cover
Contact Name
Said Fachry Assagaf
Contact Email
said.fachry.assagaf@unm.ac.id
Phone
+6281355595187
Journal Mail Official
said.fachry.assagaf@unm.ac.id
Editorial Address
Unit Publikasi Jurusan Matematika, Gd FG Lantai 2, FMIPA UNM
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Issues in Mathematics Education (IMED)
ISSN : -     EISSN : 26858592     DOI : https://dx.doi.org/10.35580/imed
Core Subject : Education,
Journal of IMED presents new ideas, developments, and innovations in mathematics education. It involves attempts to enhance teaching and learning mathematics in the classroom at all levels. It deals with educational articles from research, recent issues, and literature reviews. All paper related to mathematics education are welcome.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2020): Maret" : 10 Documents clear
Komparasi Pemahaman Konsep Siswa yang Diajar dengan Metode Mind Mapping dan Metode Guided Note Taking pada Kelas VIII SMP Ishaq Munajah; Ilham Minggi; Ahmad Talib
Issues in Mathematics Education (IMED) Vol 4, No 1 (2020): Maret
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (727.443 KB) | DOI: 10.35580/imed15295

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematika antara siswa yang diajarkan menggunakan metode Mind Mapping dan metode Guided Note Taking. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen lembar observasi dan tes pemahaman konsep, dan. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara peningkatan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Mind Mapping dan siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Guided Note Taking pada kelas VIII. Kata Kunci: Mind Mapping, Guided Note Taking, Instrumen Tes Pemahaman Konsep, Lembar Observasi, dan Pemahaman Konsep This study was an experimental study involving two treated groups. This study aims to find out a differences in understanding of mathematical concepts between students taught using the Mind Mapping method and the Guided Note Taking method. The study sample consisted of two classes selected using the cluster random sampling technique . Data collection is done by using observation sheets and concept understanding test instruments. Data collected was analyzed descriptively and inferentially. The results showed that there are significant differences between increasing understanding of mathematical concepts of students taught by Mind Mapping learning methods and students taught using Guided Note Taking learning methods in class VIII. Keyword: Mind Mapping, Guided Note Taking, Concept Understanding Test Instruments, Observation Sheets and Concept Understanding.
Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Tri Saum Ramdani Ahmad; Hamzah Upu; Nurdin Arsyad
Issues in Mathematics Education (IMED) Vol 4, No 1 (2020): Maret
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.249 KB) | DOI: 10.35580/imed15285

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA. Pengambilan subjek dilakukan dengan memberikan tes kemampuan awal kepada siswa yang kemudian dari hasil tersebut dipilih 4 subjek penelitian berdasarkan kategori yang ada. Instrumen yang digunakan adalah, tes tertulis kemampuan komunikasi matematis pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan komunikasi tertulis subjek penelitian baik pada indikator kemampuan dalam menuliskan informasi yang terdapat dalam soal dan menentukan tujuan utama yang akan dicapai. Akan tetapi subjek penelitian lemah dalam kemampuan meuliskan operasi matematika sesuai dengan maksud soal, menggunakan gambar ataupun notasi ilmiah dalam menyelesaikan masalah, menyajikan representasi menyeluruh terhadap konsep yang digunakan serta menuliskan kesimpulan jawaban kedalam bahasa sehari-hari. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan tentang kemampuan komunikasi matematis siswa SMA baik secara lisan ataupun tulisan pada materi khususnya dalam mengerjakan soal kontekstual sehingga dalam proses pembelajaran siswa mampu meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa matematika. Kata Kunci: Komunikasi matematis, masalah kontekstual This study aims to determine the description of the mathematical communication ability of students in solving a contextual problem . This type of research is descriptive research using a qualitative approach. The subject of this research are students of class XII. Retrieval of the subject is performed by providing a test of the initial ability on to students then from the results of the test selected 4 subjects based on existing categories. The instrument used are written mathematical communication ability test and