cover
Contact Name
Rajab Ritonga
Contact Email
editor@caraka.web.id
Phone
+62811133471
Journal Mail Official
editor@caraka.web.id
Editorial Address
Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia) Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung http://idscience.id/
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Caraka : Indonesia Journal of Communication
ISSN : -     EISSN : 27456595     DOI : https://doi.org/10.25008/caraka
Core Subject : Education,
CARAKA Indonesian Journal of Communication is a peer-reviewed journal organized and published by the Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia). Accepted paper will be available online (free access), and there will be no publication fee. The author will get their own personal copy of the paperwork. The journal consists of online and print versions, published biannually at the end of June and December of the current year. As a scientific periodical, the journal is subject to standard provisions of peer reviews conducted by Communication Scholars from various universities. All submitted manuscripts will go through the double-blind peer review and editorial review before being granted with acceptance for publication. CARAKA Indonesian Journal of Communication is for publications focusing on social life in which communication occurs through the use of various media. The manuscripts to be published include the results of research, theoretical thinking, and the study of various phenomena of human life in communication. CARAKA Indonesian Journal of Communication is for publications focusing on social life in which communication occurs through the use of various media. The manuscripts to be published include the results of research, theoretical thinking, and the study of various phenomena of human life in communication. The area of research of JISKI are, but not limited to: Communication and National Resilience Communication and Policies Communication, War, and Conflicts Health Communication Globalization and Social Impact Media, Democracy and Integration Media Literacy and Media Education Media and Tourism Media and Development Media, Popular Culture, and Society Media and Religion Media and Identity Politics, Hegemony, and the Media Gender and Sexuality in the Media The Social Media and Subcultures Youth and Media Globalization Information Communication Technology (ICT) and Power Audience Analysis
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2023): Caraka : Indonesia Journal of Communication" : 6 Documents clear
Fenomena Thrifting sebagai Gaya Hidup Ramah Lingkungan Milenial di Jakarta Rizky, Purnama Ayu; Rachmad, Teguh Hidayatul
CARAKA : Indonesia Journal of Communication Vol. 4 No. 2 (2023): Caraka : Indonesia Journal of Communication
Publisher : Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/caraka.v4i2.79

Abstract

Setiap fenomena yang hadir dalam masyarakat dan membentuk sebuah kebiasaan merupakan cara yang dapat dihadirkan untuk menarik suatu makna dan manfaat secara signifikan. Dengan tindakan yang dilakukan oleh masyarakat, dalam hal ini kaum milenial yang memilki keleluasaan dalam mengapresiasi diri, maka segala tindakan yang dilakukan dalam menentukan identitas dirinya dengan cara memanfaatkan pakaian yang dikenakan. Memperhatikan budaya thrifting secara menyeluruh, perlu dilandasi dengan adanya kesadaran secara utuh, generasi muda dapat melihat tindakan mereka dalam memenuhi tuntutan zaman, dalam hal ini tuntutan dalam bertindak secara penuh pada hadirnya kesadaran. Dengan segala bentuk dan keterbatasannya, ruang- ruang komunikasi selalu hadir dan diberi maknanya pada kesadaran. Oleh sebab itu kesadaran menjadi kunci yang dapat ditarik menjadi kunci utama, dengan mengangkat teori transformasi kesadaran dalam perspektif yang lebih luas. Melalu sudut pemahaman Reza Antonius Wattimena, makna kesadaran untuk melihat budaya thrifting tersebut menjadi sesuatu yang lebih fleksibel dan menyesuaikan kondisi, pemahaman mengenai budaya thrifting dapat dijadikan sebagai pijakan terkait orang yang mampu menghadirkan penilaian positip dan dewasa secara menyeluruh.
Pendekatan Public Relations Untuk Mengatasi Gap Komunikasi Antar Generasi di Perusahaan Summertide Julieta, Dita; Putri, Wirda Yulita
CARAKA : Indonesia Journal of Communication Vol. 4 No. 2 (2023): Caraka : Indonesia Journal of Communication
Publisher : Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/caraka.v4i2.89

