cover
Contact Name
Misdawati
Contact Email
alulum.lppm2022@gmail.com
Phone
+6281375385775
Journal Mail Official
alulum.lppm2022@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sisingamangaraja No. 10 Km. 5,5. Kota Medan 20217 Sumatera Utara
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Al Ulum: LPPM Universitas Al Washliyah Medan
ISSN : 23385391     EISSN : 26559862     DOI : https://doi.org/10.47662/alulum.v10i1
Jurnal Al Ulum: LPPM Universitas Al Washliyah Medan (P-ISSN: 2338-5391, E-ISSN: 2655-9862) is peer-reviewed journal publishes twice in the year (January and July) by Universitas Al Washliyah, Medan. The focus of journal is to publish current original research on Science and Technologi. publish original research papers, review articles, research aplications and case studies focused on Mathematic, Biology, Physic, Chemistry, Informatic, Electronic and Machine, Civil engineering, agriculture as well as related topics.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 2 (2022): Jurnal Al Ulum" : 7 Documents clear
ANALISA GETARAN DAN KOEFISIEN KORELASI ANTARA GETARAN PADA MESIN (ENGINE) DAN TEMPAT DUDUK OPERATOR (SEAT) DENGAN VARIASI TINGKAT KEBISINGAN MESIN FORKLIFT TYPE FD 30 PA SUMITOMO Tony Siagian
Jurnal Al Ulum LPPM Universitas Al Washliyah Medan Vol. 10 No. 2 (2022): Jurnal Al Ulum
Publisher : UNIVERSITAS AL WASHLIYAH (UNIVA) MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/alulum.v10i2.233

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat getaran yang terjadi pada berbagai variasi tingkat kebisingan mesin forklift dengan dudukan operator dan mendapatkan koefiesien korelasi tingkat getaran yang terjadi pada mesin serta pengaruhnya terhadap tingkat getaran pada daerah tempat duduk operator. Dari hasil penelitian didapat bahwa pada amplitudo arah vertikal pada tingkat kebisingan paling rendah (87 dB) menghasilkan amplitudo paling tinggi 25.5 mm/s pada mesin dan 2.8 mm/s pada tempat duduk dan pada kebisingan 93 dB terjadi amplitudo paling rendah 0.7 mm/s pada tempat duduk, sementara untuk arah horizontal pada kebisingan 87 dB terjadi amplitudo paling tinggi 17.0 mm/s pada mesin dan 4.8 mm/s pada tempat duduk dan pada kebisingan 93 dB terjadi amplitude paling rendah 13.5 mm/s pada mesin dan 0.8 mm/s pada tempat duduk. Sementara untuk nilai koefisien korelasi, didapat nilai paling tinggi pada arah vertikal (rxy = 0.805) dan paling rendah pada arah horizontal (rxy = 0.48). Maka secara umum dari hasil penelitian diketahui bahwa fluktuasi tingkat geteran yang timbul lebih banyak pada horizontal dibanding vertikal dan tingkat koefisien korelasi getaran yang paling kuat terjadi pada pengukuran arah vertikal dan yang paling lemah korelasinya pada arah horizontal.
PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN DI PT.INDAH CARGO PADA BAGIAN PENGIRIMAN BARANG DENGAN METODE SIX SIGMA Abdul Azis Syarif; Seprilinda Diningsih; Zaharuddin Zaharuddin; Budhi Santri Kusuma; Denny Walady Utama
Jurnal Al Ulum LPPM Universitas Al Washliyah Medan Vol. 10 No. 2 (2022): Jurnal Al Ulum
Publisher : UNIVERSITAS AL WASHLIYAH (UNIVA) MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/alulum.v10i2.234

