cover
Contact Name
Ismail Hanif Batubara
Contact Email
ismailhanif@umsu.ac.id
Phone
+6285370552283
Journal Mail Official
jmpdmt@umsu.ac.id
Editorial Address
http://journal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/pages/view/ET
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT]
ISSN : 27159213     EISSN : 27159213     DOI : 10.30596/jcositte.v2i1.5903
Core Subject : Education,
he University of Muhammadiyah Sumatera Utara publishes Jurnal Menajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi (JMD-DMT) on January, April, July and October (4 Issue/Year). The Journal using Double-Blind Review Process. Journal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi (JMP-DMT) is also accept your paper by email jmpdmt.umsu@gmail.com . The journal publishes papers of interest to practitioners of education, students, policy makers of education, and scholars. This journal covers research papers, original research papers, analyses of Islamic education in all fields, including: Educational Management School Management Leadership Organizational Behavior Organizational Culture Financial Management Public Relation Management Human Resource Management Decision Making Information management, which involves textual and fieldwork study with different educational, philosophical, historical, biblical, sociological, anthropological, political science and other perspectives
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 4 (2020): JURNAL JMP-DMT" : 7 Documents clear
Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Semangat Belajar Siswa di SD Swasta Muhammadiyah 38 Sunggal Dewi Sry Annisa; Jihan Husna Fadilla; Muammar Ikram; Roni Hardianto
Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT] Vol 1, No 4 (2020): JURNAL JMP-DMT
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jmp-dmt.v1i4.7763

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap semangat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu Ex-Post facto. Jumlah populasi dalam penellitian ini yaitu seluruh siswa dikelas IV SD Swasta Muhammadiyah 38 Sunggal dengan jumlah 12 siswa atau didalam pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability yaitu sampel jenuh sehingga semua populasi dijadikan sampelnya dalam penelitian ini. Pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran memiliki pengaruh terhadap semangat belajar siswa kelas IV di SD Swasta Muhammadiyah 38 Sunggal tahun ajaran 2020/2021, hal ini terlihat pada t-hitung yaitu 6,630 jika dibandingankan dengan t-tabel taraf signifikan 0,5 dengan df = 68 (df=n-1=70-2=19) yaitu 1,995 maka t-hitung > t-tabel atau 6,620 > dari 1,995. Hal tersebut mengindikasikan bahwa penerapan pembelajaran dengan media pembelajaran terhadap semangat belajar siswa. Besarnya kontribusi pengaruh media pembelajaran terhadap semangat belajar siswa kelas IV di SD Swasta Muhammadiyah 38 Sunggal tahun ajaran 2020/2021 yaitu sebesar 39,18%, hal tersebut terlihat dari hasil analisis koefiseien determinasi dimana nilai R yaitu 0,626.
Keterampilan Mahasiswa PGSD Semester VI Dalam Mengelola Kelas Pada Mata Kuliah Pembelajaran Mikro Aslikhatul Isti Azzah
Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT] Vol 1, No 4 (2020): JURNAL JMP-DMT
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jmp-dmt.v1i4.7450

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru dalam mengelola kelas. Jenis penelitian ini adalah kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata kata tertulis maupun lisan dari perilaku orang yang diamati. Keterampilan mengelola kelas adalah keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan keterampilan untuk mengembalikan kondisi belajar yang optimal. Tujuan pengelolaan kelas adalah agar setiap anak di kelas dapat bekerja dengan tertib sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Tahap pertama yang dilakukan adalah perencanaan, dalam tahap perencanaan mahasiswa membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang akan mereka gunakan dalam pembelajaran mikro. Selanjutnya adalah tahap pelaksanaan, mahasiswa mengajar mengunakan RPP yang telah dibuat kepada kelas mikro. Tahap terakhir adalah evalasi, pada saat mahasiswa yang melaksanakan kegiatan mengajar, mahasiswa yang lain memberikan penilaiannya dengan angket. Kata kunci: Keterampilan Guru dan Pengelolaan Kelas
Analisis Manajemen Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MAN 2 Deli Serdang Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang Ahmad Budiman
Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT] Vol 1, No 4 (2020): JURNAL JMP-DMT
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jmp-dmt.v1i4.7010

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Analisis manajemen pengelolaan dana bantuan operasional sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Deli Serdang Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang pada tahun pembelajaran 2020.   Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pada penelitian ini sumber data diperoleh dari kepala madrasah, wakil kepala madrasah, dan bendahara, TU, guru dan siswa. Teknik dan prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Deli Serdang, dimulai dari perencanaan anggaran, pemanfaatan anggaran, pelaporan dan pertanggungjawaban anggaran. Anggaran dana BOS harus berdasarkan petunjuk teknis Bantuan Operasional Sekolah yang menyangkut dengan penggunaan operasional sekolah yang berasal dari pemerintah pusat pada tahun pembelajaran dengan jumlah anggaran sebesar Rp. 1.386.000.000 yang diberi oleh pemerintah sesuai dengan jumlah siswa digunakan dalam memenuhi Standar Nasional Pendidikan diantara Standar Kompetensi Lulusan, Isi, Standar Proses, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan Pendidikan, dan Standar Penilaian Pendidikan, begitu juga Standar Pendidik dan Kependidikan.
Analisis Manajemen Dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Negeri Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas Ida Purwari
Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT] Vol 1, No 4 (2020): JURNAL JMP-DMT
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jmp-dmt.v1i4.7011