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan public relations perusahaan Summertide untuk mengatasi gap komunikasi antar generasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif, dan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian fungsi publc relations pada Summertide dijalankan oleh divisi lain, dengan menggunakan teori two ways symmetrical sebagai pendekatan public relations komunikasi antar generasi di Summertide terdiri dari tiga aspek yaitu: (1) Kredibilitas, dipengaruhi oleh pendidikan dan pengalaman individu membuat setiap generasi memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing; (2) Keterbukaan komunikasi dilakukan secara online dan offline untuk penyebaran informasi, diskusi, hingga pemecahan masalah. Dalam penerapannya peneliti menemukan hambatan yang muncul akibat perbedaan generasi, sehingga keterbukaan tidak berjalan maksimal; (3) Konsistensi, karyawan dan atasan yang berbeda generasi secara konsisten dan berkelanjutan berkomunikasi baik secara daring maupun tatap muka. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hanya satu dari tiga indikator sebagai penentu komunikasi efektif yang terlaksana dengan baik, kedua indikator lainnya tidak terlaksana dengan maksimal sehingga komunikasi di perusahaan Summertide belum efektif.
Strategi Humas dalam Mensosialisasikan Penggunaan Cashless Mobile Payment kepada Generasi Baby Boomers Putri, Bunga Permata; Samaria, Sarah
CARAKA : Indonesia Journal of Communication Vol. 4 No. 2 (2023): Caraka : Indonesia Journal of Communication
Publisher : Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/caraka.v4i2.90

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi Humas Ottopay dalam mensosialisasikan penggunaan pembayaran cashless kepada generasi baby boomers. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deiskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Ottopay menggunakan teori komunikasi manajemen menurut menurut James A.F. Stonner dengan melalui strategi humas untuk melakukan sosialisasi cashless mobile payment kepada generasi baby boomers, termasuk adanya strategi operasional, pendekatan persuasif edukatif,  sikap tanggung jawab sosial dan pendekatan kerjasama. Tim Humas Ottopay aktif berkomunikasi dengan mitra dan pengguna untuk membantu mengatasi kendala teknologi, serta memberikan edukasi dan informasi tentang fitur aplikasi. Pendekatan persuasif juga digunakan untuk membujuk dan memotivasi pengguna dalam mengadopsi pembayaran cashless. Selain itu, Ottopay memiliki tanggung jawab sosial untuk membantu generasi baby boomers dalam menghadapi perubahan teknologi. Kerjasama yang baik dengan para pengguna, pelaksanaan program insentif, serta pendekatan langsung di lapangan juga menjadi faktor penting dalam strategi sosialisasi. Saran dari penelitian ini kepada pihak Ottopay untuk terus meningkatkan upaya edukasi dan komunikasi dengan generasi baby boomers agar penggunaan cashless semakin meluas.
PENGARUH BRAND AMBASSADOR TERHADAP CITRA MSGLOWBEAUTY DI TIKTOK SHOP Sanjaya, Dewa Ayu Widiyanti Putri; Yuniarti, Renty
CARAKA : Indonesia Journal of Communication Vol. 4 No. 2 (2023): Caraka : Indonesia Journal of Communication
Publisher : Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/caraka.v4i2.91

