cover
Contact Name
Dana Aswadi
Contact Email
ernisusilawati@stkipbjm.ac.id
Phone
+6285349985800
Journal Mail Official
dadan899@yahoo.co.id
Editorial Address
Jl. Sultan Adam, Komplek H. Iyus No. 18 RT 23, Sungai Jingah, Banjarmasin Utara, 70121 Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia Telp./Fax: (0511) 4315443
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
STLISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
ISSN : -     EISSN : eISSN252     DOI : https://doi.org/10.33654/sti.v6i2
STILISTIKA merupakan jurnal yang memuat tulisan/artikel hasil penelitian dan kajian/telaah setara penelitian yang mengkaji tentang bahasa, sastra, dan pembelajarannya. Jurnal ini terbit dua kali setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Banjarmasin.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 2 (2023): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya" : 12 Documents clear
ANALISIS NILAI MORAL PADA HIKAYAT ASAL MULA BATU TINGGI DARI DAERAH SEKADAU Eprina Sindiana; Saptiana Sulastri
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 8 No 2 (2023): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v8i2.2195

Abstract

Judul penelitian Analisi Nilai moral Pada Hikayat Asal Mula Batu Tinggi,Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah nilai moral yang berkaitan dengan hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan dengan sesama manusia dan hubungan dengan lingkungan yang terkandung dalamhikayat asal mula batu tinggi? Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan nilai moral yang berkaitan dengan hubungan manusia dengan Tuhan,hubungan dengan sesama, dan hubungan manusia dengan lingkungan yang terkandung dalam hikayat asal mula batu tinggi . Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi dukumenter. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terhadap hikayat asal mula batu tinggi dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai moral dalam hubungan manusia dengan Tuhannya ditemukan 1 kutipan, nilai moral hubungan manusia dengan sesama ditemukan 4 kutipan, nilai moral hubungan dengan lingkungan ditemukan 2 kutipan. Maka dapat disimpulkan bahwa dalam hikayat asal mula batu tinggi banyak terkandung nilai moral yang berkaitan dengan hubungan manusia dengan sesama. Kata kunci: Analisi,nilai moral,hikayat.
TERAMPIL MENULIS ULANG TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB TERTULIS Muhamad Yusuf
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 8 No 2 (2023): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v8i2.2251

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam penulisan ulang teks biografi. Tindakan ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis ulang teks biografi pada peserta didik kelas X-1 Semester II SMA Negeri 1 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2022/2023 setelah menerapkan penulisan ulang teks biografi sebagai pematik ide dan gagasan. Data observasi peserta didik dianalisis secara kuantatif menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penulisan dapat meningkatkan kemampuan menulis ulang teks biografi pada peserta didik kelas X-1 Semester II SMA Negeri 1 Banjarmasin. Peningkatan hasil penulisan ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil dari 89,18% pada Siklus I menjadi 97.29% di Siklus II. Peningkatan keterampilan menulis ulang teks biografi pada peserta didik dapat terlihat, baik dalam proses belajar mengajar maupun melalui hasil karya menulis ulang teks biografi oleh peserta didik. Pada tahap evaluasi, hasil tes peserta didik menunjukkan adanya peningkatan dalam proses belajar ulang teks biografi menggunakan metode tanya jawab tertulis. Kata Kunci: terampil menulis, biografi, metode tanya jawab tertulis. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam penulisan ulang teks biografi. Tindakan ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis ulang teks biografi pada peserta didik kelas X-1 Semester II SMA Negeri 1 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2022/2023 setelah menerapkan penulisan ulang teks biografi sebagai pematik ide dan gagasan. Data observasi peserta didik dianalisis secara kuantatif menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penulisan dapat meningkatkan kemampuan menulis ulang teks biografi pada peserta didik kelas X-1 Semester II SMA Negeri 1 Banjarmasin. Peningkatan hasil penulisan ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil dari 89,18% pada Siklus I menjadi 97.29% di Siklus II. Peningkatan keterampilan menulis ulang teks biografi pada peserta didik dapat terlihat, baik dalam proses belajar mengajar maupun melalui hasil karya menulis ulang teks biografi oleh peserta didik. Pada tahap evaluasi, hasil tes peserta didik menunjukkan adanya peningkatan dalam proses belajar ulang teks biografi menggunakan metode tanya jawab tertulis.
PENGGUNAAN TINDAK TUTUR REPRESENTATIF DALAM MAJELIS TAKLIM SABILU TAUBAH DI KARANGGAYAM BLITAR Moh. Wildan Hidayatulloh Iskandar
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 8 No 2 (2023): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v8i2.2321

