukan di MA Yupi Cianjur, pada kelas X-2 sebagai kelas eksperimen diberlakukan tindakan menggunakan media pembelajaran infografis dan kelas X-1 kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran konvensional. Didapatkan hasil bahwa pencapaian pemahaman belajar mata pelajaran PPKn yang menggunakan media pembelajaran infografis lebih baik dari pada yang menggunakan media pembelajaran konvensional. maka dari itu dapat disimpulkan media pembelajaran infografis dikatakan “efektif” untuk digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat meningkatkan pemahaman belajar mata pelajaran PPKn di SMA. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Infografis, Meningkatkan Pemahaman

Page 1 of 1 | Total Record : 7