cover
Contact Name
Arif Zainudin
Contact Email
ipi@upstegal.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
ipi@upstegal.ac.id
Editorial Address
Jl. Halmahera Km. 1 Kota Tegal, Universitas Pancasakti Tegal
Location
Kota tegal,
Jawa tengah
INDONESIA
Integral : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
ISSN : -     EISSN : 26548720     DOI : https://doi.org/10.24905/jppm
Core Subject : Education,
Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika) is a periodical journal conducted by a team of mathematic education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal. Integral consisting of several writings about the results of research and book review. Integral seeks to accommodate researchers, lecturers and students in the field of Mathematic Education to publish scientific work regularly every two times a year. Please read these guidelines carefully. Authors who want to submit their manuscript to the editorial office of Integral (Jurnal Pendidikan Matematika) should obey the writing guidelines. If the manuscript submitted is not appropriate with the guidelines or written in a different format, it will be rejected by editors before further reviewed. The editors will only accept the manuscripts which meet the assigned format. In the following year of publication (2018), Jurnal Pendidikan Matematika is going to publish journals twice in two terms: Mei and November Please submit your manuscript.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2018): November 2018" : 12 Documents clear
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KOMPETENSI STATISTIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS IX A SMPN 10 TEGAL SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018 sugiharini, sugiharini
Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika) Vol. 1 No. 1 (2018): November 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/jppm.v1i1.12

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan aktivitasdankompetensi statistikmelalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada siswa kelas IX A SMPN 10 Tegal Semester 1 tahun pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Dari analisis data disimpulkan sebagai berikut: (1a.) Aktivitas siswa yaitu Penggunaan konteks nyata (Real context)ada peningkatan dari Siklus I ke Siklus II,secara keseluruhan meningkat sebesar 9 %. (1b.) Penggunaan Hasil Pekerjaan Siswa dan Kostruksi siswa ada peningkatan dari Siklus I ke Siklus II, secara keseluruhan meningkat sebesar 9 %. (2) kompetensi statistik nilai kompetensi statistik dalam pembelajaran matematika ada peningkatan dari Siklus I dan Siklus II, Secara keseluruhan meningkat sebesar 4 %.
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS MELALUI PEMANFAATAN ALAT PERAGA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Nuriyani, Mira; wahyuningsih, eleonora dwi; Suwandono, Suwandono
Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika) Vol. 1 No. 1 (2018): November 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/jppm.v1i1.13

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan pembelajaran menggunakan model STAD melalui pemanfaatan alat peraga lebih efektif daripada pembelajaran secara ekspositori terhadap prestasi belajar matematika. (2) Mendeskripsikan adanya perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model STAD melalui pemanfaatan alat peraga dengan peserta didik yang diajar secara ekspositori ditinjau dari gaya belajar. (3) Mendeskripsikan pembelajaran menggunakan model STAD melalui pemanfaatan alat peraga lebih efektif daripada pembelajaran secara ekspositori terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari gaya belajar visual. (4) Mendeskripsikan pembelajaran menggunakan model ekspositori lebih efektif daripada pembelajaran menggunakan model STAD melalui pemanfaatan alat peraga terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari gaya belajar auditorial. (5) Mendeskripsikan pembelajaran menggunakan model STAD melalui pemanfaatan alat peraga lebih efektif daripada pembelajaran secara ekspositori terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari gaya belajar kinestetik.Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tarub tahun pelajaran 2016/2017 terdiri dari 9 kelas sebanyak 303 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposing sampling dilanjutkan dengan cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas eksperimen, 2 kelas kontrol, dan 1 kelas uji coba.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, angket, dan tes. Instrumen penelitian ini berupa angket gaya belajar dan tes prestasi. Analisis data yang digunakan dengan menetapkan taraf signifikansi 5% adalah uji RAK (Rancangan Acak Kelompok) dan uji t satu pihak kanan yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pembelajaran menggunakan model STAD melalui pemanfaatan alat peraga lebih efektif daripada pembelajaran secara ekspositori terhadap prestasi belajar matematika. (2) Ada perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model STAD melalui pemanfaatan alat peraga dengan peserta didik yang diajar secara ekspositori ditinjau dari gaya belajar. (3) Pembelajaran menggunakan model STAD melalui pemanfaatan alat peraga lebih efektif daripada pembelajaran secara ekspositori terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari gaya belajar visual. (4) Pembelajaran menggunakan model ekspositori lebih efektif daripada pembelajaran menggunakan model STAD melalui pemanfaatan alat peraga terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari gaya belajar auditorial. (5) Pembelajaran menggunakan model STAD melalui pemanfaatan alat peraga lebih efektif daripada pembelajaran secara ekspositori terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari gaya belajar kinestetik.
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA akbar, Romi; Isnani, isnani; Ponoharjo, Ponoharjo
Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika) Vol. 1 No. 1 (2018): November 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/jppm.v1i1.14

