cover
Contact Name
zain sarnoto
Contact Email
jurnalstatement2021@gmail.com
Phone
+628129731518
Journal Mail Official
jurnalstatement2021@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nusa Indah 1 No. 163 Perumnas 1 Jakasampurna Bekasi barat
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Statement : Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
ISSN : 20892640     EISSN : 2797071X     DOI : https://doi.org/10.56745/js.v11i2.238
Core Subject : Religion, Education,
jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan yang bernaung dibwah Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan (PMPP), menerima naskah hasil penelitian dalam bidang ilmu sosial diantaranya pendidikan, agama dan kajian ilmu sosial lainnya
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 1 (2019): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan" : 5 Documents clear
PENGARUH KEPEMIMPINAN KETUA PRODI DAN KINERJA DOSEN TERHADAP MUTU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI MANAJAMAN PENDIDIKAN ISLAM DI STAI DARUNNAJAH JAKARTA Ahmad Zain Sarnoto; Khrisma Wijayanti; Rachmat Hidayat
Jurnal Statement : Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 9 No. 1 (2019): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Publisher : PMPP Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.792 KB) | DOI: 10.56745/js.v9i1.178

Abstract

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING TINDAK LANJUT PADA SISWA KELAS VIII-5 SMP NEGERI 17 JAKARTA Dedi Hermayadi
Jurnal Statement : Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 9 No. 1 (2019): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Publisher : PMPP Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.733 KB) | DOI: 10.56745/js.v9i1.179

Abstract

Penelitian tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui manfaat layanan Bimbingan dan Konseling Tindak Lanjut pada siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 17 Jakarta pada semester ganjil tahun pelajaran 2017-2018. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskripsi melalui Bimbingan Konseling. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 17 Jakarta. Hasil motivasi belajar siswa pada Siklus I sebesar 63,9%, di siklus II naik menjadi 66,7%. Perbandingan hasil belajar pada siklus I adalah 63,9 di siklus II di siklus II naik mejadi 66,7 berarti hasil belajar siswa naik 2,8 poin. Selain hasil belajar, aspek keaktifan siswa dalam kegiatan pelayanan, juga mengalami prosentase kenaikan angka dari siklus ke satu dengan siklus ke dua, seperti sikap aktif siklus I 69% di siklus II naik menjadi 100%, antusias 79% disiklus I dan 97% di siklus II, siswa yang bertanya di siklus I 32% sedangkan di siklus II mengalami penurunan menjadi 16%, siswa yang mengobrol dengan teman siklus I 72%, dan disiklus II menurun menjadi 10%, sedangkan siswa yang bekerja sama mengalami kenaikan dari 22% disiklus I menjadi 88% disiklus II. Sehingga pelayanan bimbingan konseling tentang motivasi belajar ini dapat digunakan dalam pelayanan berikutnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar matematika kelas VIII-5 SMP Negeri 17 Jakarta dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan konseling tindak lanjut di SMP Negeri 17 Jakarta.
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DAN PELESTARIANNYA, DENGAN PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN 'JIGSAW' PADA SISWA KELAS IX-4 SMP NEGERI 238 JAKARTA SELATAN Elly Sukarsih
Jurnal Statement : Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 9 No. 1 (2019): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Publisher : PMPP Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.73 KB) | DOI: 10.56745/js.v9i1.180

Abstract

Salah satu teknik atau jalan keluar yang dilakukan untuk menangani masalah tersebut di atas yaitu dengan mengaktifkan siswa melalui teknik permainan 'JIGSAW'. Teknik permainan 'Jigsaw' yaitu teknik pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan permainan serupa dengan pertukaran kelompok dengan kelompok, dimana setiap siswa mengajarkan sesuatu. Dalam penelitian Tindakan Kelas ini, peneliti ingin mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan penerapan metode permaian Jigsaw terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran Biologi. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: "Apakah penerapan teknik Permainan 'Jigsaw' dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Biologi. ?tujuan penelitian ingin meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa melalui penerapan teknik Permainan Jigsaw dalam pembelajaran Biologi. Manfaat Penelitian sebagai sarana untuk mengantisipasi hambatan/kelemahan penyelenggaraan pembelajaran serta sebagai upaya untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi sehingga menemukan cara yang tepat untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa melalui teknik Permainan Jigsaw, dan bagi Siswa Sebagai upaya untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Biologi dan melatih siswa untuk berfikir kreatif dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi.sedangkan bagi Sekolah Hasil penelitian ini dapat memberikan bahan informasi yang penting pada pihak sekolah dalam penyelenggaraan program pendidikan dan pengajaran dan sebagai alternatif teknik pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan mutu pembelajaran Biologi.
PENDIDIKAN PESANTREN PERSPEKTIF KH. ABDURRAHMAN WAHID (GUSDUR) Muhammad Hariyadi; M. Husni
Jurnal Statement : Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 9 No. 1 (2019): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Publisher : PMPP Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.779 KB) | DOI: 10.56745/js.v9i1.181