Abstract

Bahasa merupakan kebutuhan manusia dalam melakukan aktifitas sebagai makhluk sosial. Novitasari (2016) Mengungkapkan bahwa hakikat dari komunikasi yaitu interaksi antara penutur dan mitra tutur menggunakan media bahasa dalam lingkup sosial bermasyarakat. Bahasa merupakan alat atau media yang digunakan manusia untuk berkomunikasi dengan sesame manusia. Dalam bahasa terdapat tindak tutur, salah satu tindak tutur yaitu tindak tutur representative atau tindak tutur yang mengikat penutur atas kebenaran ujarannya. Majelis Taklim Sabilu Taubah yang terdapat di desa Karanggayam, Srengat, Blitar merupakan majelis yang memiliki banyak jamaah dan pengasuh yang sangat interaktif terhadap jamaahnya, oleh karena itu didalam majels ini terdapat banyak tindak tutur representatif yang berupa menyatakan, melaporkan, berspekulasi, dan lain-lain.
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU MENGGUNAKAN MEDIA ALAT DARI BOLA TENIS LAPANGAN PADA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 1 TAPIN SELATAN Norsahadi
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 8 No 2 (2023): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v8i2.2340

Abstract

Pembelajaran Penjasorkes SMP disesuaikan dengan perkembangan siswa salah satunya adalah pembelajaran tolak peluru dengan menggunakan media alat dari bola tenis lapangan. Permasalahan yang sering muncul pada kurangnya sarana olahraga khususnya tolak peluru. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilaksanakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan mengembangkan kemampuan guru, sikap siswa, pengetahuan siswa, dan keterampilan siswa dalam melaksanakan pembelajaran pada materi tolak peluru menggunakan media alat dari bola tenis lapangan pada kelas IX A SMP Negeri 1 Tapi Selatan.Untuk subjek penelitian adalah 20 siswa. Terdiri dari 12 orang laki-laki dan 8orang perempuan. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas dilakukan 2 siklus, setiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Data hasil rata-rata aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama 71,05 (baik) dan pada pertemuan kedua menjadi 72,95 (baik). Dan pada siklus II pertemuan pertama sebesar 75,35 (baik) sedangkan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 76,55 (baik). Data rata-rata hasil penilaian pemahaman siswa (kognitif) siklus I pertemuan 1 rata-rata sebesar 69,20 (cukup)dan pada pertemuan 2 yaitu 70,45 (cukup) siklus II pertemuan pertama 72,85 (baik) dan pertemuan kedua 75,05 (baik). Setelah dianalisis pembelajaran tolak peluru menggunakan media alat dari bola tenis lapangan ini berhasil meningkat pada setiap tindakannya. Secara keseluruhan nilai yang diperoleh baik aspek sikap aktivitas siswa dan pengetahuan mengalami peningkatan. Kata Kunci: hasil belajar, tolak peluru, media alat bola tenis lapangan.
PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI CERITA BERGAMBAR PADA KELOMPOK B DI PAUD NASYA Syamsia; Kamariah
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 8 No 2 (2023): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v8i2.2348

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan kreativitas anak usia dini dengan metode membaca cerita bergambar di PAUD Nasya pada kelompok B. Studi ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode penelitian ini merinci sejumlah variable yang terkait dengan masalah yang diteliti untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang setting sosial dan untuk menjelaskan fenomena atau kenyataan sosial. Selanjutnya, peneliti menyajikan informasi yang relevan tentang kualitas diskriptif yang unik dan alamiah. Kualitas diskriptif ini benar-benar diperoleh dari pembelajaran yang dilakukan pada kelompok B, di PAUD Nasya. Sumber data yang diambil oleh peneliti termasuk kegiatan bermain anak saat guru bercerita dengan media buku cerita bergambar. Respon anak-anak ketika ibu guru bercerita juga dicatat sebagai informan utama. Selain itu, anak-anak dan guru memberikan penjelasan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil pengamatan tentang penggunaan media cerita bergambar menunjukkan bahwa kemampuan kreatif anak usia dini benar-benar meningkat. Kreatifitas tersebut tumbuh menjadi imajinasi anak dalam menggambar.
ANALISIS STRUKTURAL SEMIOTIK NASKAH MONOLOG “SUKETI” KARYA KHOLIK SETIAWAN Edi Sutardi; Budi Dharma Budi
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 8 No 2 (2023): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v8i2.2393

