cover
Contact Name
Muhamad Suhard
Contact Email
jurnal.P4I@gmail.com
Phone
+6289681071805
Journal Mail Official
jurnal.P4I@gmail.com
Editorial Address
Lingkungan Handayanai, Kel. Leneng, Kec. Praya, Kab. Lombok Tengah
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah
ISSN : 27985741     EISSN : 27985733     DOI : https://doi.org/10.51878/action.v1i2.639
Core Subject : Science, Education,
ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Classroom and School Action Research.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2022)" : 12 Documents clear
PENGGUNAAN TTS MENINGKATKANKAN HASIL BELAJAR DALAM MEMAHAMI CERITA ANAK PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SPLB- C YPLB EVI SUKMIROH
ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/action.v2i1.908

Abstract

This study aims to determine the learning outcomes of Indonesian Basic Competence in Understanding Children's Stories. After the use of crossword puzzles for mentally retarded students. The subjects in this study were mentally retarded students in class X SMALB-C, totaling 3 people, consisting of 3 female students. This classroom action research was carried out at SPLB-C YPLB Cipaganti, Bandung City with the supervisor of a teacher with the initials DD. Based on the results of the study, that the use of crossword puzzles can improve learning outcomes of Indonesian Language Basic Competence Understanding Folklore. The use of these teaching aids helps increase student concentration and motivation, fosters a joyful learning atmosphere and students are more interested in learning in a relatively long time. This classroom action research was carried out in three cycles, with each cycle having one meeting and covering four stages, namely: planning, action, observation and reflection stages. Referring to the purpose of this study, the research instruments used in this study were tests and non-tests. The test is used to see the increase in learning outcomes of Indonesian Basic Competence Understanding children's stories, while the non-test is used to see the improvement in the quality of the learning process which is reflected by the attitudes of children in learning, student activities and teacher activities during learning. From the data obtained during the study and then processed and analyzed, the results showed that there was an increase in learning outcomes. Indonesian. with Basic Competence Understanding Children's stories. there is a significant difference. The score achieved before the improvement was 43%, in cycle 1 it was 55%, in cycle 2 it was 76% and in cycle 3 it was 90%. From the score obtained in cycle 3, which is 90%, it has exceeded the minimum completeness criteria that have been determined at the beginning of the study, which is 70%. Thus, these results indicate that the use of crossword puzzles can improve learning outcomes of Indonesian language learning with Basic Competence in Understanding Children's Stories for mentally retarded students in class X SMALB-C at SPLB-C YPLB Cipaganti, Bandung City. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Indonesia Kompetensi Dasar Memahami cerita Anak. Setelah penggunaan alat peraga Teka-Teki Silang pada siswa tunagrahita. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa tunagrahita kelas X SMALB-C yang berjumlah 3 orang, terdiri dari 3 orang siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SPLB-C YPLB Cipaganti Kota Bandung dengan oserver seorang guru yang berinisial DD. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa penggunaan alat peraga Teka-Teki Silang dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia kompetensi Dasar Memahami cerita Rakyat. Penggunaan alat peraga ini membantu meningkatkan konsentarasi siswa dan motivasi, menumbuhkan susasana pembelajaran yang penuh kegembiraan dan siswa lebih tertarik untuk belajar dalam waktu yang relatif cukup lama. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan masing-masing siklus satu pertemuan dan meliputi empat tahapan, yaitu : tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Mengacu pada tujuan penelitian ini, maka instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes. Tes digunakan untuk melihat peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia Kompetensi Dasar Memahami cerita anak, sedangkan non tes digunakan untuk melihat peningkatan kualitas proses pembelajaran yang dicerminkan oleh sikap anak dalam pembelajaran, aktivitas siswa dan aktivitas guru saat pembelajaran. Dari data yang diperoleh selama penelitian kemudian diolah dan dianalisis, diperoleh hasil yang menunjukan adanya peningkatan hasil belajar belajar. Bahasa Indonesia. dengan Kompentensi Dasar Memahami cerita Anak. terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Adapun skor yang dicapai sebelum perbaikan adalah 43 %, pada siklus 1 sebesar 55%, pada siklus 2 sebesar 76% dan pada siklus 3 sebesar 90%. Dari skor yang diperoleh pada siklus 3 yaitu 90% sudah melebihi kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan diawal penelitian yaitu sebesar 70%. Dengan demikian hasil tersebut menunjukan bahwa penggunaan alat peraga Teka-Teki Silang dapat meningkatkan hasil belajar belajar Bahasa Indonesia dengan Kompetensi Dasar Memahami cerita Anak pada siswa tunagrahita kelas X SMALB-C di SPLB-C YPLB Cipaganti Kota Bandung
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW LUKITO LUKITO
ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/action.v2i1.909