interview guidelines. The results showed the ability of written communication of research subject are writing information contained in the questions and define the main objectives to be achieved. But the subject are weak in the ability meuliskan mathematical operations in accordance with the purpose of questions, use of pictures or scientific notation in solving a problem, presenting a representation of the entire to the concept that is used and write a conclusion answer into daily language. The results of this study are expected to add insight about the mathematical communication ability, especially in working on contextual so that in the process of learning students are able to improve the ability to communicate in the language of mathematics. Keywords: Mathematical communication, contextual problems
Deskripsi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI IPA SMA dalam Menyelesaikan Soal Program Linear ditinjau dari Kecerdasan Adversitas dan Efikasi Diri Juwita Sari; N. Nasrullah; Usman Mulbar
Issues in Mathematics Education (IMED) Vol 4, No 1 (2020): Maret
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (634.561 KB) | DOI: 10.35580/imed15291

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum kecerdasan adversitas dan efikasi diri siswa kelas XI IPA SMA dan mengetahui bagaimana deskripsi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam menyelesaikan soal program linear ditinjau dari kecerdasan adversitas dan efikasi diri. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan mixed method. Subjek penelitian sebanyak 4 siswa, yaitu 1 siswa dengan kecerdasan adversitas tipe climbers-efikasi diri tinggi, 1 siswa dengan kecerdasan adversitas tipe climbers-efikasi diri rendah, 1 siswa dengan kecerdasan adversitas tipe campers-efikasi diri tinggi, dan 1 siswa dengan kecerdasan adversitas tipe campers-efikasi diri rendah. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri atas angket ARP (Adversity Response Profile), angket efikasi diri, soal tes kemampuan berpikir tingkat tinggi materi program linear, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sebagian besar siswa (70%) memiliki tingkat efikasi diri yang tinggi. (2) Sebagian besar siswa (86,5%) memiliki kecerdasan adversitas tipe campers. (3) Siswa dengan kecerdasan adversitas tipe climbers-efikasi diri tinggi mampu memenuhi ketiga indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi. (4) Siswa dengan kecerdasan adversitas tipe climbers-efikasi diri rendah hanya mampu memenuhi dua indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi, yaitu menganalisis dan mengevaluasi. (5) Siswa dengan kecerdasan adversitas tipe campers-efikasi diri tinggi hanya mampu memenuhi dua indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi, yaitu menganalisis dan mengevaluasi. (6) Siswa dengan kecerdasan adversitas tipe campers-efikasi diri rendah tidak mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir, Berpikir Tingkat Tinggi, Program Linear, Kecerdasan Adversitas, Efikasi Diri The aim of this research is to determine the general description of students' adversity quotient and self-efficacy from grade XI IPA and finding out how the description of students higher order thinking skills in solving linear program problems viewed from students’ adversity quotient and self-efficacy. The type of this research is descriptive research with mixed method approach. The subjects of this research were 4 students, those are 1 students has high self-efficacy-climbers, 1 students has low self-efficacy-climbers, 1 students has high self-efficacy-campers, and 1 students has low self-efficacy-campers. The research instrument used consist of ARP questionnaire (Adversity Response Profile), self-efficacy questionnaire, higher order thinking skills test of linear program and interview guidelines. The results of the research showed that: (1) The most of students (70%) had high self-efficacy. (2) The most of students (86,5%) had campers adversity quotient. (3) Students who had high self-efficacy-climbers was able to fulfill three indicators of higher order thinking skills. (4) Students who had low self-efficacy-climbers was able to fulfill two indicators of higher order thinking skills, i.e analyzing and evaluating. (5) Students who had high self-efficacy-campers was able to fulfill two indicators of higher order thinking skills, i.e analyzing and evaluating. (6) Students who had low self-efficacy-campers was not able to fulfill all indicators of higher order thinking skills. Keywords: Thinking Skills, Higher Order Thinking, Linear Program, Adversity Quotient, Self-Efficacy.
