cover
Contact Name
Nitema Gulo
Contact Email
nitema@raharja.info
Phone
+6282113143315
Journal Mail Official
nitema@raharja.info
Editorial Address
Jl. Jenderal Sudirman No. 40 Modern Cikokol Tangerang - Banten 15117 Indonesia jmari@raharja.info +62 21 5529692
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI)
Published by UNIVERSITAS RAHARJA
ISSN : 27231984     EISSN : 27232018     DOI : https://doi.org/10.33050/jmari.v1i2.1148
Core Subject : Economy,
Didalam suatu perusahaan selalu yang diinginkan adalah mendapatkan laba semaksimal mungkin. Untuk mencapai tersebut di dalam suatu perusahaan terutama pada perusahaan yang bergerak dibidang penjualan dan kredit. Perputaran kas salah satu untuk mendapatkan laba dalam perusahaan yang signifikan dimana semakin tingkat perputaran kas maka laba yang diinginkan perusahaan semakin tinggi dan menunjukkan tingkat efisiensi untuk penggunaan kas yang ada dalam perusahaan untuk memaksimalkan laba yang diinginkan.dalam perputaran kas tidak terlepas dari pengelolaan piutang perusahaan. Pengelolaan piutang yang baik menunjukkan tingkat pengguna kas semakin tinggi sehingga perusahaan mendapatkan laba yang baik sehingga mengundang investor dalam perusahaan. Pengelolaan kas dan piutang sangat berpengaruh dalam profitabilitas perusahaan. Dimana profitabilitas merupakan tolak ukur dalam suatu perusahaan bagi kinerja yang telah dijalankan pada waktu tertentu. Profitabilitas perusahaan merupakan kemampuan untuk menghasilkan dan menilai suatu kegiatan dalam perusahaan dalam tingkat penjualan kredit. profitabilitas sebenarnya dapat diukur dengan suatu aktiva untuk menarik perhatian bagi pemberi modal baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Untuk penguraian tersebut diatas, maka masalah tersebut peneliti akan diteliti dan membahas dalam uraian, Untuk melihat dan mengetahui besar pengaruh pengelolaan piutang terhadap profitabilitas pada PT. Malindo Mandiri Makmur, Untuk melihat dan mengetahui besar pengaruh perputaran kas terhadap profitabilitas pada PT. Malindo Mandiri Makmur dan Untuk melihat dan mengetahui pengaruh pengelolaan piutang dan perputaran kas secara simultan terhadap profitabilitas pada PT. Malindo Mandiri Makmur
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI)" : 6 Documents clear
PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN, KETEGASAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK Takismen Takismen; Shanti Larasati; Sri Rahayu; Raihanka Haekal Fikri
Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI) Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI)
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.031 KB) | DOI: 10.33050/jmari.v1i2.1126

Abstract

Pajak berperan penting dalam perekonomian Indonesia karena pajak merupakan sumber utama untuk mendanai APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara). Salah satu faktor yang bisa diterapkan dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan wajib pajak adalah melakukan sosialisasi pajak oleh pemerintah melalui penyuluhan dan seruan moral seperti dengan menggunakan media baliho maupun membuka situs peraturan pajak yang bisa diakses setiap saat oleh wajib pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kepatuhan wajib pajak terhadap pengaruh pengetahuan pajak, ketegasan sanksi pajak, dan pengampunan pajak. Data yang digunakan adalah data primer dari penyebaran kuesioner untuk 60 responden dan data yang diproses sebanyak 25 kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur dengan menggunakan sosialisasi perpajakan sebagai variabel (x) serta pengetahuan perpajakan sebagai variabel intervening dan kepatuhan wajib pajak sebagai variabel (y). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik linear dua kali lipat mundur. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa pengetahuan perpajakan dan ketegasan sanksi pajak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Temuan ini dapat menambah kontribusi kepada Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sebagai metode alternatif untuk meningkatkan pengetahuan perpajakan akan perpajakan serta meningkatkan kepatuhan masyarakat sebagai wajib pajak.
PENGARUH CITRA MEREK DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT MULTI KARYA PERKASA Ahmad Fadli; Sugina Sugina; Tania Rahmadona
Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI) Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI)
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.131 KB) | DOI: 10.33050/jmari.v1i2.1137