Abstract

Efforts to improve the learning achievement of 8th grade junior high school students in Islamic religious education subject’s jigsaw type learning model at SMP 10 Balikpapan for the 2018-2019 school year. This research is classroom action research that aims to improve the learning achievement of 8th grade junior high school student at SMP 10 Balikpapan with a jigsaw type learning model. The subject of this research are students of class 8-I at SMP 10 Balikpapan as many as 32 students. Data collection tolls used in the form of observation sheets and ordinary multiple choice objective tests, based on the result of observation in the actions of cycle I and cycle IIthere was an increase in student achievement. Generally, obtained 88,09% of students in cycle I and 91,63% of students in cycle II. This increase in learning achievement occurs because each student discusses the division of his group into expert groups based on the teacher’s direction. Likewise, in the group from which the discussion originated, students were enthusiastic to present the result of the discussion. Furthermore, it was found that increase in learning outcomes was seen in the gain index criteria for each student, there are 12 moderate students and 20 high students in cycle I to 8 moderate students, 24 high students in cycle II. ABSTRAKUpaya meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Model Pembelajaran Tipe Jigsaw di SMP Negeri 10 Balikpapan Tahun Ajaran 2018-2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Siswa SMP Negeri 10 Balikpapan kelas VIII-I dengan model pembelajaran tipe jegsaw. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I SMP Negeri 10 Balikpapan sebanyak 32 peserta didik. Alat pengumpul data yang digunakan berupa lembar observasi dan tes objektif pilihan ganda biasa, berdasarkan hasil observasi pada tindakan siklus I dan siklus II terdapat peningkatan prestasi siswa. Secara umum diperoleh 88,09% siswa pada siklus I dan 91,63% pada siklus II. Peningkatan prestasi belajar ini terjadi dikarenakan setiap siswa mendiskusikan pembagian anggota kelompoknya ke dalam kelompok ahli berdasarkan pengarahan guru, demikian pula pada kelompok asal diskusi siswa antusias untuk mempresentasikan hasil diskusi. Selanjutnya didapatkan pada peningkatan hasil belajar yang tampak pada kreteria indeks gain tiap siswa yaitu 12 siswa sedang dan 20 siswa tinggi pada siklus I menjadi 8 siswa sedang, 24 siswa tinggi pada siklus II
UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI GAME EDUKASI QUIZIZZ DI KONDISI NEW NORMAL KELAS XII IPA SMAN 1 SUNGAI TABUK DWI AGOES SUMARNI
ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/action.v2i1.910