Pengaruh Keaktifan Belajar, Kemandirian Dan Kreativitas Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Aisyah Hariyani Achmad; Muhammad Dinar; B. Bernard
Issues in Mathematics Education (IMED) Vol 4, No 1 (2020): Maret
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.775 KB) | DOI: 10.35580/imed15287

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara keaktifan belajar, kemandirian dan kreativitas terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP. Sampel dipilih secara acak dari populasi sebanyak tiga kelas dari sembilan kelas. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes prestasi belajar. Data tersebut dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif diperoleh (1) Prestasi belajar matematika siswa berada pada kategori tinggi, (2) Keaktifan belajar berada pada kategori tinggi, (3) Kemandirian belajar berada pada kategori tinggi, (4) Kreativitas belajar berada pada kategori rendah. Secara inferensial diperoleh (1) Terdapat pengaruh antara keaktifan belajar, kemandirian belajar dan kreativitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa, (2) Terdapat pengaruh signifikan antara keaktifan belajar terhadap prestasi belajar belajar matematika siswa dengan memperhatikan kemandirian belajar dan kreativitas belajar kelas, (3) Terdapat pengaruh signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar belajar matematika siswa dengan memperhatikan keaktifan belajar dan kreativitas belajar, (4) Tidak terdapat pengaruh signifikan antara kreativitas belajar terhadap prestasi belajar belajar matematika siswa dengan memperhatikan keaktifan belajar dan kemandirian belajar. Kata kunci : Keaktifan Belajar, Kemandirian, Kreativitas, Prestasi Matematika This study was ex-post facto research, which purposed to know the influences of learning activeness, independence and creativity toward Students’ Mathematics Learning Achievement on grade IX of SMP. Sample of study was chosen randomly three class from nine classes. Data were collected using the questionnaires and test learning achievement. The data were analyzed by Descriptive and Inferential. Descriptive analyze obtain (1) Students’ mathematics learning achievement are at high category, (2) Learning activeness are at high category, (3) Learning independence are at high category, (4) Learning creativity are at low category. Inferentially acquire (1) There is influences of learning activeness, learning independence and learning creativity together towards students’ mathematics learning achievement, (2) There is a positive influence of learning activeness toward students’ mathematics learning achievement by paying attention to the learning independence and learning creativity, (3) There is a positive influence of learning independence toward students’ mathematics learning achievement by paying attention to the learning activeness and learning creativity, (4) There was no influence of learning creativity toward students’ mathematics learning achievement by paying attention to the learning activeness and learning independence. Keyword : Learning Activeness, Independence, Creativity, Mahtematics Achievement
Deskripsi Kecerdasan Visual Spasial Siswa dalam Memecahkan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Berdasarkan Tingkat Kemampuan Awal Geometri pada Siswa Kelas VII SMP Anisah Syafiqah; R. Ruslan; D. Darwis
Issues in Mathematics Education (IMED) Vol 4, No 1 (2020): Maret
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (641.319 KB) | DOI: 10.35580/imed15292

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum kecerdasan visual spasial siswa kelas VII SMP dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi datar berdasarkan tingkat kemampuan awal geometri. Penelitian ini menggunakan Teori Hass yang menggolongkan karakteristik kecerdasan visual spasial atas pengimajinasian, pengkonsepan, pemecahan masalah, dan pencarian pola. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 3 siswa, yaitu 1 siswa dengan kemampuan awal geometri tinggi, 1 siswa dengan kemampuan awal geometri sedang dan 1 siswa dengan kemampuan awal geometri rendah. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri atas soal tes kemampuan awal geometri, soal tes kecerdasan visual spasial materi bangun ruang sisi datar, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Karakteristik yang paling dominan muncul pada siswa adalah karakteristik pencarian pola serta pengimajinasian sedangkan karakteristik yang paling tidak dominan muncul adalah karakteristik pemecahan masalah. (2) Subjek berkemampuan awal geometri tinggi 3 karakteristik kecerdasan visual spasial yakni pengimajinasian, pengkonsepan dan pencarian pola. (3) Subjek berkemampuan awal geometri sedang mampu memenuhi 2 karakteristik kecerdasan visual spasia yakni pengimajinasian dan pencarian pola. (4) Subjek berkemampuan awal geometri rendah tidak mampu memenuhi semua karakteristik