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing telah mencapai nilai KKM, 2) Model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika peserta didik, 3) Model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional terhadap minat belajar matematika peserta didik, 4) Adanya perbedaan setelah diajar dengan model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing dan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi dan minat belajar matematika peserta didik, 5) Model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional terhadap prestasi dan minat belajar matematika peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 01 Pagerbarang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 357 peserta didik. Dari populasi diambil sampel dengan menggunakan teknik purposive sample atau sampel bertujuan. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, tes, dan Angket. Instrumen telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikan 5%. Analisis data menggunakan uji Proporsi satu pihak kanan, uji t satu pihak kanan, MANOVA dan 2 – Hotelling. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) prestasi belajar matematika peserta didik dengan model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing melampaui KKM, 2) model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing lebih baik dari pada pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika, 3) model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing lebih baik dari pada pembelajaran konvensional terhadap minat belajar matematika, 4) ada perbedaan model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing dengan pembelajaran konvensional terhadap prestasi dan minat belajar matematika, 5) model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing lebih baik dari pada pembelajaran konvensional terhadap prestasi dan minat belajar matematika.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE MAKE A MATCH TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK: Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 7 Tegal Tahun Pelajaran 2016 / 2017) Ayu Widiyasari, Noer Zilla; Suwandono, Suwandono; rohman, muhammad saefur
Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika) Vol. 1 No. 1 (2018): November 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/jppm.v1i1.15

Abstract

Dalam proses pembelajaran terutama matematika, disamping media belajar juga dibutuhkan model pembelajaran yang baik dan tepat yang disesuaikan dengan materi untuk menunjang dalam peningkatan prestasi belajar matematika dan keaktifan belajar peserta didik. Dalam penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika dan keaktifan belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Type Make a Match dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional dengan ceramah dan pemberian tugas, serta 2) mengetahui bahwa model pembelajaran Kooperatif Type Make a Match lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional dengan ceramah dan pemberian tugas terhadap prestasi belajar matematika dan keaktifan belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII Semester Genap di SMP Negeri 7 Tegal Tahun Pelajaran 2016 / 2017 sebanyak 191 orang. Pengambilan sampel menggunakan Teknik Cluster Random Sampling yang terdiri atas 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil 63,35% dari populasi yaitu sebanyak 121 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, pengamatan / observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan Uji Liliefors, Uji Bartlett dan Uji Analisis Varian Satu Arah (Anava Satu Arah) dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika dan keaktifan belajar peserta didik SMP Negeri 7 Tegal Tahun Pelajaran 2016 / 2017 dalam proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Type Make a Match dibandingkan yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan ceramah dan pemberian tugas, serta 2) model pembelajaran kooperatif Type Make a Match lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional dengan ceramah dan pemberian tug as terhadap prestasi belajar matematika dan keaktifan belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 7 Tegal Tahun Pelajaran 2016 / 2017.
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN ALAT PERAGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KREATIVITAS rosalina, rosalina; paridjo, paridjo; Ponoharjo, Ponoharjo
Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika) Vol. 1 No. 1 (2018): November 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/jppm.v1i1.16

