cover
Contact Name
Irma Inesia Sri Utami
Contact Email
irma.inesia@unida.ac.id
Phone
+6285891651283
Journal Mail Official
educivilia@unida.ac.id
Editorial Address
Jln. Tol Ciawi No.1, Ciawi-Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat
ISSN : 27211541     EISSN : 27215113     DOI : 10.30997
Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat adalah jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian sebagai hasil pengabdian masyarakat yang telah memiliki nomor P-ISSN 2721-1541 dan E-ISSN 2721-5113 dengan Focus dan Scope pada bidang pendidikan yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan diterbitkan oleh Universitas Djuanda Bogor.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2023): Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat" : 10 Documents clear
Kaitan Antara Pendidikan Non-Formal (Bimbingan Belajar) Dengan Hasil Belajar Anak Desa Jambuluwuk Larasati, Lintang; Nur Fadilah, Annisa
Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol. 4 No. 1 (2023): Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/ejpm.v4i1.6515

Abstract

Pendidikan adalah aktifitas yang tidak lepas dari fungsi dan juga tujuan. Fungsi utama dari pendidikan yaitu mengembangkan kemampuan, kepribadian, watak dan kehidupan yang bermatabat pada hidup dan kehidupan. Istilah dari Pendidikan non-formal kerap dipertentangkan dengan pendidikan formal dan juga pendidikan informal. Kedua konsep ini mempunyai kesamaan ialah diadakan untuk menggenapi juga memberi purna pada proses permbelajaran yang informal. Hasil dari survei yang telah dilakukan selama kegiatan non-formal atau bimbingan belajar dilaksanakan didesa Jambuluwuk, ialah memberikan perubahan nilai dari yang sebelumnya kurang baik menjadi melampaui Krteria Ketuntatasan Minimal (KKM). Metode yang digunakan dalam survei ialah memberikan Pre-test dan juga Post-test untuk mengetahui apakah kegiatan yang kami lakukan ini memberikan dampak yang diharapkan yaitu kearah yang positif. Anak-anak yang mengalami kesulitan belajar dibantu dengan maksimal agar dapat mengatasi masalahnya. Perihal kesulitan belajar ini akibat dari Pandemi Covid-19 yang membuat anak menjadi terbatas dalam kegiatan belajar karena minimnya fasilitas yang ada dirumah ataupun sekolahnya. Model pembelajaran ialah prosedur atau juga pola sistematis yang diapaki sebagai pegangan untuk mencapai tujuan pembelajaran didalamnya ada strategi, metode, teknik, bahan, media dan juga alat penilaian pembelajaran.
Penyuluhan Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Di Desa Jambuluwuk Kecamatan Ciawi Salbiah, Siti; Amelia, Rina; Pangestu, Raden Ali
Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol. 4 No. 1 (2023): Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/ejpm.v4i1.6579

Abstract

Gawai pada saat ini sangat berperan penting bagi kehidupan manusia guna berkomunikasi, memperbanyak relasi, menambah wawasan, bahkan pada saat ini gawai sudah digunakan untuk media belajar online. Tetapi di sisi lain, terjadi hal yang sebaliknya dan mengacu kepada hal yang negatif dikarenakan anak - anak belum mengetahui akan fungsi serta penggunaan yang benar dan tepat. Sehingga menimbulkan dampak negatif juga muncul dalam pemanfaatan gawai terutama bagi kalangan anak-anak. Pengabdian masyarakat dalam rangka penyuluhan ini dilakukan di Kp. Cukanggaleuh RW 04 Desa Jambuluwuk Kecamatan Ciawi yang bertujuan sebagai salah satu upaya kami sebagai mahasiswa dalam meminimalisir pengaruh gawai di kalangan anak – anak terutama anak -anak tingkat Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pendekatan sosialisasi yaitu ceramah. Adapun hasil dalam kegiatan penyuluhan penggunaan gawai, antara lain: 1) Gunakan gawai seoptimal mungkin sesuai dengan kebutuhan pengguna, jangan sampai lupa waktu dan kurang bersosialisasi 2) Dampak negatif dari penggunaan gawai pada anak, ) Cara mencegah dari kecanduan gawai.
Pelatihan Ms.Word pada Siswa Kelas V MI Miftahul Ulum dalam menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum Samba, Nayelli Mi'raz; Saputra, Aditya
Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol. 4 No. 1 (2023): Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/ejpm.v4i1.6588