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif studi tokoh, yaitu KH. Abdurrahman Wahid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali ide-ide /pemikiran KH. Abdurrahman Wahid tentang pendidikan pesantren, baik melalui buku-buku yang ditulis langsung oleh beliau maupun oleh pihak lain, dan khususnya aktifitas pesantren Luhur Ciganjur yang merupakan implementasi ide-ide KH. Abdurrahman Wahid tentang pendidikan pesantren. KH. Abdurrahman Wahid adalah tokoh yang lahir dan dibesarkan di pesantren, memiliki pandangan yang luar dalam berbagai bidang misalnya demokrasi, kebangsaan, toleransi, hak asasi manusia, pendidikan, dan lain-lain. Fokus penelitian ini adalah tentang pandangan KH. Abdurrahman Wahid terhadap pendidikan pesantren. Dari analisa hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa untuk memberdayakan pondok pesantren dalam menghadapi era globalisasi menurut KH. Abdurrahman Wahid dapat dilakukan melalui tiga langkah pemberdayaan, yaitu : (1) Membangun kesadaran masyarakat melalui gerakan intelektual. Pengaruh dari gerakan intelektual ini tampak misalnya dalam hal diterimanya ‘tajdid’ (pembaharuan) sebagai suatu jalan yang dimungkinkan di dalam NU yang sebelumnya telah dicap tradisional dan anti-tajdid. (2) Meningkatkan modalitas sosial masyarakat melalui pengembangan sumber daya manusia. Dalam usaha meningkatkan modalitas masyarakat Gusdur menggalakkan program keterampilan masyarakat. Gus Dur menyatakan jangan sampai pesantren mengajarkan keterampilan saja ataupun sebaliknya, yakni mengajarkan agama saja, tetapi keduanya harus dalam porsi yang seimbang. (3) Menciptakan usaha ekonomi yang berorientasi pada masyarakat kecil. Dalam hal ekonomi, salah satu usaha Gus Dur adalah mendirikan Bank Penkreditan Rakyat Nusumma yang merupakan hasil kerjasama PBNU yang diketuai Gus Dur dengan Bank Summa milik Edward Soeryadjaya.
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM MEMAHAMI MATERI SENYAWA HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 JAKARTA Nasridah
Jurnal Statement : Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 9 No. 1 (2019): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Publisher : PMPP Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.734 KB) | DOI: 10.56745/js.v9i1.182

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil pembelajaran kimia pada pemahaman senyawa hidrokarbon dan minyak bumi melalui penerapan metode eksperimen pada siswa kelas X A SMA Negeri 3 Jakarta. Penelitian dilakukan secara kolaboratif antara guru kimia (peneliti) dengan tim kolaborator. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X A SMA Negeri 3 Jakarta Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 36 siswa. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari peneliti, tes tertulis, LKS, lembar observasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini adalah (1) keaktifan siswa melalui penerapan metode eksperimen mencapai rata-rata 71,34% (kriteria sedang) pada siklus pertama, kemudian guru melakukan perbaikan tindakan pada siklus kedua sehingga dapat meningkatkan tingkat keaktifan siswa menjadi 78.2%. (2) tindakan perbaikan pada siklus kedua meliputi pembagian kelompok disesuaikan dengan karakteristik siswa dan hasil intake siswa secara merata, guru membagi tugas pada setiap anggota-kelompok, guru memberikan waktu kepada siswa untuk menuliskan hasil percobaan pada buku tulisnya dan guru memberikan tugas kepada setiap kelompok untuk membuat pertanyaan kepada kelompok yang sedang mempresentasikan hasil percobaannya. (3) hasil belajar siswa dari tes pra siklus mencapai rata-rata sebesar 62.3 (kategori cukup), selanjutnya pada siklus pertama menerapkan metode eksperimen yang melibatkan siswa untuk melakukan percobaan dengan bimbingan guru sehingga ada peningkatan hasil belajar mencapai rata-rata 72.4 (kategori baik), kemudian pada siklus kedua, guru melakukan perbaikan tindakan sehingga hasil belajar meningkat dengan rata-rata 86.6 (kategori baik).

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 15 No 2 (2025): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 15 No 1 (2025): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 14 No 2 (2024): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 14 No 1 (2024): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 13 No 2 (2023): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 13 No 1 (2023): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 12 No 2 (2022): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 12 No. 2 (2022): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 12 No. 1 (2022): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 12 No 1 (2022): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 11 No. 2 (2021): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 11 No. 1 (2021): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 10 No. 2 (2020): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 10 No. 1 (2020): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2019): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 9 No. 1 (2019): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 8 No. 2 (2018): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 8 No. 1 (2018): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 7 No. 2 (2017): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 7 No. 1 (2017): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 6 No 2 (2016): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 6 No 1 (2016): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 5 No. 2 (2015): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 5 No. 1 (2015): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 4 No. 2 (2014): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 4 No. 1 (2014): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 3 No. 2 (2013): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2013): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2012): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2012): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2011): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2011): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan More Issue