Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan berfokus pada penerbitan artikel berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk semua aspek penelitian, masalah, dan perkembangan terbaru di bidang Ilmu Manajemen. Topik dalam Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan berkaitan dengan aspek apapun dari manajemen, namun tidak terbatas pada topik berikut : Manajemen Sumberdaya Manusia , Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sektor Publik, Manajemen Operasional, Manajemen Rantai Pasokan, Corporate Governance, Etika Bisnis, Akuntansi Manajemen dan Pasar Modal dan Investasi. Jurnal ini diterbitkan 3 (tiga) kali dalam satu tahun yaitu Edisi April, Agustus, dan Desember.
Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 2 No. 2 (2022): AGUSTUS : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan"
:
10 Documents
clear
ANALISA AKUNTABILITAS BELANJA HIBAH PADA PEMERINTAHAN KOTA YOGYAKARTA
WARDOYO, DWI URIP;
Rachma, Annisa Aulia;
DWI N, ANNISAA INDAH;
HANIF, AZZARIF
Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 2 (2022): AGUSTUS : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55606/jumbiku.v2i2.243
This study aims to analyze the accountability of subsidy spending to the Yogyakarta city government. This research is a qualitative research with an exploratory approach. The data were obtained through in-depth interviews from the literature study. It was concluded that there were bottlenecks for all six grant expenditure management processes. These obstacles arise in the accountability and reporting processes. These problems are (1) compliance problems that occur in the process of implementing accountability for grant spending, (2) regulatory constraints where regulations have not been conveyed to grant managers, especially those related to regional apparatus, (3) constraints in budget implementation. grant spending which takes a longer process because it has to go through several stages, (4) constraints in terms of lack of human resource competence and accountability and reporting capabilities, and (5) limited supporting facilities in realizing accountability for grant spending.This study reveals that coordination between grant-making institutions, information and communication between grant managers and grantees is critical in achieving accountability. Dissemination of regulations regarding grant issuance, sanctions, and assistance to the community or grant funders will contribute to better accountability for grant spending. Various efforts have been made to minimize delays in submitting accountability reports for grant funds, including imposition of penalties, ensuring accountability between grant managers, request in-depth reporting to grantees and the preparation of standardized accountability reports to facilitate the preparation of accountability reports by grantees. easier and helps reviewers verify reports.
REVENUE FROM CONTRACTS WITH CUSTOMER
Febriandhani, Ferry;
Akbar, Firas Satria;
Bagus W.P., Gregorius;
Syahputra, Ryan
Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 2 (2022): AGUSTUS : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55606/jumbiku.v2i2.258
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak dari pengumuman Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 72 dari sudut pandang investor melalui reaksi pasar saham yang diproksikan dengan shareholder value. Pengujian berfokus pada perusahaan sektor industri property, real estate and building contruction karena standar ini menggantikan dua standar sekaligus yang digunakan sebelumnya oleh industri ini secara spresifik, yaitu PSAK 34. Analisis penelitian ini menggunakan metode regresi dan pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bukti empiris bahwa pengumuman PSAK 72 meningkatkan shareholder value.
PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH PENUMPANG PADA MASKAPAI CITILINK
Gifalyn, Pilian Gilar
Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 2 (2022): AGUSTUS : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55606/jumbiku.v2i2.259
Persaingan dalam dunia penerbangan semakin hari semakin ketat, menuntut setiap perusahaan dalam hal ini maskapai penerbangan untuk menerapkan strategi khusus untuk meningkatkan jumlah penumpang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konsep strategi pemasaran dan bauran pemasaran dalam upaya meningkatkan jumlah penumpang pada maskapai Citilink. Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, sumber data diperoleh: data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Peneliti menggunakan teknik analisis data: reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk meningkatkan jumlah penumpang maskapi Citilink menerapkan konsep strategi pemasaran dengan segmentasi pasar pada kelas menengah kebawah, target pasar yaitu penerbangan domestik, positioning menjadi maskapai berbiaya rendah dengan pelayanan berkelas 4 star lcc dari skytrax, market entry strategy dengan bekerjasama dengan perusahaan induk yaitu Garuda Indonesia. Timming strategy dengan memperhatikan kondisi pasar yang ada untuk mempersiapkan produknya sebaik mungkin sebelum di turunkan kepasar. Kemudian pada bauran pemasaran produk maskapai Citilink dengan menghadirkan berbagai fasilitas jasa, penggunaan pesawat terbaru, rute penerbangan domestik yang bervariasi. Strategi harga dengan menawarkan harga yang terjangkau, strategi tempat dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Strategi promosi melalui media online. Strategi orang dengan memberikan pelatihan kepada setiap karyawan, strategi proses dengan memberikan pelayan sesuai SOP dan prokes yang ketat. Strategi bukti fisik dengan penggunaan jenis pesawat terbaru, penghargaan 4 star LCC, seragam awak kabin yang mudah dikenali.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN LOW COST CARRIER (LCC) PADA MASKAPAI CITILINK TERHADAP KEPUASAAN WISATAWAN DOMESTIK DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL LOMBOK ZAINUDDIN ABDUL MADJID
Kurniatun, Mindah;
S.Ip., M.M , Hodi
Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 2 (2022): AGUSTUS : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55606/jumbiku.v2i2.297
Pengaruh Kualitas Layanan Low Cost Carrier (LCC) Pada Maskapai Citilink Terhadap Kepuasaan Wisatawan Domestik Di Bandar Udara Zainuddin Abdul Majid : Minda Kurniatun. Transportasi udara merupakan salah satu jenis transportasi yang dinilai memiliki efisiansi, efektifitas, kecepatan, keselamatan dan kenyamanan yang baik bagi penumpang yang akan berpegian. Maka dari itu kita bisa melihat seberapa besar peran dari transportasi udara dalam menunjang keberhasilan industri parawisatawan. Salah satu perusahaan penerbangan yang menyediakan penerbangan dari berbagai kota di indonesia menuju Lombok yaitu Maskapai Citilink. Perusahaan penerbangan ini menyediakan layanan Low Cost Carrier. Layanan ini melakukan penghematan dari layanan full service,dimana penghematan tersebut akan berdampak pada pengurangan harga tiket pesawat yang ditawarkan. Untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan Low Cost Carrier pada Maskapai Citilink terhadap kepuasaan wisatawan domestik di Bandar Udara Internasional Lombok. Dan Untuk mengatahui besarnya pengaruh kualitas layanan Low Cost Carrier pada Maskapai Citilink terhadap kepuasaan wisatawan domestik di Bandar Udara Internasional Lombok. Untuk melihat apakah Pelayanan memiliki dampak yang sinkron terhadap kepuasan penumpang Citilink. Penelitian ini menggunakan pengujian kuantitatif dengan gambaran strategi yang dipilih sebagai informasi penting dengan menggunakan kuesioner. Populasi yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu penumpang maskapai citilink di Bandar Udara Zainuddin Abdul Majid. pada sampel yang berjumlah sebesar 60 responden. Teknik analisis data menggunakan bantuan imb SPSS statistics21. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha yang menyatakan Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan wisatawan domestik di Bandara Udara Internasional Lombok. Besar pengaruh variabel kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan Maskapai Citilink dapat dilihatdarihasilujiKoefisienDeterminasibahwakoefisienkorelasi (R) sebesar 0,479 yang artinya terdapat hubungan yang kuat antara variabel independen terhadap variabel dependen karena nilai R mendekati angka 1. Hal itu menunjukkan semakin besar nilai X maka semakin besar pula nilai Y. nilai R2 sebesar 0,230 yang berarti 23% kepuasan pelanggan dipengaruhi variabel kualitas layanan. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas layanan yang dirasakan mempunyai pengaruh yang kuat terhadap kepuasan pelanggan pada wisatawan domestik di Bandara udara Internasional Lombok.
