cover
Contact Name
Widia
Contact Email
lp3mstkiphabi@gmail.com
Phone
+6285333239255
Journal Mail Official
prodipbsi83@gmail.com
Editorial Address
Kampus STKIP Harapan Bima Jl. Pendidikan SMA PGRI Bolo Bima
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
BAHTRA: Jurnal Pendidikan Bahasan dan Sastra
Published by STKIP Harapan Bima
ISSN : 27757633     EISSN : 27757625     DOI : 10.36312
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra merupakan jurnal yang memuat didalamnya kajian konseptual dan hasil penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2021): Mei 2021" : 5 Documents clear
PENGUASAAN MATERI KETERAMPILAN MEMBACA MAHASISWA S1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA STKIP HARAPAN BIMA N Nurfidah
BAHTRA : Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 2, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : STKIP Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.39 KB)

Abstract

Keterampilan membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting dikuasai oleh mahasiswa, selain keterampilan menyimak, berbicara, dan menulis. Berdasarkan pengamatan dan pembelajaran keterampilan membaca yang telah dilakukan, permasalahan yang sering muncul dalam keterampilan membaca adalah kurangnya minat, motivasi, dan keseriusan sehingga rendahnya kemampuan untuk menguasai materi keterampilan membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguasaan mahasiswa terhadap materi keterampilan membaca. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Harapan Bima. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada semester gasal tahun 2020/2021 yang berjumlah 11 orang. Data yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah berupa fakta di lapangan terkait penguasaan materi yang berfokus pada keterampilan membaca. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi atau hasil pengamatan, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan materi keterampilan membaca termasuk kategori kurang. Hal ini dibuktikan dengan hasil jawaban mahasiswa dalam menjawab esai yang telah ditetapkan hanya empat mahasiswa yang memperoleh nilai dengan kategori sangat baik yaitu jumlah jawaban benar 80%-100%. Tujuh mahasiswa lainnya memperoleh nilai dengan kategori kurang yaitu  jumlah jawaban benar 45%-59%. Berdasarkan hasil analisis data, diharapkan bagi mahasiswa harus bisa memanfaatkan sebaik-baiknya perkualiahan yang telah ditentukan untuk meningkatkan penguasaan dan lebih kreatif dalam mencari referensi selain buku perkuliahan mata kuliah keterampilan membaca.
PENGARUH CAMPUR KODE BAHASA BIMA TERHADAP NASIONALISME BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH Arwan Arwan; Nurul Istiqomah
BAHTRA : Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 2, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : STKIP Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.727 KB)

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh penggunaan campur kode terhadap nasionalisme Bahasa Indonesia di sekolah. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu simak, dokumentasi, wawancara, dan terjemahan. Instrumen penelitian adalah buku dan balpoin, handphone, kamera digital dan peneliti itu sendiri yang dapat mencapainya. Diperoleh hasil simpulan: bahwa ditemukan penggunaan campur kode berbentuk kata, frase dan klausa. Oleh karena itu, pemilihan Bahasa Indonesia sebagai bahasa yang digunakan dalam pembelajaran memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap timbulnya nasionalisme Bahasa Indonesia di sekolah. Hal ini dinyatakan juga dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 berbunyi Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, berfungsi sebagai bahasa pengantar resmi di dalam dunia pendidikann. 
Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Prediction Guide Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris dan Aktivitas Siswa Kelas VIII SMPN 5 Kota Bima Rohani Rohani
BAHTRA : Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 2, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : STKIP Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.175 KB)

Abstract

tahap, yaitu: rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 25 siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester 1 tahun pelajaran 2020/2021. Indikator keberhasilan penilitian ini adalah jika nilai prestasi belajar siswa di atas KKM yaitu 70 dan target ketuntasan belajar 85%. Maka berdasarkan hasil analisis data dan pembahasa menunjukkan bahwa peningkatan ketuntasan belajar pada prasiklus yaitu 40%, siklus I yaitu 52% dan siklus I yaitu 88%.  Sedangkan untuk aktivitas siswa pada siklus I yaitu 70% dan siklus II yaitu 93%. Selain itu, aktivitas guru juga meningkat secara signifikan dari 80% pada siklus I menjadi 95% pada siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe Prediction Guide dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa  kelas kelas VIII SMPN 5 Kota Bima Tahun Pelajaran 2020/2021.
THE USE OF E-DIARY TO IMPROVE STUDENT’S WRITING SKILL Abas Oya; Meisyaroh Meisyaroh; Kamsini Kamsini
BAHTRA : Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 2, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : STKIP Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.351 KB)

Abstract

This journal aims to implement E-diary to improve students’ writing skill. Writing is the most difficult thing to do for most students in the classroom. Students often find difficulties to write their ideas in limited time and the condition of the classroom. Some students were also annoying to their other friends.  To improving the writing skill, It is also needed to practice it routinely.  One of the ways to improve students’ writing skill is E-diary writing. By using E-diary writing, students can practice writing the daily experience routinely whenever and wherever without limiting by the time.  E-diary also can make diary writing more interactive and exciting.
CORRELATION BETWEEN TEACHER’S CARRACTER WITH STUDENTS’ LEARNING MOTIVATION IN TEACHING AND LEARNING PROCESS Mul Muliadi; Majri Majri
BAHTRA : Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 2, No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : STKIP Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.427 KB)

Abstract

This study aimed at knowing the correlation between the character of English teacher with the students’ learning motivation in teaching and learning process of eighth grade students of MTs NW Kalijaga. This study was designed as descriptive quantitative research and in collecting the data in this investigating the researcher used the non-test technique (questionnaire). The instrument (questionnaire) of data collection about the character of teacher and students’ motivation in teaching and learning process by using the scale which was prepared five answers alternatives are: score 5 for the students who answer solid (sangat setuju: SS), score 4 for the students who answer agree (setuju: St), score 3 for the students who answers uncertain (ragu-ragu: RG), score 2  for the students who answers disagree (tidak setuju: TS),  score 1  for the students who answers really disagree (sangat tidak setuju: STS). The result of the correlation computation by correlation between teacher’s character and students’ motivation in teaching learning process. The score obtained from the data analysis = 0,461, the score refer that the correlation was susfficient.

Page 1 of 1 | Total Record : 5