cover
Contact Name
zain sarnoto
Contact Email
jurnalstatement2021@gmail.com
Phone
+628129731518
Journal Mail Official
jurnalstatement2021@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nusa Indah 1 No. 163 Perumnas 1 Jakasampurna Bekasi barat
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Statement : Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
ISSN : 20892640     EISSN : 2797071X     DOI : https://doi.org/10.56745/js.v11i2.238
Core Subject : Religion, Education,
jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan yang bernaung dibwah Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan (PMPP), menerima naskah hasil penelitian dalam bidang ilmu sosial diantaranya pendidikan, agama dan kajian ilmu sosial lainnya
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 2 (2019): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan" : 5 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN 'JIGSAW' PADA SISWA KELAS IX-4 SMP NEGERI 12 JAKARTA SELATAN Hajati
Jurnal Statement : Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2019): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Publisher : PMPP Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.732 KB) | DOI: 10.56745/js.v9i2.183

Abstract

Pembelajaran aktif atas informasi, ketrampilan, dan sikap berlangsung melalui proses penyelidikan atau proses bertanya. Siswa dikondisikan dalam sikap mencari (aktif) bukan sekedar menerima (reaktif). Salah satu teknik atau jalan keluar yang dilakukan untuk menangani masalah tersebut di atas yaitu dengan mengaktifkan siswa melalui teknik permainan 'JIGSAW'.Teknik permainan 'Jigsaw' yaitu teknik pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan permainan serupa dengan pertukaran kelompok dengan kelompok, dimana setiap siswa mengajarkan sesuatu. Tiap siswa mempelajari sesuatu yang berbeda dengan lainnya yang bila digabungkan dengan materi yang dipelajari oleh siswa lain, membentuk kumpulan pengetahuan atau ketrampilan yang padu. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:"Apakah penerapan teknik Permainan 'Jigsaw' dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Biologi. ? Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi:Guru sebagai sarana untuk mengantisipasi hambatan/kelemahan penyelenggaraan pembelajaran serta sebagai upaya untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi sehingga menemukan cara yang tepat untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa melalui teknik Permainan Jigsaw.Manfaat Bagi Siswa sebagai upaya untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Biologi dan melatih siswa untuk berfikir kreatif dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi.Bagi Sekolah penelitian ini dapat memberikan bahan informasi yang penting pada pihak sekolah dalam penyelenggaraan program pendidikan dan pengajaran dan sebagai alternatif teknik pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan mutu pembelajaran Biologi
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TENTANG STANDAR PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR DKI JAKARTA Rachmat Hidayat
Jurnal Statement : Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2019): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Publisher : PMPP Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.737 KB) | DOI: 10.56745/js.v9i2.184

Abstract

Salah satu standar nasional yang mempunyai peran yang sangat strategis dalam menjamin mutu proses pembelajaran adalah standar proses. Standar proses ini merupakan standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satu satuan pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan. Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Dalam proses pembelajaran ditentukan pula agar pendidik memberikan keteladanan agar peserta didik menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Dengan demikian untuk mencapai tujuan nasional pendidikan diperlukan sistem kegiatan pendidikan yang mengacu kepada delapan standar nasional pendidikan. Oleh karena itu pada penelitian ini difokuskan pada standar proses pembelajaran dengan didukung oleh Standar isi, Standar kompetensi lulusan, standar pengelolaan, standar sarana prasarana, standar pendidik, standar penilaian pendidikan,tenaga kependidikan dan standar pembiayaan
UPAYA MEMPERBAIKI KWALITAS MENULIS MELALUI LATIHAN GERAK TANGAN PADA PESERTA DIDIK TUNAGARHITA SEDANG KELAS IV DI SLB NEGERI 01 JAKARTA SELATAN Ratmartini
Jurnal Statement : Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2019): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Publisher : PMPP Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.752 KB) | DOI: 10.56745/js.v9i2.185

