Jurnal Widya
Ruang Lingkup (Scope); Penelitian yang dapat di yang dapat dimuat/diterbitkan pada jurnal Widya ini diutamakan bidang Teknologi Informasi, Bidang Ilmu Komputer, Bidang Informatika, Bidang Rekayasa Perangkat Lunak, Bidang Sistem Informasi, Bidang Sistem Komputer, Bidang Teknik Komputer, Teknik Perangkat Lunak, Bidang Data Sains, Bidang Ilmu Manajemen, Bidang Ekonomi & Sains, Bidang Bisnis & Informasi. Fokus (Focus) ; Bidang Penelitian dan kajian yang dapat dipublikasikan pada JURNAL WIDYA ialah : Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Basis Data, Aplikasi Interaktif, Multimedia, Ilmu Komputer, Fuzzy Logic, Jaringan Saraf Tiruan, Kecerdasan Buatan, Sistem Kecerdasan, Big Data, Sistem Informasi Enterprise, Rekayasa Sistem, Ekonomi & Sains, Manajemen & Bisnis, Digital Bisnis, E-commerce, Teknik Komputer, Sistem Komputer, Arsitektur Komputer, Jaringan Komputer, Soft Computing, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Komputer, Internet of Thing, Sistem Pakar, Program Aplikasi, Database Management Ssytem, Supply Chain Management,
Articles
5 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 6 No. 1 (2025): Jurnal Widya (April 2025)"
:
5 Documents
clear
PENGARUH PEMAHAMAN AKUNTANSI, SOSIALISASI SAK EMKM DAN PERSEPSI PELAKU UMKM TERHADAP PENERAPAN SAK EMKM
Khoirunnisa, Nabila;
Kosadi, Ferry
JURNAL WIDYA Vol. 6 No. 1 (2025): Jurnal Widya (April 2025)
Publisher : Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Loka Medan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54593/awl.v6i1.442
This study aims to analyze the effect of accounting understanding, socialization of SAK EMKM, and perceptions of MSME actors on the application of SAK EMKM in MSMEs in Coblong District, Bandung City. The research method used is quantitative method with data collection techniques using a questionnaire. The population in this study were MSME players operating in the Coblong District area of Bandung City, totaling 98 business units, with sampling techniques using Non-Probability Sampling through a saturated sampling approach. Data analysis techniques using multiple linear regression analysis. The results showed that: (1) Accounting understanding has a significant positive effect on the application of SAK EMKM with a regression coefficient of 0.453; (2) Socialization of SAK EMKM has a significant positive effect on the application of SAK EMKM with a regression coefficient of 0.747; (3) Perceptions of MSME actors have a significant positive effect on the application of SAK EMKM with a regression coefficient of 0.360. Simultaneously, the three independent variables have a significant effect on the application of SAK EMKM with an R Square value of 0.878 or 87.8%.
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI MULTI LAYER PERCEPTRON UNTUK IDENTIFIKASI TANDA TANGAN: Design and Implementatio of Multilayer Perceptron for signature identification
Sitinjak, Nandri Marsan;
Khairat, Fastabiqul;
Ikorasaki, Frans;
Hasibuan, May Fitriana;
Batubara, Rini Oktari
JURNAL WIDYA Vol. 6 No. 1 (2025): Jurnal Widya (April 2025)
Publisher : Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Loka Medan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54593/awl.v6i1.143
Tanda Tangan merupakan salah satu bukti pengesahan lembar dokumen yang sering digunakan. Penting nya mengenal bentuk tanda tangan seseorang diperlukan melakukan verifikasi terhadap dokumen apakah benar yang memberikan tanda tangan adalah orang yang bersangkutan atau orang lain. Pada Penelitian ini, penulis mendesain sistem identifikasi tanda tangan dengan fitur yang digunakan adalah nilai entropy yang akan diambil dari grid image (sub citra), suatu citra tanda tangan. Model Pengujian menggunakan multi layer perceptron dan cross validation dengan tiga ukuran piksel 4x4, dan dua jenis reprsentasi citar biner dan citra outline. Hasil pengujian adalah untuk hasil piksel 4x4 dan menggunakan citra outline, yaitu dengan tingkat akurasi yaitu 94%, nilai korelasi 0.95 dan nilai kappa 0.94.
DESIGN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI WEBSITE PENJUALAN KOPI BERBASIS WEB MENGGUNAKAN TEXT EDITOR VISUAL STUDIO CODE
Lubis, Mhd. Dicky Syahputra
JURNAL WIDYA Vol. 6 No. 1 (2025): Jurnal Widya (April 2025)
Publisher : Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Loka Medan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54593/awl.v6i1.144
Dalam era digital yang semakin berkembang, kebutuhan akan sistem informasi yang efektif dan efisien menjadi sangat penting bagi bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem informasi penjualan kopi berbasis web yang dapat membantu pengelolaan data penjualan, stok barang, dan interaksi dengan pelanggan. Sistem ini dikembangkan menggunakan Visual Studio Code sebagai lingkungan pengembangan utama, dengan memanfaatkan berbagai teknologi web seperti HTML, CSS, JavaScript, dan PHP untuk backend. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi yang user-friendly, mampu mengelola data secara real-time, dan dapat diakses dari berbagai perangkat. Implementasi sistem ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan dalam bisnis penjualan kopi.
