cover
Contact Name
Endang Puspitasari
Contact Email
endangpuspitasari@unugiri.ac.id
Phone
+6285745993329
Journal Mail Official
jurnalabata@unugiri.ac.id
Editorial Address
Jalan Jendral Ahmad Yani No.10, Jambean, Sukorejo, Kec. Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62115
Location
Kab. bojonegoro,
Jawa timur
INDONESIA
ABATA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
ISSN : 28082338     EISSN : 28079809     DOI : https://doi.org/10.32665/abata.v2i1.339
Core Subject : Education,
ABATA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini is a journal dedicated to the publication of quality research results in the field of early childhood education and child development. ABATA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini has a scope including the development of aspects of child development, parenting, early childhood education management institutions, assessment of early childhood development, child development psychology, learning strategies, playing educational tools, learning media, and various fields related to early childhood education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2023): September" : 7 Documents clear
SMART PARENTING DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK DI ERA DIGITAL Nayla Zuhriya Salwa; Rofiqotul Aini
Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 3 No. 2 (2023): September
Publisher : Nahdlatul Ulama University Sunan Giri Bojonegoro, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32665/abata.v3i2.1815

Abstract

Kajian penelitian ini dilakukan guna menganalisis tentang smart parenting atau pola asuh yang digunakan oleh orang tua kepada anaknya pada era digital dimana penggunaan gadget semakin meluas dalam masyarakat. Teknik penelitian yang digunakan dalam kajian ini menggunakan jenis penelitian pustaka atau study literature. Penelitian pustaka merupakan teknik mencari sumber referensi melalui literatur yang bersumber dari buku, jurnal, artikel dan lain sebagainya. Smart parenting merupakan pola asuh cerdas yang digunakan oleh orang tua dalam membimbing, mendidik serta mengajarkan anak untuk bersikap baik, disiplin, bertanggung jawab serta sikap-sikap positif lainnya yang harus ada dalam diri anak dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Beberapa gaya yang biasa diterapkan dalam mengasuh anak oleh kebanyakan orang tua diantaranya adalah pola asuh otoriter, pola asuh demokratis dan pola asuh permisif. Dengan adanya smart parenting, anak akan lebih siap dalam menghadapi kehidupan yang berorientasi pada era digitalisasi dimana penggunaan gadget sudah menjadi bagian dari kehidupan umat manusia yang tidak bisa terpisahkan lagi.
IMPLEMENTASI PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL PENDIDIKAN PADA LEMBAGA PAUD Reza Aditya Ramadhani; Dila Rukmi Octaviana; Kusnul Fadlilah; Firga Yoga Pratama
Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 3 No. 2 (2023): September
Publisher : Nahdlatul Ulama University Sunan Giri Bojonegoro, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32665/abata.v3i2.1902

Abstract

Tujuan Penelitian mengkaji implementasi pengelolaan dana bantuan operasional pendidikan pada lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dalam pengumpulan data dari kepala sekolah PAUD RA dan KB dan Guru yang berwenang di bendahara. langkah analisis data melalui penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa implementasi pengelolaan dana bantuan operasional lembaga PAUD dilaksanakan melalui tahapan berikut: Pertama, perencanaan proses perencanaan diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan kebutuhan siswa untuk menyusun RKAS BOP lembaga Paud. Kedua, pelaksanaan pengelolaan dana BOP diawali dengan pengambilan dana yang turun dari pemerintah. Pengeluaran digunakan beberapa item termasuk dari alat peraga edukatif (APE), sarana prasarana dan honorarium guru. Ketiga, evaluasi/pertanggungjawaban pelaporan dana BOP melalui dengan dua metode secara daring dan luring. Adapun pelaporan secara daring dikirim melalui link yang diberikan dari pihak Tim Manajemen BOP, sedangkan metode luring dengan bentuk hard file dengan pernyataan tanggung jawab.
IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI DALAM MENGENALKAN BAHASA KRAMA INGGIL PADA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN Muhimatul Khoiroh; Mohammad Tsaqibul Fikri; Siti Labiba Kusna
Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 3 No. 2 (2023): September
Publisher : Nahdlatul Ulama University Sunan Giri Bojonegoro, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32665/abata.v3i2.2173

