cover
Contact Name
Hilda Hilaliyah
Contact Email
diskursus.unindra@gmail.com
Phone
+6287878741498
Journal Mail Official
diskursus.unindra@gmail.com
Editorial Address
Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
ISSN : 26154935     EISSN : 26154943     DOI : http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v4i2
Core Subject : Education,
Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across settings.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2021): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia" : 10 Documents clear
Pemakaian Bahasa dan Penalaran sebagai Sarana untuk Menarik Kesimpulan Wacana Argumentasi Margaretha Sumarwati; Dendy Sugono
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 4, No 1 (2021): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.636 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v4i1.8401

Abstract

Penelitian dilaksanakan pada SMU Ign. Slamet Riyadi, SMU Budiwarman dan SMU Pangudi Rahayu Jakarta Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat pemakaian bahasa sebagai alat untuk menarik kesimpulan wacana argumentasi siswa kelas XI.Semester II SMU Ign. Slamet Riyadi, SMU Budiwarman dan SMU Pangudi Rahayu di Jakarta Timur Tahun Ajaran 2019/2020 serta untuk mendeskripsikan pemakaian penalaran sebagai alat untuk menarik kesimpulan wacana argumentasi siswa kelas XI semester II SMU Ign. Slamet Riyadi, SMU Budiwarman dan SMU Pangudi Rahayu di Jakarta Timur Tahun Ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes menulis jawaban menarik kesimpulan wacana argumentasi. Data diperoleh melalui tes dan wawancara kepada siswa kelas XI semester II SMU Ign. Slamet Riyadi, SMU Budiwarman dan SMU Pangudi Rahayu di Jakarta Timur Tahun Ajaran 2019/2020 dan guru kelas atau guru pendamping. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa pada tes pertama pemakaian bahasa dan penalaran siswa dalam penarikan kesimpulan wacana argumentasi masih belum sesuai dengan keinginan peneliti namun pada tes putaran kedua pemakaian bahasa dan penalaran siswa dalam penarikan kesimpulan wacana argumentasi sudah baik. Kata Kunci: Pemakaian Bahasa, Penalaran, Menarik Kesimpulan, Wacana Argumentasi
Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Teks Naratif Iqra Juniar Saputra
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 4, No 1 (2021): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (120.026 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v4i1.9037

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh antara minat baca dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis teks naratif pada siswa SMP Swasta di Kabupaten Bogor, pengaruh minat baca terhadap keterampilan menulis teks naratif siswa SMP Swasta  di Kabupaten Bogor, dan pengaruh penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis teks naratif siswa SMP Swasta di Kabupaten Bogor. Penelitian dilakasanakan di SMP Swasta Al-Ihsan Leuwiliang, SMP Swasta PGRI Kracak, dan SMP Islam Asyidiqiyah. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif korelasional. Subjek penelitian ini berjumlah 58 siswa. Metode penelitian menggunakan survei melalui angket. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif atau statistik deskriptif regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Teks Naratif Siswa SMP Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 29,106. Terdapat pengaruh yang signifikan Minat Baca terhadap Keterampilan Menulis Teks Naratif Siswa SMP Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan thitung = 0,369. Terdapat pengaruh yang signifikan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menulis Teks Naratif Siswa SMP Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 7,029. Kata kunci: Minat Baca, Penguasaan Kosakata, dan Keterampilan Menulis Teks Naratif.
Pengaruh Kemampuan Berpikir Logis dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Keterampilan Menulis Teknis Andin Sudirman; Hasbullah Hasbullah
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 4, No 1 (2021): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.636 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v4i1.8902

