cover
Contact Name
Siti Aisyah
Contact Email
siti.aisy@gmail.com
Phone
+6287823177983
Journal Mail Official
edusentris_sps@upi.edu
Editorial Address
Pusat Pengembangan dan Publikasi Karya Ilmiah (P3KI) Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia Jalan Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung 40154 Jawa Barat - INDONESIA
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
ISSN : 23560703     EISSN : 24422592     DOI : DOI: https://doi.org/10.17509/edusentris
Core Subject : Education,
Edusentris, the Journal of Teaching and Education Studies, is published by Center for Development and Publication of Scientific Work, School of Postgraduate Studies, Universitas Pendidikan Indonesia, on March, July and December. It aims to stimulate research, encourage academic exchange, and enhance the professional development for theoretical and practical purposes of scholars and other researchers who are interested in: educational and instructional issues; teaching; schooling; formal and non-formal education; higher and vocational education; educational policies; life-long education.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2018): Maret" : 5 Documents clear
PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET C Muhammad Ibrahim
Edusentris Vol 5, No 1 (2018): Maret
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.203 KB) | DOI: 10.17509/edusentris.v5i1.291

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil perubahan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran yang diperkaya dengan media audio visual serta dampaknya terhadap hasil belajar peserta didik Paket C setara Kelas X di Desa Inrello Kecamatan Keera Kabupaten Wajo melalui pemanfaatan media audio visual. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam melakukan upaya perbaikan kualitas pembelajaran di kelas. Data motivasi dikumpulkan melalui lembar observasi, sedangkan hasil belajar siswa diukur menggunakan tes penguasan konsep. Data penilitian diolah menggunakan statistik deskriptif untuk mengetahui kategori pencapaian motivasi dan hasil belajar peserta didik pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar peserta didik pada setiap siklus pembelajaran sebagai dampak dari meningkatnya motivasi belajar peserta didik. Data hasil belajar peserta didik dimana pada siklus I penggunaan media nilai rata-rata peserta didik berada pada kategori cukup bahkan masih ada pada kategori kurang kemudian dilakukan pada siklus II yang nilai rata-rata peserta didik sudah mulai meningkat berada pada kategori baik dan tidak ada lagi yang berada pada kategori kurang. Berdasarkan temuan penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media audio visual ini dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang berdampak pada meningkatkan hasil belajar peserta didik.
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL (WAYANG) TERHADAP TINGKAT DISIPLIN ANAK USIA DINI Daboti, Angraini; Agustin, Mubiar
Edusentris Vol 5, No 1 (2018): Maret
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.619 KB) | DOI: 10.17509/edusentris.v5i1.292

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektifitas metode bercerita dengan menggunakan media audio visual (wayang) dalam meningkatkan sikap disiplin anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen, dengan pretest-postest control group design yang dilaksanakan di dua TK kelompok B dengan jumlah subjek penelitian keseluruhan 40 anak dengan kelompok eksperimen berjumlah 20 anak dan kelompok kontrol berjumlah 20 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap disiplin awal anak umumnya memiliki kategori sedang, dan sisanya berkategori rendah. Setelah pemberian metode bercerita dengan meggunakan media audio visual (wayang), ditemukan peningkatan disiplin anak secara signifikan yang dibuktikan dengan kategori sikap disiplin anak berada dikategori tinggi dan sedang. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode bercerita dengan media audio visual (wayang) dapat dijadikan sebagai suatu media dalam mengembangkan sikap disiplin anak.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF EFFICACY MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH Rika Krismayanti; Utari Sumarmo; Rippi Maya
Edusentris Vol 5, No 1 (2018): Maret
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (578.192 KB) | DOI: 10.17509/edusentris.v5i1.293

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematika dan self efficacy siswa melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dengan disain pretes-postes dengan kelompok kontrol. Kemampuan memecahkan masalah matematika (KMMM) dari 51 siswa SMP kelas VIII diukur dengan menggunakan instrumen tes pemecahan masalah matematika. Adapun peningkatan self efficacy siswa dievaluasi dengan menggunakan tes skala self efficacy. Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran berbasis masalah dievaluasi dengan menggunakan angket. Hasil penelitian menemukan bahwa capaian KMMM siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari pada siswa yang mendapat pembelajaran biasa. Namun tidak terdapat perbedaan nyata self efficacy siswa pada kedua kelas penelitian. Tidak ditemukan keterkaitan antara kemampuan pemecahanan masalah matematik dan self efficacy siswa. Respon positif siswa terhadap pembelajaran menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat membantu memotivasi siswa serta meningkatkan KMMM siswa.
PENGEMBANGAN KIT PRAKTIKUM DIFRAKSI DAN INTERFERENSI CAHAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS Asep Setiawan; Indarini Dwi Pursitasari; Hendardi Hardhienata
Edusentris Vol 5, No 1 (2018): Maret
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.507 KB) | DOI: 10.17509/edusentris.v5i1.289

Abstract

This study aims to develop diffraction and light interference practicum kits to improve the mastery of concepts and students' critical thinking skills. The research method begins with needs analysis, design, expert validation, testing to students, and application of practicum kits in learning. The instruments used were expert validation sheets, concept mastery tests and critical thinking skills, observation sheets of teacher and student activities, and student response questionnaires. The results of the study showed the validator's assessment for the content validity aspect and construct validity practicum kit was 91.3%. As well as the N-gain from the initial test and the final test mastery of the concept of 42% (sufficient category) and critical thinking ability by 45% (sufficient category). Inferential statistical test results show that there were significant differences between the initial test scores and the final test of mastery of concepts and critical thinking skills. This result was supported by student response questionnaire after learning with an assessment of 97.3%.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN BERMAIN BOLAVOLI DALAM PENDIDIKAN JASMANI Riki Ramadhan; Amung Ma’mun; Agus Mahendra
Edusentris Vol 5, No 1 (2018): Maret
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/edusentris.v5i1.290

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan keterampilan bermain bolavoli antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan rendah dengan menggunakan model pembelajaran Personalized System for Instruction dan model pembelajaran Direct Instruction. Selain itu, penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap keterampilan bermain bolavoli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Teknik pengumpulan data motivasi belajar siswa menggunakan kuisioner, sementara data keterampilan bermain bolavoli siswa menggunakan tes kinerja. Data dianalisis menggunakan uji anova dua jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK swasta di Indramayu sebanyak 68 orang dengan sampel sebanyak 40 orang. Jumlah sampel ditentukan menggunakan rumus Taro Yamane dan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan bermain bolavoli antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan rendah dengan menggunakan model pembelajaran Personalized System for Instruction dan model pembelajaran Direct Instruction. Selain itu, terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap keterampilan bermain bolavoli.

Page 1 of 1 | Total Record : 5