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh citra merek dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Multi Karya Perkasa. Metode dalam penelitian ini yaitu kuantitatif sedangkan jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu pelanggan PT. Multi Karya Perkasa yang berjumlah 500 responden sedangkan teknik penentuan dengan sampel menggunakan accidental sampling. Sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 responden. Adapun sumber data dalam penelitian ini dari data primer dan data sekunder. Dimana data primer dari observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil uji (t) atau uji parsial menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan serta variabel lokasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Kemudian koefisien determinasi (R ) sebesar 0,741 (74,1%). Sehingga dapat dikatakan bahwa 74,1% variasi variabel terikat yaitu Citra merek dan Lokasi pada model dapat menjelaskan variabel Loyalitas pelanggan PT. Multi Karya Perkasa sedangkan sisanya sebesar 25,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGANPADA PT AYAM PENYET JOKO SOLO MEDAN Anggiat Sinaga; Selamat Zebua; Milani Milani
Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI) Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI)
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.596 KB) | DOI: 10.33050/jmari.v1i2.1142

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Ayam Penyet Joko Medan. Populasi dalam penelitian yaitu Pelanggan PT. Ayam Penyet Joko Solo Medan yang berjumlah 50 responden, sedangkan teknik penentuan dengan sampel purposive sampling. Adapun sumber data dalam penelitian ini dari data primer dan data sekunder. Dimana data primer dari observasi, wawancara dan kuesioner. Sedangkan data sekunder dapat dari data yang sudah didokumentasikan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi berganda yaitu Y = 21.533 + 0,284x + e yang menunjukkan Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan hasil uji (t) atau uji parsial menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dimana dapat dilihat nilai t hitung 3,795> t tabel 2,026serta variabel budaya organisasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dimana dapat dilihat nilai t hitung 2,573> t tabel 2,026. Hasil koefisien determinasi dengan nilai regresi korelasi sebesar 0,841 artinya secara bersama-sama Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Astra Credit Companies Cabang Medan II memiliki kontribusi pada taraf yang erat dan positif. Dimana nilai (R ) sebesar 0,691 (69,1%). Sehingga dapat dikatakan bahwa 69,1% variasi variabel terikat yaitu gaya kepemimpinan dan budaya organisasi pada model dapat menjelaskan variabel kinerja karyawan Pada PT. Astra Credit Companies Cabang Medan II Sedangkan sisanya sebesar 30,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model. Adapun variabel lain yang mempengaruhi pengalaman kerja yakni kemampuan dan sebagainya.
PENGARUH MOTIVASI DAN KESEJAHTERAAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN Isrial Isrial; Po Abas Sunarya; Rasyid Tarmizi; Mutiara Triana Sany
Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI) Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI)
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.784 KB) | DOI: 10.33050/jmari.v1i2.1144

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh-pengaruh motivasi dan kesejahteraan terhadap kinerja karyawan. Populasi sebanyak 388 yang merupakan karyawan tetap (dosen/non-dosen) di Universitas Mercu Buana, kemudian diambil sampel berdasarkan rumus slovin sebanyak 200 responden. Adapun teknik pengambilan sampel adalah purposive random sampling. Kemudian dilakukan analisis penelitian menggunakan metode SEM (structural equation modeling) dengan software LISREL 8.8 untuk menguji validitas dan reliabilitas, serta menguji pengaruh antara variabel. Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa motivasi berpengaruh negatif terhadap kinerja karyawan, akan tetapi kesejahteraan berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan Universitas Mercu Buana. Dari hasil penelitian ini, peneliti dapat memberikan saran agar penelitian ini dapat bermanfaat sebagai bahan evaluasi kinerja karyawan, serta untuk agenda penelitian selanjutnya dapat memperluas objek penelitian dan menghubungkan variabel lain untuk mengetahui pengaruh kesejahteraan terhadap kinerja karyawan.
PENGARUH PENGELOLAAN PIUTANG DAN PERPUTARAN KAS TERHADAPPROFITABILITAS PADA PT. MALINDO MANDIRI MAKMUR Nitema Gulo; Era Era Hia; Rifzaldi Nasri; Muhammad Ainul Fikri
Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI) Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI)
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.918 KB) | DOI: 10.33050/jmari.v1i2.1148

