cover
Contact Name
Akhmad Ghasi Pathollah
Contact Email
akhmadpathollah91@gmail.com
Phone
+6285244005652
Journal Mail Official
akhmadpathollah91@gmail.com
Editorial Address
Kantor Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari, Dusun Gardu Salak, RT/RW 001/001, Desa Tangsil Wetan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Bondowoso 68282 Jawa Timur
Location
Kab. bondowoso,
Jawa timur
INDONESIA
Salwatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : 27972429     EISSN : 27972429     DOI : -
Core Subject : Education,
Salwatuna adalah jurnal yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari untuk peningkatan out-put penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal ini memuat kajian pendidikan dan kependidikan Islam dan kedua kajian itu dalam kaitannya dengan berbagai disiplin keilmuan lain secara interdisipliner atau multidisipliner. Tujuan adanya jurnal ini adalah melaksanakan diseminasi keilmuan dalam wujud distribusi hasil penelitian sekaligus bentuk konkret dari pengamalan keilmuan dan wujud pengabdian kepada masyarakat. Dengan demikian, jurnal ini memuat kajian praktis dari keilmuan pendidikan dan kependidikan Islam baik monodisiplin, interdisiplin atau pun multidisiplin serta pula wujud pengamalan keduanya dalam pengabdian kepada masyarakat. Jurnal ini terbit secara berkala dalam periode 4 bulanan, yakni Pebruari, Juni dan Oktober. Hal ini tak lain adalah wujud kesungguhan sivitas akademik Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari Bondowoso dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi secara komprehensif.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 3 (2023): Pengabdian kepada Masyarakat" : 5 Documents clear
Pendampingan Program Pengembangan Literasi Pesantren dalam Kontruksi Fikih Peradaban Pathollah, Akhmad Ghasi; Manna Wassalwa, Siti Masyarafatul
Salwatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 3 (2023): Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59106/salwatuna.v3i3.152

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pendampingan program pengembangan literasi pesantren berorientasi Fikih peradaban. Selama ini, pesantren yang dikenal dengan karakter kurikulumnya yang khas berupa kitab kuning seringkali tampak tradisional dan tidak dinamis dalam menghadapi perkembangan zaman. Hal ini menuntut adanya sebuah kontekstualisasi dalam literasi pesantren berupa kitab kuning tersebut agar pesantren bisa berkontribusi lebih banyak dalam permasalahan masyarakat modern. Salah satu kontekstualisasi kitab kuning adalah Fikih peradaban. Metode yang dipakai dalam pengembdian ini adalah Partipatory Action Research (PAR). Lokus penelitian dalam artikel ini adalah Pondok Pesantren Miftahul Ulum Randu Cangkring Pujer Bondowoso. Metode ini dianggap sesuai dengan karakteristik objek kajian yang akan dibahas. Adapun hasil dari kajian artikel ini adalah literasi pesantren terhadap kitab kuning seringkali terjebak dalam tekstualitas dan historisitas kitab kuning tersebut sehingga tampak tidak dinamis, tidak fleksibel dan tidak terbuka, hal ini menuntut seuah kontekstualisasi agar literasi kitab kuning bisa lebih dinamis, fleksibel dan inklusif. Fikih peradaban merupakan salah satu bentuk dari kontekstualisasi tersebut. Artikel ini diharapkan memberikan kontribusi dalam program pengembangan literasi pesantren agar pemahaman terhadap kitab kuning bersifat kontekstual dan bisa memberikan kontribusi dalam penyelesaikan problem masyarakat.
Pelatihan Desain Pembelajaran Bagi Guru Bahasa Arab dengan Menggunakan Metode Elektik di Madrasah Diniyah Nurul Hikmah Besuki Situbondo Ulum, Muhammad; Darul, Darul; Latih, Fathul; Hizbulloh, Hizbulloh; Roziqin, Khairur
Salwatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 3 (2023): Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59106/salwatuna.v3i3.155