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pengelolaan dana BOS di SD Negeri Hutaraja ditinjau dari aspek perencanaan, pemanfaatan dan pelaporan serta pengawasannya, dan mengetahui apakah manajemen pengelolaan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) di Sekolah Dasar Negeri Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas sudah efektif dalam meningkatkan mutu pendidikan. Temuan penelitian ini menjelaskan program dana bantuan operasioanal sekolah (BOS) tersebut maka keuangan dari pihak sekolah SD Negeri di Kecamatan Hutaraja Tinggi setiap tahun anggarannya bertambah dan bermanfaat bagi sekolah, dimana pertambahan anggaran tersebut sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 51 tahun 2011 tentang petunjuk teknis penggunaan dana BOS dan laporan keuangan BOS Tahun Anggaran 2019. Ada partisipasi pihak-pihak yang berkepentingan (kepala sekolah, orang tua murid, tokoh masyarakat, pemerhati pendidikan, dunia usaha, dan anggota masyarakat lainnya) untuk andil secara insentif dalam pengelolaan dana BOS. Perencanaan penggunaan dana BOS di SD Negeri Kecamatan Hutaraja Tinggi, dilakukan adalah menyusun RKTS. RKTS merupakan rencana perolehan pembiayaan pendidikan dari berbagai sumber pendapatan serta susunan program kerja tahunan yang terdiri dari sejumlah kegiatan rutin serta beberapa kegiatan lainnya disertai rincian rencana pembiayaannya dalam satu tahun anggaran. Penggunaan dana BOS di SD Negeri Kecamatan Hutaraja Tinggi, terlaksana dengan baik dan efektif untuk menunjang mutu pendidikan.
Evaluasi Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil Dan Perseorangan Pada Mata Kuliah Pembelajaran Mikro Muhammad Hafid Musofa
Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT] Vol 1, No 4 (2020): JURNAL JMP-DMT
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jmp-dmt.v1i4.6977

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan keterampilan dasar mengajar yang dimiliki mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar semester 6 kelas B tahun akademik 2020/2021 pada mata kuliah pembelajaran mikro. Keterampilan yang akan dibahas pada artikel ini adalah keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan. Tahapan yang digunakan untuk memperoleh data yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi serta menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Hasil data menunjukkan bahwa mahasiswa semester 6 kelas B PGSD Universitas Muhammadiyah Purworejo memperoleh rerata 71,71 yang mana keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan dapat dikatakan baik.
Analisis Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Pelaksanaan Mutu Pendidikan di MTS Negeri 2 Medan Muhammad Muhammad; Syaiful Bahri
Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT] Vol 1, No 4 (2020): JURNAL JMP-DMT
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jmp-dmt.v1i4.9060

Abstract

This study focuses on the analysis of school-based management in the implementation of education quality in MTs Negeri 2 Medan related to planning, organizing, evaluating the values of school-based management that are autonomy, flexibility, participation, transparency and accountability. The purpose of this study was to analyze planning, organizing, evaluating School Based Management in the implementation of Quality Education in MTs Negeri 2 Medan. The research approach used is a qualitative approach with the type of data collection through observation, interviews, documentation and triangulation.The results of this study, school-based management planning in improving the quality of education can be seen by doing identification first to see the potential and readiness of madrasah and madrasah citizens in implementing SBM which is focused on handling activities or learning process activities in the fields of teaching, teachers, student development, finance. and community relations. School-based management organizations in the implementation of quality education include the grouping of SBM components, establishing an authority structure, formulating and establishing methods of procedures and SBM facility providers based on agreed planning using the principle of justice, with the intention of distributing tasks based on the capacity and professionalism of personnel. . Evaluating SBM in the implementation of the quality of education is the evaluation or assessment of teachers which are usually prioritized on individual teacher achievements, especially in teaching and learning activities, and their participation in educational activities in schools. The supporting factor for the implementation of SBM at MTs Negeri 2 Medan is the participation of the community, both parents and committees in school activities and teachers who almost all meet academic qualifications. Meanwhile, the inhibiting factors are the lack of solicitation to parents regarding the planning of the MBS program and the lack of understanding of parents regarding SBM and the presence of students who are not orderly about school regulations.
Aplikasi Berbasis Teknologi Raspberry Pi Dalam Manajemen Kehadiran Siswa Berbasis Pengenalan Wajah Indah Purnama Sari; Ismail Hanif Batubara
Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT] Vol 1, No 4 (2020): JURNAL JMP-DMT
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jmp-dmt.v1i4.9377

Abstract

Sistem kehadiran siswa saat ini masih menggunakan cara manual. Pendekatan absensi kehadiran siswa dianggap kurang efektif, karena menimbulkan peluang kecurangan kepada siswa. Selanjutnya, proses rekapitulasi manual memerlukan jangka waktu yang lama. Dengan bantuan teknologi, sistem absensi dapat diterapkan dan digunakan untuk membantu proses absensi dan rekapitulasi  yang lebih efektif. Oleh karena itu, dibuatlah sebuah sistem yang dapat melakukan sistem kehadiran siswa dengan pengenalan wajah dan mengirimkan data dari pengenalan tersebut melalui internet. Pengenalan wajah dilakukan dengan bantuan Raspberry Pi dan modul kamera. Pendekatan yang digunakan adalah haar-cascade, yang berfungsi untuk mengenali wajah. Alat ini awalnya harus dilatih pada sekelompok gambar siswa yang ingin Anda kenali. Siswa dapat mengupload sendiri gambar dari dataset ini ke website yang telah dibangun. Sistem pengenalan wajah kemudian dapat mengambil data foto dari web dan menyimpannya di folder database. Setelah itu, dataset dilatih untuk menghasilkan nilai dan disimpan dalam file. Pengenalan program utama kemudian dibandingkan dengan file ini. Karena desainnya yang responsif, antarmuka situs web dapat diakses di perangkat apa pun.

Page 1 of 1 | Total Record : 7