ANALISIS PENGEMBANGAN FASILITAS RUANG TUNGGU DI BANDARA KOMODO LABUAN BAJO - NUSA TENGGARA TIMUR
Radha, Yusrina;
Dewantari, Aditya
Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 2 (2022): AGUSTUS : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55606/jumbiku.v2i2.298
Bandar udara merupakan komponen penting dalam pelayanan transportasi udara. Bandar udara Komodo labuan bajo sangat berperan penting sebagai pintu atau akses wisatawan untuk mengunjungi Provinsi Nusa Tenggara Timur. Fasilitas ruang tunggu bandara adalah fasilitas pendukung bagi setiap bandara dan memiliki peran yang sangat penting dalam proses keberlangsungan aktivitas di bandara. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis kelengkapan fasilitas ruang tunggu di Bandara Komodo Labuan Bajo 2) untuk mengetahui pengembangan fasilitas ruang tunggu di Bandara Komodo Labuan Bajo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder berupa dokumen-dokumen yang berasal dari perusahaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) Fasilitas yang berada di ruang tunggu Bandara Komodo Labuan Bajo pada umumnya yaitu kursi, Toilet, AC, Musholla, WIFi, tempat charger, Cafe, Souvenir, Nursery room, serta ruang bermain anak. Pengembangan fasilitas di Bandara Komodo Labuan Bajo 3 tahun terakhir mengalami perkembangan namun tidak signifikan. Salah satu contohnya yaitu penambahan fasilitas dan penambahan kursi diruang tunggu. 2) Pihak bandara komodo Labuan bajo telah melakukan beberapa perbaikan serta pengembangan terhadap beberapa fasilitas-fasilitas yang ada di ruang tunggu agar pengguna fasilitas yang ada diruang tunggu merasa aman dan nyaman saat berada diruang tunggu, seperti penambahan kursi ruang tunggu sekitar 300 kursi sehingga dari 207 kursi menjadi 507 kursi, serta pelebaran ruang tunggu yang dimana ukuran awal sekitar 20,2m² dan setelah pelebaran area ruang tunggu sekitar 31,5m² dan ruang busui yang berukuran sekitar 30x20cm.
PERANAN PERSONEL APRON MOVEMENT CONTROL DALAM MENJAGA KEBERSIHAN DI SISI UDARA PADA BANDAR UDARA SULTAN HASANUDDIN MAKASSAR
Pambudi, Bima;
Sutarwati, Sri
Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 2 (2022): AGUSTUS : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55606/jumbiku.v2i2.299
Keselamatan penerbangan sangat penting, oleh karena itu para pihak yang terlibat dalam aktivitas di sisi udara (Apron) harus selalu mematuhi aturan sesuai undang-undang, peraturan pemerintah dan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku. Pada kenyataanya di wilayah apron atau (sisi udara) masih sering terjadi pelanggaran terhadap peraturan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan personel Apron Movement Control dalam menjaga kebersihan di sisi udara pada Bandara Udara Sultan Hasanuddin Makassar, dan mengetahui kendala yang dihadapi petugas Apron Movement Control dalam menjalankan tugas menjaga kebersihan di sisi udara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan observasi dan wawancara, data sekunder diperoleh melalui dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan model Miles dan Huberman, yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Untuk menguji keabsahan data penulis menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan personel apron movement control (AMC) dalam menjaga kebersihan disisi udara sangat penting. Petugas AMC belum sepenuhnya melaksanakan tugas mengawasi dan menjaga kebersihan di sisi udara sesuai SOP yang ditetapkan di Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar. Dalam melakukan patroli untuk mengawasi kebersihan di sisi udara yang seharusnya berjumlah 2 orang tetapi hanya dilakukan oleh 1 orang petugas hal ini di karnakan kurangnya sumber daya manusia (SDM). Kendala yang dihadapi petugas AMC pada saat menjalankan tugas dalam menjaga kebersihan disisi udara yaitu kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM), fasilitas kendaraan untuk melakukan patroli masih kurang, petugas ground handling kurang menjaga kebersihan, petugas maskapai kurang komunikatif bila terjadi tumpahan oli.
Pengaruh Perilaku Konsumen Aplikasi Traveloka terhadap Kepuasan Konsumen
Linda, Linda;
Dharasta , You She Melly Anne
Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 2 (2022): AGUSTUS : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55606/jumbiku.v2i2.311
Di era globalisasi ini berbelanja menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Dulunya masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya mereka harus datang langsung ke penjualnya. Namun pada saat ini mereka dapat memenuhi kebutuhan mereka dengan membeli secara online. Perubahan perilaku konsumen tersebut tentunya terjadi tidak begitu saja, namun ada hal-hal yang mempengaruhinya seperti faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis. Penelitian ini bertunjuan untuk melihat pengaruh perilaku konsumen terhadap kepuasan konsumen dalam membeli tiket pesawat secara online pada situs traveloka.com. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi sederhana. Dikarenakan adanya pandemi Covid-19 penyebaran kuisoner dilakakukn secara online melalui Google Form. Dalam penelitian ini menggunakan 100 responden sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku konsumen memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam membeli tiket pesawat secara online pada situs Traveloka.com. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana, yaitu Y = 4,335+ 0,272X. Hasil tersebut menunjukan bahwa variabel X (Perilaku Konsumen) berpengaruh posistif terhadap varibel Y (Kepuasan Konsumen) dengan pengaruh sebesar 33% dan sisanya sebesar 67%merupakan sumbangan dari variabel lain di luar variabel perilaku konsumen.