Abstract

Abstrak. Berlangsungnya kegiatan belajar mengajar di sekolah formal maupun nor formal, acap kali menghadapi situasi yang kurang membangkitkan semangat belajar peserta didik. Fenomena seperti ini sering dijumpai oleh guru mata pelajaran, utamanya guru mata pelajaran bahasa Arab. Salah satu fenomena pembelajaran ini terjadi bagi guru bahasa Arab di Madrasah Diniyah Nurul Hikmah Besuki Situbondo. Oleh sebab itu, perlu kiranya guru bahasa Arab membuat desain pembelajaran dengan metode pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik, sehingga dalam mengikuti kegiatan pemebelajaran bahasa Arab, mereka tidak lagi merasakan berat dalam menerima materi pelajaran bahasa Arab di kelas. Oleh sebab itu, Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan pengabdi dengan membangaun kegiatan pelatihan desain pembalajaran bagi guru bahasa Arab di Madrasah Diniyah Nurul Hikmah Besuki Situbondo, sebagai rangakaian kegiatan Kuliah Kerja Nyata. Hal ini perlu dilakukan pengabdi guna mengedukasi guru bahasa Arab dalam mendesain pembelajaran yang inovatif, efektif, dan menyenangkan. Pengabdi merangkai kegiatan Kuliah Kerja Nyata dnegan bentuk kegaitan pelatihan, dimana pengabdi akan mengedukasikan metode elektik, hal ini menjadi perlu dilakukan sebagai relevansi kebutuhan peserta didik di Madrasah Dininyah Nurul Hikmah Besuki Situbondo. Pelatihan ini menggunakan metode Asset Based Community Development (ABCD), merupakan salah satu pndekatan dalam Upaya pengembangan komunitas dan masyarakat. Pendekatan ini mengedepankan konsep asset, modal, dan kekuatan yang dimiliki komunitas. Adapaun langkah-langkah yang dilakukan pengabdi adalah melakukan wawancara bersama kepala madrasah dan guru abahasa Arab, mengadakan dialog, identifikasi penyusunan progam pengabdian, pelaksanaan program yang telah direncanakan, dan refleksi yaitu dengan memastikan bahwa program tersebut sudah berjalan. Dari hasil kegiatan yang telah dilaksanakan, menegaskan suatu hasil bahwa pelaksanaan pelatihan desain pembelajaran bagi guru bahasa Arab dengan menggunakan metode elektik di Madrasah Diniyah Nurl Hikmah Besuki Situbondo dapat berjalan sesuai tahapan yang telah ditentukan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan tahapan evaluasi.
PENDAMPINGAN MEMBACA AL-QURAN TERHADAP SISWI KELAS VII SMP ISLAM PAITON DI SUMBERANYAR PAITON PROBOLINGGO Romziana, Luthviyah; Hasanah, Mamluatul; Azizah, Nur; Habsyi, Nabilai
Salwatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 3 (2023): Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59106/salwatuna.v3i3.156

Abstract

Abstrak: Pendampingan pembelajaran membaca Al-Quran sangatlah penting karena banyak siswi-siswi di SMP Islam Paiton yang memiliki kemampuan membaca Al-Quran yang sangat kurang, utamanya dalam memahami ilmu tajwid dan pelafalan huruf hijaiyah yang benar. Adapun Tujuan pendampingan pembelajaran membaca Al-Quran ini yaitu untuk memberikan pemahaman tentang ilmu tajwid dan pelafalan huruf hijaiyah yang baik dan benar (makhorijul huruf) kepada siswi-siswi di SMP Islam Paiton, khususnya kelas VII. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dengan tutorial yaitu penyampaian materi-materi terkait masalah ilmu tajwid dan makhorijul huruf yang dilanjutkan dengan praktek membaca Al-Quran secara secara langsung oleh para siswi. Adapun metode pembelajaran Al-Quran yang dipakai yaitu metode Tartila. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa dengan adanya pendampingan membaca Al-Quran oleh mahasiswi pengabdian, menjadikan siswi-siswi di SMP Islam Paiton, memahami tentang ilmu tajwid dan makhorijul huruf dan dapat menjadikan siswi siswi fashih dalam membaca Al-Quran.
UPAYA MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT TERDAMPAK COVID-19 MELALUI PROMOSI ONLINE PENJUALAN MASKER DI DESASAMBIRAMPAK KIDUL, KECAMATAN KOTAANYAR, KABUPATEN PROBOLINGGO Mudarris, Badrul; Nuril Mufidah, Putri
Salwatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 3 (2023): Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59106/salwatuna.v3i3.157

