cover
Contact Name
Rajab Ritonga
Contact Email
editor@caraka.web.id
Phone
+62811133471
Journal Mail Official
editor@caraka.web.id
Editorial Address
Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia) Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung http://idscience.id/
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Caraka : Indonesia Journal of Communication
ISSN : -     EISSN : 27456595     DOI : https://doi.org/10.25008/caraka
Core Subject : Education,
CARAKA Indonesian Journal of Communication is a peer-reviewed journal organized and published by the Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia). Accepted paper will be available online (free access), and there will be no publication fee. The author will get their own personal copy of the paperwork. The journal consists of online and print versions, published biannually at the end of June and December of the current year. As a scientific periodical, the journal is subject to standard provisions of peer reviews conducted by Communication Scholars from various universities. All submitted manuscripts will go through the double-blind peer review and editorial review before being granted with acceptance for publication. CARAKA Indonesian Journal of Communication is for publications focusing on social life in which communication occurs through the use of various media. The manuscripts to be published include the results of research, theoretical thinking, and the study of various phenomena of human life in communication. CARAKA Indonesian Journal of Communication is for publications focusing on social life in which communication occurs through the use of various media. The manuscripts to be published include the results of research, theoretical thinking, and the study of various phenomena of human life in communication. The area of research of JISKI are, but not limited to: Communication and National Resilience Communication and Policies Communication, War, and Conflicts Health Communication Globalization and Social Impact Media, Democracy and Integration Media Literacy and Media Education Media and Tourism Media and Development Media, Popular Culture, and Society Media and Religion Media and Identity Politics, Hegemony, and the Media Gender and Sexuality in the Media The Social Media and Subcultures Youth and Media Globalization Information Communication Technology (ICT) and Power Audience Analysis
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2022): Caraka : Indonesia Journal of Communication" : 5 Documents clear
Strategi Penggunaan Media dalam Mempromosikan Kampus guna Menarik Minat Mahasiswa Baru Hendra, Hendra
CARAKA : Indonesia Journal of Communication Vol 3, No 2 (2022): Caraka : Indonesia Journal of Communication
Publisher : Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/caraka.v3i2.49

Abstract

Setiap lembaga pendidikan akan bersaing dalam menggunakan berbagai jenis media yang dinilai bisa dijadikan sebuah daya pikat untuk memenangkan rivalitas terhadap pesaingnya. Seiring dengan perkembangan teknologi dan globalisasi, media cetak dan elektronik saat ini menjadi nilai lebih karena media tersebut dapat memberikan pesan informasi dengan detail lembaga pendidikan yang lebih akurat dan lebih terkini. Seperti Universitas Pembangunan Jaya yang mempromosikan kampusnya melalui media cetak dan elektronik yang menarik dan dapat dipahami secara singkat. Melalui media tersebut Universitas Pembangunan Jaya berharap akan memikat calon peserta didik atau mahasiswa-mahasiswi baru karena didalam media tersebut dijelaskan tentang fasilitas dan keunggulan kampus. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui strategi penggunaan media Universitas Pembangunan Jaya dalam mempromosikan kampus dan menarik minat calon mahasiswa-mahasiswi baru.
Media Sosial Instagram sebagai Eksistensi Sosial pada Remaja Hasibuan, Muhammad Rifdialdi Arief
CARAKA : Indonesia Journal of Communication Vol 3, No 2 (2022): Caraka : Indonesia Journal of Communication
Publisher : Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/caraka.v3i2.68

Abstract

Dewasa ini teknologi berkembang sangat pesat dalam membantu kehidupan manusia. Hasil dari perkembangan teknologi yang sering kita jumpai ialah telepon genggam atau handphone. Benda ini setiap saat selalu ada di genggaman tangan penggunanya, dan dalam kehidupan sehari-hari user tidak pernah absen melewatkan fitur-fitur yang ada untuk melakukan komunikasi. Apalagi handphone sekarang disertai teknologi canggih dan aplikasi menarik. Tentunya membuat benda praktis ini bukan hanya sekadar untuk bertelepon atau saling berkirim pesan saja. Munculnya situs pertemanan yang kian digandrungi jutaan penduduk ternyata mampu memicu pergeseran nilai sosial dalam masyarakat, khususnya remaja. Remaja saat ini begitu dekat dengan media sosial, mereka berkomunikasi melalui media sosial. Permasalahan yang terjadi di media sosial instagram adalah eksistensi para remaja yang sering mengupload foto mereka. Kebanyakan mereka mengupload foto ingin menunjukan kemewahan dan perilaku kesombongan, hal ini dapat menggangu hubungan sosial para remaja. Eksistensi bisa kita kenal juga dengan satu kata yaitu keberadaan. dimana keberadaan yang di maksud adalah dengan adanya respon dari orang di sekeliling kita, dan ingin membuktikan bahwa keberadaannya diakui. Pada pembahasan akan diuraikan hasil penelitian mengenai fenomena media sosial instagram dalam eksistensi sosial pada remaja di Jakarta. Kenyataan yang terjadi di kalangan remaja Jakarta bahwa remaja memang sangat memerlukan eksistensi diri tetapi harus dilakukan secara baik dan bijaksana tidak secara berlebihan.
Publikasi dan Promosi Kuliner Food Vlogger di Media Sosial Rahma, Rika Yessica
CARAKA : Indonesia Journal of Communication Vol 3, No 2 (2022): Caraka : Indonesia Journal of Communication
Publisher : Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/caraka.v3i2.69

