cover
Contact Name
Ahmad Sandi
Contact Email
sandiaj74@gmail.com
Phone
+6285333974798
Journal Mail Official
jurnal.penkomi@gmail.com
Editorial Address
Jalan Tandean, Mande, Kota Bima, NTB
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Penkomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
ISSN : 26853132     EISSN : 26146002     DOI : https://doi.org/10.33627/pk.v2i1
Jurnal Pendidikan dan EKonomi (PenKoMi) merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Bima. Jurnal PenKoMi memuat artikel hasil penelitian dan hasil pemikiran di bidang pendidikan dan ekonomi, berisikan laporan hasil penelitian, hasil gagasan konseptual, dan critical review di bidang pendidikan dan ekonomi.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2020): Jurnal PenKomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi" : 10 Documents clear
Pengaruh Pengaruh Sumber Belajar Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Islam Darussalam Depok adinda webby handayani
Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi Vol 3 No 2 (2020): Jurnal PenKomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (867.516 KB) | DOI: 10.33627/pk.v3i2.352

Abstract

The aim of this research is to find out how much influence learning resources have on learning motivation. The school that was the object of this study was Islam Darussalam High School. The research method used in this study is a survey method with a correlational approach that is to determine the effect of learning resources on learning motivation. The population in this study were grade X students in Depok's Islamic High School, totaling 103 samples, found 82 people were done using simple random sampling technique. Data collection methods used in this study were through a questionnaire (questionnaire) with a total of 30 items. Through calculations obtained a rxy of 0.545 which means there is sufficient influence between learning resources on learning motivation. Based on the analysis of the coefficient of determination of the contribution of variable x (learning resources) of 29.70% and the remaining 52.6656% is determined by the contribution of other factors not examined in this study. These effects have been tested using statistical hypothesis testing which obtained the results of tcount 5.816> t table 1.664. This shows that there is a positive and significant effect between the variable x (learning resources) and the y variable (learning motivation).
TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN ALOKASI DANA DESA: STUDI DI DESA SONDO KECAMATAN MONTA KABUPATEN BIMA Sukardi Sukardi
Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi Vol 3 No 2 (2020): Jurnal PenKomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.444 KB) | DOI: 10.33627/pk.v3i2.388

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan prinsip transparansi dalam tata kelola keuangan dana desa (ADD) di Desa Sondo Kecamatan Monta Kabupaten Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data ditentukan sebanyak 16 orang dari subyek penelitian. Teknik pengumpul data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data diolah dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif, yakni: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menemukan: (1) berdasarkan keempat indikator kaitan dengan fokus transparansi penggunaan ADD, hasil penelitian menemukan bahwa tersedianya informasi yang memadai pada setiap proses penyusunan dan pelaksanaan kebijakan penggunaan ADD, adanya akses pada informasi cukup mudah dijangkau, bebas diperoleh dan tepat waktu dalam penggunaan ADD, adanya peraturan yang menjamin hak untuk mendapatkan informasi tentang penggunaan ADD, tersedianya pusat informasi layanan pendidikan seperti media, papan pengumuman, dan lain-lain dalam penggunaan ADD, dan hasil pelaksanaannya sudah berjalan sesuai dengan aturan penggunaan ADD. (2) berdasarkan keempat indikator kaitan dengan fokus akuntabilitas penggunaan ADD, hasil penelitian menemukan, bahwa prosedur atau tata cara Penggunaan ADD sudah jelas, persyaratan penggunaan ADD sudah terbuka, satuan kerja atau pejabat penanggung jawab penggunaan ADD jelas, waktu penyelesaian dan rincian biaya atau tarif dan hal-hal lain yang berkaitan dengan proses penggunaan ADD telah diinformasikan, dan hasil pelaksanaannya sudah berjalan sesuai dengan aturan penggunaan ADD
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT EFEKTIVITAS PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN TERHADAP TARGET DAN REALISASI PENDAPATAN SEKTOR PAJAK DI KELURAHAN RITE KOTA BIMA jasman jasman; Ida Mawadah; Buana Bima Fikri
Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi Vol 3 No 2 (2020): Jurnal PenKomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.907 KB) | DOI: 10.33627/pk.v3i2.390