Abstract

Bahasa Krama Inggil merupakan salah satu warisan budaya yang hampir punah dan harus kita lestarikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Implementasi Metode Bernyanyi dalam  Mengenalkan Bahasa Krama Inggil Pada Anak Usia 4 – 5 Tahun di RA Nurul Ulum Desa Sandingrowo Kecamatan Soko Kabupaten Tuban. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4 – 5 tahun dan guru kelas A di RA Nurul Ulum Sandingrowo Soko Tuban yang berjumlah 15 anak, terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2023. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber dengan harapan data yang dihasilkan valid, subjektif dan otentik. Hasil dari penelitian ini bahwa Implementasi metode bernyanyi dalam mengenalkan bahasa krama Inggil adalah dalam pelaksanaan pembelajaran  yang dilaksanakan oleh guru di kelas  menggunakan metode bernyanyi dengan dua jenis lagu yaitu 3 tembang dolanan dan 5 lagu gubahan. Implementasi metode bernyanyi dalam mengenalkan Bahasa krama Inggil memberikan hasil yang positif terhadap anak-anak di RA Nurul Ulum dibuktikan dengan hasil wawancara kepada para wali murid yang sebagian besar anak sudah bisa menyebutkan beberapa kosa kata Bahasa krama inggil
PENGARUH TATA KELOLA POJOK BACA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK USIA 5-6 TAHUN Windi Febrianti; Ulfa; Endang Puspitasari
Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 3 No. 2 (2023): September
Publisher : Nahdlatul Ulama University Sunan Giri Bojonegoro, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32665/abata.v3i2.2204

Abstract

Pojok baca merupakan sebuah sudut baca di kelas yang di lengkapi dengan koleksi bahan bacaan yang ditata semenarik mungkin guna untuk menumbuhkan minat baca siswa. Ra Al Falah sudah mempunyai pojok baca tetapi dari segi penataan buku, meja dan rak buku belum menarik minat baca anak. Maka dari pemaparan masalah tersebut peneliti tertarik untuk mengkaji lebih lanjut ke dalam bentuk penelitian ilmiah.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Experimental dengan desain One Group Pretest-Protest Design dengan jumlah sampel 22 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan penelitian yang digunakan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Hasil observasi pengajar dalam kategori sangat baik dengan nilai presentase 80%. Sedangkan pada observasi minat baca siswa termasuk dalam kategori sangat baik dengan mempeoleh nilai presentase 100%. (2) Terdapat pengaruh tata kelola pojok baca sesudah diterapkan tata kelola terhadap minat baca anak usia 5-6 di RA AL Falah Sugihwaras Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban. Hasil simpulan tersebut berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang mengatakan nilai alpha 0,05 lebih besar dari nilai sig 0.000.
PROBLEMATIKA SARANA DAN PRASARANA DI KB NURUL JADID PANGLEGUR PAMEKASAN Nisael Amala; Nashihatuddiniyah; Putri Ernawati
Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 3 No. 2 (2023): September
Publisher : Nahdlatul Ulama University Sunan Giri Bojonegoro, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32665/abata.v3i2.2237

