cover
Contact Name
Nur Fadila Amin
Contact Email
jurnalpba2017@gmail.com
Phone
+6285396004289
Journal Mail Official
jurnalpba2017@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sultan Alauddin No.259, Gn. Sari, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90221
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
ISSN : 25798863     EISSN : 26566958     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Al-Marãji’ p-ISSN: 2579-8863 e-ISSN: 2656-6958 adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal ini dikhususkan pada kajian Pendidikan bahasa Arab baik teori maupun praktek. Jurnal Al-Marãji’ terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal dari hasil penelitian dan kajian ilmiah yang dilakukan oleh peneliti, akademisi, maupun pemerhati dalam bidang sastra dan pendidikan Bahasa Arab.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2024): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab" : 5 Documents clear
FIQH LUGHAH DAN ILMU AL- LUGHAH (Sebuah Kajian Komparatif) Astuti, Uci Widya
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 8, No 1 (2024): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/almaraji.v8i1.16188

Abstract

Abstract:This article discusses the comparison between Fiqh Lughah and the Science of al-Lughah in the context of Arabic studies. Fiqh Lughah, as a branch of Islamic legal studies, focuses on the understanding and application of language in the context of sharia, while the science of al-Lughah covers the science of Arabic linguistics in general, including the structure, function, and use of language. This study aims to analyze the differences and similarities in the methodologies, objectives, and practical applications of these two fields. With a comparative approach, this study explores how Fiqh Lughah influences the understanding of legal texts and how al-Lughah science contributes to the development of the overall theory of the Arabic language. The results show that although the two share the same Arabic language base, Lughat Fiqh is more focused on the application aspect of law while the al-Lughah science emphasizes more on the theoretical and structural aspects of language. This research provides new insights into understanding the relationship between linguistics and Islamic law and their respective contributions to the study of Arabic.Keywords: Fiqh Lughah, Science of al-Lughah, Arabic language studies, linguistics, Islamic law, methodological comparison. Abstrak:Artikel ini membahas perbandingan antara Fiqh Lughah dan Ilmu al-Lughah dalam konteks studi bahasa Arab. Fiqh Lughah, sebagai cabang dari studi hukum Islam, fokus pada pemahaman dan penerapan bahasa dalam konteks syariah, sedangkan Ilmu al-Lughah mencakup ilmu linguistik Arab secara umum, termasuk struktur, fungsi, dan penggunaan bahasa. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan dan kesamaan metodologi, tujuan, serta aplikasi praktis dari kedua bidang ini. Dengan pendekatan komparatif, penelitian ini menggali bagaimana Fiqh Lughah mempengaruhi pemahaman teks hukum dan bagaimana Ilmu al-Lughah berkontribusi pada pengembangan teori bahasa Arab secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun keduanya berbagi basis bahasa Arab yang sama, Fiqh Lughah lebih terfokus pada aspek aplikasi hukum sementara Ilmu al-Lughah lebih menekankan aspek teori dan struktur bahasa. Penelitian ini memberikan wawasan baru dalam memahami hubungan antara linguistik dan hukum Islam serta kontribusi masing-masing terhadap studi bahasa Arab.Kata Kunci: Fiqh Lughat, Ilmu al-Lughah, studi bahasa Arab, linguistik, hukum Islam, komparasi metodologi.
EFEKTIVITAS MEDIA WALL CHART DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X Suffah, Muh Ahlus
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 8, No 1 (2024): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/almaraji.v8i1.16189

Abstract

AbstractThis research uses qualitative methods, namely: 1. To determine the learning outcomes of students in class X.A in the Arabic language subject at MA Muhammadiyah Limbung before and after using wall chart media. 2. To determine the effectiveness of using wall chart media on student learning outcomes in Arabic language subjects for class X.A MA Muhammadiyah Limbung. This research was carried out at MA Muhammadiyah Limbung and lasted for 2 months starting from 24 October 2023 to 24 December. The focus of the research is the effectiveness of wall chart media in improving Arabic language learning outcomes for Class X.A MA Muhammadiyah Limbung students. The data sources used are primary and secondary data sources. Data collection methods in this research are observation, interviews and documentation. data reduction steps, data presentation and conclusion drawing.The research results obtained were that Arabic language learning using wall chart media improved Arabic language learning outcomes for class X.A.  MA Muhammadiyah Limbung 1. After applying this method, X.A MA Muhammadiyah Limbung students easily understand, recognize, read, memorize vocabulary and play guessing pictures using wall chart media. 2. The effectiveness of wall chart media in improving Arabic language learning outcomes for class.Keywords: Arabic, Learning Outcomes, Media, Wall Chart AbstrakPenelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu : 1. Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada kelas X.A mata pelajaran bahasa Arab MA Muhammadiyah Limbung sebelum dan sesudah menggunakan media wall chart. 2. Untuk mengetahui efektivitas penggunaan media wall chart terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab kelas X.A MA Muhammadiyah Limbung. Penelitian ini dilaksanakan di MA Muhammadiyah Limbung dan berlangsung selama 2 bulan terhitung tanggal 24 Oktober 2023 sampai dengan tanggal 24 Desember. Fokus penelitiannya adalah efektivitas media wall chart dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa Kelas X.A MA Muhammadiyah Limbung. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian yang diperoleh adalah pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan media wall chart dalam meningkatkan hasil belajar bahasa arab kelas X.A. MA.Muhammadiyah Limbung 1.Setelah diterapkan metode ini siswa X.A MA Muhammadiyah Limbung dengan mudah memahami, mengenal, membaca, menghafal kosa kata dan bermain tebak gambar dengan menggunakan media wall chart. 2. Efektivitas media wall chart dalam meningkatkan hasil belajar bahasa arab kelas X.A MA.Muhammadiyah Limbung dianggap efektif karena telah menghasilkan siswa yang memiliki akhlak yang baik serta melahirkan siswa yang mampu berfikir dan bersikap.Kata Kunci: Bahasa Arab, Hasil Belajar, Media, Wall Chart
PENERAPAN METODE AL-HIWAR (الحوار) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB SISWA KELAS XI Shazana, Muh Nizar; Nasruni, Nasruni; Al-Mardhi, Muhammad Radhi
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 8, No 1 (2024): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/almaraji.v8i1.15432