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor penghambat efektivitas penerimaan pajak bumi dan bangunan terhadap realisasi target pendapatan sektor pajak di Kelurahan Rite Kota Bima. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh informasi adalah menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel sistematis dan sampel kuota. Sampel sistematis didasarkan pada wilayah (RW/RT) yang dipilih secara acak. Sampel wilayah (RW) ditentukan 50%, demikian pula untuk RT. Setelah ditemukan sampel wilayah, ditentukan sampel wajib pajak secara kuota yaitu masing-masing 5 orang wajib pajak dari setiap RT. Dengan demikian seluruh jumlah sampel adalah sebanyak 40 orang. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, angket dan pencatatan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis statistik, yaitu dengan menggunakan perhitungan persentase untuk menggambarkan faktor-faktor hambatan penerimaan PBB dan realisasi dan target pendapatan sektor pajak, di mana persentase dikategorikan dengan skala; 75%-100% (kategori tinggi), 50%-75% (kategori sedang), < 25% (kategori rendah). Hasil penelitian mengungkapkan terdapat beberapa faktor hambatan penerimaan PBB. Beberapa faktor dimaksud antara lain: (1) faktor pemerintah/perundang-undangan, (2) faktor objek pajak, (3) faktor wajib pajak, dan (4) faktor petugas pemungut pajak. Besarnya ketetapan dari pemerintah mengenai target pendapatan sektor pajak bumi dan bangunan dari tahun 2008 hingga tahun 2010 diharapkan meningkat, akan tetapi dalam realisasinya hanya tahun 2008 dan tahun 2009 saja yang mencapai target prosentase tinggi sedangkan pada tahun 2010 mengalami penurunan penajaman target prosentase. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor luar yang datanya diperoleh dari hasil analisis kantor PBB diantaranya adalah disebabkan krisis ekonomi masyarakat, kenaikan BBM dan kebutuhan pokok. Dilihat dari faktor penghambat, diperoleh rata-rata hambatan sebesar 56,75% yang tergolong sedang, sedangkan dari gambaran realisasi target selama tiga tahun terakhir mencapai 82% yang tergolong tinggi. Dengan demikian faktor hambatan tidak terlalu berpengaruh terhadap target pendapatan sektor pajak di Kelurahan Rite.
PELAKSANAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU: STUDI FENOMENOLOGI Suaeb Suaeb; Muhdin Muhdin
Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi Vol 3 No 2 (2020): Jurnal PenKomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.279 KB) | DOI: 10.33627/pk.v3i2.392

Abstract

Supervisi pembelajaran pada dasarnya dilaksanakan dalam rangka meningkatkan profesionalitas guru sebagai agen pembelajaran. Pada prakteknya, pelaksanaan supervisi pembelajaran di sekolah belum memberi dampak yang signifikan terhadap peningkatan kinerja guru. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan supervisi pembelajaran dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA Negeri 3 Sape Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data penelitian meliputi data primer dan data sekunder. Informan penelitian adalah pengawas pendidikan, kepala sekolah, dan dewan guru. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara mendalam. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis kualitatif model interaktif Milles & Hubberman (2009), yaitu: reduksi data, display data, dan verifikasi data. Uji kredibilitas data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menemukan bahwa; (1) pelaksanaan supervisi pengembangan kemampuan akademik guru difokuskan pada tiga hal, yaitu: perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran. Aspek supervisi lebih banyak ditekankan pada administrasi guru, kemampuan guru melaksanakan pembelajaran, dan kemampuan guru dalam menilai kegiatan pembelajaran. Supervisi untuk peningkatan kemampuan inovatif guru dalam pembelajaran belum menjadi fokus pelaksanaan supervisi, termasuk pengembangan kemampuan guru dalam penelitian tindakan kelas; (2) teknik pelaksanaan supervisi pembelajaran lebih dominan dilakukan dengan teknik kunjungan kelas dan diskusi yang dilandasi oleh sikap keakraban; dan (3) perilaku supervisor dalam pelaksanaan supervisi pembelajaran ditunjukkan dengan adanya kepedulian terhadap pelaksanaan tugas guru, meskipun pada sisi yang lain pengawas dirasa kurang mampu dalam membantu memecahkan masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru.
ANALISIS TINGKAT KEMANDIRIAN KOPERASI MELALUI PENGELOLAAN MODAL PADA KOPERASI PEGAWAI NEGERI SIPIL (KPRI) OBOR KOTA BIMA TAHUN 2016-2019 wahyuni wahyuni; Zainuddin Mukhsin; Mukhlis Mukhlis
Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi Vol 3 No 2 (2020): Jurnal PenKomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.185 KB) | DOI: 10.33627/pk.v3i2.393

