cover
Contact Name
idham khaliq
Contact Email
idhamkhaliq.id@gmail.com
Phone
+628117423418
Journal Mail Official
idham@man.feb.uncen.ac.id
Editorial Address
Gedung D FEB Kampus Waena Perumnas III Jayapura - Papua » Tel / fax : +6281289133955
Location
Kota jayapura,
P a p u a
INDONESIA
Jurnal Manajemen Dan Bisnis
ISSN : 26150425     EISSN : 26227142     DOI : 10.55264
The journal includes various fields of pharmaceuticals sciences such as: Strategic Management Corporate Financial Management Regional Financial Management Human Resource Management Marketing Management Administrative Management Banking Risk Management and Insurance Management information System Entrepreneurship Business Ethics Management Accounting Cooperation management.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2022)" : 5 Documents clear
Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Melalui Portal Akademik Universitas Cenderawasih Pada Masa Pandemi Covid-19 Yasir Attamimi; Chrisostommi W. Tuhumena; Jack Henry Syauta
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 6, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55264/jumabis.v6i2.91

Abstract

Kehadiran sistem informasi digital membawa banyak kemudahan bagi sivitas akademika Universitas Cenderawasih. Terutama dalam hal meningkatkan kualitas layanan akademik, Universitas Cenderawasih telah menggunakan sebuah system informasi yang berfungsi sebagai integrator informasi akademik yang ada diberbagai unit akademik (program studi/fakultas). Akan tetapi, beberapa waktu belakangan ini, keluhan terkait masalah portal akademik Universitas Cenderawasih semakin gencar, terutama dari kalangan mahasiswa sebagai pengguna di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan (gaptek) mengenai pemanfaatan teknologi informasi ini oleh sejumlah mahasiswa pengguna. Berdasarkan kondisi tersebut, peneliti merasa perlu melakukan penelitian untuk mengidentifikasi tingkat kepuasan mahasiswa pengguna Portal Akademik di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Cenderawasih. Berdasarkan hasil pengujian chi square diketahui bahwa nilai  hitung adalah sebesar 24,30 sedangkan Tabel adalah sebesar 15,507 artinya  hitung   Tabel, maka hal ini menunjukan bahwa dimensi usability, information quality dan service interaction quality memiliki hubungan terhadap kepuasan pengguna layanan akademik melalui portal akademik Universitas Cenderawasih. Serta berdasarkan hasil pengukuran tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik melalui portal akademik Universitas Cenderawasih pada masa pandemi covid-19 diketahui bahwa  variabel usability, variabel information quality dan variabel service interaction quality memiliki rata-rata skor jawaban responden adalah sebesar 4,01%, 4,00% dan 4,09% yang artinya mahasiswa merasa puas terhadap pelayanan akademik melalui portal akademik Universitas Cenderawasih pada masa pandemi COVID-19 jika di tinjau dari ketiga variabel tersebut.
Pengaruh Profitabilitas Terhadap Harga Saham Perusahaan Kosmetik Dan Barang Keperluan Rumah Tangga Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Inka Afala Wijaya; Aprianto La’lang Kuddy
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 6, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55264/jumabis.v6i2.85

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas yang diukur dengan ketiga rasio yaitu, Return On Asset (ROA), Retrun On Equity (ROE), dan Net Profit Margin (NPM) terhadap harga saham baik secara parsial maupun simultan. Objek penelitian dilakukan pada perusahaan Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah Tangga Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2018-2020 yang berjumlah 6 perusahaan. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder dengan teknik pengumpulan data yaitu Studi Kepustakaan dan Teknik Dokumentasi. Kemudian di analisis menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F dan uji hipotesis menggunakan uji t untuk menguji koefisien regresi persial serta, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Return On Asset, Return On Equity dan Net Profit Margin berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham. Dan variabel Return On Asset, Return On Equity dan Net Profit Margin secara simultan berpengaruh terhadap Harga Saham.
Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan Pengusaha Kecil Asli Papua Di Kota Jayapura Ridho Achyatul Havitz; Hesti Murwaniputri
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 6, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55264/jumabis.v6i2.86