Abstract

Didalam suatu perusahaan selalu yang diinginkan adalah mendapatkan laba semaksimal mungkin. Untuk mencapai tersebut di dalam suatu perusahaan terutama pada perusahaan yang bergerak dibidang penjualan dan kredit. Perputaran kas salah satu untuk mendapatkan laba dalam perusahaan yang signifikan dimana semakin tingkat perputaran kas maka laba yang diinginkan perusahaan semakin tinggi dan menunjukkan tingkat efisiensi untuk penggunaan kas yang ada dalam perusahaan untuk memaksimalkan laba yang diinginkan.dalam perputaran kas tidak terlepas dari pengelolaan piutang perusahaan. Pengelolaan piutang yang baik menunjukkan tingkat pengguna kas semakin tinggi sehingga perusahaan mendapatkan laba yang baik sehingga mengundang investor dalam perusahaan. Pengelolaan kas dan piutang sangat berpengaruh dalam profitabilitas perusahaan. Dimana profitabilitas merupakan tolak ukur dalam suatu perusahaan bagi kinerja yang telah dijalankan pada waktu tertentu. Profitabilitas perusahaan merupakan kemampuan untuk menghasilkan dan menilai suatu kegiatan dalam perusahaan dalam tingkat penjualan kredit. profitabilitas sebenarnya dapat diukur dengan suatu aktiva untuk menarik perhatian bagi pemberi modal baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Untuk penguraian tersebut diatas, maka masalah tersebut peneliti akan diteliti dan membahas dalam uraian, Untuk melihat dan mengetahui besar pengaruh pengelolaan piutang terhadap profitabilitas pada PT. Malindo Mandiri Makmur, Untuk melihat dan mengetahui besar pengaruh perputaran kas terhadap profitabilitas pada PT. Malindo Mandiri Makmur dan Untuk melihat dan mengetahui pengaruh pengelolaan piutang dan perputaran kas secara simultan terhadap profitabilitas pada PT. Malindo Mandiri Makmur
KINERJA KARYAWAN BERDASARKAN PENGARUH DORONGAN DAN PENGAWASAN OLEH PIMPINAN Khozin Yuliana; Fifit Alfiah; Mulyati Mulyati
Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI) Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI)
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.522 KB) | DOI: 10.33050/jmari.v1i2.1149

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel motivasi, variabel supervisor dan variabel lingkungan kerja yang baik dapat secara signifikan mempengaruhi disiplin kerja dan kinerja karyawan. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Kuesioner menggunakan skala Likert dan data yang dikumpulkan akan diproses menggunakan analisis regresi linier berganda. Dalam penelitian ini sampel diambil secara acak, total 45 (empat puluh lima) karyawan atau 10,84% dari populasi 415 orang. Sampel tersebut representatif karena mewakili 5 (lima) karakteristik berdasarkan proporsi, posisi, kelas, jenis kelamin dan unit kerja. Hasil pengamatan dengan menggunakan analisis deskriptif menunjukkan bahwa antara motivasi kerja karyawan (variabel X1) dengan pengawasan dari atasan (variabel X2) berdasarkan kriteria dari Guilford, koefisien korelasi 0,47 termasuk korelasi rendah. Dengan mengkuadratkan (rX2X2 2) kekuatan hubungan dapat diketahui, yaitu (0,47) 2 = 0,22 dan dikalikan dengan 100% hingga 22%. Ini berarti bahwa variabel motivasi karyawan dapat ditentukan sebesar 22% oleh variabel pengawasan atau variabel motivasi karyawan yang dicapai sebesar 22% adalah karena variabel penyelia sedangkan sisanya 78% adalah pengaruh variabel lain seperti variabel lingkungan kerja. Variabel pengawasan, motivasi, dan lingkungan kerja yang baik dinyatakan memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan (Y). Ini berarti, setiap kali ada peningkatan motivasi yang didukung oleh pengawasan penyelia dan lingkungan kerja yang baik akan meningkatkan kinerja karyawan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6