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kemampuan berpikir logis dan kecerdasan intelektual secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis teknis siswa SMP Swasta di Kabupaten Tanggerang, pengaruh Kemampuan berpikir logis terhadap keterampilan menulis teknis siswa SMP Swasta di Kabupaten Tanggerang, dan pengaruh kecerdasan intelektual terhadap keterampilan menulis teknis siswa SMP Swasta di Kabupaten Tanggerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei korelasional. Sampel diambil sebanyak 60 orang siswa yang diambil secara acak sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan penyebaran angket langsung kepada sampel. Analisis data menggunakan statistika deskriptif seperti mencari mean, median, modus, standar deviasi, dan statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir logis dan kecerdasan intelektual secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis teknis siswa SMP Swasta Kabupaten tanggerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 110,063. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir logis terhadap keterampilan menulis teknis siswa SMP Swasta Kabupaten tanggerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 8,161. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan intelektual terhadap keterampilan menulis teknis siswa SMP Swasta Kabupaten tanggerang. Hal ini dibutikan dengan nilai Sig = 0,001 < 0,05 dan thitung = 2,429. Kata kunci: Kemampuan berpikir logis , Kecerdasan intelektual , Keterampilan menulis teknis
Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Minat Baca terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskriptif Bahasa Indonesia Siti Sundari; Sumaryoto Sumaryoto; Mamik Suendarti
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 4, No 1 (2021): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.846 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v4i1.9038

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata dan minat baca secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis teks deskriptif bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Jakarta Selatan, untuk mengetahui penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis teks deskriptif bahasa Indonesia, dan untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap keterampilan menulis teks deskriptif bahasa Indonesia. Sampel yang digunakan 60 siswa sebagai sampel penelitian menggunakan Teknik proporsional random sampling dari seluruh siswa SMK negeri di Jakarta Selatan. Pengumpulan data dilaksanakan dengan pemberian teks pemahaman konsep dan penyebaran angket. Analisa data terdiri dari pengujian instrument penelitian dengan uji validitas, reabilitas. Selanjutnya dilakukan uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dengan uji Anova 2 jalur. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data adanya pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata dan minat baca secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis teks naratif bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 74,051 yang berarti regresi tersebut signifikan, terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis teks deskriptif bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung 7, 134 yang berarti terdapat pengaruh signifikan. Kata kunci: pengaruh kosakata, minat baca, keterampilan menulis, teks deskriptif
Unsur-Unsur Sejarah dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Cerpen Teh dan Pengkhianat Karya Iksaka Banu Tita Oktiva; Oom Rohmah Syamsudin
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 4, No 1 (2021): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.118 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v4i1.8974

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan unsur-unsur sejarah dan nilai pendidikan karakter dalam kumpulan cerpen “Teh dan Pengkhianat” karya Iksaka Banu. Metodologi penelitian yang digunakan untuk menganalisis kumpulan cerpen ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan struktural. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan catat. Hasil penelitian disimpulkan: 1) Unsur sejarah yang ditampilkan dalam kumpulan cerpen “Teh dan Pengkhianat” karya Iksaka  Banu dikelompokkan menjadi tiga, yaitu peritiwa sejarah 67%, tokoh sejarah 20% dan waktu sejarah 13%. 2) Nilai pendidikan karakter yang ditampilkan dalam kumpulan cerpen “Teh dan Pengkhianat” karya Iksaka Banu terdapat 13 jenis nilai pendidikan karakter dengan jumlah data 25. Kata Kunci: Unsur-unsur sejarah, Nilai Pendidikan Karakter, Teh dan Pengkhianat
Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dan Prinsip Kesantunan Berbahasa Percakapan dalam Acara “Mata Najwa” Nur Rahmawati
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 4, No 1 (2021): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.173 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v4i1.9408

