cover
Contact Name
Hera Pebrianti
Contact Email
herapebrianti@gmail.com
Phone
+6281243825356
Journal Mail Official
herapebrianti@gmail.com
Editorial Address
Kambu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93561
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Literasi Perpustakaan dan Informasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Perpustakaan dan Informasi
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 27758761     DOI : 10.52423
Core Subject : Science, Social,
Journal of Library and Information Literacy Halu Oleo University is published four times a year in February, May, August, and November by the Department of Library and Information Science, Halu Oleo University, Kendari City, South East Sulawesi Province, Indonesia. The journal publishes original research articles in the field of library and information science for more details the author can check in the scope of publication provided. The numbers of processes must be followed in order to publish article in this journal, starting from article selection, article review, strict editing process by journal editors and reviewers. Hopefully this journal will give a big contribution to all scholars, professionals, practitioners, and LIS students throughout the world.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 3 (2023): Edisi Agustus" : 5 Documents clear
Program Edukasi Sexs Pada Lingkungan Anak Di Taman Baca Masyarakat Sukamulya Syahalam, Ifah Rafifah; Indah, Rosiana Nurwa; Syam, Rifqi Zaeni Achmad
Jurnal Literasi Perpustakaan dan Informasi: Jurnal Penelitian Kajian Perpustakaan dan Informasi Vol 3, No 3 (2023): Edisi Agustus
Publisher : Halu Oleo University Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jlpi.v3i3.42540

Abstract

Sexs education for early childhood is now very urgent, so that its application becomes important in everyday life, both in formal, non-formal and informal forms. Even though the Community Reading Center can be a place to educate the public about sex education for children. This makes the purpose of this study to find out the implementation of sex education programs in children's environments through the Sukamulya Community Reading Center. The method used is descriptive qualitative. Data collection techniques through observation, interviews and documentation. There were three informants consisting of TBM administrators and parents of children. The results of the study show that the sex education program that has been carried out is through introducing the anatomy of the body, building positive habits, instilling the importance of protecting the organs, and getting children to dress according to their gender identity from an early age. This program is delivered through videos, pictures, songs and lectures that can be understood by children and parents. In addition, parents are also aware of their role as the first source of information about sex education for children.
Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Sebagai Media Pendukung Mekanisme Pembelajaran Terhadap Kepuasan Mahasiswa Lamusa, Siti Sabria; Jaya, Asrul; Ibrahim, Cecep
Jurnal Literasi Perpustakaan dan Informasi: Jurnal Penelitian Kajian Perpustakaan dan Informasi Vol 3, No 3 (2023): Edisi Agustus
Publisher : Halu Oleo University Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jlpi.v3i3.43243

Abstract

Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp Sebagai Media Pendukung Mekanisme Pembelajaran Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Prodi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Angkatan 2019-2021). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Perpustakaan dan Ilmu Informasi angkatan tahun 2019, 2020 dan 2021 berjumlah 286 orang dengan jumlah sampel sebanyak 167 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah menggunakan Metode stratifed random sampling. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dengan bantuan software SPSS Versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitan ini adalah nilai signifikasi Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Pendukung Mekanisme Pembelajaran pada Tabel coefficiens sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05 dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Pendukung Mekanisme Pembelajaran berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa Prodi Perpusatakaan dan Ilmu Informasi Angkatan 2019, 2020 dan 2021 di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo. Fitur-fitur WhatsApp yang dapat dimanfaatkan sebagai media pendukung mekanisme pembelajaran antara lain Chat Group, foto, video, pesan suara, dan dokumen dimana fitur yang ada ini mampu memberikan kepuasan tersediri bagi para mahasiswa dalam menjalankan aktivitas sehari-hari
Kemampuan Literasi Media Siswa Tunanetra Sekolah Dasar SLB Mandara Sebagai Upaya Mendukung Pengembangan Membaca di Kalangan Anak-Anak Rismayanti, Rismayanti; Amin, Hasriany; Ibrahim, Cecep; Handayani, Rivi
Jurnal Literasi Perpustakaan dan Informasi: Jurnal Penelitian Kajian Perpustakaan dan Informasi Vol 3, No 3 (2023): Edisi Agustus
Publisher : Halu Oleo University Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jlpi.v3i3.43242

