cover
Contact Name
Paijan Rambe
Contact Email
faijanrambe@gmail.com
Phone
+6282385884985
Journal Mail Official
faijanrambe@gmail.com
Editorial Address
http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/about/editorialTeam
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
JURNAL TALENTA
ISSN : 20870973     EISSN : 27769534     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The focus of Talenta journals includes the development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management of early childhood education, early childhood development assessments, child development psychology, environmental empowerment Children, multiple intelligences, auditing strategies, APE, instructional media, innovation in early childhood education
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2014): JURNAL TALENTA VOL. V NO.2 DESEMBER 2014" : 2 Documents clear
HUBUNGAN POLA ASUH OTORITER TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA DINI TK MENTARI PAGI PEKANBARU Novi Yanti
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 5 No. 2 (2014): JURNAL TALENTA VOL. V NO.2 DESEMBER 2014
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini penelitian ini adalah Hubungan yang Signifikan antara pola asuh otoriter terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode komperatif (Perbandingan) dengan pendekatan kuantitatif yang dianalisis dengan Regresi Linier Sederhana. Subjek dalam penelitian ini adalah anak di taman kanak-kanak Mentari Pagi Pekanbaru yang berjumlah 30 orang anak. Sedangkan obyeknya adalah orangtua anak yang berjumlah 30 orang. Dengan Teknik Pengumpulan Data adalah Observasi dan Kuesioner atau Angket. Teknik Analisis Data yang di gunakan yaitu Analisis regresi linier sederhana adalah hubungan secara linear antara satu variabel independen (X) dengan variabel dependen (Y). Hasil penelitian ini adalah tidak Terdapat Hubungan yang Signifikan antara pola asuh otoriter terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun. Bahwa Pola asuh Otoriter berhubungan secara Negatif dengan kepercayaan diri anak sebesar -0.096 ( r = -0.348 ). Artinya 0.013 > 0.05 dan dengan demikian korelasi antara kedua variabel tidak signifikan. Sebesar 92.16% varians kepercayaan diri anak dapat dijelaskan oleh Pola asuh otoriter dan sisanya 100% – 92.16% = 7.84% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN Sutra Yelti
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 5 No. 2 (2014): JURNAL TALENTA VOL. V NO.2 DESEMBER 2014
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah Metode Demonstrasi efektif dalam pengembangan kecerdasan intrapersonal anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Aur Sati Kecamatan Tambang. Penelitian ini mengambil tempat di TK Aisyiyah Aur Sati Kecamatan Tambang Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah anak 20 orang yang terdiri dari 9 orang anak laki-laki dan 11 orang anak perempuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak TK Aisyiyah Aur Sati Kecamatan Tambang. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah efektivitas metode demonstrasi dan kecerdasan intrapersonal anak Usia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji t dan teknik persentase sebagaimana dipaparkan pada pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan dari penelitian ini yaitu Penggunaan Metode demonstrasi efektif dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Aur Sati Kecamatan Tambang. skor rata-rata kecerdasan intrapersonal anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Aur Sati Kecamatan Tambang pada observasi awal diperoleh skor rata-rata 63,8% sedangkan setelah menggunakan metode demonstrasi diperoleh skor rata-rata 90%. Artinya bahwa Artinya bahwa metode demonstrasi cukup efektif dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal anak usia 5 – 6 Tahun di TK Aisyiyah Aur Sati Kecamatan Tambang.

Page 1 of 1 | Total Record : 2