Abstract

The purpose of this study was to increase the mathematics learning motivation of the XII IPA grade students of SMAN 1 Sungai Tabuk through the Quizizz Educational Media Game learning and to describe the increase in mathematics learning achievement of the XII IPA grade students of SMAN 1 Sungai Tabuk. This research uses action research in three cycles at SMAN 1 Sungai Tabuk. Each cycle consists of four stages, namely: planning, implementation, observation, and reflection. The target of this research is class students. The data obtained in the form of student learning outcomes, observation sheets of teaching and learning activities. From the results of the analysis, it was found that the learning activity of students in the New Normal condition of class XII IPA SMAN 1 Sungai Tabuk experienced an increase from cycle I to cycle III, namely cycle I (67.7%), cycle II (75%), and cycle III. (87.5%). The conclusion of this research is that the cooperative method of educational game media Quizizz can have a positive effect on the learning achievement motivation of class XII science students at SMAN 1 Sungai Tabuk, and this learning model can be used as an alternative for learning mathematics. ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar matematika peserta didik kelas XII IPA SMAN 1 Sungai Tabuk melalui pembelajaran Media Game Edukasi Quizizz dan untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar matematika peserta didik kelas XII IPA SMAN 1 Sungai Tabuk. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga siklus di SMAN 1 Sungai Tabuk. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas. Data yang diperoleh berupa hasil belajar peserta didik, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa keaktifan belajar matematika peserta didik di Kondisi New Normal Kelas XII IPA SMAN 1 Sungai Tabuk mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III, yakni siklus I (67,7%), siklus II (75%), dan siklus III (87,5%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif media game edukasi Quizizz dapat berpengaruh positif terhadap motivasi prestasi belajar peserta didik kelas XII IPA SMAN 1 Sungai Tabuk, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran matematika.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XII MATERI PERWILAYAHAN DENGAN MENERAPKAN MODEL GROUP INVESTIGATION AFIFAH AFIFAH
ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/action.v2i1.911

Abstract

This study aims to improve the geography learning outcomes of class XII students on zoning material by applying the Group Investigation (GI) model. The research was conducted at SMA Negeri 64 Jakarta in the odd semester of 2021. The subjects of the research were students of class XII MIPA 1 SMA Negeri 64 Jakarta in the academic year 2021-2022 which consisted of 36 students. Data collection techniques using multiple choice tests with a total of 20 questions, there was an increase in student learning outcomes in each action, starting from the pre-cycle, cycle I and cycle II. The average value of students in the pre-cycle is 75.6 with the number of students who get a complete score of 2 people and an incomplete score of 15 people. After the implementation of the Group Investigation learning model in the first cycle, there was an increase in grades with an average class score of 80.7 with 28 students getting complete marks and 8 incomplete scores. when compared, between pre-cycle and cycle I there was an increase in grades, but students who got a complete score were still less than 80% as the classical KKM, so the researchers continued the research with cycle II. After the second cycle was carried out, the average score of 87.1 students showed an increase, and the number of students who got a complete score was 34 students, but there were still 2 students who had not completed, meaning that students did not complete less than 20%. The conclusion from the results of this study is that the application of the Group Investigation (GI) model can improve student learning outcomes of geography for class XII MIPA I at SMA Negeri 64 Jakarta in the 2021-2022 academic year in odd semesters. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas XII materi perwilayahan dengan menerapkan model Group Investigation (GI). Penelitian dilakukan di SMA Negeri 64 Jakarta pada semester gasal tahun 2021. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 64 Jakarta tahun pelajaran 2021-2022 yang terdiri dari 36 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal, Terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada setiap tindakan, mulai dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Rata-rata nilai siswa pada pra siklus sebesar 75,6 dengan jumlah siswa yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 2 orang dan nilai tidak tuntas sebanyak 15 orang. Setelah diterapkan model pembelajaran Group Investigation pada siklus I, ada peningkatan nilai dengan rata-rata nilai kelas sebesar 80,7 dengan jumlah siswa yang mendapat nilai tuntas sebanyak 28 siswa dan nilai belum tuntas sebanyak 8 orang. apabila dibandingkan, antara pra siklus dan siklus I ada peningkatan nilai, tetapi siswa yang mendapat nilai tuntas masih kurang dari 80% sebagaimana KKM klasikalnya, sehingga peneliti melanjutkan penelitian dengan siklus II. Setelah dilaksanakan siklus II, nilai rata-rata siswa 87,1 terlihat adanya peningkatan, dan jumlah siswa yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 34 siswa, tetapi masih ada 2 siswa yang belum tuntas artinya siswa tidak tuntas kurang dari 20%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan model Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa materi Perwilayahan kelas XII MIPA I SMA Negeri 64 Jakarta tahun pelajaran 2021-2022 pada semester gasal.
IMPLEMENTASI TEKNIK TWO STAY TWO STRAY DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUPRI ATMAJA
ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/action.v2i1.912