Abstract

Siswa kelas V MI Miftahul Ulum akan menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). AKM merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Secara Teknis Pelaksanaan Asesmen Nasional dilaksanakan Berbasis Komputer yang bisa dilakukan secara full online, semi online dan offline tapi tidak direkomendasikan dan Bersifat Adaptif, yaitu pertanyaan yang disajikan bergantung pada kemampuan siswa. Namun tidak adanya matapelajaran khusus dan ekstrakulikuler tentang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta tidak adanya guru pengampu khusus TIK menyebabkan sebagian besar siswa tidak bisa mengoperasikan ms.word bahkan komputer. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi oleh MI Miftahul Ulum, maka kegiatan pengabdian ini difokuskan pada pengenalan penggunaan aplikasi ms.word untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran khususnya untuk menghadapi AKM. Sasaran lebih difokuskan pada siswa kelas V yang akan menempuh AKM tersebut. Kegiatan dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab dan praktek langsung. Indikator capaian adalah 100% siswa-siswa kelas V dapat menggunakan aplikasi ms.word untuk membantu proses belajar. Dari hasil evaluasi saat pengabdian, dapat disimpulkan bahwa pelatihan yang dilakukan memiliki tingkat efektivitas yang tinggi berkisar 80%-90,5%. Konteks tingkat efektivitas yang tinggi adalah didasarkan pada keberhasilan peserta pelatihan mampu menyelesaikan setiap soal yang diberikan pada setiap pelatihan mulai dari bentuk teks, font, paragraf, dan penyimpanan data.
Peningkatan Kualitas Pendidikan Keluarga Melalui Kegiatan Seminar Pendidikan Parenting Islami pada Orang Tua Siswa MI Miftahul Ulum Desa Pandansari Bogor nita, Anita; Ambarwati, Shella; Hilman, Aldi; Ramdhani, Muhammad Rendi
Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol. 4 No. 1 (2023): Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/ejpm.v4i1.6589

Abstract

Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat (PKM) dalam bentuk seminar antara lain sebagai bentuk pendekatan kepada masyarakat bahwa pendidikan merupakan hal yang penting untuk dipersiapkan bahkan dari sejak dini dan memberikan sosialisasi kepada para wali murid cara parenting yang baik kepada anak yang berlandaskan Agama Islam. Metode dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat bentuk program kerja seminar pendidikan di MI Miftahul Ulum memiliki tiga tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi. Hasil yang didapat dari diadakannya seminar ini kami berharap para orangtua mulai mendidik serta memberikan pola asuh yang terbaik bagi anak, karena dengan pola asuh yang baik juga akan berpengaruh terhadap masa depan anak dan menjadikan anak sebagai sumber daya manusia yang sukses di masa depan. Maka dapat disimpulkan bahwa program Seminar merupakan salah satu langkah pendekatan terhadap orangtua untuk mengetahui parenting pada anak yang baik dan menjadikan para orangtua sadar betapa pentingnya peran orangtua dalam proses pendidikan seorang anak terlebih untuk masa depan anak sebagai penerus bangsa.
Peningkatan Literasi Membaca Anak Melalui Pojok Baca Nuraisyah, Siti; Risandi, Aris; Sri Utami, Irma Inesia
Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol. 4 No. 1 (2023): Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/ejpm.v4i1.6593

Abstract

Membaca adalah salah satu kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan semua orang. Dari berbagai permasalahan yang ada di Desa Bendungan RT 02 RW 01 yaitu kurangnya minat baca, kurangnya pendidikan membaca bagi anak-anak, masih rendahnya kemahiran membaca anak di sekolah dasar, banyaknya pengaruh media teknologi seperti gadget yang mengalihkan perhatian anak-anak dari buku, dan sulitnya orang tua dalam memberikan pendidikan membaca kepada anak-anak. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan, membantu dan menumbuhkan minat membaca anak-anak. Serta sebagai tempat untuk bahan bacaan terdekat bagi anak-anak, remaja dan orang tua. Juga menambah ilmu dan wawasan mereka dari membaca serta bisa memudahkan para orang tua dalam belajar anaknya dirumah. Juga sebagai tempat yang bisa mengalihkan perhatian anak-anak yang sering berlebihan bermain gadget. Metode pelaksanaan dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini menggunakan 4 tahap seperti refleksi sosial, perencanaan program, pelaksanaan program, dan evaluasi. Hasil kegiatan minat baca anak menjadi meningkat, tingkat bermain gadget anak-anak berkurang karena dialihkan dengan kegiatan membaca, anak-anak menjadi lancar dan fasih membaca. Dengan kegiatan pengabdian ini sebagai sarana membaca bagi anak-anak, dapat memfasilitasi mereka dalam menambah wawasan dan memberikan kemudahan dalam mendapatkan buku baik itu buku pelajaran, edukasi, ilmu pengetahuan umum dan lain sebagainya, juga dengan adanya kegiatan ini setidaknya dapat mengisi waktu luang anak-anak tersebut dengan hal yang bermanfaat dan tentunya dapat mengurangi kebiasaan mereka yang sering bermain gadget. Sebaiknya pihak pengelola dapat bekerjasama dengan pihak desa dalam peningkan fasilitas dan ruang khusus untuk kegiatan ini.
Pendampingan Belajar Anak di Luar Sekolah melalui Kegiatan Les Belajar Oktaviani, Yasmin; Sri Utami, Irma Inesia
Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol. 4 No. 1 (2023): Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/ejpm.v4i1.6595