IMPLEMENTASI EXPERT SYSTEM UNTUK DIAGNOSIS PENYAKIT TB PARU-PARU MENGGUNAKAN METODE CASE BASED REASONING MELALUI PENDEKATAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOR BERBASIS WEB
Panjaitan, Nurhikmah;
Sitinjak, Nandri Marsan;
Tambunan, James Ronald;
Sartika, Dewi;
Batubara, Rini Oktari
JURNAL WIDYA Vol. 6 No. 1 (2025): Jurnal Widya (April 2025)
Publisher : Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Loka Medan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54593/awl.v6i1.146
Perkembangan teknologi dizaman modern saat ini, dapat dikembangkan suatu sistem teknologi yang mampu mengadopsi proses dan cara berpikir manusia yaitu expert system yang mengandung pengetahuan pendekatan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligent, sehingga setiap orang dapat menggunakan nya untuk pemecahan masalah yang bersifat spesifik. Penyakit Tuberkulosis paru (TB Paru) merupakan penyakit yang memang harus dikenali dan diwaspadai sejak dini oleh setiap orang. Tuberkulosis paru (TB Paru) adalah suatu penyakit menular berbahaya yang disebabkan oleh kelompok Mycobacterium, yaitu Mycobacterium Tuberkulosis. Dalam hal ini adalah membangun sebuah sistem berbasis pengetahuan pakar dalam mendiagnosa panyakit tuberculosis paru. Menggunakan pemrograman PHP dengan database MySQL. Metode expert system yang digunakan adalah case based reasoning menggunakan pendekatan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligent yang menitik beratkan pemecahan masalah dengan didasarkan pada pengetahuan dari kasus-kasus sebelumnya. Sementara pendekatan yang dipakai adalah Algoritma K-Nearest Neighbor, dimana pendekatan tersebut digunakan untuk menemukan kasus dengan cara menghitung kedekatan antara kasus yang baru dengan kasus yang lama. Dengan fasilitas yang diberikan untuk user dan pakar, memungkinkan baik user maupun pakar untuk menggunakan sistem ini sesuai kebutuhannya masing-masing. Pasien/Pengguna diberi kemudahan dalam mengetahui informasi penyakit tuberculosis paru dengan gejala-gejala klinisnya, serta konsultasi layaknya dengan seorang dokter/pakar melalui beberapa pertanyaan yang harus dijawab user untuk mengetahui hasil diagnosanya. Sedangkan pakar dimudahkan dalam memanajemen sistem, baik proses tambah, hapus maupun update data terbaru.
DESIGN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KULINER ONLINE BERBASIS APLIKASI MENGGUNAKAN FIGMA
Afni, Nurul;
Kartini, Siti Agus;
Sabila, Puji Chairu
JURNAL WIDYA Vol. 6 No. 1 (2025): Jurnal Widya (April 2025)
Publisher : Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Loka Medan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54593/awl.v6i1.452
Perkembangan teknologi digital telah mengubah cara konsumen berinteraksi dengan layanan kuliner, meningkatkan kebutuhan akan sistem informasi yang efisien dan mudah diakses. Dalam konteks ini, penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi kuliner online berbasis aplikasi dengan menggunakan alat desain Figma. Penelitian ini juga mengamati tantangan yang dihadapi penyedia layanan kuliner dalam mengelola data dan pesanan pelanggan secara efektif. Aplikasi ini juga akan menyediakan fitur-fitur seperti penilaian dan ulasan, pemilihan menu berdasarkan preferensi pengguna, serta pilihan pembayaran yang aman dan nyaman. Pembuatan desain UI/UX prototype aplikasi Kuliner online ini penulis memberikan solusi untuk merancang desain sebuah aplikasi Kuliner online dengan UI/UX yang menarik, elegan dan minimalis dan serta kekinian sehingga menciptakan pengalaman pengguna yang menyenangkan, intuitif, dan efisien sangat penting untuk meningkatkan adopsi pengguna dan mempertahankan kepuasan mereka. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah prototipe aplikasi kuliner online yang dirancang untuk memudahkan konsumen dalam mencari dan memesan makanan, serta membantu penyedia layanan dalam mengelola pesanan dan data dengan lebih efisien. Diharapkan bahwa implementasi sistem informasi ini dapat memberikan solusi yang efektif terhadap permasalahan yang dihadapi dalam industri kuliner online.