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelangaran prinsip kerja sama, pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa, tujuan pelanggaran prinsip kerja sama dan prinsip kesantunan berbahasa percakapan dalam acara “Mata Najwa”. Data diperoleh dari video acara “Mata Najwa” episode Juli 2020. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode simak dengan teknik lanjutan yaitu teknik dokumentasi, teknik simak bebas libat cakap, dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelanggaran prinsip kerja sama dan prinsip kesantunan berbahasa percakapan dalam acara “Mata Najwa” yang terjadi cukup banyak. Tuturan yang ditemukan melanggar prinsip berjumlah 65 data, 34 pelanggaran prinsip kerja sama dan 31 pelanggaran prinsip kesantunan. Pelanggaran prinsip kerja sama terdiri dari maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi, maksim cara, dan maksim gabungan relevansi dan kuantitas. Pelanggaran prinsip kerja sama terbanyak adalah maksim gabungan relevansi dan kuantitas sebanyak 13 data. Prinsip kesantunan terdiri dari maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim pujian, maksim rendah hati, dan maksim gabungan kebijaksanaan dan pujian. Pelanggaran prinsip kesantunan terbanyak adalah maksim kebijaksanaan sebanyak 25 data. Tujuan pelanggaran prinsip kerja sama dan prinsip kesantunan terdiri dari tujuan tindak representatif, tindak direktif, dan tindak ekspresif. Tujuan pelanggaran prinsip kerja sama terbanyak adalah tujuan tindak representatif dengan alasan memberikan penjelasan atau informasi. Tujuan pelanggaran prinsip kesantunan terbanyak adalah tujuan tindak direktif dengan alasan menyindir. Kata kunci: Pelanggaran, Prinsip Kerja Sama, Prinsip Kesantunan, Mata Najwa
Analisis Makna Bahasa dan Seni Rupa dalam Gambar Ilustrasi Cerita Susiloningtyas Susiloningtyas
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 4, No 1 (2021): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.359 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v4i1.8990

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna bahasa dalam gambar ilustrasi cerita dan makna seni rupa dalam gambar ilustrasi cerita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode penelitian konten analisis dalam menjaring dan memaparkan data yang telah didapat, data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari narasi cerita dan bahasa visual dalam gambar ilustrasi cerita. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat makna bahasa dalam gambar ilustrasi cerita. Hal ini dibuktikan dengan terdapat unsur simbolik/makna dalam gambar ilustrasi berupa unsur netral 33,3% Protagonis 50% Antagonis 16,7%. Unsur simbolik/makna yang menggambarkan tokoh berkarakter Protagonis mendominasi dalam gambar ilustrasi, dan ditemukan pula aspek edukatif berupa nilai-nilai pendidikan karakter di dalam narasi cerita. Aspek nilai pendidikan karakter yang berhubungan dengan menghargai prestasi mendominasi di dalam narasi cerita. Terdapat makna seni rupa dalam gambar ilustrasi cerita. Hal ini dibuktikan dengan terdapat unsur makna seni rupa berupa objek gambar ilustrasi yang meliputi unsur rupa manusia 23,7% unsur rupa hewan 18,42% unsur rupa tumbuhan 10,52% unsur rupa Alam benda 36,84% Unsur rupa bayang-bayang dan bayangan 0% unsur rupa titik, garis, warna, tekstur, gelap terang, ruang, bidang, dan volume/gempal/bentuk 10,52%. Unsur alam benda mendominasi unsur makna seni rupa berupa objek gambar ilustrasi. Kata Kunci: bahasa, seni rupa, unsur-unsur seni, makna gambar, pendidikan karakter.
Campur Kode pada Papan Reklame Iklan Komersial Idham Maulana; Hilda Hilaliyah; Bambang Sumadyo
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 4, No 1 (2021): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.197 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v4i1.9551

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui wujud campur kode yang berupa sisipan kata, frasa, dan klausa yang terdapat di dalam papan reklame iklan komersial dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik analisis isi pada kalimat papan reklame iklan komersial. Analisis data yang digunakan mengklasifisikan data yang terdapat campur kode berupa, kata, frasa, dan klaua. Data yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 52 Campur kode yang terdapat dalam papan reklame iklan komersial. Hasil penelitian ini, teridentifikasi bahwa terdapat temuan Campur kode dalam bentuk kata sebanyak 22 temuan (42.3%), Campur kode dalam bentuk frasa sebanyak 21 temuan (40.4%), Campur kode dalam bentuk klausa sebanyak 9 temuan (17.3%). Dengan demikian, hasil dari temuan papan reklame yang dominan adalah campur kode dalam bentuk kata. Kata Kunci: Campur Kode, Papan Reklame, Iklan Komersial.
Pengaruh Persepsi Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Wikurnia Wikurnia; Sumaryoto Sumaryoto; Hasbullah Hasbullah
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 4, No 1 (2021): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (54.796 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v4i1.8923