Abstract

Pelayanan Pendidikan Khusus atau yang beberapa waktu yang lalu dikenal dengan istilah PLB sudah seharusnya memiliki pola pelayanan pendidikan yang khusus yakni yang sesuai dengan situasi dan kondisi peserta didik baik ditinjau dari perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasinya, bahkan dari segi fasilitas, sarana dan prasarana, managemen, tenaga pendidik dan kependidikan, kurikulum serta pendanaannya supaya dapat menciptakan lingkungan peserta didik dalam proses pembelajaran yang dapat mengoptimalkan potensi peserta didik antara lain peserta didik memiliki pengetahuan, peserta didik memiliki cita-cita, peserta didik mampu melakukan untuk mencapai cita-citanya dengan pengetahuannya dan peserta mampu hidup bersama dalam bermasyarakat. Jika ada pendapat bahwa perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasinya dapat dilakukan seperti anak normal itu adalah karena tingginya keinginan tentang Anak Berkebuthan Khusus (tunagrahita) dapat hidup secara layak dalam bermasyarakat normal, namun untuk menuju arah itu ternyata memerlukan pola yang khusus seperti yang telah disebutkan di atas. Tujuan akhir pelaksanaan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus adalah selamatnya peserta didik itu di dunia dan di akhirat, sehingga perlu ada keseimbangan antara ilmu dan ketaqwaan dimana ketaqwaan juga harus ada ilmuanya atau untuk bertaqwa harus berilmu dan berilmu juga harus bertaqwa. Pemdampingan belajar terhadap anak berkebutuhan khusus adalah upaya untuk pemberdayaan anak berkebutuhan khusus dalam keluarganya, bermasyarakat sebagai warga Negara dan dalam melaksanakan perintah dan menjauhi larangan agama yang diyakininya
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR MENGAJAR (Studi Kasus di SMK Teknologi Industri Muhammadiyah Cikampek Jawa Barat) Syamsul Bahri Tanrere; Akhmad Shunhaji; Eddi Supriadi
Jurnal Statement : Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2019): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Publisher : PMPP Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.802 KB) | DOI: 10.56745/js.v9i2.186

Abstract

PENGARUH PROFESIONALISME DAN KINERJA TENAGA PENDIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK DI MTs NEGERI 1 SUBANG Ahmad Zain Sarnoto; Andri Andri
Jurnal Statement : Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2019): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Publisher : PMPP Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.753 KB) | DOI: 10.56745/js.v9i2.187

Abstract

Profesionalisme Tenaga Pendidik merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik. Peningkatan dari skor Profesionalisme Tenaga Pendidik akan diikuti dengan peningkatan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik. Kinerja Tenaga Pendidik merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik. Peningkatan dari Kinerja Tenaga Pendidik akan diikuti dengan peningkatan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik. Hubungan kedua variabel independen (Profesionalisme Tenaga Pendidik dan Kinerja Tenaga Pendidik) secara simultan menujukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan dengan variabel dependen (Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik). Jadi pada permasalahan yang sedang diteliti diketahui bahwa secara simultan kedua variabel independen atau bebas (Profesionalisme Tenaga Pendidik dan Kinerja Tenaga Pendidik) memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik. Maka secara bersama-sama variabel Profesionalisme Tenaga Pendidik dan Kinerja Tenaga Pendidik memberikan kontribusi atau pengaruh terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik dan sisanya merupakan faktor lain diluar kedua variabel bebas yang diteliti. Jadi Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik tidak hanya dipengaruhi oleh Profesionalisme Tenaga Pendidik dan Kinerja Tenaga Pendidik saja, akan tetapi bisa juga dipengaruhi oleh kondisi lingkungan, pola asuh orang tua, pendidikan agama sejak usia anak-anak, latar belakang pendidikan orang tua, Pendidikan di sekolah dan lain sebagainya

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 15 No 2 (2025): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 15 No 1 (2025): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 14 No 2 (2024): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 14 No 1 (2024): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 13 No 2 (2023): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 13 No 1 (2023): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 12 No 2 (2022): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 12 No. 2 (2022): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 12 No. 1 (2022): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 12 No 1 (2022): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 11 No. 2 (2021): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 11 No. 1 (2021): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 10 No. 2 (2020): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 10 No. 1 (2020): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2019): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 9 No. 1 (2019): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 8 No. 2 (2018): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 8 No. 1 (2018): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 7 No. 2 (2017): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 7 No. 1 (2017): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 6 No 2 (2016): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 6 No 1 (2016): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 5 No. 2 (2015): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 5 No. 1 (2015): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 4 No. 2 (2014): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 4 No. 1 (2014): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 3 No. 2 (2013): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2013): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2012): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2012): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2011): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2011): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan More Issue