Abstract

Permasalahan pendidikan yang terjadi di Indonesia adalah masalah kurangnya sarana dan prasarana pendidikan, terutama di daerah-daerah terpencil. Hal ini dapat menimbulkan kesenjangan dalam mutu pendidikan, sehingga banyak peserta didik yang tidak bisa menikmati fasilitas sarana dan prasarana yang sama dengan peserta didik yang berada di kota. Masalah tersebut disebabkan beberapa faktor yakni kurangnya kepedulian terhadap sarana dan prasarana, bersikap acuh tak acuh terhadap sarana dan prasarana yang sudah rusak, hal tersebut perlu diatasi dengan cara memberikan dana serta merawat sarana dan prasarana dengan baik agar tetap layak digunakan. Sarana dan prasarana adalah segala fasilitas yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran, baik itu proses yang berjalan berurutan, lancar, teratur, efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan manfaat serta pengaruh sarana dan prasarana dalam hasil pembelajaran anak. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi. Hasil penelitian yang didapat di lembaga KB Nurul Jadid Panglegur yaitu mengalami kekurangan dalam pemenuhan sarana dan prasarana untuk penunjang kegiatan belajar anak seperti APE dalam yang dimiliki hanya ada sisa balok dan puzzle, APE luar hanya satu ayunan yang kondisinya tidak layak, dan halaman yang kecil dan dijadikan parkir motor untuk semua jenjang pendidikan dalam satu lokasi
BING AND VLOG IS VERY NICE: DEVELOPMENT OF ICT AND USEFULNESS IN ISLAMIC LEARNING IN EARLY CHILDREN Ari Kusuma; Darius Seow
Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 3 No. 2 (2023): September
Publisher : Nahdlatul Ulama University Sunan Giri Bojonegoro, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32665/abata.v3i2.2247

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pengembangan ICT serta kebermanfaatannya di TK Ibrah Malaysia. ICT ini dikembangkan untuk pembelajaran dan perkembangan bahasa. Pemanfaatan ICT telah disesuaikan dengan kurikulum di TK Ibrah agar target RPH tercapai, karena TK Ibrah adalah TK full day semi daycare sehingga pembelajaran bahasa dirasa penting karena komunikasi tersebut digunakan sehari-hari. TK Ibrah Malaysia menggunakan bilingual Melayu dan Inggris, maka dari itu perkembangan bahasa anak harus diperhatikan untuk komunikasi sehari-hari.  Metode penelitian ini menggunakan penelitian  pengembangan milik Borg and Ghall yang memiliki 10 langkah, namun hanya ditempuh hanya 7 langkah sesuai dengan petunjuk Ardhana. Uji coba kecil dilakukan dengan melibatkan 6 orang anak dan uji coba besar dilakukan dengan melibatkan 35 anak. Teknik pengambilan data adalah kualitatif dan kuantitatif. Data yang diambil adalah keamanan ICT, mudah dilakukan dan menyenangkan untuk anak. Hasil dari penelitian ini bahwa ICT sangat membantu baik guru dan anak untuk proses belajar mengajarnya, perkembangan bahasa anak juga terbantu dengan adanya ICT ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ICT dapat digunakan namun harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat usia anak.
IMPROVING PROSOCIAL BEHAVIOR OF CHILDREN OF B TK TUNAS HARAPAN 1 TUNGGUNJAGIR THROUGH TRADITIONAL GAMES Lina Eka Retnaningsih; Sri Zulfida; Ferri Yonantha
Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 3 No. 2 (2023): September
Publisher : Nahdlatul Ulama University Sunan Giri Bojonegoro, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32665/abata.v3i2.2271

Abstract

This study is conducted by the low of prosocial behavior of B Class of TK Tunas Harapan. This is shown in the attitude of most children who do not care about the condition of friends, often fighting over toys because they do not want to share with friends, laughing at friends who fall when they need help, teasing other friends inside or outside the classroom. Therefore, this study aims to describe the process and results of the implementation of traditional games to improve the prosocial behavior of children in B class of TK Tunas Harapan. This The method of this study is Action Research using Kemmis and Mc Taggart Classroom Action Research model consisting of four stages, namely planning, action, observation, and reflection. This study was conducted in 2 cycles. Each cycle consisted of 6 meetings. The data was analyzed qualitatively and quantitatively. The results of this study indicate that there is an improvement on children's prosocial behavior through traditional games, as evidenced by the average pre-intervention prosocial behavior score 5,08, then it was improved on Cycle I that was 7,67 and on Cycle II that was 10,83 out of the maximum score 12.

Page 1 of 1 | Total Record : 7