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemandirian koperasi melalui pengelolaan modal pada Koperasi Pegawai Negeri Sipil (KPRI) OBOR Kota Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah pengurus koperasi sebanyak 5 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan menggunakan rumus likuiditas, solvabilitas, rasio Rentabilitas Ekonomi (RE). Dari hasil perhitungan diperoleh hasil yaitu rasio likuiditas pada KPRI OBOR Kota Bima yang menunjukan tingkat kemampuan untuk memenuhi kewajiban jangka pendeknya dengan membandingkan harta atau aktiva lancar dan hutang lancar. Tahun 2016 yaitu Rp. 12.676.106.473 (aktiva lancar) dan Rp. 2.814.718.704 (hutang lancar) diperoleh rasio likuiditas sebesar 4,50%, untuk tahun 2017 yaitu Rp. 12.612.400.014 (aktiva lancar) dan Rp. 1.938.480.350 (hutang lancar) diperoleh rasio likuiditas sebesar 6,51%, untuk tahun 2018 yaitu Rp. 13.568.250.172 (aktiva lancar) dan Rp. 1.498.623.500 (hutang lancar) diperoleh rasio likuiditas sebesar 9,05% dan untuk tahun 2019 sebesar Rp. 16.206.213.058 (aktiva lancar) dan Rp. 3.397.270.220 (hutang lancar) diperoleh rasio likuiditas sebesar 4,77%, yang artinya dari rasio likuiditas KPRI OBOR didalam kemampuannya untuk memenuhi kewajiban finansialnya segera harus dipenuhi, dikategorikan sangat baik karena hasil perhitungan rasio likuiditas kurang dari nilai standar yantu sebesar 125%. Sedangkan rasio solvabilitas yang dicapai KPRI OBOR Kota Bima dengan membandingkan antara jumlah aktiva dengan jumlah hutang. Untuk tahun 2016 yaitu Rp. 13.050.928.201 (jumlah aktiva) dan Rp. 2.814.718.704 (jumlah hutang) atau mencapai 4,64%, untuk tahun 2017 yaitu Rp. 12.982.967.677 (jumlah aktiva) dan Rp. 1.938.480.350 (jumlah hutang) atau mencapai 6,70%, untuk tahun 2018 yaitu Rp. 13.962.068.635 (jumlah aktiva) dan Rp. 1.498.623.500 (jumlah hutang) atau mencapai 9,32%, dan untuk tahun 2019 yaitu Rp. 16.530.498.878 (jumlah aktiva) dan Rp. 3.397.270.220 (jumlah hutang) atau mencapai 4,87% yang berarti tingkat kemampuan KPRI OBOR untuk membayar hutang-hutang jangka panjang, dikategorikan sangat efisien. Karena hasil perhitungan rasio solvabilitas lebih kecil dari nilai standar yang ditentukan sebesar 152%. Untuk hasil perhitungan rasio Rentabilitas Ekonomi pada tahun 2016 dengan nilai laba usaha Rp. 672.288.611 dan nilai modal usaha Rp. 9.861.385.769 mendapatkan rasio Rentabilitas Ekonomi (RE) sebesar 0,07%, untuk tahun 2017 dengan nilai laba usaha Rp. 740.823.771 dan nilai modal usaha Rp. 10.673.919.664 mendapatkan rasio Rentabilitas Ekonomi (RE) sebesar 0,07%, untuk tahun 2018 dengan nilai laba usaha Rp. 778.767.543 dan nilai modal usaha Rp. 12.069.626.672 mendapatkan rasio Rentabilitas Ekonomi (RE) sebesar 0,06%, dan untuk tahun 2019 dengan nilai laba usaha Rp. 638.266.519 dan nilai modal usaha Rp. 12.808.943.838 mendapatkan rasio Rentabilitas Ekonomi (RE) sebesar 0,05%.
PENGELOLAAN KAS YANG TEPAT UNTUK MENJAGA LIKUIDITAS PADA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) JAYA KOTA BIMA hartoyo hartoyo; Arsad Arsad
Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi Vol 3 No 2 (2020): Jurnal PenKomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (955.83 KB) | DOI: 10.33627/pk.v3i2.394