Abstract

Salah satu jasa pengiriman barang yang banyak digunakan masyarakat Indonesia adalah PT Indah Cargo, dimana cabang Medan merupakan salah satu cabang terbesar sehingga kualitas pelayanan pengiriman pada cabang ini menjadi hal yang harus diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level sigma dan memberikan usulan perbaikan kualitas pelayanan pengiriman di PT. Indah Cargo cabang Medan. Penelitian ini mengunakan metode Six Sigma, data dianalisa dengan metode DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control). Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah produksi dari PT. Indah Cargo Medan sebesar 37.440 pcs dengan jumlah produk cacat yang terjadi dalam produksi sebesar 12.893 pcs. Berdasarkan data tersebut maka PT. Indah Cargo Medan memiliki level sigma sebesar 1.89 dengan kemungkinan kerusakan sebesar 344.477 untuk sejuta produksi (DPMO). Usulan perbaikan (improve) yang diberikan yaitu memperbaiki setiap elemen yang menjadi penyebab masalah dan menghilangkan kegiatan yang tidak menambah nilai pada proses pengolahan dan pengiriman barang di PT. Indah Cargo Medan.
ANALISIS RESIKO SUPPLY CHAIN MENGGUNAKAN METODE HOUSE OF RISK (HOR) PADA PT. SUMBER SAWIT MAKMUR Ilhamdi Syahputra; Abdul Azis Syarif
Jurnal Al Ulum LPPM Universitas Al Washliyah Medan Vol. 10 No. 2 (2022): Jurnal Al Ulum
Publisher : UNIVERSITAS AL WASHLIYAH (UNIVA) MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/alulum.v10i2.235

Abstract

Sumber Sawit Makmur bergerak dalam bidang pengelolaan kelapa sawit, yaitu pengelolaan tandan buah segar (TBS) menjadi CPO. Penelitian ini bertujuan mengetahui resiko yang yang timbul pada aliran supply chain dan mendapatkan strategi yang sesuai untuk pengendalian resiko. Penelitian dilakukan atas kegiatan operasional di perusahaan dengan jenis resiko operasional. Identifikasi kejadian resiko dan agen resiko dilakukan melalui wawancara dan data observasi di lingkungan pabrik menggunakan metode HOR. Hasil penelitian menemukan 27 kejadian resiko (risk events) dan 19 agen resiko (risk agents). Pada HOR 1 dilakukan pengukuran severity pada risk events, occurence pada risk agents serta reletionship antara risk events dan risk agents dan menghasilkan nilai Aggregate Risk Potential, dimana ditemukan 11 risk agents yang menjadi 80% masalah dalam kegiatan operasional berdasarkan Pareto Diagram. HOR 2 berkaitan dengan penentuan strategi penanganan dari sumber resiko terpilih. Adapun strategi yang terpilih adalah strategi coordination.
PENGUNAAAN ADSORBEN KITOSAN DENGAN METODE KOLOM DALAM PENENTUAN KADAR LOGAM Masdania Zurairah; Misdawati Misdawati
Jurnal Al Ulum LPPM Universitas Al Washliyah Medan Vol. 10 No. 2 (2022): Jurnal Al Ulum
Publisher : UNIVERSITAS AL WASHLIYAH (UNIVA) MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/alulum.v10i2.236

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk pemanfaatan limbah cangkang belangkas yang berfungsi sebagai adsorben pada logam Hg. Karakterisasi XRD pada kitosan menunjukkan hasil adanya puncak-puncak tertinggi yaitu pada peak di 20,28o; 21,64o; 18,64o. Puncak maksimum terdapat pada sudut peak di 20,28o. Kitosan memiliki ukuran partikel minimum sebesar 6.0326 nm dan maksimum sebesar 33.9043 dengan rata rata sebesar 8.5178 nm. Dengan ukuran seperti ini partikel kitosan dapat dikatakan sebagai nanopartikel. Karbon aktif dan kitosan dalam sifat adsorben terhadap logam Hg dengan menggunakan induktif ditambah Plasma - Atomic Emission Spectrometer (ICP - AES), masing masing diperoleh bahwa adsorben efektif digunakan pada waktu kontak 25 menit kitosan mampu menghasilkan penyerapan sebesar 55,54 %.
PEMBUATAN ALAT PENDETEKSI FORMALIN BERBASIS ARDUINO UNO MENGGUNAKAN SENSOR HCHO PADA MAKANAN MIE KUNING Abdul Azis Syarif; Zaharuddin Zaharuddin; Denny Walady Utama; Masdania Zurairah Siregar; Budhi Santri Kusuma
Jurnal Al Ulum LPPM Universitas Al Washliyah Medan Vol. 10 No. 2 (2022): Jurnal Al Ulum
Publisher : UNIVERSITAS AL WASHLIYAH (UNIVA) MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/alulum.v10i2.237