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) perbedaan prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD dengan alat peraga, dengan model ekspositori. (2) prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD dengan alat peraga, lebih baik daripada model ekspositori ditinjau dari kreativitas tinggi. (3) prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD dengan alat peraga, lebih baik daripada model ekspositori ditinjau dari kreativitas rendah. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Talang tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak empat kelas, terdiri dari dua kelas eksperimen dan dua kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda untuk mengukur prestasi belajar matematika yang telah teruji validitas, reliabilitas, daya beda serta tingkat kesukaran, dan tes uraian untuk mengukur tingkat kreativitas yang telah teruji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama dan uji komparasi ganda, dengan uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada perbedaan prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD dengan alat peraga, dengan model ekspositori. (2) prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD dengan alat peraga, lebih baik daripada model ekspositori ditinjau dari kreativitas tinggi. (3) prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD dengan alat peraga, lebih baik daripada model ekspositori ditinjau dari kreativitas rendah.
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA mulyawati, siti; Suwandono, Suwandono; rohman, muhammad saefur
Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika) Vol. 1 No. 1 (2018): November 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/jppm.v1i1.17

Abstract

Peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Talang masih banyak mengalami kesulitan dalam memahami matematika karena dianggap pelajaran yang menakutkan. Berkaitan hal ini perlu adanya variasi model pembelajaran yang menyanangkan. Upaya yang dapat digunakan adalah penerapan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) untuk meningkatkan komunikasi matematis dan prestasi belajar matematika.Penelitian ini bertujuan : (1) membuktikan apakah ada perbedaan komunikasi matematis dan prestasi belajar matematikapeserta didik setelah diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dengan model pembelajaran ekspositori. (2) membuktikan keefektifan model pembelajaranberbasis proyek (project based learning) dibanding dengan model pembelajaran ekspositoriterhadap komunikasi matematis dan prestasi belajar matematika. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Talang kabupaten Tegal. Jumlah populasi sebanyak 285 peserta didik. Sampel penelitian terdiri dari 161 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan cara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan teknik tes. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes uraian untuk instrument tes komunikasi matematis dan tes pilihan ganda untuk instrumen tes prestasi belajar matematika. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji multivariate analysis of variance (MANOVA) dan uji dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan komunikasi matematis dan prestasi belajar matematikapeserta didik setelah diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dengan model pembelajaran ekspositori. (2) Penerapan model pembelajaranberbasis proyek (project based learning) lebih efektif dibanding dengan model pembelajaran ekspositoriterhadap komunikasi matematis dan prestasi belajar matematika.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN MEDIA APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Eliana, Eliana
Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika) Vol. 1 No. 1 (2018): November 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/jppm.v1i1.18

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena beberapa permasalahan peserta didik yang berdampak pada keaktifan belajar peserta didik yang kurang aktif dan menyebabkan pada prestasi matematika peserta didik.Penelitian ini bertujuan : (1)membuktikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media aplikasi GeoGebra lebih efektif dibandingkan yang menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar matematika pada peserta didik. (2)membuktikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media aplikasi GeoGebra lebih efektif dibandingkan yang menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik. (3)membuktikan ada perbedaan setelah diberikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media aplikasi GeoGebra dengan menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar matematika dan prestasi belajar matematika pada peserta didik. (4)membuktikan keaktifan belajar matematika dan prestasi belajar matematikapeserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media aplikasi GeoGebra lebih efektif dibandingkan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1)Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STADberbantuan media aplikasi GeoGebra lebih efektif dibandingkan yang menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar matematika pada peserta didik. (2)Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipeSTAD berbantuan media aplikasi GeoGebra lebih efektif dibandingkan yang menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik. (3)Ada perbedaan setelah diberikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media aplikasi GeoGebra dengan menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar matematika dan prestasi belajar matematika pada peserta didik. (4)Keaktifan belajar matematika dan prestasi belajar matematikapeserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media aplikasi GeoGebra lebih efektif dibandingkan yang menggunakan model pembelajaran konvensional
PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING AlSalamah, Nurul Alfiyah
Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika) Vol. 1 No. 1 (2018): November 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/jppm.v1i1.19

