cover
Contact Name
Paijan Rambe
Contact Email
faijanrambe@gmail.com
Phone
+6282385884985
Journal Mail Official
faijanrambe@gmail.com
Editorial Address
http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/about/editorialTeam
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
JURNAL TALENTA
ISSN : 20870973     EISSN : 27769534     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The focus of Talenta journals includes the development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management of early childhood education, early childhood development assessments, child development psychology, environmental empowerment Children, multiple intelligences, auditing strategies, APE, instructional media, innovation in early childhood education
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2014): JURNAL TALENTA VOL. V NO.1 JUNI 2014" : 5 Documents clear
PERBEDAAN KECERDASAN LINGUISTIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DITINJAU DARI JENIS KELAMIN Asmainur
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 5 No. 1 (2014): JURNAL TALENTA VOL. V NO.1 JUNI 2014
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Perbedaan Kecerdasan Linguistik Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif komparatif. Penelitian ini berusaha mengetahui perbedaan kecerdasan linguistik anak laki-laki dan anak perempuan. Populasi penelitian ini adalah berjumlah 185 orang anak. Pengambilan data dapat diambil dengan menggunakan tehnik sampel random sampling, sampel yang akan diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 64, terdiri dari 32 orang laki-laki dan 32 orang perempuan. Hasil Analisis Compare Paired Sampel T Test skor anak laki-laki dan anak perempuan menunjukkan thitung sebesar 6.504. Pada taraf signifikansi 0,05 dan df sebesar (n-1) = (32-1) 31 diperoleh ttabel sebesar 2,039. Dengan demikian thitung (6.504) > ttabel (2,039) dan nilai signifikansi (0,000) < α (0,05) sehingga Ho ditolak. Artinya bahwa ada terdapat perbedaan yang signifikan kecerdasan linguistik anak laki-laki dan perempuan .
BENTUK KERJASAMA ORANG TUA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI TK PERTIWI Desriratna Sriwahyu
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 5 No. 1 (2014): JURNAL TALENTA VOL. V NO.1 JUNI 2014
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bentuk kerjasama orang tua dan guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan di TK perhentian Luas Kuansing. Penelitian ini dilakukan melalui metode deskriptif kualitatif, dan menggunakan teknik pengumpul data observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil sebagai berikut; 1).Adanya Kunjungan kerumah anak didik. Pelaksanaan kunjungan kerumah anak didik berdampak positif diantaranya; Kunjungan melahirkan perasaan pada anak didik bahwa sekolahnya selalu memperhatikan dan mengawasinya, Kunjungan tersebut memberi kesempatan kepada guru melihat sendiri dan mengobservasi langsung cara anak didik belajar, latar belakng hidupnya, dan tentang masalah-masalah yang dihadapinya dalam keluarga, Guru berkesempatan untuk memberikan penerangan kepada orangtua anak didik tentang pendidikan yang baik, cara-cara menghadapi masalah yang sedang dialami anaknya. 2). Diundangnya Orangtua Kesekolah, Kalau ada berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah yang memungkinkan untuk dihadiri oleh orangtua maka akan positif sekali bila orangtua diundang untuk datang kesekolah.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PAIKEM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ANAK USIA 5 – 6 TAHUN Dessy Afrina
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 5 No. 1 (2014): JURNAL TALENTA VOL. V NO.1 JUNI 2014
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan menulis anak di TK Asyiyah II Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan jumlah Subjek penelitian sebanyak 20 orang anak, terdiri dari 9 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Teknik pengumpulan data pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik persentase. Dari hasil penelitian tindakan kelas dan pembahasan seperti telah diuraikan diperoleh kesimpulan terhadap hasil penelitian ini yaitu dengan menggunakan penerapan model pembelajaran berbasis PAIKEM dapat meningkatkan kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun di TK Asyiyah II Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat dari Kemampuan menulis anak usia 5-6 di TK Asyiyah II Pekanbaru tahun dengan menggunakan penerapan model pembelajaran berbasis PAIKEM mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada data awal diperoleh nilai 38% dengan kriteria belum berkembang. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus I diperoleh nilai sebesar 53,3% dengan kriteria BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan pada siklus II diperoleh nilai sebesar 80,2% dengan kriteria BSB (Berkembang Sangat Baik).
PENGARUH KEPEDULIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK DI RA MIFTAHUL JANNAH Hairini
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 5 No. 1 (2014): JURNAL TALENTA VOL. V NO.1 JUNI 2014
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di RA. Miftahul Jannah Koto Inuman Kabupaten Kuantan Singingi Masih kurangnya kepedulian orang tua terhadap hasil belajar anak, serta belum adanya rasa kepedulian orang tua terhadap hasil belajar anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan data yang empiris mengenai pengaruh kepedulian orang tua terhadap hasil belajar anak di RA. Miftahul Jannah Koto Inuman Kabupaten Kuantan Singingi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jumlah subjek penelitian sebanyak 40 orang tua murid di RA. Miftahul Jannah Koto Inuman Kabupaten Kuantan Singingi. Teknik pengumpulan data dengan angket. Dengan melakukan penelitian ini, maka didapat hasil penelitian yang diperoleh melalui sebaran angket yang terdiri dari Variabel X (Kepedulian orang tua) dan Variabel Y (Hasil belajar anak), yang diisi oleh orang tua murid. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka didapatkan kesimpulan bahwa karena lebih besar dari , atau 31,64 ≥ 4,10 maka tolak Ho dan terima Ha. Dengan demikian ada pengaruh kepedulian orang tua terhadap hasil belajar anak di RA. Miftahul Jannah Koto Inuman Kabupaten Kuantan Singingi.
STRATEGI PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK DALAM SISTEM BELAJAR FULL DAY DI TK IT BPMAA Novelitta
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 5 No. 1 (2014): JURNAL TALENTA VOL. V NO.1 JUNI 2014
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi peningkatan kemandirian anak dalam sistem belajar Full Day di TK IT BPMAA Kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru-guru dan orangtua/wali murid di TK IT BPMAA Kota Pekanbaru. Sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah strategi peningkatan kemandirian anak dalam sistem belajar full day. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu dengan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif. Dari hasil pembahasan, dapat disimpulkan bahwa strategi peningkatan kemandirian anak dapat ditingkatkan melalui system belajar full day karena system belajar full day memiliki strategi-strategi dalam membentuk anak-anak yang mandiri, strategi tersebut antara lain adalah dengan membuat penjadwalan kegiatan full day, variasi kegiatan full day agar kegiatan dalam full day tidak membosankan, penyesuaian terhadap penggunaan metode pembelajaran dalam full day, dan keberadaan guru sebagai supervisi dalam pembelajaran. Hal ini terwujud karena system belajar full day adalah salah satu system yang mengajarkan anak dengan kebiasaan dan latihan terus menerus untuk menjadi pribadi yang mandiri, bertanggungjawab, memiliki keutamaan agama dan nilai-nilai ibadah sesuai dengan visi TK IT BPMAA Kota Pekanbaru yaitu mewujudkan anak bangsa yang beraqidah, berakhlak islami, disiplin, mandiri, kreatif dan ceria

Page 1 of 1 | Total Record : 5