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur-unsur intrinsik dalam monolog dengan judul “SUKETI” karya; Kholik Setiawan (2) keterkaitan antarunsur intrinsik, serta (3) makna yang didapatkan melalui tanda dan acuannya (ikon, indeks, dan simbol). Sumber data penelitian ini adalah naskah monolog dengan judul Suketi karya Kholik Setiawan. Naskah tersebut ditulis pada tahun 2022. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan objektif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data deskriptif diperoleh melalui teknik baca dan catat. Keabsahan data diperoleh melalui validitas semantis dan reliabilitas interrater dan intrarater. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Unsur intrinsik meliputi alur, latar, penokohan, dan tema. Alur yang digunakan adalah alur dinamis. Latar tempat yang memungkinkan peristiwa terjadi dan mencerminkan suasana hati tokohnya yaitu ruang tamu rumah dari Suketi dan Darwin. Latar tempat tersebut, termasuk latar Sabionetta, secara tidak langsung menggambarkan watak tokoh dan memperjelas proposisi simbolik para tokohnya. Latar waktu peristiwa naskah sastra monolog ini adalah pada zaman sekarang, abad 21, dalam peristiwa tergambarkan dari jam pagi sampai malam. Tokoh protagonis dalam cerita tersebut adalah Suketi dan Darwin sebagai tokoh Antagonis, serta tokoh lelaki tanpa nama menduduki tokoh tritagonis. Tema drama ini adalah psikologi menggambarkan kehidupan keluarga suami istri yang sama megalami masalah biologis dan menimbulkan efek trauma besar sehingga tokoh mengalami depresi berat. (2) Keterkaitan antar unsur intrinsik diikat oleh dialog dan konflik. Konflik tersebut muncul dalam alur, latar, dan penokohan. (3) Hubungan antara tanda dan acuannya berupa ikon, indeks, dan simbol. Ketiga tanda tersebut memperjelas makna drama yaitu perlawanan atas situasi hidup tokoh dalam cerita.
NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN DIRI SENDIRI DALAM NOVEL SEKUNTUM CINTA UNTUK ADELIA KARYA EVA LIANA Nor Janah; Ida Komalasari; Dana Aswadi
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 8 No 2 (2023): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v8i2.2398

Abstract

Pendidikan karakter dalam konteks sekarang sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang melanda negara kita. Krisis-krisis moral itu adalah: pergaulan bebas; maraknya angka kekerasan anak-anak dan remaja; kejahatan terhadap teman; pencurian; tawuran pelajaran; kecurangan ujian; penyalahgunaan obat-obatan; pornografi; pelecehan seksual; tindak korupsi, mengunsumsi bahkan menjadi pencandu narkoba, menjadi kelompok geng motor yang anarkis, dan lain-lain. Bisa kita amati dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Disebut penelitian kepustakaan karena data-data atau bahan yang diperlukan dalam menyelesaikan penelitian ini berasal dari perpustakaan baik berupa buku, jurnal, kamus, dokumen, dan majalah. Metode adalah cara bagaimana penelitian itu dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Hasil penelitian nilai-nilai pendidikan karakter dengan diri sendiri dalam novel Sekuntum Cinta untuk Adelia Karya Eva Liana mencakup nilai sebagai berikut. (1) jujur, (b) disiplin, (c) kerja keras, (d) kreatif, (e) mandiri, (f) gemar membaca, dan (g) tanggung jawab.
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMPN 2 PIANI Purwono
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 8 No 2 (2023): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v8i2.2399