Abstract

Bahayanya formalin bagi kesehatan manusia mengharuskan kita untuk dapat megetahui apakah ada kandungan formalin yang umumnya dipakai untuk mengawetkan makanan. Penyalahgunaan ini harusnya dapat diketahui dengan mudah. Untuk itu perlunya alat yang dapat mendeteksi kandungan formalin pada makanan. Penggunaan sensor gas adalah cara tercepat untuk mendeteksi formalin yang dipakai pada makanan karena tidak diperlukan proses kimia yang tidak instan. Sensor HCHO dipakai sebagai piranti mengecap gas hidrogen lalu merubahnya menjadi nilai digital atau sinyal elektrik dan mengirimmya ke arduino untuk diolah dan diproses menjadi satuan konsentrasi gas dalam part per million (ppm). Dengan metode ini dapat diketahui dengan praktis penyalahgunaan formalin pada makanan.
KARAKTERISTIK PROSES PENGOMPOSAN BIOCHAR Syarifa Mayly
Jurnal Al Ulum LPPM Universitas Al Washliyah Medan Vol. 10 No. 2 (2022): Jurnal Al Ulum
Publisher : UNIVERSITAS AL WASHLIYAH (UNIVA) MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/alulum.v10i2.238

Abstract

Pengomposan adalah salah satu metode yang paling banyak digunakan untuk pengolahan limbah pertanian/limbah padat. Produk dari proses pengomposan adalah kompos. Biochar berasal dari bahan tanaman yang mengalami pembakaran tidak sempurna. Biochar menunjukkan potensi sebagai amandemen tanah untuk meningkatkan kualitas tanah dan penyerapan karbon dengan cara mengubah sifat fisiko-kimia tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis bahan baku biochar terhadap karakteristik pengomposan biochar. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan faktor perlakuan adalah jenis Biochar dengan 4 taraf yaitu B1 = Sekam Padi; B2 = Serbuk gergaji; B3 = Tandan kosong kelapa sawit; B4 = Jerami padi. Peubah yang diamati yaitu suhu ( °c ), pH, kadar air (%), kadar volatil solid (%), kadar C – organik (%), kadar nitrogen total (%), kadar lignin. Pemberian jenis biochar berpengaruh nyata terhadap suhu kompos, kadar air, pH, kadar volatil, kadar C-Oganik, kadar N Total, kadar lignin tertinggi yaitu biochar jerami padi.
PENGEMBANGAN MATERIAL KOMPOSIT BERPENGUAT SERAT ALAMI UNTUK APLIKASI BUMPER MOBIL Julian Julian
Jurnal Al Ulum LPPM Universitas Al Washliyah Medan Vol. 10 No. 2 (2022): Jurnal Al Ulum
Publisher : UNIVERSITAS AL WASHLIYAH (UNIVA) MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/alulum.v10i2.239

Abstract

Makin banyaknya produksi kendaraan berakibat terhadap kepadatan lalu lintas jalan dan memberi peluang terjadinya benturan, hal ini perlu di atasi, dengan memilih Bumper yamg lebih kuat dalam hal ini penelitian. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan materal komposite berpenguat serat alami untuk pembuatan Bamper Mobil. Untuk melaksanakan penelitian dilakukan dengan metode Experimen tujuannya untuk mengetahui keunggulan sifat campuran resin POLYESTER yakni dengan jalan pengujian sifat – sifat mekanik komposit dengan menggunakan alat uki Statik tekan dan Tarik serta impact. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kompesit serat arang karbon alami mempunyai stastik tekan dan Tarik serta yang berada pada batas – batas yang ditentukan serta tahan terhadap benturan, dan hasil pengujian impact dipeloleh kekuatan sebesar 67,14kj/M2, Sedangkan pada Standard SNI dipeloleh hanya 50Kj/ M2, dari hasil penelitian ini maka serat arang kerbon lebih baik dari standard SNI, dan dapat aplikasikan sebagai material komosit Bomper Mobil.

Page 1 of 1 | Total Record : 7