cover
Contact Name
Diah Eka Sari
Contact Email
diaheka@unimed.ac.id
Phone
+6285261529917
Journal Mail Official
ekasarium@yahoo.com
Editorial Address
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Kode : Jurnal Bahasa
ISSN : 23015411     EISSN : 25797957     DOI : https://doi.org/10.24114/kjb.v9i3.19972
Core Subject : Education,
Jurnal Kode adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Aspek kajian jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan konseptual dalam bidang pembelajaran, penilaian, linguistik, dan sastra Indonesia. Jurnal ini juga dihadirkan untuk mendukung pengembangan akademika di Jurusan Bahasa dan sastra Indonesia.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 4 (2018): KODE" : 6 Documents clear
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PORSEA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 Melva Sirait; Trisnawati Hutagalung
Kode : Jurnal Bahasa Vol 7, No 4 (2018): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.549 KB) | DOI: 10.24114/kjb.v7i4.11760

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar berseriterhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Porsea tahunpembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini berjumlah 212 siswa. Dari 212 siswa,ditetapkan sampel sebanyak 25 siswa yang diambil secara acak (randomsampling).Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pretest post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperolehmenunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks berita sebelummenggunakan media gambar berseri masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata(mean) yang diperoleh siswa adalah 54, sedangkan kemampuan siswa menulis teks beritasesudah menggunakan media gambar berseri masuk dalam kategori baik dengan nilairata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 77,4. Selanjutnya, uji hipotesismenunjukkan thitung (8,32)>ttabel(1,67) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikianditolak dan diterima, yang artinya ada pengaruh media gambar berseri terhadapkemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Porsea tahun pembelajaran2016/2017. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis teks berita sesudahmenggunakan media gambar berseri lebih baik daripada hasil pembelajaran sebelummenggunakan media gambar berseri, dan proses pembelajaran sesudah menggunakan mediagambar berseri berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks berita.Kata kunci: Media, gambar Berseri, Menulis, Teks Berita.
NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DEMOKRATIS DAN TOLERANSI DALAM NOVEL KARYA HABIBURAHMAN EL SHIRAZY DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA Muhammad Ilham; Iva Ani Wijiati
Kode : Jurnal Bahasa Vol 7, No 4 (2018): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.868 KB) | DOI: 10.24114/kjb.v7i4.11731

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai pendidikan karakter demokratis dantoleransi sebagai pendidikan karakter dalam novel Ayat-Ayat Cinta dan Pudarnya PesonaCleopatra karya Habiburahman El Shiraz, (2) merelevansikan nilai pendidikan karakterdalam novel Ayat-Ayat Cinta dan Pudarnya Pesona Cleopatra dengan pembelajaran bahasadi sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data adalah novel AyatAyat Cinta dan Pudarnya Pesona Cleopatra karya Habiburahman El Shirazy. Data dalamkutipan inii berupa kutipan teks yang menggambarkan nilai pendidikan karakter demokratisdan toleransi dalam novel yang dianalisis dan relevansinya dengan pemebelajaran sastra.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, teknik baca, dan teknikcatat langkah-langkah teknik analisis data dilakukan dengan cara identifikasi data,mengklasifikasi data, interpretasi data, penejelasan hasil hubungan hasil penelitian denganpembelajaran sastra, dan tahap akhir menyimpulkan sesuai hasil penelitian. Hasil penelitiandalam penelitian ini terbagi menjadi dua. Pertama, terdapat nilai pendidikan karakterdemokratis dan toleransi dalam novel Ayat-Ayat Cinta dan Pudarnya Pesona Cleopatra.Kedua, novel Ayat-Ayat Cinta dan Pudarnya Pesona Cleopatra mempunyai relevansiterhadap pembelajaran bahasa. Hal ini terlihat dari indikator, komptensi inti, dankompetensi dasar dalam kurikulum, yang jika pembleajaran novel diterapkan maka dapatmemperbaiki karakter peserta didik di sekolah, sehingga menjadi insan yang berakhlak baik.Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya para tenaga pendidik memberikan pemahamankarakter kepada peserta, sehingga peserta didik dapat membentuk karakternya menjadi lebihbaik, serta harapan, novel tersebut dapat memotivasi pembaca untuk melakukan hal-hal yanglebih baik.Kata kunci : Karya sastra, Novel, Nilai Pendidikan Karakter, dan pembelajaran Sastra.
PENERAPAN METODE IMOD DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI SISWA SEKOLAH DASAR Ermaliana Waruhu; Roma Putra
Kode : Jurnal Bahasa Vol 7, No 4 (2018): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.842 KB) | DOI: 10.24114/kjb.v7i4.11817