kecerdasan visual spasial. Kata kunci: Kecerdasan, Kecerdasan Visual Spasial, Kemampuan Awal Geometri, Bangun Ruang Sisi Datar, Teori Hass The aim of this research is to determine the general description of spatial visual intelligence of students from grade VII of SMP in solving solid figure flat side problems based on the initial ability level of geometry. This research used Hass Theory which classifies the characteristics of spatial visual intelligence based of imagining, conceptualizing, problem solving, and problem seeking. The type of this research is descriptive research with qualitative approach. The research subjects were 3 students. The first subject has high initial ability in geometry, the second subject has moderate initial ability, and the third subject has low initial ability. The research instrument used consists of the initial ability of geometry test questions, spatial visual intelligence of solid figure flat side test questions, and interview guidelines. The research result showed that: (1) The most dominant characteristic that appears in students was the characteristic of problem seeking and imagining, while the least dominant characteristic was problem solving. (2) Subjects who had high initial ability of geometry was able to fulfill 3 spatial visual intelligence characteristics, those were imagining, conceptualizing, and problem seeking. (3) Subjects who had moderate initial ability of geometry was able to fulfill 2 spatial visual intelligence characteristics, those were imagining and problem seeking. (4) Subjects who had low initial ability of geometry was not able to fulfill all the characteristics of spatial visual intelligence. Keywords: Intelligence, Visual-Spatial Intelligence, Initial ability of Geometry, Solid Figure Flat Side, Hass Teory
Deskripsi Jenis Kesalahan dalam Menyelesaikan TIMSS-Based Test Ditinjau dari Kemampuan Awal pada Siswa SMP A. Alimuddin; I. Ilham; J. Jubaedah
Issues in Mathematics Education (IMED) Vol 4, No 1 (2020): Maret
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (783.124 KB) | DOI: 10.35580/imed15288

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa berkemampuan awal matematika tinggi dan kemampuan awal matematika rendah dalam menyelesaikan soal geometri berbasis TIMSS untuk domain kognitif mengaplikasikan (applying) dan penalaran (reasoning). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 2 orang dengan 1 orang berkemampuan awal matematika tinggi dan 1 orang berkemampuan awal matematika rendah dari siswa kelas VIII SMP. Instrumen penelitian menggunakan terdiri atas tes matematika berbasis TIMSS yang dikhususkan pada konten geometri domain kognitif aplikasi dan penalaran serta pedoman wawancara. Kesalaan yang dianalisis dikategorikan menggunakan kategori kesalahan Newman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Untuk kategori soal mengaplikasikan (applying), siswa kemmpuan awal matematika tinggi tidak mengalami kesalahan, sedangkan siswa berkemampuan matematika rendah mengalami jenis kesalahan transformation, process skills, dan encoding. (2) Untuk kategori soal penalaran (reasoning), siswa berkemampuan awal tinggi mengalami kesalahan tipe transformation, process skills, dan encoding sedangkan siswa berkemampuan awal rendah mengalami kesalahan tipe comprehension, transformation, process skills, dan encoding. Kata kunci : Kesalahan, Soal Matematika TIMSS, Domain Kognitif applying dan reasoning konten geometri, Kemampuan Awal, Kriteria Newman. This study aims to know the types of errors committed by students with high initial mathematical abilities and low initial mathematical abilities in solving TIMSS-based geometric questions for the cognitive domain of applying and reasoning. The type of this research is qualitative research using a descriptive approach. The research subjects as many as 2 people with of 1 people with early mathematical abilities and 1 people with low initial mathematical abilities from class VIII SMP. The research instrument consists of a TIMSS-based mathematical test devoted to the geometry content of the cognitive domain application and reasoning and interview guidelines. The difficulties analyzed were categorized using the Newman error category. The results of this research showed that: (1) For the category of applying , students with high initial mathematical abilities did not have errors, while students with low mathematical abilities had types of transformation errors, process skills, and encoding. (2) For the category of reasoning, the errors type of the students with high initial mathematical abilities are transformation, process skills, and encoding while students with low mathematical abilities had comprehension, transformation, process skills, and encoding errors. Keywords: Errors, TIMSS Mathematical Questions, Cognitive Domain applying and reasoning content geometry, Initial Capability, Newman’s Criteria.