Abstract

This study aims to improve student learning outcomes by applying the Two Stay Two Stray technique in learning Indonesian. This research is a type of classroom action research conducted in class IX A of SMP Negeri 1 Pandak. Data was collected by means of observation sheets, tests, documentation, questionnaires, and interviews. Data on learning outcomes and student participation in learning were analyzed using quantitative descriptive techniques, while data on the implementation of learning were analyzed using qualitative descriptive techniques. The results of the analysis show that student learning outcomes have increased. This can be seen from the increase in student learning outcomes each cycle. The learning outcomes before the classical study completeness study were only 32%, in the first cycle it increased to 60%, and in the second cycle it increased again to 80% with an average increase of 29%. The increase in learning outcomes does not only occur in the cognitive aspect, but also in the affective and psychomotor aspects. In the affective aspect, it is shown by the development of students' cooperative skills, and in the psychomotor aspect, it is indicated by the ability of students to compose presentation materials. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan teknik Two Stay Two Stray pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IX A SMP Negeri 1 Pandak. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi, tes, dokumentasi, angket, dan wawancara. Data hasil belajar dan partisipasi siswa dalam pembelajaran dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif, sedangkan data pelaksanaan pembelajaran dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa setiap siklusnya. Hasil belajar sebelum penelitian ketuntasan belajar klasikal hanya 32%, pada siklus I meningkat menjadi 60%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 80% dengan rata-rata peningkatan sebesar 29%. Peningkatan hasil belajar tidak hanya terjadi pada aspek kognitif, tetapi juga pada aspek afektif dan psikomotor. Pada aspek afektif ditunjukkan oleh semakin berkembangnya keterampilan kooperatif siswa, dan pada aspek psikomotor ditunjukkan oleh kemampuan siswa menyusun bahan presentasi.
UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN Dl SMP NEGERI 1 MANTINGAN KABUPATEN NGAWI MELALUI SUPERVISI KELAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018 GUNAWAN WIBISANA
ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/action.v2i1.1024

Abstract

Supervision for school principals is a program that must be implemented in connection with their functions and responsibilities as a supervisor. However, the answer to this research is to find out how far the level of effectiveness of the supervision activities is. The purpose of this research is to find out how to improve the quality of learning in SMP Negeri 1 Mantingan through classroom supervision. The Classroom Action Research Design was conducted in two cycles. Each cycle consists of four stages, namely: design, activities and observations, reflection, and revision. The setting and subject of this research are the teachers of SMP Negeri 1 Mantingan Ngawi. The data obtained from the observation sheet of class supervision activities. Based on the results of the study, it was found that for the average value of the administration of supervised teacher learning tools there was an increase of 81.53% to 91.95% or an increase of 10.62%. The supervision of the implementation of learning also increased from 81.18% to 87.10%, an increase of 5.92%. Meanwhile, learning assessment tools also experienced a significant increase from 82.44% to 89.02 or an increase of 6.58%. The research concludes that classroom supervision can improve the quality of learning at SMP Negeri 1 Mantingan for the 2017/2018 academic year. ABSTRAKSupervisi bagi kepala sekolah adalah sebuah program yang harus dilaksanakan sehubungan dengan fungsi dan tanggungjawabnya sebagai seorang supervisor. Namun sejauh mana tingkat keefektifan kegiatan supervisi itulah yang akan dicari jawabannya dalam penelitian ini.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Negeri 1 Mantingan melalui supervisi kelas. Desain Penelitian Tindakan Kelas dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Setting dan subjek penelitian ini adalah guru SMP Negeri 1 Mantingan Ngawi. Data yang diperoleh dari lembar observasi kegiatan supervisi kelas. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa untuk nilai rata-rata administrasi perangkat pembelajaran guru yang disupervisi ada kenaikan 81,53% menjadi 91,95% atau terjadi kenaikan sebesar 10,62%. Untuk supervisi Pelaksanaan pembelajaran juga mengalami kenaikan dari 81,18% naik menjadi 87,10% terjadi kenaikan sebesar 5,92%. Sedangkan untuk Perangkat penilaian pembelajaran juga mengalami kenaikan yang signifikan dari 82,44% menjadi 89,02 atau ada kenaikan sebesar 6,58%. Penelitin menyimpulkan bahwa Supervisi kelas dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Negeri 1 Mantingan tahun pelajaran 2017/2018.
UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DI SMAN 2 KOTA JAMBI HERLINA ZA
ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/action.v2i1.1017