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah melalui metode imod dapat meningkatkankemampuan membaca puisi siswa SDN 014648 Padang Mahondang. Penelitian dilakukanselama 2 siklus, yang tiap siklus terdiri dari 2 (dua) pertemuan dengan waktu belajar 2x35menit. Setiap siklus penelitian terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, tindakan,observasi dan refleksiSubjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar 014648 PadangMahondang yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari teskemampuan membaca pusi, lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasikemampuan guru mengelola kelas dan hasil wawancara siswa serta foto dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif.Hasil analisis menunjukkan bahwa rerata hasil observasi terhadap aktivitas siswa padasiklus I sebesar 60,9%. Hal ini disebabkan karena guru terlalu cepat saat menyampaikanmateri kepada siswa dan masih kurangnya keberanian siswa untuk tampil ke depan kelas.Pada pada siklus II meningkat menjadi sebesar 89,5%. Rerata tes kemampuan membacapuisi siswa pada kondisi awal 68,4 dengan tingkat ketuntasan klasikal 23,3%. Pada siklusI nilai rerata 75,3 tingkat ketuntasan klasikal 63,5%. Pada siklus II, nilai rerata 80,4,tingkat ketuntasan klasikal 93,5%.Berdasarkan tindakan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui metode imoddapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa khususnya kelas V SD N 014648Padang Mahondang.Kata kunci: Kemampuan Membaca, Metode Imod, Sastra PuisiPendahuluanTujuan penelitian tindakan kelas ini adalah melalui metode imod dapat meningkatkankemampuan membaca puisi siswa SDN 014648 Padang Mahondang. Penelitian dilakukanselama 2 siklus, yang tiap siklus terdiri dari 2 (dua) pertemuan dengan waktu belajar 2x35menit. Setiap siklus penelitian terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, tindakan,observasi dan refleksiSubjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar 014648 PadangMahondang yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari teskemampuan membaca pusi, lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasikemampuan guru mengelola kelas dan hasil wawancara siswa serta foto dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif.Hasil analisis menunjukkan bahwa rerata hasil observasi terhadap aktivitas siswa padasiklus I sebesar 60,9%. Hal ini disebabkan karena guru terlalu cepat saat menyampaikanmateri kepada siswa dan masih kurangnya keberanian siswa untuk tampil ke depan kelas.Pada pada siklus II meningkat menjadi sebesar 89,5%. Rerata tes kemampuan membacapuisi siswa pada kondisi awal 68,4 dengan tingkat ketuntasan klasikal 23,3%. Pada siklusI nilai rerata 75,3 tingkat ketuntasan klasikal 63,5%. Pada siklus II, nilai rerata 80,4,tingkat ketuntasan klasikal 93,5%.Berdasarkan tindakan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui metode imoddapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa khususnya kelas V SD N 014648Padang Mahondang.Kata kunci: Kemampuan Membaca, Metode Imod, Sastra Puisi
ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN TEKS BIOGRAFI SMA /SMK KOTA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018 Dindya Adjeng Fiska; Fitriani Lubis
Kode : Jurnal Bahasa Vol 7, No 4 (2018): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.543 KB) | DOI: 10.24114/kjb.v7i4.11753

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan modelpembelajaran inkuiri yang dilakukan oleh guru di SMA/SMK kotaMedan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaituuntuk mendeskripsikan data penelitian dengan apa adanya. Datadianalisis untuk mendeskripsikan proses tahapan modelpembelajaran inkuiri yang dilakukan guru. Hasil penelitian inisebagai berikut. Guru di SMA YPI Amir hamzah melaksanakan 22langkah dari 23 langkah di dalam enam tahap model pembelajaraninkuiri dengan presentase mencapai 95%. Sedangkan guru di SMASwasta Rahmat Islamiyah melaksanakan 18 langkah dari 23langkah dalam enam tahapan model pembelajaran inkuiri denganpresentase 78%.Kata Kunci: Analisis, Model Pembelajaran Inkuiri, Guru, TeksBiografi
ANALISIS PENERAPAN METODE IMAGE STREAMING (PENGALIRAN IMAJI) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI OLEH GURU KELAS X YPI AMIR HAMZAH TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018 Suchi Susilo; Trisnawati Hutagalung
Kode : Jurnal Bahasa Vol 7, No 4 (2018): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.76 KB) | DOI: 10.24114/kjb.v7i4.11754

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimanapenerapan metode pengaliran imaji yang dilakukan oleh guru kelas X dalampembelajaran menulis puisi YPI Amir Hamzah. Metode ini menekankan padakeaktifan guru dalam mrnggunakan metode pembelajaran.Metode pengaliranimaji atau image streaming memiliki 3 tahap diantaranya, tahap persiapan, tahappenerapan konsep dan tahap mengubah sketsa. Jenis penelitian ini merupakanpenelitian deskriptif yaitu untuk mendeskripsikan data penelitian dengan apaadanya. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif, yaitu mendeskripsikanproses tahapan model pembelajaran yang dilakukan guru. Hasil penelitian inisebagai berikut oleh bapak Riswan Nst, S.E., S.Pd mencapai nilai 88 yang dapatdikategorikan dalam predikat skor 3 yaitu baik dan Ibu Nuraziziah S.Pd mencapainilai 81 yang dapat dikategorikan dalam predikat skor 3 yaitu baik, tahappenerapan konsep oleh bapak Riswan Nst,S.E., S.Pdmencapai nilai 88 yang dapatdikategorikan dalam predikat skor 3 yaitu baik dan Ibu Nuraziziah S.Pd mencapainilai 75 yang dapat dikategorikan dalam predikat skor 3 yaitu baik, dan tahapmengubah sketsa oleh bapak Riswan Nst, S.E., S.Pd mencapai nilai 63 yang dapatdikategorikan dalam predikat skor 2 yaitu kurang baik dan Ibu Nuraziziahmencapai nilai 81 yang dapat dikategorikan dalam predikat skor 3 yaitu baik.Kata Kunci: pembelajaran, image streaming, puisi
KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK 3M (MENGAMATI, MENIRU, MENGEMBANGKAN) OLEH SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018 Zukhruf Ambarsari; Fitriani Lubis
Kode : Jurnal Bahasa Vol 7, No 4 (2018): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.709 KB) | DOI: 10.24114/kjb.v7i4.11757