Pengaruh Regulasi Diri, Efikasi Diri, dan Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Nurdin Arsyad; N. Nasrullah; I. Ildayanti
Issues in Mathematics Education (IMED) Vol 4, No 1 (2020): Maret
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/imed15293

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi regulasi diri, efikasi diri, kemampuan berpikir kreatif, dan hasil belajar matematika; pengaruh langsung positif regulasi diri dan efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kreatif; pengaruh langsung positif regulasi diri, efikasi diri, dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar matematika; serta pengaruh tidak langsung positif regulasi diri dan efikasi diri terhadap hasil belajar matematika melalui kemampuan berpikir kreatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri di kecamatan Mengkendek kabupaten Tana Toraja. Dengan teknik cluster random sampling diperoleh sampel penelitian sebanyak 122 siswa yang berasal dari SMA Negeri di kecamatan Mengkendek kabupaten Tana Toraja. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen test dan angket, kemudian dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa regulasi diri dan efikasi diri siswa berada pada kategori sedang, sedangkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika siswa masih tergolong rendah. Rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dipengaruhi oleh regulasi diri dan efikasi diri, sedangkan rendahnya hasil belajar matematika siswa dipengaruhi oleh regulasi diri. Sementara itu, kemampuan berpikir kreatif tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika, sehingga regulasi diri dan efikasi diri juga tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika jika ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif. Kata Kunci: Regulasi Diri, Efikasi Diri, Kemampuan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar Matematika This research aims to find out the description of self-regulation, self-efficacy, creative thinking ability, and mathematics learning outcomes; direct positive effects of self-regulation and self-efficacy towards creative thinking ability; direct positive effects of self-regulation, self-efficacy, and creative thinking ability towards mathematics learning outcomes; and indirect positive effects of self-regulation and self-efficacy towards mathematics learning outcomes through creative thinking ability. The population of this study are students grade 10th MIA in Senior High School in Mengkendek, Tana Toraja. The sampling technique in this study was cluster random sampling, so the sample is 122 students from SMA Negeri in Senior High School in Mengkendek, Tana Toraja. The data was collected using questionnaire and test, then analyzed using descriptive statistics and path analysis. The results of the study show that self-regulation and self-efficacy of students are in the medium category, while the creative thinking ability and students' mathematics learning outcomes are still relatively low. The lack of creative thinking abilities are approved by self-regulation and self-efficacy, while the lack of students mathematics learning outcomes are approved by self-regulation. Meanwhile, the creative thinking ability has not effects towards mathematics learning outcomes, so self-regulation and self-efficacy also not have effects towards mathematics learning outcomes through creative thinking ability. Keywords: Self-Regulation, Self-Efficacy, Creative Thinking Ability, Mathematics Learning Outcomes
Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika Siswa SMA Suradi Tahmir; N. Nasrullah; Sri Nurwana
Issues in Mathematics Education (IMED) Vol 4, No 1 (2020): Maret
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (890.746 KB) | DOI: 10.35580/imed15289

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari tingkat kemampuan matematika siswa SMA dalam memahami pokok bahasan persamaan trigonometri. Terdapat 3 subjek penelitian yaitu satu siswa berkemampuan tinggi (KMT), satu siswa berkemampuan sedang (KMS), dan satu siswa berkemampuan rendah (KMR). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen soal tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi mampu menuliskan dengan rinci alur penyelesaian masalah, menjelaskan penyelesaiannya dengan tepat dan sistematis serta mampu membuat kesimpulan dengan tepat. Selain itu, siswa mampu memberikan alasan yang logis terhadap langkah-langkah penyelesaian masalahnya. Sehingga dapat dikatakan bahwa siswa mampu mengkomunikasikan hasil pekerjaannya secara detail. Siswa dengan kemampuan matematika sedang masih memiliki kesalahan dan kekeliruan dalam penyelesaian masalah, alasan-alasan yang digunakan dalam penyelesaian terkadang belum tepat dan penulisan kesimpulan belum sesuai dengan perintah soal. Dengan kata lain, siswa masih kurang mampu untuk mengkomunikasikan hasil pekerjaannya secara detail. Siswa dengan kemampuan matematika rendah cenderung menuliskan penyelesaian masalah secara singkat, belum mampu membuat kesimpulan dari penyelesaian dibuatnya serta belum mampu untuk memberikan penjelasan dari penyelesaian yang dibuatnya. Hal ini menunjukkan bahwa siswa belum mampu mengkomunikasikan hasil pekerjaannya. Kata kunci : Komunikasi Matematis, Matematika Sekolah, Trigonometri This research is a qualitative research with the aim of describing mathematical communication skills in terms of the level of mathematical ability of students in Senior High School to an understanding of trigonometric equations. There were 3 research subjects namely one student that has high-ability (KMT), one student that has medium-ability (KMS), and one student that has low-ability (KMR). The instruments used in data collection are written questions and interviews. This research shows that student with high mathematical abilities is able to write in detail the flow of problem solving, explain the solution correctly and systematically and be able to draw conclusions appropriately. In addition, students are also able to provide logical reasons for the steps to resolve the problem. Show that can be said that students are able to communicate the results of their work in detail. Student with moderate mathematical abilities still has errors and errors in solving problems, the reasons used in the settlement are sometimes still not correct and the writing of conclusions is still not in accordance with the command questions. So that it can be said that student is still unable to communicate the results of their work in detail. Student with low mathematical abilities tends to write down problem solving briefly, has not been able to draw conclusions from the solutions made and also has not been able to provide an explanation of the solutions made. This shows that student has not been able to communicate the results of their work. Keyword : Mathematical Communication, School Mathematic,Trigonometric
Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas VIII SMP Awi Dassa; D. Dinar; R. Reni
Issues in Mathematics Education (IMED) Vol 4, No 1 (2020): Maret
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.387 KB) | DOI: 10.35580/imed15294

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran treffinger dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VIII SMP mengacu pada efektivitas pembelajaran yaitu kemampuan berpikir tingkat tinggi, aktivitas, dan respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan: (1) rata-rata hasil pretest siswa yaitu 31,10 (kategori kurang), rata-rata hasil posttest siswa yaitu 54,22 (kategori cukup baik) (2) hasil posttest menunjukkan ketuntasan klasikal tercapai yakni sebesar 100% (21 siswa) mencapai ketuntasan individu, (3) rata-rata gain ternormalisasi sebesar 0,33 (kategori sedang), (4) rata-rata aktivitas siswa sebesar 3,67 (kategori sangat baik), (5) rata-rata presentase siswa yang memberi respon positif sebanyak 92,06%. Hasil analisis inferensial menunjukkan: (1) nilai rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang diajar dengan model pembelajaran treffinger dengan pendekatan saintifik lebih besar dari 40 (kategori cukup baik), (2) nilai rata-rata gain ternormalisasi lebih besar dari 0,3 (kategori sedang), (3) terdapat peningkatan yang signifikan hasil belajar pada kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran treffinger dengan pendekatan saintifik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran treffinger dengan pendekatan saintifik efektif diterapkan pada siswa kelas VIII SMP. Kata Kunci: Efektivitas, Model pembelajaran treffinger, Pendekatan saintifik, Kemampuan berpikirc tingkat tinggi, Statistika This research aims to determine effectiveness of treffinger learning model with scientific approach to student’s higher order thinking skills of grade VIII SMP by referring to effectiveness of learning, namely students' higher order thinking skills, student activities, and student responses. This research is pre-experimental study with quantitative approach and sampling technique used is cluster random sampling. Data