PENGARUH HARGA JUAL DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN MOBIL TOYOTA AGYA DI TOYOTA AUTO 2000 LAHAT
Pahlan, M
Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 2 (2022): AGUSTUS : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55606/jumbiku.v2i2.312
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh Harga Jual dan Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif kuantitatif yaitu analisis data yang berdasarakan pada perhitungan angka statistik untuk mengetahui pengaruh harga Jual dan biaya promosi terhadap volume penjualan. Tempat Penelitian Dilakukan Di Toyota Auto 2000 Lahat. Tehnik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji hepotesi uji T dan uji f serta uji koefisien diterminasi. Hasil perhitungan statistik regresi linier berganda di dapat persamaan Y = -26,533 + 1,592E-6 + 3,366E-8. Hasil dari uji T untuk variabel biaya promosi mempunyai Nilai biaya promosi sebesar 6,683 dengan tingkat signifikan besar 0.022. (P-value < 0,05 maka menunjukan ada pengaruh yang signifikan antara biaya prmosi terhadap volume penjualan. Nilai harga jual sebesar 0,201 dengan tingkat signifikan besar 0,859 (P-value > 0,05) maka menunjukan tidak ada pengaruh yang signifikan antara harga jual. Hasil uji F didapat 22,630 dengan mengambil taraf signifikan sebesar 5 % maka dengan tingkat signifikan sebesar 042 ( P-value < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara biaya peromosi, harga jual, secara bersama – sama terhadap variabel volume penjualan.
PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RESTO CHEF DADANG LAHAT
Eduar, Rudi
Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 2 (2022): AGUSTUS : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55606/jumbiku.v2i2.366
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap KepuasanKonsumen Pada Resto Chef Dadang Cabang Lahat. penelitian ini berlokasi di Jl. RE Martadinata BandarAgung, Karang baru. Kec. Lahat, Kab. Lahat.Penelitian ini menetapkan harga dan kualitas pelayanansebagai tolak ukur kepuasan konsumen Resto Chef Dadang Lahat. Tipe penelitian ini adalah DeskriptifKuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan self administrator questionnaire. Alat yang digunakanadalah kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah Konsumen Resto Chef Dadang Lahat. Perhitungansampel menggunakan Sample Insidental, dengan responden sebanyak 30 orang. Teknik analisis data yangdigunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hipotesis di Uji dengan T test dan F test. Kesimpulan daripenelitian ini adalah bahwa Harga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, sedangkankualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan Konsumen dan secara simultanberpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. hasil yang didapat dari Uji Regresi adalahY (37,038 + 0,317X1 + -427X2 +e) dan hasil koefisien Determinasi sebesar 0,652. Ini berarti bahwa angkamenunjukan bahwa variabel Harga (X1) dan kualitas pelayanan (X2) yang digunakan dalam persamaanregresi ini mampu meberikan distribusi terhadap variabel kepuasan konsumen sebesar 65,2% sedangkansisanya 34,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis.
PERAN FINTECH, INKLUSI KEUANGAN, LOCUS OF CONTROL TERHADAP KINERJA UMKM (STUDI PADA UMKM SENTRA BATIK PEKALONGAN)
Rohmah, Syifa;
Abidin, Rohmad;
Kurniawan, Pratomo Cahyo
Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 2 (2022): AGUSTUS : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55606/jumbiku.v2i2.1537
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh financial technology, inklusi keuangan, dan locus of control terhadap kinerja UMKM Batik kota Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada UMKM sektor Bantik Pekalongan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 94 responden dengan teknik metode slovin. Data yang diperoleh diolah dengan SPSS. Analisis ini menggunakan uji instrumen, uji regresi linier berganda, uji t, uji f, uji R2. Berdasarkan hasil uji T menunjukan financial technology, inklusi keuangan, dan locus of control berpengaruh positif terhadap kinerja UMKM Batik kota Pekalongan. Hasil uji F menunjukkan bahwa financial technology, inklusi keuangan, dan locus of control secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja UMKM.