Abstract

Penelitian ini berjudul: “Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Melalui Supervisi Di SMPN 2 Piani”. Tujuan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Melalui Supervisi Akademik Di SMPN 2 Piani. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action Research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada komponen Instrumen Monitoring Supervisi, terlihat peningkatan dari 78% pada Siklus I, menjadi 92% pada siklus II (2) Pada Komponen Instrumen Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah , terdapat peningkatan Kompetensi dari 80,0% pada siklus I menjadi 92% pada siklus II;(3) Dalam Komponen Instrumen Evaluasi Hasil Supervisi, yang didalamnya memuat langkah-langkah model pembelajaran,terlihat adanya peningkatan yang signifikan dari yang semula hanya 74% pada siklus I menjadi 89% pada siklus II (4) Pada komponen Instrumen Peningkatan Prestasi Peserta Didik juga terdapat adanya peningkatan dari 79% pada siklus I, menjadi 94% setelah siklus II; (5) Peningkatan yang cukup signifikan juga dapat kita lihat pada komponen Instrumen Studens Welbeing (Kebahagiaan Siswa) . Dari yang semula hanya 73% pada siklus I dan berhasil mencapai 92% pada akhir siklus 2. Melihat data perolehan hasil penelitian dalam kegiatan penelitian tindakan sekolah ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning melalui supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru di SMPN 2 Piani
PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI RUMINTIN 2 TAHUN 2022 Normaniah
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 8 No 2 (2023): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v8i2.2422

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata pada siswa kelas 1 SD Negeri Rumintin 2 Kecamatan Tapin Selatan Kabupaten Tapin. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaborasi yang dilakukan sebanyak dua siklus. Desain penelitian menggunakan model Kemmis Mc. Teggart dengan subjek penelitian siswa kelas 1 yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 1) tes membaca lisan dan tes tertulis memahami bacaan, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu dengan mencari rerata. Indikator keberhasilan siswa yang harus dicapai dengan rerata kelas 70 dan ketuntasannya 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 1 SD Negeri Rumintin Keterampilan membaca pada pra siklus sebesar 60,31 dan ketuntasanya 37,5%, pada siklus I meningkat menjadi 67,34 dengan ketuntasan 56,25%, peningkatan pada siklus II 72,66 dengan ketuntasan 93,75%. Pada tindakan ini keterampilan membaca siswa dengan lafal, intonasi dan membaca memahami meningkat hingga mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan yaitu dengan rata-rata kelas 70 dan ketuntasan kelas 80%. Pada siklus I digunakan kartu kata dengan ukuran 13 x 6 cm dan setiap kata dengan satu warna, pada siklus II digunakan kartu kata yang lebih lebih besar 18 x 6 cm dan setiap kata terdapat pemengaalan kata yang dipisahkan dengan warna yang berbeda.
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 2B SDN MARABAHAN 1 Irni Cahyani; Rabiatul Adawiyah; Alimuddin A. Djawad
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 8 No 2 (2023): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v8i2.2446

Abstract

Model pembelajaran kooperatif memberikan dampak positif pada pembelajaran tematik di kurikulum 2013 yang mana penilaian siswa terdiri atas penilaian pengetahuan, sikap dan keterampilan. Dengan adanya model kooperatif dapat memudahkan guru dalam menggali potensi siswa dengan mencari pengalaman mereka sendiri dalam mencari jawaban dan menumbuhkan sikap saling menghargai pendapat antara siswa dengan teman kelompoknya. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui persiapan guru terhadap model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran tematik kelas 2B SDN Marabahan 1. (2) untuk mengetahui pelaksanaan guru terhadap model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran tematik kelas 2B SDN Marabahan 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deksriptif. Subjek penelitian adalah Guru dan siswa kelas 2B. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran tematik kelas 2B SDN Marabahan 1, guru mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dan Lembar Kerja Kelompok (LKK) siswa serta sumber belajar digunakan yaitu buku tematik guru dan siswa, alat bantu lainnya meja,kursi dan papan tulis. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan model pembelajaran kooperatif sesuai dengan kegiatan belajar di kelas. Siswa sangat senang, aktif, dan bekerjasama ketika guru melaksanakan model kooperatif. Yang sebelumnya siswa kurang dalam minat belajar dan kurang semangat, maka dengan adanya model kooperatif memberikan dampak kemajuan yang baik dalam menumbuhkan minat, semangat, kerjasama dan saling menghargai antar siswa dalam kelompoknya di kelas 2B.

Page 1 of 2 | Total Record : 12