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan kas yang tepat untuk menjaga likuiditas pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) JAYA Kota Bima. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi dokumentasi. Informan kunci (key informan) adalah Ketua KPRI Jaya Kota Bima. Informan lain adalah pengurus dan pengawas KPRI Jaya Kota Bima. Informan keseluruhan berjumlah 6 (enam) orang. Hasil analisis data menunjukkan kemampuan koperasi dalam memenuhi kewajiban jangka pendek yang harus segera dipenuhi pada KPRI Jaya Kota Bima, selama empat tahun dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2019 terus terjadi peningkatan yaitu pada tahun 2016 tingkat perputaran kas koperasi sebesar 13,25 kali, tahun 2017 sebesar 29,87 kali, pada tahun 2018 sebesar 123,67 kali dan tahun 2019 sebesar 265,39 kali. Sedangkan tingkat rasio likuditas yang dicapai KPRI Jaya Kota Bima juga mengalami peningkatan dari tahun 2016-2019 yaitu pada tahun 2016 sebesar 14,19%, tahun 2017 sebesar 15,29%, tahun 2018 sebesar 18,61% dan tahun 2019 sebesar 22,59%. Hal tersebut menunjukkan bahwa pengelolaan kas pada KPRI Jaya Kota Bima mengalami peningkatan setiap tahunnya, yang diikuti pula dengan peningkatan rasio likuiditas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengelolaan kas untuk menjaga likuiditas pada KPRI Jaya Kota Bima sudah tepat.
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS3 PADA MATERI EKONOMI DI SMA NEGERI 3 KOTA BIMA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Sitaman Said; Azhar Azhar
Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi Vol 3 No 2 (2020): Jurnal PenKomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (861.113 KB) | DOI: 10.33627/pk.v3i2.397

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada materi ekonomi kelas XI IPS3 SMA Negeri 3 Kota Bima Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS3 SMA Negeri 3 Kota Bima Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 24 peserta didik. Prosedur penelitian meliputi tahap (a) perencanaan, (b) tindakan, (c) observasi, (d) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Hal ini terbukti kemampuan berpikir kritis peserta didik ditinjau dari segi aspek yaitu indikator-indikator berpikir kritis pada pra siklus 27,1%, siklus I 70,17%, dan siklus II 82,52% dan jika ditinjau dari segi individu pada pra siklus 16,13%, siklus I 70%, dan siklus II 85,48%. Hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata pra siklus 78,41 (persentase ketuntasan 71,88%), siklus I menjadi 82,67 (persentase ketuntasan 84,38%), dan siklus II menjadi 85,54 (persentase ketuntasan 93,75%).
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH MELALUI KEPUASAN PADA KOPERASI KREDIT PINTU AIR CABANG MAKASSAR Andi Musfirawati Nur; Ardiansyah Ali
Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi Vol 3 No 2 (2020): Jurnal PenKomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (548.538 KB) | DOI: 10.33627/pk.v3i2.399