Abstract

Pertumbuhan industri makanan dan minuman mulai menjadi andalan sebagai penopang pertumbuhan ekonomi nasional dan manufaktur. Sektor makanan dan minuman diyakini terus menjadi primadona, terutama pada sektor industri pariwisata yang mengembangkan wisata kuliner. Pada 2018 Kementrian Perindustrian menyebut sektor makanan dan minuman berhasil menyumbang produk domestik bruto (PDB) nasional sebesar 6,34%. Bisnis kuliner secara online (daring) di Indonesia semakin berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini salah satunya disebabkan oleh kebutuhan dan gaya hidup penduduk yang makin tinggi. Saat ini makanan juga bisa dijadikan untuk menunjukkan eksistensi diri. Melalui media sosial, masyarakat sering menunjukkan dirinya dengan cara mengunggah makanan yang dia konsumsi di media sosial. Ketika makan sudah menjadi lifestyle, secara tidak langsung menjadikan makanan atau aktifitas makan sebagai alat untuk berkomunikasi dalam masyarakat. Makanan yang dipublikasikan ke media sosial kemudian menjadi suatu alat berkomunikasi nonverbal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis publikasi dan promosi kuliner melalui media sosial oleh Food Vlogger di Indonesia. Penelitian ini menggunakan konsep media baru, publikasi dan promosi. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian para vlogger kuliner yang aktif membuat video vlog kuliner di akun media sosial Instagram dan youtube. Hasil penelitian adalah  promosi dan publikasi yang dilakukan oleh para vlogger kuliner di media sosial membuat industri kuliner di Indonesia menjadi lebih dikenal, berkembang dan maju. Tidak hanya untuk industri kuliner, namun ini menjadi penting bagi penonton ataupun followers yang mencari referensi kuliner. Hal lainnya, unggahan kuliner di media sosial memberikan profit bisnis untuk industri usaha dan juga para pembuat kontennya.
Analisis Semiotika atas Logo Perseroan Terbatas Artindo Drey Karya Setiawan, Riko; Toni, Ahmad
CARAKA : Indonesia Journal of Communication Vol 3, No 2 (2022): Caraka : Indonesia Journal of Communication
Publisher : Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/caraka.v3i2.70

Abstract

Setiap perusahaan maupun organisasi membutuhkan identitas sebagai ciri khas. Ciri khas tersebut berfungsi sebagai media pengingat oleh konsumen. Selain merek dagang dan produk, perusahaan maupun organisasi juga harus memiliki slogan dan logo yang berfungsi sebagai alat promosi, baik promosi media cetak, online ataupun iklan televisi. Sebuah desain logo merupakan representasi atau karakteristik sebuah perusahaan atau organisasi. Perusahaan yang secara konsisten menggunakan dan memperkenalkan logo mereka ke publik secara lambat laun akan mengunggah ingatan konsumen terhadap produk yang di miliki oleh perusahaan tersebut. Logo perusahaan adalah pembeda visual suatu perusahaan dengan perusahaan lain. Gambar dan tulisan sebagai elemen penting pembentuk logo karena merupakan sebuah sistem tanda yang bertujuan untuk mengkomunikasikan pesan mengenai jenis usaha, citra, atau bahkan karakter perusahaan kepada masyarakat. Tanda-tanda yang digunakan dalam sebuah logo merupakan tanda tanda yang mudah dipahami dan telah disepakati secara konvensional sehingga mampu dengan cepat berkomunikasi dengan khalayak. Artindo Drey Karya sebagai sebuah perusahaan kontraktor interior berusaha mengkomunikasikan pesan mengenai jenis usaha serta citra perusahan kemasyarakat luas dengan cara menggunakan sistem tanda yang terdapat pada logo Artindo Drey Karya. Tanda-tanda visual yang digunakan berupa elemen tulisan dan elemen gambar pada logo Artindo Drey Karya sangat menarik untuk diteliti dan dianalisa oleh peneliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna yang terkandung dalam logo Artindo Drey Karya. Jenis metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis semiotika Charles Sanders Peirce dan juga mengunakan teori semiotika Charles Sander Peirce. Hasil yang didapat adalah logo Artindo Drey Karya memiliki filosofi yang dalam tentang kreatifitas dan kehidupan yang digambarkan melalui simbol gedung pencakar langit dan dibalut lingkaran kehidupan. Kreatifitas dan kehidupan membutuhkan sebuah keseimbangan atas segala realitas dan konsekuensi yang ada dimana filosofi tersebut digambarkan melalui logotype dan logogram sebagai elemen pembentuk logo perusahaan.
Mengelola Komunikasi dalam Mengatur Bawahan di Perusahaan Perkebunan Riadi, Selamat; Ritonga, Syafruddin
CARAKA : Indonesia Journal of Communication Vol 3, No 2 (2022): Caraka : Indonesia Journal of Communication
Publisher : Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/caraka.v3i2.71

Abstract

Dalam menjalankan aktifitas kerja di area perkebunan perlu ada pengendalian secara maksimal berupa sumberdaya manusia yang handal dalam mengelolaan perkerjaan fisik. Hal tersebut merupakan tantangan bagi seorang asisten di perusahaan perkebunan dalam mengelola ketrampilan komunikasi saat mengatur staf atau bawahannya di perusahaan perkebunan Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitiannya adalah perkebunan di Sumatera Utara. Temuan penelitian adalah personal yang menjabat sebagai asisten kebun tidak cukup hanya memiliki ketrampilan dalam bidang pengelolaan tanaman sawit dan karet saja namun juga dibutuhkan kemampuan mengatur dan mengelola bawahan. Mereka perlu memahami bahwa hubungan kerja antara asisten dan bawahannya menimbulkan relasi dalam bentuk valensi dihadapkan dengan harapan dan instrumentalisasi dapat menimbbulkan motivasi kerja para bawahan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5