Abstract

Literasi media merupakan kebutuhan dasar anak yang berkembang secara alami seiring dengan meningkatnya kebutuhan belajar, dan berkomunikasi terkait pengetahuan dan kemampuan dalam menggunakan media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kemampuan literasi media siswa Tunanetra Sekolah Dasar SLB Mandara sebagai upaya mendukung pengembangan membaca di kalangan anak-anak. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 2 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan literasi media dalam upaya mendukung pengembangan membaca pada siswa Tunanetra di SLB Mandara yaitu pihak sekolah maupun guru telah menyediakan media Braille dan alat media Reglet sesuai dengan kebutuhan jenis siswa kecacatan Tunanetra, dapat diketahui bahwa literasi media dalam hal ini proses metode pengajaran yang di pakai telah berhasil dalam upaya membangun minat membaca, kreativitas siswa Tunanetra dengan menggunakan media Braille dan alat Reglet.
Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi Baca Wattpad Terhadap Minat Baca siswa di SMAN 1 Pasarwajo Say, Sarman; Masrul, Masrul; Ibrahim, Cecep
Jurnal Literasi Perpustakaan dan Informasi: Jurnal Penelitian Kajian Perpustakaan dan Informasi Vol 3, No 3 (2023): Edisi Agustus
Publisher : Halu Oleo University Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jlpi.v3i3.43244

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Pemanfaatan Aplikasi Wattpad terhadap minat baca siswa di SMA N 1 Pasarwajo. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan menyebarluaskan kuisioner dan menjadikan siswa SMA N 1 Pasarwajo sebagai sampelnya. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling dimana semua individu dalam populasi dapat dipilih sebagai sampel. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode kuesioner (angket) dan data pendukung lainnya diperoleh dari kepustakaan. Analisis penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliablitas, uji regrensi liner dan uji korelasi. Hasil penelitiannya menunjukkan erdapat pengaruh pemanfaatan Aplikasi Baca Wattpad terhadap Minat Baca Siswa di SMA N 1 Pasarwajo. Hal ini dibuktikan dari hasil perbandingan r hitung dengan r tabel yaitu r hitung lebih besar daripada r tabel (10,716 > 1,652) atau signya kurang dari 0.05. Adapun pengaruhnya sebesar 36,9 %.
Bibliografi Beranotasi Tentang Koleksi Buku Agama Islam di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sulawesi Tenggara Tarmi, Ni Nyoman; Umbran, Umbran; Rajab, Rajab
Jurnal Literasi Perpustakaan dan Informasi: Jurnal Penelitian Kajian Perpustakaan dan Informasi Vol 3, No 3 (2023): Edisi Agustus
Publisher : Halu Oleo University Kendari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jlpi.v3i3.43121

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui dan menjelaskan bibliografi beranotasi tentang koleksi buku agama Islam di dinas kearsipan dan perpustakaan daerah Sulawesi tenggara.Penelitian inimenggunakan teknik analisis kualitatif dengan metode deskriptif, teori yangdigunakan dalam penelitian ini adalah teori Klasifikasi Bibliografi (bibliographic classification theory). Lokasi penelitian ini bertempat di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Sulawesi Tenggara. Jl. H. Abdullah Silondae No. 133 kota kendari, populasi dalam penelitian ini adalah pustakawan dan pemustaka yang memanfaatkan vasilitas perpustakaan daerah sebanyak 5 orang. Sedangkan teknik penemuan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah Metode purposive (secara sengaja) . Dimana semua anggotapopulasi digunaan sebagai sampel sebanyak 30 orang, penelitian ini menggunakanteknikanalisis secara deskriptif kualitatif yakni data yang di peroleh berdasarkan pada informasi dan temuan objek yang detail.Adapun hasil dari penelitian iniberdasarkan analisis yang di temukan yaitu Bibliografi beranotasi koleksi buku agama islam perpustakaan daerah sulawesi tenggara memiliki langkah-langkah pembuatansebagai berikut:1. Penentuan Judul;a) keterpakaian koleksi oleh pemustakaan Perpustakaan daerah Sulawesi tenggara; c) informasi dan koleksi masih terjaga. 2. Mengumpulkan danmelakukan seleksi pada bahan pustaka dalam pencatatan nama pengarang, tahun terbit,judul dari buku koleksi tentang agama islam, tempat terbit, edisi atau cetakan dan penerbit.3.Seleksi bahan pustaka agar tidak terjadi kesalahan pada pembuatan bibliografi dengan subjek yang telah ditentukan. 4.Mengelompokkan dan mengklasifikasibahan pustaka. 5.Pembuatan Kata Kunci. 6. Penyusunan Indeks.7. Pengetikkan naskah bibliografi dengan memakai penulisan format APA (American Psycology Assosiation). 8. Pemeriksaan akhir pada naskah bibliografi dengan memperhatikan penulisan nama pengarang yang telah di balik, melihat tahun terbit, memperhatikan penulisan huruf kapital dan hal lainya.

Page 1 of 1 | Total Record : 5