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalammenulis teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan teknik 3M(Mengamati, Meniru, Mengembangkan) oleh siswa kelas XI SMKNegeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi penelitianini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 2 Medan tahunpembelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 18 kelas dengan jumlah568 orang. Sampel yang diambil adalah 60 orang dari jumlah kelasyang telah ditentukan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwadata berdistribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan ujinormalitasLhitung <Ltabelpada taraf signifikan. Hasil uji normalitasuntuk data kelas eksperimen ialah (0.14< 0.16 ), kelas kontrol (0.11<0.16 Hasil uji homogenitas kemampuan menulis teks eksplanasikompleks ialah Xhitung< Xtabel (0,66 < 42.6) dan uji hipotesis thitung>ttabel(9.41 > 2.01). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwakemampuan menulis teks eksplanasi kompleks dengan menggunakanteknik 3M (Mengamati, Meniru, Mengembangkan) lebih baikdibandingkan kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks denganmenggunakan teknik konvensional oleh siswa kelas XI SMK Negeri2 Medan tahun pembelajaran 2017/2018.Kata Kunci : Kemampuan, Menulis, Teks Eksplanasi Kompleks,Teknik 3M (Mengamati, Meniru, Mengembangkan)

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 3 (2025): Kode: Edisi September 2025 Vol. 14 No. 2 (2025): Kode: Edisi Juni 2025 Vol. 14 No. 1 (2025): Kode: Edisi Maret 2025 Vol. 13 No. 4 (2024): Kode: Edisi Desember 2024 Vol. 13 No. 3 (2024): Kode: Edisi September 2024 Vol 13, No 3 (2024): Kode: Edisi September 2024 Vol 13, No 2 (2024): Kode: Edisi Juni 2024 Vol. 13 No. 2 (2024): Kode: Edisi Juni 2024 Vol. 13 No. 1 (2024): Kode: Edisi Maret 2024 Vol 13, No 1 (2024): Kode: Edisi Maret 2024 Vol 12, No 4 (2023): Kode: Edisi Desember 2023 Vol 12, No 3 (2023): Kode: Edisi September 2023 Vol 12, No 2 (2023): Kode: Edisi Juni 2023 Vol 12, No 1 (2023): Kode: Edisi Maret 2023 Vol 11, No 4 (2022): Kode: Edisi Desember 2022 Vol 11, No 3 (2022): Kode: Edisi September 2022 Vol 11, No 2 (2022): Kode: Edisi Juni 2022 Vol 11, No 1 (2022): Kode: Edisi Maret 2022 Vol 10, No 4 (2021): Kode: Edisi Desember 2021 Vol 10, No 3 (2021): Kode: Edisi September 2021 Vol 10, No 2 (2021): Kode: Edisi Juni 2021 Vol 10, No 1 (2021): Kode: Edisi Maret 2021 Vol 9, No 4 (2020): KODE Vol 9, No 3 (2020): KODE Vol 9, No 2 (2020): KODE Vol 9, No 1 (2020): Edisi Januari Vol 8, No 4 (2019): KODE Vol 8, No 3 (2019): KODE Vol 8, No 2 (2019): KODE Vol 8, No 1 (2019): KODE Vol 7, No 4 (2018): KODE Vol 7, No 3 (2018): KODE Vol 7, No 2 (2018): KODE Vol 7, No 1 (2018): KODE Vol 6, No 3 (2017): KODE Vol 6, No 1 (2017): KODE Vol 5, No 3 (2016): KODE Vol 6, No 4 (2017): KODE Vol 6, No 2 (2017): KODE Vol 5, No 2 (2016): KODE Vol 5, No 1 (2016): KODE Vol 4, No 4 (2015): KODE Vol 4, No 3 (2015): KODE Vol 4, No 2 (2015): KODE Vol 4, No 1 (2015): kode Vol 3, No 4 (2014): KODE Vol 3, No 3 (2014): KODE Vol 3, No 2 (2014): KODE Vol 3, No 1 (2014): KODE Vol 2, No 4 (2013): KODE Vol 2, No 3 (2013): KODE Vol 2, No 2 (2013): KODE Vol 2, No 1 (2013): KODE Vol 1, No 3 (2012): KODE Vol 1, No 2 (2012): KODE Vol 1, No 1 (2012): KODE More Issue