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Kabupaten Bekasi, 2) pengaruh persepsi kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Kabupaten Bekasi, dan 3) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Kabupaten Bekasi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian yaitu siswa SMK Negeri di Kabupaten Bekasi dengan jumlah 827 siswa. Sampel penelitian yaitu dengan jumlah 89 siswa. Teknik pengambilan sampel secara acak. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil pengujian hipotesis diperoleh simpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 42,828. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 8,118. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,047 < 0,05 dan thitung = 2,018. Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan hasil prestasi belajar bahasa Indonesia di tingkat SMK Negeri di Kabupaten Bekasi. Kata Kunci: Persepsi Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia
Kesantunan Kritik Sosial dalam Rubrik Parodi di Surat Kabar Kompas Nuring Wahyu Bayu Ratri; Apsanti Djokosujatno; Bambang Sumadyo
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 4, No 1 (2021): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.378 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v4i1.9035

Abstract

Penelitian bertujuan menjelaskan isi dan sasaran kritik sosial dan menguraikan manifestasi kesantunan dalam kritik sosial yang disampaikan Samuel Mulia pada rubrik Parodi. Hipotesis penelitian tersebut adalah Samuel Mulia memiliki gaya yang khas dalam menyampaikan kritik sosial kepada masyarakat. Kritik sosial yang disampaikan memenuhi prinsip-prinsip kesantunan. Penelitian dilakukan dengan metode analisis wacana kritis. Objek penelitian adalah masalah sosial yang tertuang dalam rubrik Parodi. Ada dua pendekatan yang digunakan untuk menganalisis data. Pertama, pendekatan analisis wacana kritis milik Fairclough dan Teun A. van Dijk. Kedua, pendekatan pragmatik, yaitu prinsip kesantunan Geoffrey N. Leech (1983). Hasil pengujian hipotesis diperoleh simpulan sebagai berikut: 1) Samuel Mulia sebagai penulis mencoba mengangkat masalah sosial, seperti peduli lingkungan, adanya pembagian kelas-kelas dalam masyarakat yang juga menyebabkan adanya dominasi kekuasaan dalam masyarakat. 2) Kritik sosial disampaikan dengan cara menjadikan dirinya sebagai objek tulisan sekaligus subjek tulisan. 3) Sasaran tulisannya jelas secara eksplisit ditujukan kepada dirinya sendiri. Namun, sebenarnya penulis juga menyasar masyarakat pembaca Parodi, khususnya mereka yang memiliki jabatan kekuasaan, kekayaan, atau kekuatan besar. 4) Samuel Mulia memberikan contoh kritik sosial yang tidak menyinggung pihak lain sehingga tidak melukai perasaan karena merasa disudutkan atau dihakimi. Samuel menggunakan cara mengkritik pihak lain dengan cara membuat analogi. 5) Kritikan tidak cukup dengan menggunakan analogi atau metafora. Setiap kalimat yang dipilih dan digunakan untuk mengkritik harus memenuhi maksim kebijaksanaan, kedermawanan, penghargaan, kesederhanaan, dan simpati. 6) Samuel dapat dikatakan sebagai pengkritik yang cukup santun. Meskipun dirinya dan banyak orang mengakui bahwa Samuel Mulia memiliki mulut yang tajam dan kritis, namun Samuel mampu menunjukkan bahwa ia dapat mengendalikan dirinya. Kata Kunci: Kritik Sosial, Kesantunan, Teori Norman Fairclough dan Teun A. van Dijk.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2021 2021