Abstract

This study aims to improve student achievement in civic education (PPKn) subjects at SMA Negeri 2 Jambi City in the odd semester of the 2018/2019 academic year by using the Problem Based Learning (PbL) method. This research method is CAR (Classroom Action Research) with three cycles consisting of four stages, namely plan (planning), do (action), see (observation), and reflection. The subjects of this study were students of class XII IPA 2 SMA Negeri 2 Jambi City which consisted of 36 students. The research instruments include: (1) observation sheets on the implementation of lesson plans, (2) student response questionnaires, and (3) learning outcomes tests. The data analysis technique used descriptive statistical analysis in the form of the percentage of completeness and student learning outcomes. The results of the study show that the implementation of Problem Based Learning (PbL) can improve student achievement in class XII IPA 2 SMA Negeri 2 Jambi City Jambi Province for the 2018/2019 academic year. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PPKn) di SMA Negeri 2 Kota Jambi semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 dengan menggunakan metode Problem Based Learning (PbL). Metode penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan tiga siklus yang terdiri dari empat tahapan, yaitu plan (perencanaan), do (tindakan), see (observasi), dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 2 Kota Jambi yang terdiri dari 36 orang siswa. Instrumen penelitian mencakup: (1) lembar observasi keterlaksanaan RPP, (2) angket respon siswa, dan (3) tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif berupa persentase ketuntasan dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Problem Based Learning (PbL) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 2 Kota Jambi Provinsi Jambi tahun ajaran 2018/2019.
UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN TEKNIK DASAR SERVIS BULU TANGKIS MENGGUNAKAN METODE MODELING PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 19 KABUPATEN TEBO TAHUN PELAJARAN 2019/2020 HAMZAH HAMZAH
ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/action.v2i1.1018

Abstract

The purpose of this study was to improve skills in basic badminton service techniques using the modeling method for class IX students of SMP Negeri 19 Tebo Regency in the odd semester of the 2019/2020 school year. The research was carried out at the location of SMP Negeri 19 Tebo Regency, which is located at Jalan Padang Lama, Tanjung Village, District VII Koto, Tebo Regency, Jambi Province. The sample in this study was the class that got the lowest score from the entire population (purposive sampling), namely Class IX-B students of SMP Negeri 19 Tebo Regency in the odd semester of the 2019/2020 academic year with a total sample of 32 students. The method used in this study is the Classroom Action Research (CAR) method, with the stages in the form of cycles in learning. The data obtained from student learning outcomes are presented in tabular form using a predetermined formula. In accordance with the Minimum Completeness Criteria (KKM) for physical education subjects at the junior high school level, the learning outcomes have been quite good. Of the 32 students, 29 students (90.63%) have mastered learning, only 3 students (9.37%) have not mastered learning. With the average grade obtained 85 (Completed). ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan pada teknik dasar servis bulu tangkis dengan menggunakan metode modeling pada siswa kelas IX SMP Negeri 19 Kabupaten Tebo semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan di lokasi SMP Negeri 19 Kabupaten Tebo yang beralamat di Jalan Padang Lama, Desa Tanjung, Kecamatan VII Koto, Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. sampel dalam penelitian ini adalah kelas yang mendapatkan nilai terendah dari seluruh populasi (purposive sampling), yaitu siswa Kelas IX-B SMP Negeri 19 Kabupaten Tebo semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah sampel sebanyak 32 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan adanya tahapan-tahapan berupa siklus dalam pembelajarannya. Data yang diperoleh dari hasil belajar siswa dipaparkan dalam bentuk tabel dengan menggunakan rumus yang telah ditetapkan. Sesuai dengan buku Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran penjas tingkat SMP, hasil belajar telah cukup baik. Dari 32 siswa sudah 29 siswa (90.63%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, hanya 3 orang siswa (9,37%) siswa yang belum memiliki ketuntasan dalam belajar. Dengan nilai rata-rata kelas yang diperoleh 85 (Tuntas).
PENINGKATAN PERAN TUGAS POKOK GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SMA ADHYAKSA 1 JAMBI TAHUN AJARAN 2019/2020 JUHALDI JUHALDI
ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/action.v2i1.1019

