cover
Contact Name
Nika Saputra
Contact Email
ekonomi@unespadang.ac.id
Phone
+6281380329732
Journal Mail Official
ekonomi@unespadang.ac.id
Editorial Address
Jl. Veteran No.26B, Purus, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat 25115
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Matua Jurnal
Published by Universitas Ekasakti
ISSN : 23550376     EISSN : 25568322     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Matua Jurnal diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan LPPM Universitas Ekasakti untuk menyebarluaskan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari dalam dan luar Ekonomi Universitas Ekasakti. Jurnal ini berisi penulisan hasil media ilmiah pengembangan dan penyebarluasan pengkajian gagasan, analitis, maupun hasil penelitian di bidang ilmu manajemen dan bisnis.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 3 (2020): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2020)" : 15 Documents clear
PENGARUH KUALITAS JASA PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BEROBAT DI RUMAH SAKIT SELAGURI PADANG Akileus Tasirilotik; Agus Sutarjo
Matua Jurnal Vol. 2 No. 3 (2020): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2020)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang paling dominan dalam kualitas pelayanan, terhadap kepuasan pasien serta pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Selaguri Padang. Metode yang digunakan adalah melakuka penyebaran kuiesioner yang menggunakan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung/pasien yang berobat di Rumah Sakit Selaguri Padang baik Rawat Jalan maupun Rawat Inap berjumlah 35.427 orang dengan sampel sebanyak 100 orang dengan memakai rumus Slovin, Sugiyono (2013). Pada kualitas pelayanan terdapat 5 indikator sedangkan kepuasan pasien juga ada 5 indikator. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan indikator yang paling dominan dalam kualitas pelayanan adalah daya tanggap (Responsibility) dengan jumlah kontribusi sebesar 78,30%. Sedangkan indikator yang paling dominan dalam kepuasan pasien adalah Pelayanan yang berkualitas (Reliability) dengan jumlah kontribusi sebesar 86,40%. Berdasarkan hasil analisa Regresi Linear sederhana maka pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Selaguri Padang adalah sebesar 0,823X. hal ini ditunjukan bahwa kualitas Pelayanan berpengaruh positif terhadap tingkat kesalahan (α) = 5%. Rekomendasi yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah perlu mempertahankan kualiatas pelayanan kepada pasien karena palayanan yang berkualitas terbukti mempengaruhi kepuasan pasien yang berobat di Rumah Sakit Selaguri Padang.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. THE SRIWIJAYA HOTEL PADA Hardi Kusuma Putra; Agussalim m
Matua Jurnal Vol. 2 No. 3 (2020): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2020)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada The Sriwijaya Hotel Padang kinerja pegawai sudah berjalan dengan baik, dimana semua program sudah berjalan sesuai dengan yang telah ditetapkan, akan tetapi masih adanya masalah yang ada ditemukan dilapangan dimana para pegawai dituntut bekerja loyal tanpa mengenal lelah, dengan sistem kerja seperti ini akan memicu. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan PT. The Sriwijaya Hotel Padang. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Metode penelitian sebagai berikut Penelitian Lapangan (Field Research) dan Penelitian Kepustakaan (Library Research). Jenis dan sumber data adalah data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada The Sriwijaya Hotel Padang sebanyak 31 Orang dan sampel 31 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil pengujian hipotesis ditemukan ada pengaruh gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja karyawan PT. The Sriwijaya Hotel Padang.
PENGARUH PENGEMBANGAN KARIER TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN PT. PLN (PERSERO) WILAYAH SUMATERA BARAT PADANG Melli Kardina; Nova Begawati
Matua Jurnal Vol. 2 No. 3 (2020): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2020)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan karir terhadap semangat kerja. Populasi dalam penelitain ini adalah seluruh karyawan yang bekerja di PT. PLN (Persero) Wilayah Sumatera Barat Padang yaitu 160 orang karyawan. Sampel yang diambil sebanyak 62 responden dengan menggunakan teknik random sampling (acak).,Metode analisis yang dingunakan adalah model menggunakan analisis regresi linier sederhanal. Berdasarkan hipotesis Hasil pengujian hipotesis ini telah membuktikan terhadap pengaruh yang positif dan singnifikan antara pengembangan karier terhadap semangat kerja.
PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI DISPENDA PARIAMAN Ricky Saputra; Agussalim M
Matua Jurnal Vol. 2 No. 3 (2020): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2020)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui indikator paling dominan pada variabel kompensasi, motivasi kerja dan produktivitas kerja pegawai Dispenda Pariaman, (2) Untuk mengetahui dan menganalisis apakah kompensasi berpengaruh terhadap produktivitas kerja pegawai Dispenda Pariaman. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis apakah motivasi kerja berpengaruh terhadap produktivitas kerja pegawai Dispenda Pariaman dan (4) Untuk mengetahui dan menganalisis apakah kompensasi dan motivasi kerja berpengaruh terhadap produktivitas kerja pegawai Dispenda Pariaman. Pengolahandata menggunakan analisis regresi linear berganda yang terdiri dari uji f, uji t dan koefisien determinasi. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai Dispenda Pariaman sebanyak 37 orang dan sampel sebanyak 37 orang. Hasil penelitian ditemukan variabel motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan pada Dispenda Pariaman. Variabel kompensasi dan motivasi berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja pegawai pada Dispenda Pariaman. kontribusi pengaruh kompensasi dan motivasi kerja terhadap produktivitas kerja pegawai pada Dispenda Pariaman adalah sebesar 98,6% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain seperti lingkungan kerja, gaya kepemimpinan, komitmen kerja dan lainnya. Sebaiknya Dispenda Pariaman memberikan kompensasi sesuai dengan hasil kerja pegawai dan sebaiknya instansi memotivasi pegawai agar lebih giat lagi dalam bekerja
PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, STRUKTUR MODAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2014-2016 Yunia Fitrhi; Rina Asmeri
Matua Jurnal Vol. 2 No. 3 (2020): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2020)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Kepemilikan Manajerial, Struktur Modal, dan Ukuran Perusahaan Berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2014-2016. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu metode pengumpulan data yang bersifat teoritis dengan membahas dan mempelajari buku-buku serta sumber bacaan lainnya yang memuat teori-teori yang berhubungan sebagai sumber informasi bagi masalah yang sedang di bahas. Hasil penelitian ini menunjukka bahwa: 1) Berdasarkan uji t diketahui variabel Kepemilikan Manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan karena nilai t hitung lebih kecil dari t tabel dan nilai sig lebih besar dari probabilitas. Sedangkan Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan karena nilai t hitung lebih besar dari t tabel dan nilai sig lebih kecil dari probabilitas. 2) Berdasarkan uji F diketahui variabel Kepemilikan Manajerial, Struktur Modal, dan Ukuran Perusahaan secara bersama sama berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan karena nilai F hitung lebih besar dari F tabel dan nilai sig lebih kecil dari probabilitas. 3) Hasil analisis determinasi diperoleh angka Adjusted R Square sebesar 0,476 atau sebesar 47,6%. Hal ini menunjukan persentase sumbangan variabel Kepemilikan Manajerial, Struktur Modal, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan sebesar 47,6% dan sisanya dipengaruhi varibel diluar penelitian.
GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT NANGGALO PADANG Samsul Rahman; Salfadri
Matua Jurnal Vol. 2 No. 3 (2020): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2020)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kinerja merupakan hasil atau tingkatan keberhasilan seseorang secara keseluruhan selama periode tertentu dalam melaksanakan tugas dibandingkan dengan standar hasil kerja, target atau sasaran atau kriteria yang telah ditentukan terlebih dahulu dan telah disepakati bersama. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Camat Nanggalo Padang. Teknik pengumpulan data dalam penelitiajn ini adalah Penelitian Lapangan (Field Research) dan Penelitian Kepustakaan (Library Research). Jenis dan sumber data adalah data primer dan data sekunder. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pegawai pada kantor camat Nanggalo Padang sebanyak 61 orang dan sampel 61 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ditemukan (1) Variabel gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja pegawai Kantor Camat Nanggalo Padang, dimana nilai t hitung 2.474 dan nilai (sig = 0,016< 0,05). Dengan df = 61-2= 59 diperoleh ttabel sebesar 1.671 maka thitung > ttabel (2.474 > 1.671). (2) Variabel budaya organisasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai Kantor Camat Nanggalo Padang, dimana nilai t hitung 7.710 dan nilai (sig = 0,000< 0,05). Dengan df = 61-2= 59 diperoleh ttabel sebesar 1.671, maka thitung > ttabel (7.710 > 1.671). (3) Secara bersama-sama variabel gaya kepemimpinan dan budaya organisasi berpengaruh bersama-sama terhadap kinerja pegawai Kantor Camat Nanggalo Padang, nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05).
PENGARUH LOKASI, FASILITAS DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH TEMPAT WISATA DI KOTA PADANG Ronny Okvianto Wisman; Yulistia
Matua Jurnal Vol. 2 No. 3 (2020): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2020)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi, fasilitas dan pelayanan baik parsial maupun simultan terhadap keputusan memilih tempat wisata di Kota Padang. Penelitian ini sendiri berupa deskriptif kuantitatif. Data penelitian didapatkan dari kuesioner, wawancara dan observasi langsung. Populasi dalam penelitian yaitu wisatawan yang menggunjungi beberapa tempat wisata di Kota Padang seperti Pantai Padang, Pantai Air Manis, Mesjid Raya Sumbar, Gunung Padang, Lubuk Minturun dan Museum Adityawarman. Sampel yang didapat dengan menggunakan rumus Slovin sebanyak 90 wisatawan. Analisis data yang dipakai yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih tempat wisata di Kota Padang. Tempat wisata memiliki akses dan pemandangan yang indah sehingga membuat wisatawan tertarik untuk berkunjung (t hitung > t tabel atau 1,674 > 1,662 dan sign < 0,05), 2. Fasilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih tempat wisata di Kota Padang (t hitung < t tabel atau -0,074<1,662 dan sign>0,05), 3. Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih tempat wisata di Kota Padang. Pelayanan yang diberikan cukup memuaskan wisatawan yang berkunjung (t hitung > t tabel atau 4,699>1,662) dan lokasi, fasilitas dan pelayanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan memilih tempat wisata ( F hitung 9,020 dan sign < 0,05). Lokasi, fasilitas dan pelayanan mempengaruhi wisatawan jadi atau tidaknya berkunjung
PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PENERIMA DANA HIBAH DI SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN PESISIR SELATAN Yuli Fitriani; Bakkareng
Matua Jurnal Vol. 2 No. 3 (2020): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2020)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat penerima hibah pada Sekretariat Daerah Kabupaten Pesisir Selatan.Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, kuesioner, dan studi kepustakaan dengan menggunakan skala likert dan metode penentuan sampel yang digunakan adalah aksidental sampling sebanyak 82 sampel. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linear Sederhana Dari lima indikator Pelayanan (X) yang mempengaruhi Kepuasan Masyarakat (Y) penerima hibah pada Sekretariat Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Indikator yang paling dominan adalah Resposiveness dan Assurance, karena kedua indikator ini sama-sama mempunyai rata-rata skor sebesar 3,22 dengan TCR mencapai 64,47 % dari rata-rata indikator yang lainnya dengan kategori Bagus. Dan dari empat indikator dari Kepuasan (Y) yang paling dominan mempengaruhi masyarakat penerima dana hibah adalah pada indikator pertama yakni Sistem pengiriman produk dengan dengan rata-rata skor sebesar 3,47 dengan TCR mencapai 69,4 % dengan kategori memuaskan.