Abstract

Proses belajar tidak hanya didapatkan di sekolah, namun bisa didapatkan dimana saja dan kapan saja. Pada dasarnya, proses belajar bertujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik. Permasalahan yang ada di RT 02/ RW 01 Desa Bendungan, yaitu adanya anak-anak yang mengalami kesulitan belajar dan kurangnya minat belajar serta kurangnya pendidikan. Selain itu, kualitas pendidikan yang rendah membuat para orang tua kesulitan dalam mengajari anaknya dalam pembelajaran. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu proses pembelajaran anak dalam mengatasi kesulitan belajar di sekolah serta meningkatkan motivasi, minat, pemahaman, dan pengetahuan anak. Selain itu, untuk membantu orang tua dalam pendidikan anak. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah observasi secara langsung. Tahap pelaksanaannya, yaitu pengamatan, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil kegiatan ini adalah anak-anak bisa mengerjakan PR secara mandiri, bisa memahami pelajaran yang sebelumnya tidak mengerti menjadi mengerti, mendapatkan ilmu pengetahuan yang baru untuk menambah wawasan mereka. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini efektif untuk meningkatkan motivasi, minat, dan prestasi belajar anak. Kegiatan ini sangat membantu masyarakat di RT tersebut terlebih kepada anak-anak dalam proses pembelajaran serta orang tua mereka. Sarannya adalah sebaiknya pihak Desa Bendungan bisa bekerjasama dengan komunitas belajar maupun tenaga profesional untuk melakukan kegiatan les belajar agar tetap berlanjut.
Implementasi Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 5 Madrasah Ibtidayyah Ulil Amri Sahidah, Siti; Dwi Purwanti, Atik
Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol. 4 No. 1 (2023): Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/ejpm.v4i1.6598