Abstract

Peningkatan jumlah koperasi yang ada di kota Makassar menunjukan perkembangan yang signifikan, dimana hal ini akan sangat bergantung pada kualitas pelayanan yang mereka berikan kepada nasabah. Pada akhirnya pelayanan yang kurang memuaskan akan berdampak pada loyalitas nasabah atau bahkan beralih ke jasa layanan lainnya yang lebih baik. Masalah dalam penelitian ini adalah performa layanan yang diberikan kepada nasabah dalam bertransaksi di Koperasi Kredit Pintu Air Cabang Makassar, dimana pelayanan cenderung kurang memuaskan bagi sebagian pelanggan mereka. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana gambaran kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan pada Koperasi Kredit pintu air cabang Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, kuisoner dan telaah dokumen, di mana analisis data menggunakan path analysis untuk mengetahui hubungan antar variabel. Dari hasil penelitian, diperoleh bahwa kualitas pelayanan yang di berikan kepada nasabah tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat loyalitas nasabah ketika bertransaksi, akan tetapi loyalitas nasabah dapat berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan jika kepuasan nasabah terpenuhi.
PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KEPENDUDUKAN TERHADAP PEMBANGUNAN EKONOMI DI KOTA BIMA Burhanuddin Burhanuddin; Ahmad Sandi; Dewi Ratna Muchlisa Mandyara
Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi Vol 3 No 2 (2020): Jurnal PenKomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (679.699 KB) | DOI: 10.33627/pk.v3i2.400

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor kependudukan terhadap pembangunan ekonomi di Kota Bima. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan menggunakan data time series selama kurun waktu 2015-2019. Berdasarkan analisis data dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Variabel pertumbuhan penduduk berpengaruh signifikan dan berhubungan positif terhadap pembangunan ekonomi di Kota Bima. (2) Variabel tenaga kerja berpengaruh signifikan dan berhubungan positif terhadap pembangunan ekonomi di Kota Bima. (3) Variabel rasio beban tanggungan tidak berpengaruh signifikan dan berhubungan positif terhadap pembangunan ekonomi di Kota Bima. Hal ini disebabkan oleh penduduk usia belum produktif terlibat dalam pembangunan ekonomi dengan bekerja dan mendapatkan pendapatan di Kota Bima, tingkat kematian alamiah penduduk usia tidak produktif tinggi, serta banyaknya migrasi permanen yang rata-rata usia kerja di Kota Bima. (4) Variabel rasio jenis kelamin berpengaruh signifikan dan berhubungan positif terhadap pembangunan ekonomi di Kota Bima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh jenis kelamin terhadap produktivitas tenaga kerja yang dimana variabel jenis kelamin berpengaruh positif terhadap produktifitas tenaga kerja. Yang dimana produktivitas tenaga kerja merupakan salah satu indikator penting dalam menentukan arah pembangunan, merupakan alat untuk mengetahui struktur ekonomi suatu wilayah; dan (5). Variabel pertumbuhan penduduk, tenaga kerja, rasio beban tanggungan dan rasio jenis kelamin berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap pembangunan ekonomi di Kota Bima.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN CUSTOMER SERVICE TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA UNIT DOPING SENGKANG PROVINSI SULAWESI SELATAN Abdul Hafid Ibadurrahman
Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi Vol 3 No 2 (2020): Jurnal PenKomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (648.231 KB) | DOI: 10.33627/pk.v3i2.403

Abstract

Kualitas pelayanan yang diberikan akan sangat mempengaruhi kepuasan dari nasabah, semakin baik layanan yang diberikan maka semakin besar pula kemungkinan nasabah merasakan kepuasan atas layanan yang diberikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelayanan customer service pada nasabah Bank Rakyat Indonesia Unit Doping Sengkang Provinsi Sulawesi Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Frontline officer pada Kantor Bank Rakyat Indonesia Unit Doping Sengkang Provinsi Sulawesi Selatan sebanyak 108 dan sampel sebanyak 47 orang. Analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan koefisien determinasi (Adjusted R square) adalah 0,673 yang mengandung pengertian bahwa kualitas layanan customer berpengaruh sebesar 67,3% terhadap kepuasan nasabah. Sedangkan sisanya sebesar 33,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Tingkat signifikan dari kualitas layanan customer adalah 0,00 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari variabel kualitas layanan customer service terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Doping Sengkang Provinsi Sulawesi Selatan. Dengan Demikian Ha diterima dan Ho ditolak.

Page 1 of 1 | Total Record : 10