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini Mengkaji pengaruh brand ambassador terhadap citra MS Glow Beauty. produk kecantikan saat ini diminati oleh khalayak secara online. salah satu cara yang digunakan MS Glow Beauty adalah menggunakan aplikasi TikTok Shop. aplikasi TikTok Shop telah menjadi platform populer untuk berbisnis. penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pengaruh brand ambassador memiliki dampak positif terhadap citra di TikTok Shop. Metode penelitian menggunakan pendekatan positivistik dengan metode kuantitatif deskriptif. Data dikumpulkan dari 100 responden yang merupakan pengikut akun TikTok @msglowbeauty. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan untuk memastikan validitas instrumen. Uji regresi linear sederhana mengungkapkan bahwa brand ambassador memiliki pengaruh yang signifikan terhadap citra MS Glow Beauty di TikTok Shop, dengan koefisien determinasi sebesar 87,3%. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa brand ambassador memiliki dampak positif dan signifikan terhadap citra MS Glow Beauty di TikTok Shop. Implikasi praktisnya adalah pentingnya peran brand ambassador dalam membentuk citra merek di era media sosial. Merek dapat memanfaatkan brand ambassador dengan tepat untuk meningkatkan citra dan efektivitas strategi pemasaran mereka di platform seperti TikTok. Penelitian ini memberikan wawasan tentang strategi pemasaran yang lebih efektif dalam industri kecantikan yang semakin digital dan berkembang. Kata kunci: Duta Merek, Citra Perusahaan, Perdagangan Elektronik, Aplikasi TikTok ABSTRACTThis research examines the influence of brand ambassadors on the image of MSGLOW Beauty. Beauty products are currently in demand by online audiences. One of the methods used by MSGLOW Beauty is to use the Tiktok Shop application. The Tiktok Shop application has become a popular platform for doing business. This research aims to identify the influence of brand ambassadors on having a positive impact on the image of the Tiktok Shop. The research method uses a positivistic approach with descriptive quantitative methods. Data was collected from 100 respondents who were followers of the TikTok account @msglowbeauty. Validity and reliability tests were carried out to ensure the validity of the instrument. A simple linear regression test revealed that brand ambassadors have a significant influence on the image of MS Glow Beauty on the TikTok Shop, with a coefficient of determination of 87.3%. The research results concluded that brand ambassadors have a positive and significant impact on the image of MSGlowbeauty on the TikTok Shop. The practical implication is the important role of brand ambassadors in shaping brand image in the social media era. Brands can make proper use of brand ambassadors to enhance the image and effectiveness of their marketing strategies on platforms like TikTok. This research provides insight into more effective marketing strategies in an increasingly digital and evolving beauty industry Keywords: Brand Ambassador, Company Image, Electronic Commerce, TikTok Application
Pengaruh Kampanye #BringBackOurBottles terhadap Sikap Peduli Lingkungan pada Followers Instagram The Body Shop Alwie, Dyandra Raversa; Kurniawati, Susi Dhewi
CARAKA : Indonesia Journal of Communication Vol. 4 No. 2 (2023): Caraka : Indonesia Journal of Communication
Publisher : Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/caraka.v4i2.92

Abstract

Tujuan penelitian ini guna mengetahui seberapa besar pengaruh kampanye #BringBackOurBottles terhadap sikap peduli lingkungan pada followers instagram The Body Shop. Terdapat respons berupa sikap positif dari followers di instagram, namun data resmi The Body Shop memperlihatkan bahwa jumlah kemasan kosong yang kembali masih cenderung sedikit jika dibandingkan dengan total produk yang terjual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksplanatif, serta menggunakan metode penelitian survey. Dapat dilihat bahwa nilai R (Koefisien Korelasi) sebesar 0,880 yang dinyatakan sangat kuat, maka dinyatakan kampanye #BringBackOurBottles berperan penting terhadap sikap peduli lingkungan pada followers instagram The Body Shop. Kemudian nilai koefisien determinasi sebesar 0,774 atau 77%. Selisihnya sebesar 23% (100% – 77%) merupakan faktor lain yang tidak termasuk ke dalam penelitian ini.
Coffeemezation: Communication Content Kampanye Starbucks dalam Meningkatkan Engagement Audiens Listiani, Putri Diah
CARAKA : Indonesia Journal of Communication Vol. 4 No. 2 (2023): Caraka : Indonesia Journal of Communication
Publisher : Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25008/caraka.v4i2.93

Abstract

Public Relations starbucks Indonesia mebuat kampanye coffeemezation untuk mengakomodir karakteristik customer generasi muda  yang menginginkan persona diri untuk tampil unik dan berbeda serta meningkatkan kreativitas untuk mendorong how creations product Starbucks Indonesia. Penelitian ini fokus meneliti communication conten di media sosial terhadap engagement audiens dalam kampanye coffeemezation Starbucks Indonesia. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh communication content kampanye Starbucks Indonesia dalam meningkatkan egangement audiens dan mengetahui seberapa besar pengaruh communcation content kampanye Starbucks Indonesia dalam meningkatkan engagement audiens. Communication content pada kampanye ini memiliki fungsi pesan dan melibatkan multimedia sehingga meningkatkan engagement audiens secara kognitif, afektif, dan konatif seperti; like, comment, share dan reshare di media sosial @starbucksindonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitafif, populasi yang digunakan merupakan followers Instagram Strabucks Indonesia dengan sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner melaui google form, dengan analisis data menggunakan program Smart PLS 4 (Partial Least Square). Hasil pada penelitian ini bahwa, communication content memiliki pengaruh secara signifikan dalam meningkatkan  engagement audiens pada kampanye coffeemezation Starbucks Indonesia.

Page 1 of 1 | Total Record : 6