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode Al-Hiwar (الحوار) dapat meningkatan kemampuan berbahasa Arab siswa kelas XI  MA Mursyidut Thullab Lembanna, Kec. Sinjai Barat, Kab. Sinjai. Jenis penelitian ini adalah classroom action research (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak satu kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaa, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara, tes, dan dokumentasi. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan teknik analisis statistik inferensial yang meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan regresi linear sederhana pada aplikasi SPSS.  Hasil pengujian yang dimulai dari pre-tes hingga pos-tes (siklus 1 dan siklus 2) kita dapat melihat adanya peningkatan nilai rata-rata siswa mulai dari pre-tes dengan rata-rata nilai siswa 37, kemudian siklus 1 dengan rata-rata nilai siswa 70, dan siklus 2 dengan rata-rata nilai siswa 83. Adapun hasil hipotesis dengan menggunakan uji regresi linear sederhana dengan tingkat signifikansi yang didapatkan yaitu 0,006 0,05 yang berarti variable X (Metode Al-Hiwar) memiliki pengaruh terhadap variable Y (Peningkatan Kemampuan Berbahasa Arab) dengan persentase pengaruh variable X terhadap variable Y sebesar 35,2% yang diambil dari nilai R Square yaitu 0,325.Kata Kunci: Metode Al-Hiwar, Kemampuan Berbahasa Arab.
PENGGUNAAN PUZZLE SEBAGAI MEDIA EVALUASIPENGUASAAN MUFRODAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH Arrayyan, Ahmad Faris; Suparmanto, Suparmanto; Elidatunnisa, Iin; Handayani, Losi; Syarif Hidayatullah, Muhammad
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 8, No 1 (2024): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/almaraji.v8i1.15044

Abstract

Mufrodat (vocabulary) is one of the important elements in learning Arabic. Even some opinions say the first thing in learning a foreign language is to recognize and learn vocabulary. Although language learning will not be enough if you only learn vocabulary without paying attention to grammar and the language system itself. By studying mufrodite, it will be possible for students to acquire language skills (istima, kalam, qiroah, kitabah). To find out the extent of the achievement of learning objectives, it is necessary to evaluate. Where the evaluation is carried out by examining the extent of students' ability to use mufradat. This study aims to describe the results of learning to use puzzles with word wall media at Madrasah Nurul Anwar. This type of research is descriptive qualitative research. Data collection techniques used are by interviewing, observing, and presenting data.
URGENSI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN TERHADAP MAHASISWA Ibrahim, Ummu Fadhilah Imran; Ilmah, Nurul; Hannang, Risnawati
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 8, No 1 (2024): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/almaraji.v8i1.15595

Abstract

This research aims to analyze and identify the urgency of learning Arabic in improving the quality of education for students. This research is descriptive qualitative, namely research intended to reveal an empirical fact in an objectively scientific manner based on scientific logic, procedures and supported by strong methodology and theory according to the scientific discipline being pursued. The results of this research show that the urgency of learning Arabic in improving the quality of education for students cannot be separated from the important role of a teacher and also the programs implemented at school, and its success can be seen from the number of student graduates and also the students' skills in communicating using Arabic. The activities that can improve Arabic language learning include language week activities, Munaqasyah, daily speeches, and also daily quizzes. Keywords: Urgency of Learning, Arabic, EducationPenelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengidentifikasi urgensi pembelajaran Bahasa Arab dalam meningkatkan mutu pendidikan terhadap mahasiswa. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu sebuah penelitian yang dimaksudkan untuk mengungkap sebuah fakta empiris secara objektif ilmiah dengan berlandaskan pada logika keilmuan, prosedur dan didukung oleh metodologi dan teoritis yang kuat sesuai disiplin keilmuan yang ditekuni. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya urgensi pembelajaran bahasa Arab dalam meningkatkann mutu pendidikan terhadap mahasiswa ini tidak lepas dari peran penting seorang guru dan juga program-program yang dilaksanakan disekolah, serta keberhasilannya dapat dilihat dari jumlah lulusan mahassiswa dan juga kecakapan mahasiswa dalam berkomunikasi menggunakan bahasa arab. Adapun kegiatan yang membuat pembelajaran bahasa Arab ini dapat meningkat, yaitu adanya kegiatan pekan bahasa, Munaqasyah, Pidato harian,dan juga kuis harian. Kata Kunci: Urgensi Pembelajaran, Bahasa Arab, Pendidikan

Page 1 of 1 | Total Record : 5