Abstract

Mewabahnya virus Corona yang saat ini lebih sering disebut Covid-19 telah menjadi ancaman bagi seluruh penduduk dunia. Pandemi global ini telah menyebabkan begitu banyak dampak buruk antara lain kematian ribuan hingga jutaan nyawa, penurunan perekonomian dunia, dan menggagalkan ribuanrencana yang telah ditetapkan, termasukkegiatanPKM di Universitas Nurul Jadid. Kegiatan yang seharusnya menjadi tempat para mahasiswa menjejaki pengalaman berharga berinteraksi langsung dengan masyarakat berubah menjadi ancaman bagi yang tetap melakukan hal tersebut. Makadariitu, kampus berkeadaban Universitas Nurul Jadid kemudian mengarahkan kegiatan PKM dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat terutama dalam kondisi seperti saat ini dengan tetap di rumah yakni dengan mengadakan "Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Tematik Covid-19 berbasis prodak karya pengabdian". Begitu cepatnya peningkatkan korban Covid-19 ini telah menakutkan berbagai lapisan masyarakat, termasuk masyarakat daerah kabupaten Probolinggo. Tercatatsudah 91 orang terkonfirmasi positif terpapar Covid-19 di daerah tersebutdari total 27.549 kasuspositif di Indonesia per 02 Juni 2020. Dengan demikian, kami pun memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap sesame dengan melakukan kegiatan PKM yang bias membantu dan mengurangi bebanserta rasa khawatir masyarakat desa kami yakni dengan membantu meningkatkan pendapatan di Lembaga Pelatihan dan Kursus Menjahit Raudlatul Hasaniyah (LPKRH) desa Sambirampak Kidul kecamatan Kotaanyar kabupaten Probolinggo. Adanya PKM tematik ini mempermudah kami dalam melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk membantu dalam kondisi sulit seperti sekarang ini. LPKRH mengalami penurunan permintaan dari para pelanggan yang disisi lain juga membuat para pekerja tak mendapatkan upah mereka seperti biasanya. Dengan program promosi online kami, diharapkan bisa membantu meningkatkan permintaan dan penghasilan mereka.
Pendampingan Metode Fitrah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di MTs Al-Mubarok Kalisari Banyuglugur Situbondo Adawiyah, Yayah Robiatul; Yuliswati, Yuni; Risqiyah, Jamilatul; Himmah, Faiqotul; Adhima, Hani Qotrunnada; Chusna, Aula Chotimatul
Salwatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3 No 3 (2023): Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59106/salwatuna.v3i3.158

Abstract

MTs Al-Mubarok sebuah instansi yang sempat vakum selama 2 tahun dan mulai aktif kembali pada tahun ajaran baru 2023 ini. Setelah melakukan observasi langsung ternyata kemampuan para siswa untuk pelajaran Bahasa Arab masih sangat rendah dan kurang semangat dalam belajar. Irsyad Trust Ltd mengembangkan sebuah metode, metode ini telah digunakan di Madrasah Irsyad Al-Islamiyah Singapura dan beberapa sekolah ternama di Indonesia dan beberapa Negara di Asia Tenggara yang disebut Metode fitrah, sebuah metode baru yang dikembangkan dari rahasia seorang ibu dalam mengajarkan bahasa kepada anaknya. Metode ini mendorong murid berani berbicara bahasa Arab dengan sangat percaya diri, karena menitik beratkan pendekatan tanya jawab dan menggunakan metode mubasyiroh atau sam’iyyah syafawiyyah. Maka, kami melakukan pendampingan dalam pembelajaran Bahasa arab dengan Metode Fitrah dengan harapan siswa akan mudah memahami dan senang belajar Bahasa Arab. Belajar aktif dapat merangsang stimulus dan respon siswa serta bersifat menyenangkan. Interaksi dalam belajar aktif akan menimbulkan positive interdepedence sehingga konsolidasi pembelajaran dapat diperoleh secara bersama-sama melalui eksplorasi keaktifan dalam belajar. Hasil dari diterapkannya metode fitrah selama kurang lebih 2 bulan menunjukkan anak-anak MTs Al-Mubarok lebih aktif dalam belajar Bahasa Arab dan lebih mudah mengingat kosa kata bahasa arab karena para siswa melakukan praktek untuk berkomunikasi langsung dengan guru menggunakan Bahasa Arab.

Page 1 of 1 | Total Record : 5