cover
Contact Name
Siti Aisyah
Contact Email
siti.aisy@gmail.com
Phone
+6287823177983
Journal Mail Official
edusentris_sps@upi.edu
Editorial Address
Pusat Pengembangan dan Publikasi Karya Ilmiah (P3KI) Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia Jalan Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung 40154 Jawa Barat - INDONESIA
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Edusentris: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran
ISSN : 23560703     EISSN : 24422592     DOI : DOI: https://doi.org/10.17509/edusentris
Core Subject : Education,
Edusentris, the Journal of Teaching and Education Studies, is published by Center for Development and Publication of Scientific Work, School of Postgraduate Studies, Universitas Pendidikan Indonesia, on March, July and December. It aims to stimulate research, encourage academic exchange, and enhance the professional development for theoretical and practical purposes of scholars and other researchers who are interested in: educational and instructional issues; teaching; schooling; formal and non-formal education; higher and vocational education; educational policies; life-long education.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 3 (2020)" : 5 Documents clear
PENGARUH METODE FIELD STUDY TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DALAM MENGANALISIS FENOMENA BANJIR ( Studi Kasus Di Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Pandeglang ) Fitri Nur Intan Sari
Edusentris Vol 7, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/edusentris.v7i3.313

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran seperti halnya geografi setidaknya diukur melalui perubahan tingkah laku atau penampilan dengan serangkaian kegiatan seperti membaca, mengamati, mendengarkan, dan meniru atau akan lebih baik jika subjek belajar itu mengalami atau melakukannya sendiri. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh metode field study terhadap kemampuan berfikir kritis siswa di SMA Negeri 6 Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunan meted field study terhadap kemampuan berfikir kritis siswa yang jika dilihat termasuk kedalam kategori tinggi. Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa yang ditandai dengan rendahnya siswa dalam mencapai nilai ketuntasan minimal dan rendahnya hasil nilai siswa yang dilihat berdasarkan indikator kritis siswa. Peneliti merekomendasikan kepada metode field study dapat menjadi pilihan dalam pengajaran geografi karena jika dilihat dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran ini mampu memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa.
PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING MODEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMK rohana spd
Edusentris Vol 7, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/edusentris.v7i3.380

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan representasi matematis siswa SMK yang diakibatkan oleh terbatasnya kesempatan siswa untuk menghadirkan representasinya sendiri. Hal ini tidak terlepas dari pembelajaran yang diikuti siswa yang umumnya masih konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji, mendeskripsikan, dan menganalisis peningkatan kemampuan representasi matematis siswa SMK melalui pembelajaran Inquiry Training Model. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK N Rajapolah tahun pelajaran 2017/2018, sedangkan sampel penelitian terdiri dari siswa kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan dan Otomotif-1 sebagai kelas eksperimen, dan dari siswa kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan dan Otomotif-2 sebagai kelas kontrol. Unit penelitian pada tiap kelas penelitian dikelompokkan berdasarkan kemampuan awal matematis (KAM) siswa, meliputi: KAM kategori tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran Inquiry Training Model lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Di samping itu, terdapat perbedaan peningkatan representasi matematis yang signifikan antara siswa yang memiliki KAM tinggi, KAM sedang, dan KAM rendah. Selain itu, tidak terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara faktor KAM dan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa SMK.
The effectiveness of investigation group learning model based on Marzano’s instructional framework in improving students’ higher order thinking skill Yeyen Suryani; Sapriya Sapriya; Elly Malihah; Kokom Komalasari
Edusentris Vol 7, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/edusentris.v7i3.394

Abstract

This study aims to analyze the effectiveness of investigation group learning model based on Marzano’s instructional framework in improving students’ higher order thinking skills. The method used in this study was a quasi-experimental method with the matching only control group pretest-posttest design. Here, the data were collected through observations, questionnaires, and tests. The tests consisting of limited and extensive tests aim to analyze the effectiveness of the investigation group learning model based on Marzano’s instructional framework in improving students’ higher order thinking skills. The results showed that the majority of students (>75%) have an increased level of higher order thinking skills (critical and creative thinking skills). It was proved by the results of statistical analysis where the sig. value < 0.05 and ttable > tcount. Thus, H0 is rejected meaning that there is a significant difference on students’ higher order thinking skills before and after applying the investigation group learning model based on Marzano’s instructional framework in the teaching and learning process. Then, if it is classified, the improvement of students’ critical and creative thinking skills is included into the medium category. Hence, it can be concluded that the investigation group learning model based on Marzano’s instructional framework is effective in improving students’ higher order thinking skills in social studies learning.
Kompetensi Guru TK di Kabupaten Sikka Ditinjau Dari Kualifikasi Akademik dan Masa Kerja Yohana Yuniati; Yohana Yuniati
Edusentris Vol 7, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/edusentris.v7i3.309

Abstract

Dalam menjadi seorang guru yang profesional, guru wajib memiliki empat kompetensi yaitu pedagogik, kepribadian, professional dan sosial. Untuk menilai seorang guru memiliki kompetensi atau tidak, pemerintah telah menerapkan Uji Kompetensi Guru (UKG) secara offline maupun online. Beberapa faktor diyakini turut menjadi faktor penentu dalam kompetensi guru, diantaranya adalah kualifikasi akademik dan masa kerja. Penelitian ini dilakukan untuk menelaah secara sistematis kompetensi guru yang ditinjau dari kualifikasi akademik dan masa kerja. Penelitian ini dilakukan di kabupaten Sikka, Nusa tenggara Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ExPost Facto. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Cluster random Sampling dengan jumlah keseluruhan guru adalah 383 orang. Pengambilan data menggunakan angket yang disebar pada 96 orang guru TK. Data yang diperoleh, dianalisis menggunakan uji nonparametric yaitu kruskall walis untuk mencari perbedaan kompetensi guru berdasarkan kualifikasi akademik dan korelasi spearman rank untuk mencari hubungan kompetensi guru dengan masa kerja. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan kompetensi guru berdasarkan kualifikasi akademik dan (2) tidak ada hubungan antara kompetensi dengan masa kerja.
Efektivitas Program Lifeskills-Vokasional di Purwakarta Terhadap Pengenalan Potensi Wilayah Rega Ginanjar Rosmika
Edusentris Vol 7, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/edusentris.v7i3.311

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada pentingnya pengenalan potensi wilayah setempat oleh peserta didik untuk mengatasi masalah pengangguran pasca peserta didik menyelesaikan Pendidikan dasar. Masalah yang diangkat adalah berjalannya program lifeskills di Kabupaten purwakarta dengan nama “tujuh poe atikan Purwakarta istimewa” salah satu program didalammnya adalah vokasional, dimana peserta didik ikut serta dalam pekerjaan orang tua, yang dinilai dapat membantu peserta didk dalam mengenal potensi wilayah setempat.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas program lifeskills-vokasional dalam mengenal potensi wilayah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Hasil uji hipotesis pada masalah yang diajukan adalah terdapatnya efektivitas program lifeskills-vokasional yang dilaksanakan terhadap pengenlan potensi wilayah setempat.Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa program lifeskills-vokasional yang dilaksanakan efektiv bagi peserta didik dalam mengenal potensi wilayah daerah setempat.

Page 1 of 1 | Total Record : 5