cover
Contact Name
Dodi Isran
Contact Email
dodi@stiesnu-bengkulu.ac.id
Phone
+6285369179919
Journal Mail Official
dodi@stiesnu-bengkulu.ac.id
Editorial Address
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) NU Bengkulu Alamat : Jl. Pancormas, Sukarami, Selebar, Kota Bengkulu 38212 Bengkulu, Sumatera Indonesia Telp : 0736 5741906
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Aghniya
ISSN : -     EISSN : 26218348     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
JURNAL AGHNIYA : is a scientific publication media that contains Islamic sciences to support the development of Islamic knowledge. This journal is published two times a year in July and January by STIES NU Bengkulu. This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: Accounting, Islamic Accounting, Management, Management of sharia, Sharia Bussines Management, Human Resource Management, Economics Education, Sharia Financial Banking, Islamic Education.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2019): Islamic Economics and Banking Education" : 4 Documents clear
Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Fiqih Siswa dengan Metode Penugasan di MI Muhajirin Kota Bengkulu Sri Tofilaili
AGHNIYA: Jurnal Perbankan Syari'ah Vol 2 No 2 (2019): Islamic Economics and Banking Education
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Nahdlatul Ulama Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik agar memiliki motivasi belajar yang tinggi. Motivasi belajar yang tinggi sangat berpengaruh terhadap hasil belajar sehingga mampu menghasilkan prestasi belajar yang maksimal.  Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru fiqIh dalam meningkatkan motivasi belajar dan meneliti motivasi belajar peserta didik mata pelajaran fiqih. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode pengamatan (observasi),dan dokumentasi .Analisis data dilakukan dengan menggunakan kemampuan berfifkir dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik terhadap mata pelajaran fiqih dilakukan dalam bentuk memberikan pujian,ulangan yang mendidik kepada peserta didik. Upaya tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik . Penelitian ini dilakukan di MI Muhajirin Kecamatan Singgaran Pati Kota Bengkulu dengan menggunakan populasi peserta didik kelas II sebanyak 15 orang..
Pengaruh Model Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) Dalam Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Siswa Ma Husnul Khotimah Kuningan tabiin
AGHNIYA: Jurnal Perbankan Syari'ah Vol 2 No 2 (2019): Islamic Economics and Banking Education
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Nahdlatul Ulama Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui bagaimana sejauh mana dampak model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa Kelas XI IPA1 MA Husnul Khotimah Kuningan khususnya dalam memecahkan masalah, mengingat masih rendahnya kemampuan siswa dalam menyerap pelajaran, terutama mata pelajaran fiqih. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan telaah dokumen hasil observasi di kelas Ketika kegiatan pembelajaran. Metode penelitian kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif  berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.  Pendekatan ini diarahkan pada latar dan individu secara holistik (utuh), tidak mengisolasi individu ke dalam variabel atau hipotesis, tetapi memandangnya sebagai bagian dari keutuhan. Dari hasil penelitian yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran mapel Fiqih pada materi Jinayah/Tindak Kejahatan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas XI IPA1 menunjukkan bahwa 90 % dari seluruh peserta didik cenderung lebih aktif dalam melakukan kegiatan pembelajaran dan 10 % kurang aktif.
Peningkatan Pemahaman Tata Cara Bersuci Siswa Kelas 7 di MTs Al-Fatah Cikembang Yadi Supriadi
AGHNIYA: Jurnal Perbankan Syari'ah Vol 2 No 2 (2019): Islamic Economics and Banking Education
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Nahdlatul Ulama Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berfokus pada upaya meningkatkan pemahaman siswa kelas 7 di MTs Al-Fatah Cikembang dalam tata cara bersuci dalam Islam. Tujuan utamanya adalah mengidentifikasi hambatan yang dihadapi siswa dalam memahami tata cara bersuci serta mengembangkan strategi perbaikan yang efektif. Metode penelitian tindakan digunakan dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner siswa. Analisis data mengungkapkan bahwa sebagian besar siswa menghadapi kesulitan dalam memahami langkah-langkah tata cara bersuci dan alasan di baliknya. Dalam menanggapi temuan ini, pendekatan pembelajaran interaktif dan praktik langsung diterapkan oleh guru. Media visual, demonstrasi, dan integrasi dengan mata pelajaran lain digunakan untuk membantu siswa memahami konsep dengan lebih baik. Hasil implementasi ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa tentang tata cara bersuci, di mana siswa lebih percaya diri dan mampu menjelaskan langkah-langkah dengan baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan interaktif dan kontekstual sangat berperan dalam meningkatkan pemahaman konsep agama di kalangan siswa, khususnya dalam hal tata cara bersuci.
Upaya Meningkatkan Pemahaman Ketentuan Zakat Fitrah Dengan Menggunakan Metode Problem Solving Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas V Di Mi Al-Huda Karang Melati Oku Timur Ahmad Munaji
AGHNIYA: Jurnal Perbankan Syari'ah Vol 2 No 2 (2019): Islamic Economics and Banking Education
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Nahdlatul Ulama Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar melalui model pembelajaran Problem Solving pada pembelajaran Fiqih siswa kelas V MI AL-Huda Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Keempat tahap tersebut terdapat dalam satu siklus yang dilakukan berulang dengan langkah-langkah yang sama dan tetap difokuskan pada cara penyelesaian masalah (Jawaban) dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri serta pencarian informasi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode Problem Solving ini mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil tiap siklus yang dilakukan. . Dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis. Dari hasil yang peneliti peroleh hasil belajar fiqih peserta didik mengalami peningkatan dengan menggunakan media audio visual. Ini di buktikan dengan persentase hasil belajar pada tahap 1 50 %, tahap 2 88% dan tahap 3 99 %. Dari hasil inilah peneliti bersumsi bahwa hasil belajar mengalamai peningkatan. Karena semua peserta didik sudah melebihi batas KKM yang di tentukan sekolah yaitu 70.

Page 1 of 1 | Total Record : 4