cover
Contact Name
Afdhal Kusumanegara
Contact Email
afdhal.kusumanegara@uin-suska.ac.id
Phone
+6285242817000
Journal Mail Official
jurnalgurindam@uin-suska.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan Pekanbaru - 28293
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra
ISSN : -     EISSN : 27986675     DOI : DOI : 10.24014/gjbs.v2i1.16166
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra adalah jurnal akses terbuka yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal ini diterbitkan 2x setahun, yakni Juni dan Desember. Jurnal ini berisi hasil penelitian (lapangan atau studi pustaka), kajian teoretis maupun kajian kritis yang meliputi beberapa ranah kajian sebagai berikut. ✅ Kajian Linguistik ✅ Kajian Sastra ✅ Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2023): DESEMBER" : 5 Documents clear
Pemeliharaan dan Pengembangan Bahasa Melayu Indragiri Hilir: Peran Pendidikan, Masyarakat, dan Strategi Implementasinya Yovani, Mei Linda Eka; Lisni, Lisni; Putri, Nanda Raihana; Deo, Muhammad; Herlinda, Herlinda
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 3, No 2 (2023): DESEMBER
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/gjbs.v3i2.26510

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi peran pendidikan dan masyarakat dalam melestarikan bahasa Melayu Indragiri Hilir. Dengan menggunakan pendekatan tinjauan literatur, studi ini menilai strategi dan praktik yang digunakan serta perubahan linguistik yang berdampak pada bahasa daerah. Temuan ini menyoroti implikasi di luar kelas kerjasama dan penerapan Bahasa Melayu. Singkatnya, kerjasama antara pendidikan dan masyarakat memiliki tanggung jawab dalam memelihara bahasa daerah sebagai bagian dari identitas budaya, sehingga memerlukan pemahaman yang mendalam dan strategi yang inovatif untuk melestarikan modernitas bahasa.Kata Kunci: Bahasa Melayu, Pendidikan, Masyarakat, Variasi Linguistik, Kolaborasi.
Pemahaman dan Penerapan Bahasa Melayu Riau dalam Konteks Bahasa Indonesia: Sebuah Studi Kasus di Kalangan Bilingual Ananta, Rika Dwi; Anugrah, Rizka Anisa; Yani, Rindi; Fitriani, Rina; Herlinda, Herlinda
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 3, No 2 (2023): DESEMBER
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/gjbs.v3i2.26737

Abstract

AbstrakIsu sentral yang menjadi perhatian dalam jurnal ini adalah pemahaman dan implementasi bahasa Melayu dalam bahasa Indonesia, khususnya pada kalangan individu yang memiliki kemampuan bilingual. Fokus penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis kata-kata serapan dari bahasa Melayu ke bahasa Indonesia sebagai manifestasi konkret dari pemahaman dan penggunaan bahasa Melayu. Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yang melibatkan penelitian kepustakaan dengan mengumpulkan serta menganalisis data dari berbagai sumber, termasuk buku, jurnal, dan penelitian terdahulu. Pengaruh bahasa Melayu terhadap perkembangan bahasa Indonesia terbukti signifikan, terutama melalui kata-kata serapan yang mencerminkan keterkaitan erat antara kedua bahasa ini dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Kata kunci : Bahasa Melayu, Bahasa Indonesia, Bilingual, Lingua Franca AbstrakPersoalan sentral yang mendapat perhatian dalam jurnal ini adalah pemahaman dan penerapan bahasa Melayu dalam bahasa Indonesia, khususnya di kalangan individu yang memiliki kemampuan bilingual. Fokus penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis kata serapan dari bahasa Melayu ke bahasa Indonesia sebagai wujud nyata pemahaman dan penggunaan bahasa Melayu. Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu melibatkan penelitian kepustakaan dengan mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber, antara lain buku, jurnal, dan penelitian terdahulu. Pengaruh bahasa Melayu terhadap perkembangan bahasa Indonesia terbukti cukup besar, terutama melalui kata serapan yang mencerminkan eratnya keterkaitan kedua bahasa tersebut dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Kata Kunci : Bahasa Melayu, Bahasa Indonesia, Bilingual, Lingua Franca 
Ekologi Sastra Dalam Novel Hilang Dalam Dekapan Semeru Karya Fajar Aditya Nuronniah, Siti; Rahman, Hasrul
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 3, No 2 (2023): DESEMBER
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/gjbs.v3i2.22320

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk mendeskripsikan ekologi sastra dalam novel Hilang Dalam Dekapan Semeru Karya Fajar Aditya. Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif merupakan salah satu metode penelitian yang dijabarkan secara deskriptif dan digunakan untuk menganalisis keadaan secara sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ekologi sastra dalam novel Hilang Dalam Dekapan Semeru Karya Fajar Aditya melalui analisis bentuk ekologi alam. Hasil dari penelitian ini yakni berdasarkan data yang diperoleh terdapat 20 data yang ditemui yang temasuk pada ekologi sastra dan data tersebut memiliki hubungan dengan rumusan masalah dalam penelitian yang sedang dikaji.Kata Kunci: Deskriptif Kualitatif, Ekologi Sastra, Novel
Analisis Framing Pemberitaan Sindonews dan Kompas.com (Studi Kasus Penolakan Ustaz Abdul Somad Masuk ke Singapura) Saputra, Alif Lamsyah; Husain, Wahyuni; Indra, Andi Batara
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 3, No 2 (2023): DESEMBER
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/gjbs.v3i2.25188

Abstract

This study aims to analyze the framing carried out by Sindonews and kompas.com media on the case of Ustaz Abdul Somad`s refusal to enter Singapora. The problem in this research is how Sindonews and kompas.com framing the case of Ustaz Abdul Somad’s refusal to enter Singapore. The method used ini this study is descriptive qualitative method with data collection techniques and documentations the results of the study show that the Sindonews media framing Ustaz Abdul Somad as a radical Ustaz and extreme Ustaz, while Kompas.com framing Ustaz Abdul Somad as a respected Ustaz in Indonesia.                 Keywords: Framing Analysis, Abdul Somad, Online Media Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembingkaian yang dilakukan oleh media Sindonews dan Kompas.com terhadap kasus penolakan Ustaz Abdul Somad Masuk ke Singapura. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana framing yang dilakukan Sindonews dan Kompas.com terhadap kasus penolakan Ustaz Abdul Somad Masuk ke Singapura. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yakni observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian  menunjukkan, bahwa media Sindonews memframing Abdul Somad sebagai Ustaz yang radikal dan Ustaz yang ekstrem, sedangkan Kompas.com memframing Abdul Somad sebagai Ustaz yang dihormati di Indonesia.Kata Kunci: Analisis Framing, Abdul Somad, Media Online
Pengembangan Literasi Digital dalam Pembelajaran Berbicara Haerul, Haerul; Yusrina, Yusrina
Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 3, No 2 (2023): DESEMBER
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/gjbs.v3i2.26801

Abstract

Digital literacy is one of the skills that is really needed in the 21st century. This ability is a form of adaptation to the very rapid development of technology and information in the era of globalization. Therefore, it is best for every lesson to be integrated with the implementation of digital literacy. This research aims to describe the form of digital literacy development in speaking learning. This research is a qualitative descriptive study. The data source in this research is video documentation of digital literacy-based speaking learning. The results of this research show that the implementation of digital literacy in speaking learning can improve students' digital literacy skills.

Page 1 of 1 | Total Record : 5