analysis technique used is descriptive and inferential analysis techniques. Results of descriptive analysis showed: (1) average results of students' pretest was 31.10 (bad category), average student posttest result was 54.22 (good enough category) (2) the posttest results showed that classical completeness was reached at 100% (21 students) achieved individual completeness, (3) average normalized gain was 0.33 (medium category), (4) average student activity was 3.67 (very good category), (5) average percentage of students who gave positive response of 92.06%. Inferential analysis results show: (1) average value of higher order thinking skills of students taught with treffinger learning models with scientific approach greater than 40 (good enough category), (2) average normalized gain value is greater than 0,3 (medium category), (3) there is a significant increase in learning outcomes on students' higher order thinking skills before and after application of treffinger learning model with scientific approach. From the results of this study it can be concluded that learning by applying the Treffinger learning model with scientific approach is effectively applied to students of grade VIII SMP. Keywords: Effectiveness, Treffinger learning model, Scientific approach, Higher Order Thinking Skills, Statistics
Deskripsi Tingkat Pemahaman Konsep Perpangkatan Siswa Kelas XI Menggunakan Certainty of Response Index (CRI) Hamzah Upu; Ahmad Thalib; St. Hartina Tahir
Issues in Mathematics Education (IMED) Vol 4, No 1 (2020): Maret
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.326 KB) | DOI: 10.35580/imed15290

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dekripsi pemahaman konsep siswa yaitu paham konsep dengan baik, paham konsep tetapi kurang yakin, miskonsepsi, dan tidak tahu konsep pada materi perpangkatan menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 11 subjek yang mewakili setiap tingkat pemahaman konsep dari siswa kelas XI SMA. Instrumen penelitian terdiri dari tes objektif dan pedoman wawancara. Tingkat pemahaman konsep dikategorikan menggunakan kategori CRI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa paham konsep dengan baik disebabkan oleh tingginya motivasi belajar dan rasa suka siswa pada pelajaran matematika. (2) Siswa memahami konsep tetapi kurang yakin disebabkan oleh rendahnya rasa percaya diri, rasa takut salah yang tinggi, kurang menguasai konsep matematika, dan tergesa-gesa dalam menjawab soal. (3) Siswa mengalami miskonsepsi disebabkan oleh kurangnya pemahaman bahkan salah paham konsep. (4) Siswa tidak memahami atau tidak tahu konsep disebabkan oleh siswa tidak memiliki pengetahuan dalam mengerjakan soal perpangkatan, kurangnya kemampuan dan wawasan siswa dalam mengerjakan soal, kurang menguasai konsep, tidak memahami soal, dan kurangnya kemampuan siswa dalam mentransformasikan soal. Kata Kunci: Pemahaman, Konsep, Perpangkatan, Miskonsepsi, Certainty of Response Index (CRI) This study aims to determine the students understanding concept in terms of understanding the concept as well, understanding the concept but not sure, misconception, and not knowing the concept of exponent using Certainty of Response Index (CRI). The type of this study is qualitative study with descriptive approach. The subject of this study is 11 subjects who represent each level of conceptual understanding from class XI of Senior High School. The instruments of this study consist of objective test and interview guidelines. Level of conceptual understanding categorized using CRI category. The result of this study showed that: (1) The students understand with the concept as well because of their high motivation in learning and their love with mathematics. (2) The students understand with the concept but not sure because of their lack in self-confidence, their high false fear, lack in mastering the mathematic concept, and do not careful in answering the questions. (3) The Students experiencing misconceptions that caused by a lack of understanding, and even a misunderstanding towards the concept. (4) The students do not understand/ do not know the concept caused by their haven’t knowledge in answer the question of eksponent, their lack of ability and insight in working on the questions, lack of mastering the concept, not understanding the questions, and the students lack ability in transform the questions. Keywords: Understanding, Concept, Exponent, Misconception, Certainty of Response Index (CRI).

Page 1 of 1 | Total Record : 10