Abstract

Pembelajaran matematika tidak hanya diajarkan untuk sekedar menghafal rumus-rumus matematika saja, akan tetapi peserta didik juga harus dapat menggunakan nalar yang logis untuk memecahkan permasalahan matematika. Keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran akan menyebabkan interaksi yang tinggi antara guru dengan peserta didik atau antar peserta didik itu sendiri. Oleh karena itu perlu digunakan model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik dan dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan keaktifan belajar peserta didik.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh (1) kemampuan penalaran matematis terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita, (2) keaktifan belajar peserta didik terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita, (3) kemampuan penalaran matematis dan keaktifan belajar peserta didik terhadap kemampuan menyelesaikan cerita.Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester genap SMP N 7 Kota Tegal tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 191 peserta didik yang terdiri dari 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling yang diambil 3 kelas dari 8 kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda, sebelumnya data diuji dengan uji prasyarat yaitu normalitas.Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh (1) kemampuan penalaran matematis terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita pada peserta didik kelas VIII semester genap SMP N 7 Kota Tegal tahun pelajaran 2016/2017 dengan pengaruh sebesar 72,1%. (2) keaktifan belajar peserta didik terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita pada peserta didik kelas VIII semester genap SMP N 7 Kota Tegal tahun pelajaran 2016/2017 dengan pengaruh sebesar 51,8%. (3) kemampuan penalaran matematis dan keaktifan belajar peserta didik terhadap kemampuan menyelesaikan cerita pada peserta didik kelas VIII semester genap SMP N 7 Kota Tegal tahun pelajaran 2016/2017 dengan pengaruh sebesar 81,8%
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Mamun, Syukron
Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika) Vol. 1 No. 1 (2018): November 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/jppm.v1i1.20

Abstract

Penelitian bertujuan untuk : (1) mengetahui prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Make A Match yang nilainya lebih dari KKM melampaui 75%; (2) mengetahui motivasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model Make A Match lebih baik daripada menggunakan model ekspositori; (3) mengetahui prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Make A Match lebih baik daripada menggunakan model ekspositori; (4) mengetahui apakah ada perbedaan motivasi dan prestasi belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Make A Match dibanding menggunakan model ekspositori; (5) mengetahui motivasi dan prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model Make A Match lebih efektif daripada menggunakan model ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 3 Kersana tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 211 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dokumentasi, tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi, uji t satu pihak kanan, uji manova, dan uji -hotelling yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukan prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Make A Match yang nilainya lebih dari KKM melampaui 75%. Peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Make A Match lebih baik daripada model pembelajaran ekspositori terhadap motivasi maupun prestasi belajar. Ada perbedaan motivasi dan prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Make A Match dibanding model pembelajaran ekspositori. Motivasi dan prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Make A Match lebih baik daripada model pembelajaran ekspositori
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (SUATU PENELITIAN PADA SISWA KELAS VIII SMP N 3 PANGKAH SEMESTER II TAHUN AJARAN 2016/2017) Sholeha, Ani; Kartana, Tri Jaka; Wahyuningsih, Eleonora Dwi
Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika) Vol. 1 No. 1 (2018): November 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24905/jppm.v1i1.21

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui apakah ada perbedaan model pembelajaran TAI dengan model konvensional terhadap minat dan prestasi belajar matematika siswa. (2) mengetahui model pembelajaran TAI lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap minat dan prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pangkah tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang diambil sebanyak dua kelas sebagai kelas eksperimen, dua kelas sebagai kelas kontrol, dan satu kelas sebagai kelas ujicoba. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, angket dan tes. Instrumen penelitian berupa tes angket dan prestasi yang telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan analisis varian multivariat (Manova – One Way) dan uji t2-Hotelling. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ada perbedaan model pembelajaran TAI dengan model pembelajaran konvensional terhadap minat dan prestasi belajar matematika. (2) model pembelajaran TAI lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap minat dan prestasi belajar matematika siswa

Page 1 of 2 | Total Record : 12