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh literasi keuangan terhadap pengelolaan keuangan pengusaha kecil Asli Papua di Kota Jayapura. Jenis data pada penelitian ini adalah data primer dengan penyebaran kuisioner kepada 92 responden pengusaha kecil Asli Papua di Kota Jayapura yang terdaftar pada Kantor Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kota Jayapura. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Uji kualitas data menggunakan uji validitas dan uji realibilitas serta uji hipotesis menggunakan R2, uji t dan uji F. Hasil uji t menemukan bahwa literasi keuangan mengenai pengetahuan keuangan dasar, simpanan dan kredit serta investasi berpengaruh signifikan terhadap pengelolaankeuangan pengusaha kecil Asli Papua, sedangkan literasi keuangan mengenai asuransi tidak berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan pengusaha kecil Asli Papua di Kota Jayapura. Hasil uji F menemukan bahwa literasi keuangan mengenai pengetahuan keuangan dasar, simpanan dan kredit, investasi serta asuransi berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan pengusaha kecil Asli Papua di Kota Jayapura.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Harga Tiket Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimesdiasi Kepuasan Pelanggan Transportasi Darat Perum Damri Segmen AKDP Durosidin Dramayu
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 6, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55264/jumabis.v6i2.89

Abstract

Loyalitas pelanggan berperan penting dalam mendatangkan pendapatan bagi perusahaan. Pelanggan yang loyal akan memberi banyak manfaat dan keuntungan bagi perusahaan. Meskipun begitu, terkadang pelanggan dapat beralih ke produk atau jasa yang lain meskipun mereka memperoleh kepuasan. Terkait hal tersebut, maka peran kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan, harga, dan lokasi sangat menentukan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menguji dan menganalisis pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan; 2) menguji dan menganalisis pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan; 3) menguji dan menganalisis pengaruh Lokasi terhadap kepuasan pelangan; 4) menguji dan menganalisis pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan baik langsung maupun melalui kepuasan pelanggan; 5) menguji dan menganalisis pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan baik langsung maupun melalui kepuasan pelanggan jasa; 6) menguji dan menganalisis pengaruh lokasi terhadap kepuasan pelangan baik langsung maupun melalui kepuasan; 7) menguji dan menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Unit sampel pada penelitian ini adalah pengguna jasa transportasi Perum Damri Jayapura. Responden penelitian berjumlah 270 orang, diambil dengan menggunakan metode proporsional non random sampling dengan teknik convinience. Analisis data kuantitatif menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan program Analysis Moment Structures (AMOS) versi 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan; 2) Harga berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan; 3) Lokasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan; 4) Kualitas pelayanan  berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas pelanggan, baik langsung maupun tidak langsung melalui kepuasan pelanggan; 5) Harga  berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas pelanggan, baik langsung maupun tidak langsung melalui kepuasan pelanggan; 6) Lokasi  berpengaruh tidak signifikan dan positif terhadap loyalitas pelanggan, baik langsung maupun tidak langsung melalui kepuasan pelanggan; 7) Kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas pelanggan.
Membangun Identitas Masyarakat Papua Dalam Kerangka Sustainable Development Goal’s Melalui Peningkatan Literasi Keuangan Dan Literasi Finansial Tekhnologi Terhadap Peningkatan Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Quinci Fransiska
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 6, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Cenderawasih

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55264/jumabis.v6i2.90

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan review literatur terkait literasi keuangan dan literasi tekhnologi keuangan dalam kerangka SDGs dalam membangun identitas masyarakat Papua dalam konteks IT 4.0 terhadap kinerja UMKM.Teknik analisis data yang digunakan adalah studi literatur. Hasil studi literatur menunjukan bahwa literasi keuangan dan literasi tekhnologi keuangan berpengaruh terhadap penguatan ekonomi dalam kerangka SDGs melalui kinerja UMKM.

Page 1 of 1 | Total Record : 5