Abstract

Pendidikan merupakan gerbang utama untuk menghasilkan sumber daya manusia yang cerdas dan unggul, termasuk di dalamnya yaitu mempelajari bahasa asing. Dalam prosesnya, mempelajari bahasa asing, terutama bahasa Arab, setiap siswa pasti mengalami kesulitan belajar, karena mereka mempelajari bahasa yang sangat jarang mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil pengamatan di MI Ulil Amri, menunjukkan bahwa para siswa cukup antusias dalam pelajaran bahasa Arab, namun mereka mengalami kesulitan dalam mengingat kosa kata. Oleh karena itu, metode bernyanyi kosa kata anggota tubuh dalam bahasa Arab diterapkan agar siswa dapat dengan mudah menghafal dan mengingat kosa kata anggota tubuh. Penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran bahasa Arab yang dilaksanakan di kelas 5 MI Ulil Amri melibatkan beberapa Maharah (keterampilan belajar bahasa Arab), yaitu Maharatul Kitabah, Maharatul Istima’, Maharatul Qiraah, langkah terakhir yaitu penerapan bunyi dan pengamatan tulisan bahasa Arab ke dalam nada/lagu untuk dinyanyikan. Metode bernyanyi merupakan metode pembelajaran yang menggunakan syair-syair yang dilagukan. Biasanya syair/lirik yang digunakan disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. Dengan bernyanyi, anak dapat meluapkan rasa gembira, suka cita, dan suatu yang menyenangkan. Penerapan metode bernyanyi kosa kata anggota tubuh dalam bahasa Arab cukup memudahkan siswa dalam menghafal kosa kata bahasa Arab, khususnya anggota tubuh. Rekomendasi untuk langkah selanjutnya, bisa menggunakan gerakan saat menyanyikan kosa kata anggota tubuh dalam bahasa Arab, sehingga lebih efektif dan siswa semakin bersemangat dalam belajar menghafal kosa kata bahasa Arab, terutama kosa kata anggota tubuh.
Upaya Peningkatan Minat Baca di SDN Cibalung 02 dengan Program Pojok Baca Oktaviani, Ria; Suja'i, Muhammad Iqbal; Suherman, Irman; Sya, Mega Febriani
Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol. 4 No. 1 (2023): Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Literasi adalah kegiatan yang dnyatakan rendah keberminatannya di indonesia. Berdasarkan survei yang dilakukan untuk International Student Assessmen (PISA) yang dirilis Organization for Economic C0-operation and Development (OCED)pada 2019, indonesia menempati peringkat ke 62 dari 70 negara, atau merupakan 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah. Karena seharusnya menjadi penting suatu literasi terlebih harus ditanam sejak duduk dibangku sekolah dasar. Maka berdasarkan hasil survei dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di SDN Cibalung 02 yang berlokasikan di daerah kecamatan Cijeruk menjadi ketertarikan agar dapat memberikan upaya terhadap peningkatan kegiatan minat baca. Melihat dari kelas rendah hingga kelas atas yang dominan belum lancar dalam membaca. pembuatan pojok baca sederhana merupakan upaya dalam meningkatkan minat baca peserta didik SD Cibalung 02 untuk menyadarkan peserta didik akan pentingnya literasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari program ini antara lain:1) Menambah fasilitas suasana baru dengan pembuatan gambar pojok baca, 2) membersihkan dan merapihkan perpustkaan yang sudah 4 tahun tidak beroperasi.
Pengunaan media flash card sebagai media dalam mengenal huruf abjad pada anak usia dini Cahya, Denisa Puspa; Sari, Yulindah
Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol. 4 No. 1 (2023): Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/ejpm.v4i1.6692

Abstract

Pendidikan anak sejak dini merupakan tingkat awal pendidikan yang harus ditempuh oleh anak sebelum memasuki sekolah formal, seperti PAUD, TK, maupun RA. Adapun sekolah non formalnya yaitu TPA serta dapat melalui informal yaitu belajar dari keluarga dan lingkungan sekitar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perkemangan anak – anak usia dini atau kelas rendah dalam mengetahui huruf abjad terutama menggunakan media falsh card Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Berdasarkan observasi dan terlaksananya kegiatan Taman Pendidikan Anak (TPA) di posko menghasilkan perubahan yang cukup baik. Selama kegiatan Taman Pendidikan Anak (TPA) antusias anak-anak cukup tinggi, merespon kedatangan kami dengan baik selain itu Pada minggu pertama kemampuan anak-anak dalam mengenal huruf abjad masih sangat rendah.Pada minggu kedua kemampuan anak sudah mulai terlihatPada minggu ketiga ini anak kemampuan anak dalam mengenal dan mengingat huruf abjad sudah cukup baik. Pada minggu ke empat ini kemampuan anak dalam mengenal huruf abjad sudah terbilang baik.
Penerapan Media Pembelajaran Finger Counting Pada Metode Jarimatika Di TPA Kampung Cihideung Alma, Alvina Elma; Yuliana, Elma Ridha; Dania, Hanrezi; Mutaqien, Agung
Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Vol. 4 No. 1 (2023): Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/ejpm.v4i1.6693

Abstract

Penggunaan metode jarimatika bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian pada siswa. Jarimatika sangat mudah diterima siswa, mempelajarinya tidak membebani memori otak dan alatnya selalu tersedia dihadapan siswa. Siswa pada usia 6 tahun samapai 12 tahun hanya mampu berfikir logika jika memecahkan persoalan yang sifatnya konkret atau dengan cara mengamati dan melakukan sesuatu. Oleh sebab itu siswa akan lebih mudah memahami sesuatu yang bersifat visual daripada yang bersifat verbal. Dengan demikian siswa akan mampu mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki setiap siswa. Penerapan metode jarimatika sangat membantu siswa, karena selama ini siswa berhitung perkalian hanya dengan menghapal ataupun penjumlahan secara berulang, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama, selain itu sebagian siswa kurang teliti dalam menjumlahkannya. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media finger counthing dapat membantu anak dalam menghitung perkalian menggunakan Abstrak harus mencerminkan keseluruhan substansi isi artikel dan mampu membantu pembaca untuk menentukan relevansinya dengan minat serta memutuskan apakah akan membaca dokumen secara keseluruhan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10