PENGARUH POSITIONING TERHADAP BRAND IMAGE COCA-COLA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS EKASAKTI PADANG Riko Afrialdi; Sunreni
Matua Jurnal Vol. 2 No. 3 (2020): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2020)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator-indikator apakah yang dominan pada positioning dan brand imageserta apakah pengaruh positioning terhadap brand image coca-cola pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Ekasakti Padang (secara parsial). Sampel dalam penelitian ini 94 orang penentuan responden dipilih dengan menggunakan Accidental Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah model regresi Sederhana. Berdasarkan hipotesis Hasil pengujian hipotesis ini telah membuktikan terhadap pengaruh yang positif dan signifikan antara positioning terhadap brand image.
ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERJALANAN HAJI KHUSUS, PERJALANAN UMROH DAN PERJALANAN HALAL TOUR PADA PT BPW ALHAADI ZIARAH ANDALAS TOUR & TRAVEL PERIODE 2014-2018 Stevendri Anton mj; Rizka Hadya
Matua Jurnal Vol. 2 No. 3 (2020): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2020)
Publisher : LPPM Universitas Ekasakti, Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbandingan kinerja keuangan antara perjalanan Haji Khusus, Umrah dan Halal Tour pada PT BPW Alhaadi Ziarah Andalas Tour & Travel (PT AZA Tour & Travel) periode 2014-2018. Variabel yang digunakan untuk membandingkan kinerja keuangan adalah Current Ratio (CR), Debt to Asset Ratio (DAR), Debt to Equity Ratio (DER), Long Term Debt to Equity Ratio (LDR), Net Profit Margin (NPM), Operating Profit Margin (OPM), Return On Equity Ratio (ROE), dan Total Asset Turn Over (TATO). Jenis penelitian ini merupakan penelitian komparatif dan sampel penelitian berupa laporan keuangan dari 3 kegiatan perjalanan yaitu Haji Khusus, Umrah dan Halal Tour. Sampel dipilih berdasarkan kegiatan usaha perjalanan pada PT AZA Tour & Travel. Metode analisis yang digunakan adalah analisis rasio Likuiditas, solvabilitas, profitabilitas dan aktivitas dan uji beda dua rata-rata (Independent Sample t-test). Hasil penelitian dengan uji beda dua rata-rata menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan rasio keuangan yang terdiri dari CR, DAR, DER, LDR, dan ROE antara perjalanan Haji Khusus, Umrah dan Halal Tour pada PT AZA Tour & Travel selama periode penelitian. Sedangkan NPM,OPM dan TATO terdapat perbedaan yang signifikan diantara ketiganya pada periode penelitian. Secara keseluruhan, kinerja keuangan perjalanan Halal Tour lebih baik dari pada perjalanan Haji Khusu dan Umrah Pada PT AZA Tour & Travel pada periode penelitian.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol. 5 No. 4 (2023): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Desember 2023) Vol. 5 No. 3 (2023): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2023) Vol. 5 No. 2 (2023): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Juni 2023) Vol. 5 No. 1 (2023): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2023) Vol. 4 No. 4 (2022): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Desember 2022) Vol. 4 No. 3 (2022): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2022) Vol. 4 No. 2 (2022): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Juni 2022) Vol. 4 No. 1 (2022): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2022) Vol. 3 No. 4 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Desember 2021) Vol. 3 No. 3 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2021) Vol. 3 No. 2 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Juni 2021) Vol. 3 No. 1 (2021): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2021) Vol. 2 No. 2 (2020): Vol. 2 No. 2 (2020): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Jun Vol. 2 No. 4 (2020): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Desember 2020) Vol. 2 No. 3 (2020): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2020) Vol. 2 No. 1 (2020): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2020) Vol. 1 No. 2 (2019): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (September 2019) Vol. 1 No. 1 (2019): Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis) (Maret 2019) More Issue