Abstract

This study aims to provide an action for the supervision of the principal on the implementation of the main tasks of teachers at SMAS Adhyaksa 1 Jambi in the odd semester of the academic year 2019/2020 through a series of treatments in two cycles. This research method is CAR (Classroom Action Research). The study population used all teachers at SMAS Adhyaksa 1 Jambi in the odd semester of the 2019/2020 academic year and the subjects of this study were 21 teachers. The results of the study prove that the implementation of the supervision of the principal can improve the implementation of the main tasks. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk Penelitian ini bertujuan untuk memberikan tindakan supervisi kepala sekolah terhadap pelaksanaan tugas pokok guru di SMAS Adhyaksa 1 Jambi semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 melalui serangkaian perlakuan dalam dua siklus. Metode penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Populasi penelitian menggunakan seluruh guru di SMAS Adhyaksa 1 Jambi semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 dan subjek penelitian ini yaitu 21 orang guru. Hasil penelitian membuktikan bahwa pelaksanaan supervisi kepala sekolah dapat meningkatkan pelaksanaan tugas pokok.
UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SMAN 1 TEBO DALAM MERANCANG RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK TAHUN AJARAN 2019/2020 EMI RELI
ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah Vol. 2 No. 1 (2022)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian indonesia (P4I)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/action.v2i1.1020

Abstract

This study aims to improve the continuous competence of teachers in preparing Learning Implementation Plans (RPP) through the implementation of academic supervision at SMA Negeri 1 Tebo for the 2019/2020 academic year. This research method is PTS (School Action Research). The study population used all teachers at SMA Negeri 1 Tebo as well as subjects in this study. The research instrument used a study of documentation, observation, and interviews. The data analysis technique used descriptive analysis. Based on the results of the study, it can be seen that continuous supervision is scientifically proven to be able to improve the continuous competence of teachers in preparing lesson plans at SMA Negeri 1 Tebo for the 2019/2020 school year. This is based on the results of research that shows an increase in data, namely by increasing the results of the assessment of the RPP from the pre-cycle which was only 26.67% (category "Enough") to 53.33% (category "Enough") after supervision was carried out in the first cycle and 66, 67% (category "Good") after supervision in the second cycle. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan meningkatkan kompetensi berkelanjutan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui pelaksanaan supervisi akademik di SMA Negeri 1 Tebo tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah PTS (Penelitian Tindakan Sekolah). Populasi penelitian menggunakan seluruh guru di SMA Negeri 1 Tebo sekaligus menjadi subjek dalam penelitian ini. Instrumen penelitian menggunakan studi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa supervisi secara berkelanjutan terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kompetensi berkelanjutan guru dalam menyusun RPP di SMA Negeri 1 Tebo tahun ajaran 2019/2020. Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan data peningkatan yakni dengan meningkatnya hasil penilaian terhadap RPP dari prasiklus yang hanya 26,67% (kategori “Cukup”) menjadi 53,33% (kategori “Cukup”) setelah dilakukan supervisi pada siklus pertama dan 66,67% (kategori “Baik”) setelah dilakukan supervisi pada siklus kedua.

Page 1 of 2 | Total Record : 12